Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by evi wahyuntari -
Number of replies: 27

Assalammualaikum...Alhamdulillah adik2 semua kita masih dipertemukan dan diberikan nikmat sehat,,,
baik pada sesi ini  Setelah mendirikan sholat tahajud, bagamna perasaan adik2 saat ini? Apak selanjutnya yang akan adik2 lakukan dengan sholat tahajud setelah ini?

Silahkan menuliskan 2 kalimat yg dapat mewakili perasaan adik2 semua S


In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by ESTY FARIDA 1610201068 -

Perasaan saya menjadi tenang, karena solat sepetiga malam adalah solat sunnah yang insyaallah doa akan dikabulkan oleh allah swt.

Setelah solat tahajud saya akan berzikir, berdoa dan menunggu untuk solat subuh nanti.

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by PUTRI YULISTIANA DEWI 1610201062 -

Merasa tenang dan merasa lebih dekat dengan Alloh, dan yakin kalo doa2 yg dipanjatkan bakal terkabul karna doa di sepertiga malam akhir doa yg mustajab.

Membaca alquran, solat sunnah fajar.

Untuk mencapai cita2, selain berusaha, lebih mendekatkan diri pd Alloh agar doa2 yg kita minta segera terkabul

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by ANGELIA CINDY RIWANTO 1610201058 -
Perasaan menjadi tenang seperti jiwa yang kembali suci walau masih banyak dosa, karena hanya manusia biasa dan yang sempurna hanyalah Allah swt. Selanjutnya, hal yg akan saya lakukan bermuhasabah diri dan selalu ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


1. -selalu bersyukur maka Allah tambahkan..

- bersabarlah, karena semua pasti ada jalannya

- selalu istiqomah dalam menuai kebaikan

-berdoalah kepada Allah, meminta semua keinginan kita karena Allah ingin kita lebih dekat lagi denganNya

- selalu bertaubatlah setiap hari, karena seorang manusia banyak dosa

-selalu yakin kepada Allah atas apa-apa yang kita kerjakan


2. Rencana untuk memperbaiki diri dengan menambahkan sholat sunnah, puasa, sedekah dan selalu berbuat baik pada sesama.

3. Cara mendekatkan mimpi, dengan yakin pada Allah dan slalu mengerjakan amalan-amalannya..

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by FITRIYAH 1610201063 -

Setelah melaksanakan solat tahajud saya merasa tenang dan lebih dekat dengan Allah  berharap doa segera di kabulkan dan dipermudah untuk segala urusan.

Selanjutnya yang saya lakukan sambil menunggu solat subuh yaitu berdzikir, berdoa dan membaca al-quran..

Untuk memperbaiki diri yaitu dengan meningkatkan ibadah kepada Allah, selalu berbuat baik, puasa dan bersedekah..

Agar mimpi segera tercapai kita harus selalu berdoa, berusaha, sabar dan jangan pernah putus asa, selalu yakin kepada Allah bahwa semua yang kita doakan dan inginkan pasti akan di kabulkan..



In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by ANDITA DWI OKTAVIANI 1610201071 -

Setelah melaksanakan solat tahajud pikiran saya menjadi jernih dan perasaan saya menjadi tenang serta merasa lebih dekat dengan Allah. Selanjutnya yang saya lakukan sambil menunggu solat subuh yaitu berdzikir, berdoa dan membaca al-quran..

1. kalimat reflektif:

  • yakinlah Allah tidak akan pernah meninggalkan hambaNya yang beriman
  • bertaubat adalah cara terbaik untuk mendekatkan diri pada Allah
  • selalu merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang dimiliki 
  • bangun cinta pada Allah dengan istiqomah
  • terus berusaha karena usaha keras tidak akan mengkhianati

2. rencana memperbaiki diri:

saya akan mulai membiasakan untuk sholat sunnah seperti sholat malam dan dhuha, puasa sunnah serta akan belajar untuk tidak menunda pekerjaan apapun itu dan segera menyegerakannya

3. daftar mimpi yang ingin dicapai:

ingin segera mungkin menyelesaikan pendidikan, mendapatkan pekerjaan yang baik dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi

4. hal yang dilakukan untuk mendekatkandiri agar mimpi tercapai:

tawwakal disertai usaha serta menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by AYU DESY KURNIAWATI 1610201066 -

Perasaan saya setelah sholat tahajud yaitu lebih tenang karena suasana yang masih hening bisa berdoa dengan khusyuk dan insyaa Allah doa di sepertiga malam akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah karna doa di sepertiga malam seperti anak panah yang sesuai dengan sasarannya.

