Forun: Spirit A-Ma'un

Sesi 9

Sesi 9

by Ririn Wahyu Hidayati -
Number of replies: 9

Setelah saudara mendengarkan pembahasan surat Al-maun, spirit apa yang telah dapat saudara peroleh yang akan menjadi arah ketika saudara bertindak di ruang kerja?

Tulisan refleksi singkat saudara dalam forum ini sekaligus anda presesni.


In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by MUKHRODIN 1610201203 -

Spirit QS Al-Maun memberikan pengarahan untuk senantiasa ikhlas dalam bekerja, berbuat baik kepada sesama dan senantiasa membantu orang yang membutuhkan. Spirit ini bisa kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by HANNA DWI PRATIWI 1610201194 -

Surah Al-Maun ini berisi tentang ancaman terhadap mereka yang menodai nilai-nilai ajaran agama Islam yakni mereka yang menghardik anak yatim, orang yang lalai dalam shalatnya, orang yang suka berbuat riya (pamer), orang yang tidak memberi makan pada orang miskin. Dari makna tersebut dapat kita jadikan landasan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by LUCIA WIDYASTUTI 1610201181 -

Spirit yang saya lakukan untuk dalam bekerja yaitu memperhatikan suatu sikap bahwa semua manusia itu tidak bisa bedakan mau seperti ataupun tunawisma, anak yatim, dll. Harus di bantu dengan hati yang ikhlas tulus tidak menghardik dan mencaci kepada setiap manusia, tidak boleh riya dalam suatu kekayaan dan kemudian sombong.


In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by BEKTI PRATIWI UTAMI 1610201191 -

spirit yang saya dapatkan dari hikmah surat Al-Maun ketika saya bekerja nanti adalah saya akan menyisihkan sebagian penghasilan yang saya miliki untuk membantu orang yang miskin yang membutuhkan dengan cara memberikan bantuan secara material. bagi orang-orang yang miskin secara sosial saya akan membantu dan membimbing dengan ilmu yang saya punyai agar mereka dapat keluar dari ketidakberdayaannya.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by NUR ANNISA 1610201195 -

Spirit QS Al-Maun dapat  memberikan pengarahan untuk  membantu orang yang membutuhkan terutama fakir miskin, tidak kikir, menjadi kaum yang tidak munafik  yang riya dalam shalatnya, dan tidak melalaikan shalat.  Spirit ini  juga langsung bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari karena sangat bermanfaat dan dipetik banyak pembelajarannya.

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by RETNO PANGESTUTI 1610201188 -

Spirit QS Al-Maun menurut saya selalu menghargai sesama umat islam dan memperhatikan orang-orang yang tertindas, terbelakang karena bisa saja orang yang disebut sebagai pendusta agama adalah justru orang yang hanya melakukan shalat tapi abai terhadap anak yatim atau tidak pernah peduli akan anak yatim yang sangat membutuhkan bantuan kita. sebagai manusia harus bisa saling membantu dan membela anak yatim yang mana mereka bukan saja tidak punya ayah tetapi dengan kehidupan fakir miskin. Dari Qs Al-Maun ini kita semua harus memberikan perhatian kepada anak yatim yang tidak berdaya dan sangat membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup

In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by ARUM ISRANDA NINGSIH 1610201184 -

Spirit yang saya dapatkan dari hikmah surat Al-Maun ketika saya bekerja nanti adalah saya akan menyisihkan sebagian penghasilan yang saya miliki untuk membantu orang yang miskin yang membutuhkan dengan cara memberikan bantuan secara material. bagi orang-orang yang miskin secara sosial saya akan membantu dan membimbing dengan ilmu yang saya punyai agar mereka dapat keluar dari ketidakberdayaannya.


In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by NURRAHMAH 1610201198 -

Spirit QA Al-maun yaitu dengan kita bekerja dengan hati yang iklas di tempat kerja, di rumah tau dimana pun, apapu. Yg kita kerjakan atau lakukan harus dengan iklas karena dengan keikhlasan kita maka allah akan memberikan balasan, pahala dan ridhonya kepada makhluknya yg snang tiasa ente, baik, walaupun staphynya hnya sebesar biji jarah. 

Spirit untuk sehari-hari harus tetap positif thingking untuk memingkatkan semangat. 



In reply to Ririn Wahyu Hidayati

Re: Sesi 9

by IKA KRISNAWATI 1610201200 -

Spirit yang saya dapat daru Q.S. Al-Maun ketika saya bekerja nanti yaitu berusaha untuk ikhlas dalam bekerja, selalu bersyukur dengan pekerjaan yang telah saya dapatkan dan yang sedang saya jalani. Selain itu, saya akan berusaha menyisihkan sebagian penghasilan yang saya miliki untuk membantu orang yang kurang mampu atau orang yang lebih membutuhkan dengan cara memberikan bantuan secara material.