Forum: Aktualisasi Spirit Profesional Qurani.

Sesi 11

Sesi 11

by Ririn Wahyu Hidayati -
Number of replies: 19

Pada forum ini kita diskusikan kajian Aktualisasi Spirit Profesional Qurani

apakah yang akan saudara lakukan unutk mengaktualisasikan spirit quran dalam profesi sauadar nanti. Sila jawab melalui forum ini, saudara boleh memberikan jawaban, memberikan tanggapan atau mengajukan pertanyaan kepada teman, partisipasi saudara  sekaligus sekaligus menjadi  presensi


In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by LUCIA WIDYASTUTI 1610201181 -
Mengaktualisasi spirit al quran dalam profesi saya nanti yaitu Karakter yang dibentuk yaitu mencakup: religius, jujur,toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, Semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai Prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, memberikan manfaat bagi orang lain dan tanggung jawab. Nilai-nilai ini merupakan

bentuk kesalehan sosial yang harus diaktualisasikan dalam sistem pendidikan sehingga mampu menepis dan membendung krisis multidimensi menuju terbentuknya pribadi yang berakhlak mulia. Karakter harus diaktualisasikan dalam sistem pendidikan sehingga terbentuk manusia yang berbudi luhur.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by RATIH HERNAWATI 1610201193 -
setiap akan melakukan tindakan keperawatan saya akan mengajarkan kepada pasien untuk mengawalinya dengan membaca basmalah dan diakhir tindakan membaca hamdalah serta diselingi dengan doa-doa kesehatan. 
In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by RENI MUHKA 1610201187 -
Mengaktualisasi spirit Alquran dalam profesi perawat yaitu sebelum memulai tindakan keperawatan senantiasa memulai dengan bacaan basmalah kemudian membaca doa kesehatan dan diakhiri dengan bacaan hamdalah.
In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by WIDHIYARINI PANGESTIKA 1610201190 -

Cara melakukan peningkatan kualitas tempat bekerja senatiasa mengelola secara professional, manajemen yang baik, mengelola dengan jujur dan sepenuh hati, bekerja sama dalam kebaikan dan ketaqwaan.  Selain itu ketangguhan kepribadian harus tetap dijaga, kualitas sikap mental kepemimpinan, kemampuan kerjasama tim dengan berfikir mengembangkan diri sebagai seorang pemimpin yang profesional dan berfikir berkemajuan. Lingkup kewenangan dalam bekerja tentunya senantiasa berfikir mengenai model praktek, karakteristik, pendekatan, kewenangan, peran. Sebagai seorang pemimpin harus mengembangkan jiwa kepemimpinan dengan semangat pencerahan, pembaharuan, membebaskan, memberdayakan, kesertaan dan visioner. Bekerja secara profesional dengan tetap menegakkan ajaran agama islam.


In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by YESI MALINDA 1610201197 -

Mengaktualisasikan spirit profesional qurani saya dengan melakukan kegiatan dengan ikhlas, niat baik untuk mencari ilmu selalu diawali dengan bassmallah, melakukan kegiatan dengan hati2 dan diakhiri dengan Alhamdulillah. Saat melakukan kegiatan apapun harus dengan hati2 

In reply to YESI MALINDA 1610201197

Re: Sesi 11

by NURRAHMAH 1610201198 -

Mengaktualisasikan spirit profesional qurani saya yaitu  dengan melakukan kegiatan atau amalan dalam kehidupan sehari-hari dari hati  ikhlas dan tulus karena semata-mata kita ingin mendapat pahala dan ridhonya allah, jika mendapat pahala dan ridhonya allah apapun yg kita lakukan pasti akan di permudah segala urusanya oleh allah swt. 

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by GESTAMIA DWI NURAINI 1610201182 -

aktualisasi spirit profesional qurani dalam profesi perawat adalah membrikan pasien yang benar-benar mereka butuhkan bukan sekedar memberikan apa yang kita pikirkan, menjalani dengan keahlian, kesetiaan (komitmen), kecakapan (skill) dan tanggung jawab yang sepadan, menjauhkan diri dari praktik-pratik korupsi, kolusi, nepotisme, kebohongan dan hal-hal yang menyebabkan kemadaratan dan hancurnya nilai kejujuran. selalu membaca bismillah sebelm melakukan tindakan dan diakhiri dengan hamdalah, mengajarkan atau membimbing doadoa kesehatan kpd pasien dan kluarga pasien.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by SUKMAWATI KUSUMA 1610201180 -

Setiap kali saya akan memulai tindakan sebelumnya saya akan mengajak pasien untuk membaca basmalah terlebih dahulu dan setelah tindakan juga membaca hamdalah. selain itu juga mengajak pasien untuk mendekatkan diri kepada Allah 

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by NUR ANNISA 1610201195 -

Mengaktualisasi spirit Alquran dalam profesi perawat yaitu sebelum memulai tindakan keperawatan senantiasa memulai dengan bacaan basmalah kemudian saat dilakukan perawatan senantiasa dengan penuh kejujuran, menjaga privacy, mengutamakan kenymanan dan meningkatkan kepercayaan pasien serta dengan penuh hati-hati sesuai prosedur yg berlaku jika sudah selesai tindakan langsung membaca doa kesehatan dan diakhiri dengan bacaan hamdalah. Dan memberi semangat untuk pasien untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah SWT walaupun dalam keadaan sakit. 