Yang akan saya lakukan setelah ini yaitu berdzikir dan membaca Al-Qur'an sambil menunggu adzan sholat subuh 

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by DIAN TRINITA MUSYIAMI 1610201055 -
perasaan jauh lebih tenang dari biasanya, merasa tenang, tentram, damai, lebih dekat dengan Allah SWT semoga doa yang dipanjatkan bisa terkabul. aamiin. semoga dengan sholat malam ini bisa menjadi jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, penebus dosa dan kejelekan, serta penangkal penyakit dari badan.

dengan menunggu sholat shubuh yan dilakukan adalah membaca alquran, bermuhasabah diri, berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT
In reply to DIAN TRINITA MUSYIAMI 1610201055

Re: Muhasabah

by evi wahyuntari -

Baik adik2 semua, silahkan di tambahkan juga rencana apa yg akn dilakukan untuk memperbaiki diri dan buatlah Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by HANDITYA INTAN NURLAILY 1610201067 -

rencana memperbaiki diri mungkin selalu sholat tepat pada waktunya menjalankan ibadah sholat sunnah seperti tahajud dll ,mimpi ingin menjadi orang yang sukses dijalannya allah dengan senantiasa nertawqa kepada allah ,berdoa dan menjalankan ibadah dan bekerja keras (belajar) agar tercapainya mimpi

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by JUMNAH 1610201052 -

Rencana yang ingin saya lakukan kedepan untuk memperbaiki diri adalah dengan sholat tepat waktu, dan berusaha melaksanakan sholat sunnah salah satunya sholat tahajud.

Impian yang ingin saya capai adalah Lulus kuliah tepat waktu, bekerja, memebahagiakan orang tua dan menikah dan masuk Surga. Cara untuk mencapainya ialah dengan bekerja keras, belajar lebih giat, bersyukur, dan selalu berdo'a dan mendekatkan diri kepada Allah, dan menjauhi laranga-Nya

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by UMI HIJRIAH 1610201053 -

Rencana untuk memperbaiki diri kalau untuk saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dapat menjaga solat fardhu (tidak lagi mengulur waktu ketika adzan sudah dikumandangkan), dapat melaksanakan solat sunnah yang lain (sholat tahajud, dhuha dan witir), bisa rutin dalam membaca Al Qur'an dan lebih menjaga sikap serta ucapan. Daftar mimpi saat ini wisuda tepat waktu, untuk daftar mimpi jangka panjang ingin membahagiakan kedua orang tua. Cara mendekatkan diri dengan ikhtiar (berusaha semampu saya untuk mencapai impian yang sudah di cita-citakan) serta tawakal (dengan memohon, berdoa, bersholawat dan menyerahkan segalanya kepada Allah SWT)

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by DIAN TRINITA MUSYIAMI 1610201055 -


1. Siapakan  5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

·         -Keimanankeyakinankepada Allah

“ Tawakal adalah menyakini sepenuh hati bahwa allah akan mengurus segalanya untuk kamu bahkan hal-hal tersebut terlihat mustahil”

·         -Keinsyafanataupertaubatan

“Setetes air mata yang jatuh karena keinsyafan, seribu kali lebih baik daripada sejuta mutiara dilautan sesaat bersedih karena ingat dosa, adalah lebih mulia daripada seharian bersedih karena cinta anak manusia”

“Never underestimate the power of istighfar (asking for Allah’s forgiveness). It’s the weapon that brings you back to Allah and can ease your hardship.” Jangan pernah meremehkan kekuatan istighfar (memohon ampunan Allah). Karena itu adalah senjata yang akan membawamu kembali kepada Allah dan dapat meringankan kesulitan yang kamu hadapi.

