Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Makna surah ar-rum ayat 21

Makna surah ar-rum ayat 21

by RENI MUHKA 1610201187 -
Number of replies: 3

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Dan di antara tanda-tanda-Nya yang agung sekaligus menunjukkan kekuasaan-Nya dan keesaan-Nya, bahwa Dia menciptakan untuk kalian -wahai orang laki-laki- dari jenismu pasangan-pasangan agar jiwa kalian merasa cenderung dan tenang kepadanya karena ada kesamaan di antara kalian. Dan Dia menjadikan rasa cinta di antara kalian dan mereka. Sesungguhnya di dalam hal itu sungguh terdapat bukti-bukti dan tanda-tanda yang jelas bagi orang-orang yang berfikir, karena hanya orang-orang yang berfikir sajalah yang bisa mendapatkan faedah dari pemikiran akal mereka.

In reply to RENI MUHKA 1610201187

Re: Makna surah ar-rum ayat 21

by NURRAHMAH 1610201198 -

Kandungan surah Ar rum ayat 21 yaitu tentang kebesaran Allah yang menciptakan istri bagi manusia dari golongan manusia sendiri dan memberi rasa kasih sayang diatara suami dan istri.

In reply to RENI MUHKA 1610201187

Re: Makna surah ar-rum ayat 21

by RETNO PANGESTUTI 1610201188 -

makna surat Ar-rum ayat 21

Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Allah SWT menjelaskan bahwa perempuan sebagai pasangan hidup laki-laki tercipta dari jenis yang sama. Hal itu bertujuan agar keduanya dapat saling merasa aman dan nyaman. Karena sejatinya fitrah manusia adalah saling membutuhkan satu sama lain, dan memiliki kecenderungan dengan lawan jenis maka dari itu Allah menganjurkan manusia menyempurnakan sebagian iman dengan pernikahan. atau menciptakan pasangan yang harmonis dan memiliki keluarga yang berjiwa besar.


In reply to RENI MUHKA 1610201187

Re: Makna surah ar-rum ayat 21

by NUR ANNISA 1610201195 -

Makna :Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir [ QS. Ar Rum 30:21]

Kandungan surah Ar-rum ayat 21 adalah tentang kebesaran Allah yang menciptakan istri bagi manusia sendiri dan memberi rasa kasih sayang diantara suami istri dan menjadikan keluarga yang sakinah (nyaman, tenang, tentram) mawaddah (perasaan ingin bersatu)  dan rohmah (dijadikan-Nya menjadi  mawadah dan  rahmah)