Forum Muhasabah

Jawaban Forum Sesi 10 Dan Jawaban Assignment

Jawaban Forum Sesi 10 Dan Jawaban Assignment

by CHINDDHY LAKCHITA HERAWATI 1610201043 -
Number of replies: 0

Suasana hati saya menjadi lebih nyaman, tenang, dan tentram. Setelah ini saya akan membiasaan diri melakukan sholat tahajud seiap hari dan membaca al qur’an sembari menunggu waktu sholat subuh.


1. Siapakan  5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

·         -Keimanan keyakinan kepada Allah

Memberikan tempat hidayah, "Siapa yang beriman kepada Allah Dia akan memberi petunjuk pada hatinya." (Qs. At-Taghaabun: 1l).

·         -Keinsyafan atau pertaubatan

Taubat bukan hanya sebatas usaha seorang hamba memohon ampunan Allah SWT, akan tetapi lebih dari itu taubat merupakan ibadah mulia yang diperintahkan oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam alquran Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya…” (Q.S At-Tahrim: 8).

·         -Kesyukuran

Sesuatu yang bermanfaat akan semakin bermanfaat bila kita mensyukurinya. Yaitu bila kita menggunakan sesuai dengan tujuan, merawatnya sepenuh hati, dan menjaga agar manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak orang. Harta semakin berharga bila tidak hanya ditimbun di gudang, namun di shodaqohkan.

·         -Istiqomah

Tidak selamanya yang buruk itu buruk, karena ada orang yang menjadi baik di akhir hayatnya, lalu masuk surga. Tidak selamanya pula yang baik itu baik, karena ada juga yang tiba-tiba di akhir hayatnya menjadi buruk, lalu masuk neraka. Semoga kita termasuk yang Istiqomah sampai akhir hayat.

·         -Sabar

Tapi, sungguh siapapun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama, dan menakjubkan seperti kupu-kupu.

·         -Doa, dll

Doa merupakan senjata paling ampuh milik seorang Muslim yang beriman.


2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan?

Lebih tepat waktu melaksanakan sholat, memperbaiki sholat tahajud setiap hari, semangat melakukan aktivitas yang bermanfaat, memperbaiki dan memperbanyak sedekah, lebih menghargai waktu, memperbanyak doa dan berdzikir.


3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai..

Memiliki usaha di bidang kuliner, memiliki usaha di bidang peternakan, mendapat pekerjaan tetap dan menjadi ASN, dapat melaksanakan ibadah haji bersama kedua orangtua, dan memiliki bekal untuk akhirat.

Cara saya yaitu dengan lebih sungguh-sungguh melakukan ikhtiar, ibadah tepat waktu, lebih banyak bersedekah, bnyak berdoaa, lebih banyak membantu orang lain yang membutuhkan, lebih memuliakan orangtua saya.