·         -Kesyukuran

“ Hidup tak selalu sempurna yang terjadi tak selalu kita suka tapi kita bias selalu bahagia dengan cara mensyukuri yang ada”

·         -Istiqomah

“ berusahalah untuk selalu istiqomah meskipun begitu berat dan lelah tapi jangan sampai menyerah”

·         -Sabar

“ Ketika ada sesuatu yang hilang dalam diri kita, bersabarlah. Jika itu memang milik kita insyaalah akan kembali, jika tidak akan allah ganti dengan yang lebih baik lagi”

·         -Doa

Allaahumma yaa ghaniyyu yaa hamid, yaa mubdi'u wa yu'îd, yaa rahiimu yaa waduud. Aghninii bi halaalika 'an haraamik, wa thaa'atika 'an ma'shiyatik, wa bi fadhlika 'an man siwaak.

Artinya: " Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu."

Ya hayyu, yaa qayyum, birahmatika astaghitsu, ashlihli syani kullah wa la takilni ila nafsi tharfata ‘ain

Artinya: " Wahai Zat yang Maha hidup, Wahai Zat yang terus menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan. Perbaikilah seluruh urusanku dan janganlah Engkau serahkan kepadaku kesusahan meski hanya sekejap mata."

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan?

·         Muhasabah diri, intropeksi diri, mengenal diri sendiri

·         Lebih ditingkatkan lagi bersyukur

·         Tentukan tujuan dalam hidup diri sendiri

·         Lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT dengan beribadah (sholat, membaca alquran dan mengamalkannya, dzikir dll)

·         Meninggalkan kebiasaan buruk

·         Selalu berfikir dan bertindak positif

·         Menghilangkan sifat amarah, iri, dengki, berusaha menjadi seorang yang pemaaf

·         Selalu mengevaluasi diri dan tetap istiqomah dijalan yang benar

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai..

Mimpi yang ingin saya wujudkan yaitu menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain, memberangkat orang tua ke tanah suci, dan membuat tempat Usaha sendiri. Cara mencapainya yaitu dengan jihad dalam pendidikan, memperbanyak ilmu pengetahuan dan mencari pengalaman , berusaha/berikhtiar/bekerja keras, cerdas, dan tuntas, dan diimbangi dengan beribadah (sholat sunnah, sholat wajib, sholat malam, doa) berdoa agar dilancarkan dan dipermudah segala urusannya dunia dan akhirat. Husnudzon kepada allah, bersyukur dan Tawakal berserah diri kepada allah dan menerima segala kondisi atas apa yang dikehendakinya

 

 

 

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by PUTRI YULISTIANA DEWI 1610201062 -

Perbaiki mulai dari sholat 5 waktunya, jika sudah bis rutin, biasakan sholat di awal waktu. Perbanyak sodaqoh.

Mimpi saya ingin menunaikan ibadah haji..

Berusaha menabung khusus buat haji, banyak berdoa terutama di waktu2 mustajab, byk membaca doa minta haji, sholat hajat.

Dan yakin dan optimis dengan mimpi tsb.


In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by INDIRA SOFIA ROSIANTI 1610201060 -

Perasaan saya lebih tenang, nyaman dan merasa lebih dekat dengan Allah SWT setelah sholat  tahajud. 


Saya akan berdzikir, membaca Al-Qur'an, berdoa. 

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by TACIKA AKIKO NAWANGLUPI ANNISA 1610201065 -
hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan  lebih dekat dengan Allah. Yakin bahwa  doa2 yg dipanjatkan bakal terkabul karna doa di sepertiga malam bagaikan anak panah yang melesat tepat mengenai sasaran. 
yang dilakukan setelah sholat tahajud adalah membaca Al-Qur'an

1.  -          Menyerahkan  segala urusan kepada Allah dan berserah diri kepada Allah. Menerima segala ketentuan Allah karena yang baik menurut manusia belum tentu baik menurut Allah dan yang tidak baik menurut manusia belum tentu tidak baik menurut Allah.

-        Kado terindah dari Allah adalah ketika manusia diberi kesempatan untuk bertaubat atas kesalahan yang dilakukan. Sesungguhnya Allah menyukai hamba-hambaNya yang senantiasa meminta ampunan kepada Allah.

