Forum Muhasabah

Forum Muhasabah

Forum Muhasabah

by YULIA WARDANI 1611304008 -
Number of replies: 0

1. Siapakan  5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

  a. Keimanankeyakinankepada Allah : Bahwa Allah adalah Tuhan yg Maha Esa. Tidak ada Tuhan selain Allah. Itu yg dipercaya dalam beragama Islam.

  b. Keinsyafanataupertaubatan : Allah SWT selalu menerima taubat dari hamba-hamba-Nya

   c. Kesyukuran : Senantiasa selalu bersyukur atas nikmat yg Allah berikan. Seperti janji Allah dalam firman-Nya. Jika kita selalu bersyukur, maka Allah akan menambahkan nikmat kepada kita.

   d. Istiqomah : Terus menerus melakukan kebaikan. Melakukan kebaikan tidak akan pernah ada ruginya. Justru dengan melakukan kebaikan akan ada manfaat-manfaat yg akan kita terima kembali. Allah tidak pernah tidur.

   e. Sabar : Berbicara mengenai sabar. Sabar merupakan hal selalu kita tanamkan dalam diri. Sabar dengan ketetapan-Nya merupakan wujud nyata dalam hidup. Jika senantiasa sabar dalam menghadapi musibah, inyaAllah Allah akan bukakan jalan untuk kita.

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan?

Dalam diri, sifat-sifat baik masih jauh dari kata sempurna. Itu sebabnya rencana kedepan terus istiqomah dalam memperbaiki diri. Khusunya bagaimana menjalani kehidupan ini. Istiqomah melakukan kebaikan walaupun sedikit demi sedikit, InyaAllah akan tetap berkah.

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai..

Masalah yg saya hadapi sekarang adalah bagaimana agar segera bisa mendaftar wisuda pada bulan September ini. Namun kendala saya adalah selalu di revisi oleh dosen pembimbing. Hal yg harus saya tanamkan juga adalah sifat sabar. Karena makna sabar sangat istimewa. Jika terus bersabar dan menerima ketetapan-Nya, Allah akan tunjukkan rahmatnya kepada kita.