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by MEGAWATI SAHYUB PUTRI 1610201189 -

Mengaktualisasi spirit al-quran dalam pekerjaan saya nanti adalah bekerja dengan ikhlas, jujur, disiplin, ramah, sikap menghormati dan menghargai sesama serta mengamalkan nilai2 islami contohnya seperti mengamalkan doa2 sebelum dan sesudah melakukan tindakan keperawatan, mengajarkan ke pasien selalu berdoa sebelum dan sesudah minum obat dll.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by HANNA DWI PRATIWI 1610201194 -

Aktualisasi adalah memberikan/menebarkan manfaat untuk orang lain. Sehingga cara saya dalam mengaktualisasikan spirit quran dengan setiap melakukan aktiitas selalu diawali dengan membaca basmallah, melakukan segala kegiatan dengan teliti, jujur, tanggung jawab, dan selalu mengakhiri kegiatan dengan membaca Alhamdulillah. Dan saat sedang bersama pasien atau keluarga pasien diajarkan membaca doa doa kesehatan.


In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by BEKTI PRATIWI UTAMI 1610201191 -

Dalam mengaktualisasi spirit alquran dalam profesi saya nanti yaitu mempunyai sifat yng amanah,ikhlas melakukan hal apapun asal dalam kebaikan,selalu melakukan kebaikan dan kejujura.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by RETNO PANGESTUTI 1610201188 -

Cara melakukan peningkatan aktualisasi spirit Quran dalam profesi saya sebagai perawat dengan cara peningkatan kinerja saya atau peningkatan keterampilan saya dalam merawat pasien saya dan senantiasa melakukan nya secara professional. Manajemen waktu yang baik, mengelolah semuanya dengan jujur dan sepenuh hati, bekerja keras dengan semampu saya dan menciptakan caring selalu terhadap pasien saya nantik. sebelum saya memulai untuk merawat pasien saya terlebih dahulu mengucapkan basmalah dan ketika sudah selesai atau berhasil melakukan suatu keterampilan saya mengucapkan hamdalah. Sebagai seorang pemimpin yang professional Qur'an dalam profesi kerja saya harus mampu bekerja sama dengan bawahan saya yang lain dengan memulai kepercayaan dan kerja keras untuk menciptakan keberhasilan dalam tindakan. Bekerja secara professional dengan tetap menegakan ajaran agama islam yang selama ini kita jujung tinggi dan menjadi visioner yang berfikir berkemajuan dengan semakin maju nya teknologi yang canggih ini.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by ANINDA AYUMAS KUSUMADEWI 1610201185 -
dalam mengaktualisasikan spirit quran dalam bidang profesi, kita harus memahami dengan betul hakekat islam secara menyeluruh yang mencakup aspek aqidah, ibadah dan muamalah duniyawiyah yang bersumberkan ajaran AlQuran dan As Sunnah. dengan begitu, kita mampu menjalankan profesi dengan sangat memaknai hakekat islam yang sebenar benarnya. selain itu, dalam menjalankan profesi, kita harus melandasi segala bentuk sesuatu dengan niat ikhlas dannsemata-mata mencari ridha Allah. agar saat menjalankan tugas, kita dapat amanah dan tidak merasa terbebani dengan tugas keprofesian yang nanti akan dilaksanakan. mengamalkan ajaran islam secara menyeluruh dalam bidang profesidan berusaha menegakkan keislaman dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat. misalnya dengan mengajarkan wudhu orang yang tidak bisa bangkit kekamar mandi, mengajarkan shalat untuk orang yang tidak bisa berdiri, dsb. 
In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by MUKHRODIN 1610201203 -

Aktualisasi spirit quran dalam menjalankan profesi saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan/profesi saya dengan ikhlas dan sebaik-baiknya, menganggap bahwa apa yang dikerjakan merupakan bagian dari ibadah dan bentuk tanggung jawab terhadap profesi yang saya jalani.



In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by NUREYNI HARDIANTO 1610201202 -

Cara mengaktualisasikan spirit Al quran yaitu Bagaimana dapat dimulai dari hal hal kecil yang saya bisa, Contoh ketika ingin melakukan sesuatu dengan mengucap Bismillah dan Doa yg diajarkan  ke pasien

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by IKA KRISNAWATI 1610201200 -

Yang akan saya lakukan unutk mengaktualisasikan spirit quran dalam profesi saya antara lain selalu mengajarkan untuk berdoa sebelum ataupun setelah kegiatan (tindakan keperawatan) dilakukan. mengajarkan dan mengingatkan bahwasanya sakit yang dialami pasien bukanlah sebuah kutukan akan tetapi sakit yang dialami pasien memiliki hikmahnya tersendiri mengapa allah menurunkan sakit tersebut kepada pasien dengan keadaan tersebut (sakit) bisa menjadi penggungur dosa dosa yang telah kita lakukan sebelumnya.  

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by NINDA PURNAMA SARI 1610201199 -

Saya akan mengusahakan dan membiasakan diri saya dan memgajak pasien untuk membaca doa sebelum dan setelah melalukan sesuatu, mengajarkan tentang doa² kesehatan, mengemban amanah sebaik mungkin, mengangkat nilai kejujuran, memperlakukan pasien dengan sama rata, merawat pasien dengan kesabaran serta keikhlasan, sebisa mungkin menjalin komunikasi dengan baik terhadap pasien dan senantiasa mengingatkan pasien untuk selalu mengingat Allah SWT.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 11

by ARUM ISRANDA NINGSIH 1610201184 -

Aktualisasi semangat quran dalam menjalankan profesi saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan / profesi saya dengan ikhlas dan sebaik-baiknya, menganggap bahwa apa yang dikerjakan merupakan bagian dari ibadah dan bentuk tanggung jawab terhadap profesi yang saya jalani.