Forum: Aktualisasi Spirit Profesional Qurani.

forum

forum

by 1209149 Iwan Setiawan -
Number of replies: 19

Pada forum ini kita diskusikan kajian Aktualisasi Spirit Profesional Qurani

apakah yang akan saudara lakukan unutk mengaktualisasikan spirit quran dalam profesi sauadar nanti. Sila jawab melalui forum ini, saudara boleh memberikan jawaban, memberikan tanggapan atau mengajukan pertanyaan kepada teman, partisipasi saudara  sekaligus sekaligus menjadi  presensi!


In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by SYIFA NUR FADHILAH 1611304054 -

Bekerja dengan menyandang profesi sebagai analis kesehatan/ATLM tentu tidaklah mudah, selain harus menjaga amanah dari pasien dan dokter, kami memegang kunci penting dalam diagnosis dokter terhadap pasien. Maka dari itu perlu ditegakkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan (thayyiban), amanah, kemanfaatan, dan kemaslahatan di dunia dan akhirat.
  2. Menciptakan suasana kerja yg menyenangkan
  3. Kepuasan pelanggan sehingga tercipta perasaan senang pada pelanggan
  4. Menjauhkan diri dari praktik-praktik korupsi, kolusi, nepotisme, kebohongan, dan hal-hal yang batil lainnya yang menyebabkan kemudharatan dan hancurnya nilai-nilai kejujuran, kebenaran dan kebaikan umum
  5. Melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati dan kejujuran sebagai wujud menunaikan ibadah
  6. Mengembangkan prinsip bekerjasama dalam kebaikan dan ketakwaan, serta tidak bekerja dalam dosa dan permusuhan.
  7. Besyukur kepada Allah SWT dikala menerima nikmat serta bersabar dan bertawakal dikala diterpa musibah
In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by SUCI SUKMA JAYA 1611304049 -

Dalam bekerja nanti kita harus tetap profesional menjalankan tanggung jawab kita dengan semestinya, bekerja secara ikhlas dan bekerja dengan sesuai aturan dengan tidak melanggar prinsip Syari'ah.

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by MAMI NIA SHOLEHANA 1611304103 -

Dalam melaksanakan pkerjaan kita harusbeerja dengan sepnuh hati, bertanggung jawab,berkerja dengan sesui aturan,ikhlas dalam berkerja,dan harus profesional dengan pekerjaan.

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by FRISKA SETIA MAHARINI PUTRI 1611304051 -

Bekerja dengan ikhlas dan jujur, bertanggung jawab dengan pekerjaan yang dilakukan, inisiatif dalam menghadapi masalah, bekerja sama dan selalu menjalankan nilai-nilai ketaqwaan.

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by SITI NURKHASANAH 1611304048 -

Yang akan saya lakukan untuk mengaktualisasikan spirit quran dalam profesi saya sebagai TLM nantinya adalah:

1.    Bekerja dengan keahliannya saya yaitu bidang Teknologi Laboratorium Medis dengan komitmen, kecakapan (skill), dan tanggung jawab yang sepadan, bukan semata-mata urusan mencari nafkah berupa materi belaka.

2.    Menjunjung tinggi nilai-nilai kehalalan dan kabaikan (halalan tayyiban), amanah, kemanfaatan dan kemaslahatan dalam melaksanakan pelayanan.

3.    Menjauhkan diri dari korupsi, kolusi, nepotisme, kebohongan, dan hal-hal yang batil lainnya yang menyebabkan kemadaratan dan hancurnya nilai-nlai kejujuran, kebenaran dan kebaikan umum.

4.    Selalu bersyukur kepada Allah dan bertawakkal kepada Allah apabila memperoleh musibah sehingga memperoleh pahala dan terhindar dari siksa.

5.    Menjalani profesi sebagai TLM dengan sepenuh hati dan kejujuran sebagai wujud menunaikan ibadah dan kekhalifahan.

6.    Menjalani profesi sebagai TLM dengan prinsip bekerja sama dalam kebaikan dan ketakwaan serta tidak bekerja sama dalam dosa dan permusuhan.

7.    Menunaikan kewajiban zakat (termasuk zakat profesi), sadaqah, infaq, wakaf dan amal jariyah lain dari penghasilan yang diperoleh serta tidak melakukan hilah (menghindarkan diri dari hukum) dalam menginfakkan rizki yang diperoleh.

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by DELLA ASTERNIA 1611304041 -

Bekerja dengan keahliannya saya yaitu bidang Teknologi Laboratorium Medis dengan komitmen, dan tanggung jawab. sertamelakukan pekerjaaan dengan niat ibadah karena Allah. mengelola kejujuran dan sepenuh hati serta bisa bekerjasama dalam kebaikan dan ketakwaan dengan ridho-Nya

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by ILDA RUMFOT 1611304040 -

Yang akan saya lakukan untuk mengaktualisasikan spirit quran dalam profesi saya sebagai TLM yaitu:

1.    Bekerja dengan keahliannya saya yaitu bidang Teknologi Laboratorium Medis dengan komitmen, kecakapan (skill), dan tanggung jawab yang sepadan, bukan semata-mata urusan mencari nafkah berupa materi belaka.

2.    Menjunjung tinggi nilai-nilai kehalalan dan kabaikan (halalan tayyiban), amanah, kemanfaatan dan kemaslahatan dalam melaksanakan pelayanan.

3.    Menjauhkan diri dari korupsi, kolusi, nepotisme, kebohongan, dan hal-hal yang batil lainnya yang menyebabkan kemadaratan dan hancurnya nilai-nlai kejujuran, kebenaran dan kebaikan umum.