-          Dosa yang membuatmu sedih dan menyesal itu lebih baik dan disukai Allah daripada perbuatan baik yang membuatmu sombong.

-          Belajarlah ikhlas pada hal-hal kecil maka dengan demikian kita akan terbiasa ikhlas saat melakukan hal-hal besar. Karena ikhlas itu mendamaikan hati dan sabra itu menenangkan jiwa. Ikhlas dan sabar mengajarkan  kita arti “ memahami”.

-          Ketika kamu merasa lelah maka istirahatlah dan jangan pernah berfikir untuk kembali ke masa lalu. Tetaplah istiqomah di jalan Allah sampai Allah bilang untuk kalian berhenti. Jika tak mampu untuk berlari maka berjalanlah, jika tak mampu untuk berjalan maka merangkaklah namun janganlah balik arah.

2.      -          Meminta ampunan kepada Allah

-          Tholabul ‘ilmi

-          Mendekatkan diri kepada Allah

-          Memperbanyak interaksi dengan Al-Qur’an dan mengamalkannnya

-          Memperbaiki niat

-          Berkumpul dengan orang-orang sholihah

-          Ibadah tepat waktu, melakukan ibadah wajib dan membanyak ibadah sunnah

 

3.      Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai.

-          Meminta pertolongan kepada Allah

-         meraih ridho Allah dan ridho orangtua

-          Memperbanyak ibadah sunnah

-          Sholat tepat waktu

-          Berserah diri kepada Allah


In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by HANDITYA INTAN NURLAILY 1610201067 -

perasaan menjadi tenang dan nyaman, karena sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan di tengah malam dan insyaallah apa yang diinginkan akan diijabah oleh Allah SWT. senantiasa akan menunaikan ibadah sholat tahajud di pertengahan malam karena banyak sekali keberkahan yang ada.

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by UMI HIJRIAH 1610201053 -

Perasaan saya setelah melaksanakan sholat tahajud hati menjadi lebih tenang dan tentram. Keadaan paling dekat dengan Allah adalah ketika sujud pada rakaat kedua sehingga saya bisa meminta ataupun menceritakan segala hal kepada sang pencipta dan tidak lagi mengkhawatirkan tentang kehidupan didunia.

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by APRILIA MALAHAYATI 1610201054 -
hal yang dirasakan saat shalat tahajud hari ini adalah merasa bersyukur karena diberikan kesempatan oleh Allah untuk melakukan shalat sunnah yang sangat jarang saya bisa lakukan dan terapkan di kehidupan sehari- hari. hal yang ingin saya lakukan dengan shalat tahajud ingin sekali menerapkan nya dalam kehidupan sehari- hari.
In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by JUMNAH 1610201052 -

Setelah melaksanakan sholat tahajud saya merasa lebih tenang, lebih bersyukur dengan apa yang telah saya capai, lebih merasa sangat rendah dihadapan Allah karena melalaikan perintahnya, merasa diri saya bukan apa2 tampa-Nya. 

Setelah ini saya akan berusaha untuk bisa mengerjakan sholat tahajud di hari2 berikutnya

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by YUSTIKA ZHULFI PUTRIANI 1610201059 -

Setelah mendirikan sholat tahajud perasaannya menjadi lebih tenang dan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Selanjutnya yang saya lakukan adalah berdzikir dan berdoa sambil menunggu datangnya waktu sholat subuh.

Rencana untuk memperbaiki diri dengan melaksanakan sholat wajib tepat waktu, melaksanakan sholat sunnah, puasa, sedekah, meninggalkan kebiasaan buruk, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai adalah dengan berdoa, berpuasa, dan melaksanakan sholat qiyamul lail.


In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by NOVELA AYU RUSYANA 1610201056 -

Perasaan menjadi tenang, tentram dan lebih dekat dengan Allah SWT, insyaallah sholat malam doa diijabah oleh Allah SWT

Cara memperbaiki diri dengan istiqomah bertaubat sungguh-sungguh, meninggalkan larangan Allah SWT, bersabar, bersyukur, selalu mendirikan sholat lima waktu dan bersedekah.

