Forum Muhasabah

sesi muhasabah

sesi muhasabah

by ARINA AMALIYAH HASANAH 1611101003 -
Number of replies: 1

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah istimewa yang perintah dan keutamaannya disebutkan langsung dalam Al Qur’an. Tak ada sholat sunnah lain yang disebutkan dalam Al Quran sebagaimana sholat ini.

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’: 79)

Siapa yang membiasakan sholat tahajud, ia akan mendapatkan kedudukan terpuji dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena setiap  manusia ingin di notice oleh Allah 

iberikan solusi terbaik. Problem serumit apa pun yang dihadapinya, Allah yang akan memberinya jalan keluar.

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’: 79)


In reply to ARINA AMALIYAH HASANAH 1611101003

Re: sesi muhasabah

by ARINA AMALIYAH HASANAH 1611101003 -

1. Siapakan  5 kalimat reflektif yang maknanyatentang

-Keimanan keyakinan kepada Allah

-Keinsyafan atau pertaubatan

-Kesyukuran

-Istiqomah

-Sabar

-Doa dll

-Kalimat boleh kata-kata  mutiara atau puisi reflektif

2. Susunlah rencana untuk memperbaik idiri,apa saja yang akan di lakukan

3.Buatlah daftar  mimpi yang ingin di capai dan bagaimana cara mencapainya,termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimp itercapai..

4.Peserta melaksanakan solat lail pada pukul 03.00.

 

Jawaban

1. 5 kalimat reflektif

  • Keimanan keyakinan kepada Allah

percaya sepenuh hati kepada Allah yang ditunjukkan melalui ucapan, pikiran, dan perbuatan. Iman kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama dan prioritas yang wajib dipahami seorang muslim.

  • Keinsyafan atau pertaubatan

taubat yaitu perasaan hati yang menyesali perbuatan maksiat yang sudah terjadi, lalu mengarahkan hati kepada Allâh Azza wa Jalla pada sisa usianya serta menahan diri dari dosa. Melakukan amal shaleh dan meninggalkan larangan adalah wujud nyata dari taubat.

  • Kesyukuran

seorang mukmin, di tuntut ia menyikapi nikmat-nikmat Allah Swt  tersebut dengan bersyukur. Ia sadar bahwa nikmat tersebut adalah pemberian dari yang Maha Kuasa, dipergunakan dalam rangka ketaatan kapada Allah Swt  dan tidak menyebabkan mereka sombong dan lupa kepada yang memberikan nikmat tersebut. Dan barang siapa yang mensyukuri nikmat-Nya, maka Allah pun akan membalasnya

  • Istiqamah

sikap teguh dalam melakukan suatu kebaikan, membela dan mempertahankan keimanan dan keislaman, walaupun menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan.

  • Sabar

menahan diri, emosi, dan keinginan, dan juga bertahan dalam situasi yang sulit dan tidak mengeluh.

  • Doa 

aAdalah bercerita dan meminta segala sesuatu kepada Allah.

2. Rencana memperbaiki diri dengan sholat tepat waktu, menjalankan aktifitas secara tepat waktu dan selalu mengharapkan ridho Allah dalam menjalankan segala kegiatan.

3. Mimpi yang ingin dicapai adalah setelah lulus  kuliah, istiqomah, di kuatkan iman dan islamnya, keluarga selalu di beri kesahatan dan keberkahan, diperlancar mendapatkan pekerjaan dengan cara tetap miminta dan berdoa kepada Allah, dan tetap ikhtiar dalam mencari pekerjaan