Forum Muhasabah

Sesi 10 "Sholat Malam dan Muhasabah"

Sesi 10 "Sholat Malam dan Muhasabah"

by DODDY SULISTIAWAN WIBOWO 1611201003 -
Number of replies: 0

Jawaban Assignment Muhasabah :

  1. Keimanan dan Keyakinan kepada Allah
Sebagai seoarang hamba yang taat dan patuh kita meyakini bahwa Allah menciptkan segala sesuatu  alam semesta agar hambanya membenarkan dan beriman bahwa Allah SWT yang patut di sembah. Beriman dengan cara meninggalkan segala larangannya dan mematuhi perintahNYA. Kita tidak bisa jauh dari bisikkan syaitan yang menyesatkan jalan lurus manusia. Namun, kesalahan manusia akan perbuatannya dapat diampuni dosa-dosanya yaitu dengan cara bertaubat. Allah maha pemurah dan penyayang untuk hamba-hambanya. Manusia dalam bertaubat harus menyesali akan perbuatanya dan merenungi sehingga tidak mengulangi kesalahannya (memperbaiki diri).
  
  3.Kesyukuran
Sebagai hamba kita wajib bersyukur atas nikmat hidup yang telah diberikan oleh Allah SW, dengan bersyukur hidup menjadi lebih tentram dan merasa tercukupi.
 
4. Istiqomah
Sebagai hamba Allah  dalam mengerjakan sesuatu harus dilakukan dengan tekun dan giat. Karena disitu kita akan terbiasa dalam mengerjakan sesuatu.

5.Sabar
Sebagai hamba Allah dalam mengerjakan sesuatu ataupun datang sebuah masalah hadapi dengan hati yang ikhlas. Hadapi dengan lapang dada (kesabaran). Yakinlah setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Allah SWT tidak menginginkan hambanya kesulitan jika tidak  sesuai dengan kemampuannya.

6. Doa
Sebagai hamba Allah jangan lupa selalu berdoa. Doa merupakan kunci untuk penyelamat dunia dan akhirat. Dengan berdoa, Allah pasti akan memberinya, karena Allah maha pemurah dan maha penyanyang.

7. Kata mutiara
      "Tidak ada perjuangan yang berakhir tanpa kesuksesan"
 
Susunan rencana memperbaiki diri:
  1. Meningkatkan kualitas ibadahnya
  2. Membaca Al-quran
  3. Meninggalkan segala larangan Allah SWT
  4. Banyak sedekah sebagai rasa syukur
  5. Berbakti kepada orang tua
  6. Menyayangi pada sesama makhluk
  7. Peduli terhadap diri dan sekitarnya
  8. Berusaha
  9. Sabar
  10. Berdoa
  11. Mengingat akan kematian
Mimpi yang ingin di capai:
  1.  Ilmu yang bermanfaat
  2. Membahagiakan kedua orang tua
  3. Bahagia dunia dan akhirat
  4. Bekerja di sebuah instansi laboratorium yang bergerak dalam pemeliharaan lingkungan.
  5. Pengusaha
  6. Bermanfaat bagi masyarakat
Untuk mencapai mimpi tersebut, tentunya harus dilakukan dengan usaha, berdoa, kesabaran, istiqomah, bersyukur dan keyakinan kepada Allah SWT.

Tahajud:
Setelah mengerjakan sholat tahajud, saya merasakan ketenangan jiwa dan suasana hati yang tentram. Setelah sholat tahajud, saya memiliki perasaan yang ingin selalu memperbaiki diri saya yaitu meninggalkan segala larangannya dan mentaati perintahNYA. Selain itu, banyak mimpi yang sayang capai.