Forum Muhasabah

Jawaban sesi 10

Jawaban sesi 10

by NI MATUL AULA 1611304086 -
Number of replies: 0

setelah sholat tahajud rasanya diri menjadi tenang, dan menyadarkan diri bahwa diri kita tidak ada apa-apanya dari segala apa yang dimiliki Allah. Semoga bisa  istiqomah dalam melaksanakan sholat tahajud dihari lain.


Assignment Muhasabah:

1.      Kalimat refleksi

a.       Iman dalam diri menggambarkan ketaqwaan kepada Allah. Terkadang diri merasa hina karena sudah beranjak dewasa namun belum bisa meningkatkan iman. Ya Allah ampuni hambaMu yang belum bisa semaksimal mungkin beribadah kepadaMu. Hamba ingin mendekatkan diri kepada engkau, meningkatkan iman dan taqwa, serta yakinkanlah diri ini bahwa dunia hanya sementara.

b.      Ya Allah Ya Tuhanku, hamba meminta ampun dan ridho atas segala apa yang telah diperbuat, apa yang telah dilakukan selama ini rasanya hanya sia-sia. Ya Allah ampuni hamba yang selalu mengejar hal duniawi dan jarang sekali mendekatkan diri bahkan melaksanakan kewajiban yang Engkau perintahkan saja hamba malas. Ampuni Ya Allah, Ampuni pula dosa-dosa orang tua hamba.

c.       Rasa Syukur selalu tercurah saat menyadari bahwa betapa nikmatnya hidup yang telah Allah berikan. Rasa syukur telah diberikan kesehatan, umur panjang, kelancaran dalam segala urusan, kelancaran rezeki, serta syukur karena telah memiliki orang tua dan saudara yang selalu menyayangi dan mensupport saya dalam menjalani hidup. Alhamdulillah.

d.      Ya Allah izinkan hamba istiqomah dijalanMu, selalu mengikuti perintahMu dan menjauhi laranganMu. Jika hamba lalai maka ingatkan lah hamba.

e.       Sabar kadang terasa ringan kadang terasa berat. Sabar kadang terasa ringan jika kita ikhlas, namun terasa berat jika kita tidak merasa ikhlas. Maka dari itu jika ingin terbiasa sabar, maka ikhlaslah.

f.       Ya Allah yang maha pengampun, ampunilah segala dosa-dosaku, dosa kedua orang tuaku, dosa saudaraku, dosa seluruh keluargaku, dan dosa kaum muslimin dan muslimat. Ya Allah panjangkanlah umur kedua orang tuaku, sempatkanlah aku membahagiakan mereka, karena kebahagiaan mereka, adalah berkah untukku.

2.      Rencana memperbaiki diri: selalu merasa bahwa diri tidak dapat berdiri sendiri tanpa ada izin Allah, bersyukur atas apa yang telah dimiliki, tidak merasa selalu kekurangan, harus bisa lebih bersabar, tidak mudah emosi, selalu rendah hati dan menghilangkan rasa iri dengki.

3.      Mimpi yang sangat diimpikan adalah, bisa melihat kedua orang tua bangga terhadap perjuangan anaknya, bisa membuat mereka bahagia, dan ingin pergi haji bersama mereka. Aamiin

Semua hal tersebut bisa tercapai dengan bekerja keras serta izin Allah. Selalu berdoa agar selalu mendapatkan kelancaran dan mengerjakan ikhlas lillahita’ala.