4.    Selalu bersyukur kepada Allah dan bertawakkal kepada Allah apabila memperoleh musibah sehingga memperoleh pahala dan terhindar dari siksa.

5.    Menjalani profesi sebagai TLM dengan sepenuh hati dan kejujuran sebagai wujud menunaikan ibadah dan kekhalifahan.


In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by RIKA PUSPITA DEVI 1611304047 -

Dalam menjalani profesi saya akan menjalaninya dengan sepenuh hati dan jujur, bekerjasama dalam kebaikan, melakukan pekerjaan yang hal dan baik berdasarkan profesi saya, bertanggung jawab, dan berkerja dengan ikhlas, bersyukur dengan nikmat yang diberikan serta bersabar dan betawakal kepada Allah dalam menempuh musibah.

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by NURUL AZIZAH 1611304052 -

Sebagai seorang Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) yang hasil pemeriksaan laboratoriumnya digunakan untuk penegakan diagnosis penyakit pasien, maka integritas harus dijunjung tinggi. Aktualisasi spirit quran dalam profesi ATLM dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal berikut:

1.       Amanah dalam mengerjakan pemeriksaan.

2.       Jujur dalam melaporkan hasil pemeriksaan.

3.       Melakukan pekerjaan dengan bersungguh-sungguh.

4.       Visioner dalam menentukan suatu kebijakan.

5.       Bermusyawarah dan menghargai pendapat orang lain.

6.       Menghindari korupsi, kolusi, dan nepotisme untuk menjaga nilai-nilai kejujuran.

Beberapa aktualisasi tersebut beserta aktualisasi menurut PHIWM lainnya dilakukan dalam rangka menuju masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.


In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by NUR RAHMASARI S. TULE 1611304057 -

Yang akan saya lakukan untuk mengaktualisasikan spirit al-qur'an dalam profesi saya sebagai tenaga medis (TLM) nantinya ialah dengan bekerja keras ikhlas karna Allah dan niat yang tulus serta baik dalam melayani pasien dengan menanamkan nilai-nilai islami dalam diri agar bisa tercapainya pelayanan kesehatan yang berbasis profesional Qur'ani.

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by ALFIAH RIZQI RAMADHANTI 1611304037 -

Untuk mengaktualisasikan spirit quran dalam profesi saya nanti, saya akan melakukan pelayanan prima dan bekerja secara professional yaitu dengan cara bekerja keras secara ikhlas semata-mata karena Allah dan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Memberikan jasa kepada pasien yang betul-betul mereka butuhkan dan inginkan bukan sekedar memberikan apa yang kita pikirkan tentang dibutuhkan oleh mereka

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by SHAFIRA LIANTI 1611304053 -

Bekerja dalam berprofesi sebagai ATLM yang saya lakukan untuk mengaktualisasikan spirit Profesional Qurani yaitu:

1. Melayani pasien dengan sepenuh hati, ikhlas, profesional, jujur dan penuh tanggung jawab.

2. Menjauhkan diri dari praktik-praktik korupsi, kolusi, nepotisme, kebohongan dan lain-lain yang dapat mengakibatkan kemudharatan.

3. Menjalani profesi sebagai seorang ATLM harus dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan bekerja sama antar petugas lainnya.

4. Menjaga amanah, komitmen dan skill dengan penuh tanggung jawab

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by ANARIZKA ADIKSA RAMADHANI 1611304036 -
Yang akan saya lakukan untuk mengaktualisasi spirit Quran dalam profesi yang akan saya jalani nanti yaitu
1. Bekerja sesuai dengan keahliannya saya dengan komitmen, kecakapan (skill), dan tanggung jawab yang sepadan, bukan semata-mata urusan mencari nafkah berupa materi belaka.
2. Menjunjung tinggi nilai-nilai kehalalan dan kabaikan (halalan tayyiban), amanah, kemanfaatan dan kemaslahatan dalam melaksanakan pelayanan.
3. Menjauhkan diri dari korupsi, kolusi, nepotisme, kebohongan, dan hal-hal yang batil lainnya yang menyebabkan kemadaratan dan hancurnya nilai-nilai kejujuran, kebenaran dan kebaikan umum.
4. Selalu bersyukur kepada Allah dan bertawakkal kepada Allah apabila memperoleh musibah sehingga memperoleh pahala dan terhindar dari siksa.
5. Menjalani profesi dengan sepenuh hati dan kejujuran sebagai wujud menunaikan ibadah dan kekhalifahan.

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by ROSMITA ANGGRAENI -

aktualisasi spirit profesional qur'ani yang dapat dilakukan yaitu pada saat bekerja harus bekerja dengan ikhlas, memberikan pelayanan yang terbaik, memberikan pelayanan secara ihsan dan sepenuh hati. Mengembangkan prinsip bekerja sama dalam kebaikan dan ketakwaan serta tidak bekerja sama dalam dosa dan permusuhan. Menghindari praktik kolusi, korupsi dan nepotisme

In reply to 1209149 Iwan Setiawan

Re: forum

by HANDAYANI 1611304039 -

Sebagai seorang (ATLM) hasil pemeriksaan laboratoriumnya digunakan untuk penegakan diagnosis penyakit pasien, maka integritas harus dijunjung tinggi. Aktualisasi spirit quran dalam profesi ATLM dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Besungguh2 dan amanah dalam mengerjakan pemeriksaan sampel.

2. Jujur dalam melaporkan hasil pemeriksaan.

3. Visioner dalam menentukan kebijakan.

4. Bermusyawarah dan menghargai pendapat orang lain.

5. Menghindari korupsi, kolusi, dan nepotisme untuk menjaga nilai-nilai kejujuran.