Mempunyai mimpi ingin hidup lebih baik dengan segala keridhoan Allah SWT. Cara mendekatkan mimpi, dengan mengevaluasi kesalahan masalalu dan memperbaiki, yakin bahwa Allah selalu meluruskan jalan kita, ikhtiar dan berdoa


In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by INDRIYANI SAFITRI 1610201057 -

Setelah tahajud saya merasa lebih tenang dan lebih dekat dengan Allah. Selanjutnya yang saya berdzikir dan membaca Al qur'an sambil menunggu waktu sholat subuh.

Rencana untuk memperbaiki diri yaitu dengan sholat wajib tepat waktu, melaksanakan sholat sunnah, dan kegiatan-kegiatan yang lebih mendekatkan diri kepada Allah.


In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by WAHYU AJI SASONGKO 1610201069 -

Selepas tahajud melakukan rangkaian ibadah yang lain dan merenungi dosa2 agar lebih berhati-hati dalam keseharian

Rencana kedepan agar bisa istiqomah melaksanakan ibadah termasuk ibadah sholat tahajud

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by MUHAMMAD KHAERUL RIZAL KHAMZANI 1610201073 -

Setelah sholat tahajud saya merasa tenang dan setelah sholat saya membaca dzikir sambil menunggu adzan subuh

1. kalimat reflektif:

  • yakinlah Allah tidak akan pernah meninggalkan hambaNya yang beriman
  • bertaubat adalah cara terbaik untuk mendekatkan diri pada Allah
  • selalu merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang dimiliki 
  • bangun cinta pada Allah dengan istiqomah
  • terus berusaha karena usaha keras tidak akan mengkhianati

2. rencana memperbaiki diri:

saya akan mulai membiasakan untuk sholat sunnah seperti sholat malam dan dhuha, puasa sunnah serta akan belajar untuk tidak menunda pekerjaan apapun itu dan segera menyegerakannya


  
 

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by IRVAN KURNIAWAN 1610201072 -

Alhamdulillah setelah melaksanakan sholat tahajud berjamaah dengan teman-teman satu kontrakan perasaan saya menjadi lebih tenang. Selanjutnya yang saya lakukan sambil menunggu waktu sholat subuh yaitu dengan berdzikir,berdoa dan bertadur bersama.

-kalimat reflektif:

 bertaubat adalah cara terbaik untuk mendekatkan diri pada Allah, selalu merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang dimiliki, bangun cinta pada Allah dengan istiqomah

- rencana memperbaiki diri:

saya akan terus berusaha untuk memperbaiki diri seperti selalu taat beribadah, berbuat baik dengan sesama manusia dan selalu manjalankan apa yg di perintahkan dan menjauhi apa yg dilarangkan.

-daftar mimpi yang ingin dicapai:

Saya ingin segera menyelesaikan pendidikan di kampus UNISA agar saya mendapatkan pekerjaan yang baik dan menyenangkan hati kedua orang tua saya.

-hal yang dilakukan untuk mendekatkan diri agar mimpi tercapai:

Saya akan terus berusaha dan berdoa kepada Allah agar mimpin yang saya inginkan dapat saya capai.

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by ACHMAD RIDHO 1610201070 -

perasaan menjadi tenang sehingga dapat menjadi bekal di akhirat, dan dapat terbebas dari gangguan setan dan jin

In reply to evi wahyuntari

Re: Muhasabah

by ALFI SULISTININGSIH 1610201061 -

Perasaan saya menjadi lebih tenang, nyaman, dan merasa bisa dekat dengan Allah

Masih banyak belajar untuk memperbaiki diri, berusaha sholat wajib tetap waktu, melaksanakan sholat Sunnah, dan bisa menunaikan puasa baik wajib maupun Sunnah, dan melakukan sunnah2 lainnya seperti zdikir dan sholawat


Cita2 yang diharapkan bisa Istiqomah dalam hal kebaikan dan beribadah dengn mengharap ridho Allah, membahagiakan orang tua dengan pencapain2 yang selalu saya usahakan, dan bisa berhaji bersama keluarga nantinya