Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

sesi 8

sesi 8

by HAVIDA WIDYASTUTI -
Number of replies: 17

Assalamualaikum

Ayat yang tadi dibacakan yaitu surah al-imron ayat 104. Ayat ini menjadi salah satu spirit dalam gerakan dakwah muhammadiyah. Dalam ayat ini Allah menekankan kewajiban keberadaan segolongan kaum muslimin yang menyeru kepada Islam, mengajak kepada ketaatan dan melarang kemaksiatan. Sebagai tenaga kesehatan, kita berperan aktif dalam implementasi ayat ini, terutama untuk mengajak masyarakat patuh pada aturan kesehatan, apalagi di era pandemi ini.

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by RISNA IRAWATI 1611304084 -

Assalamu'alaikum

ayat yang tadi telah dibacakan merupakan surah Al-Imron (104) yang merupakan spirit gerakan dakwah muhammadiyah. ayat tersebut menjelaskan mengenai adanya segolongan ummat yang selalu menyeru kepada kebaikan dan melarang kepada kemungkaran. hal tersebut sangat berkaitan erat dengan tenaga kesehatan yang seharusnya dapat memberikan contoh atau sebagai penggerak dalam kebaikan atau mengimplementasikan ayat dengan melakukan pendampingan terhadap pasien dalam mengamalkan doa kesehatan.

In reply to RISNA IRAWATI 1611304084

Re: sesi 8

by DWI IRA SWIARNALINI 1611304076 -

Assalamualaikum wr wb

Ayat yang telah dibaca adalah Al-qur'an surah Al-Imron (104). Ayat ini  landasan bagi muhammadiyah dalam gerakan dakwah, ayat ini menjelaskan tentang orang yang beruntung ada;ah mereka yang mengajak kepada kebnaran dan menjauhi kemungkaran. dalam ayat ini bisa  dalam mengajak menajaga protokol kesehatan.

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by NORFADHILAH 1611304070 -

Assalamualaikum wr wb

Ayat yang telah dibaca adalah Al-qur'an surah Al-Imron (104). Ayat ini merupakan landasan bagi muhammadiyah dalam gerakan dakwah, ayat ini mengandung dua macam perintah yaitu perintah pertama kepada seluruh umat islam agar membentuk  satu kelompok khusus yang bertugas melaksanakan dakwah dan perintah kedua adalah kepada kelompok khusus tersebut untuk melaksanakan dakwah kepada kebajikan menegakkan kebenaran dan mencegah kemungkaran. Hal ini dapat diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari kita sebagai tenaga kesehatan untuk mengajak masyarakat patuh tehadap protokol kesehatan, saling menjaga, mengingatkan kepada sesama dalam mencegah penularan kepada orang lain.

In reply to NORFADHILAH 1611304070

Re: sesi 8

by SRI SUNINGSIH I. LABALO 1611304066 -

Assalamualaikum wr wb

Ayat yang telah dibaca adalah Al-qur'an surah Al-Imron (104). Ayat ini merupakan landasan bagi muhammadiyah dalam gerakan dakwah, Dan hendaklah ada di antara kalian -wahai orang-orang mukmin- satu kelompok yang mengajak kepada setiap kebajikan yang dicintai Allah, menyuruh berbuat baik yang ditunjukkan oleh syarak dan dinilai baik oleh akal sehat, dan mencegah perbuatan mungkar yang dilarang oleh syarak dan dinilai buruk oleh akal sehat. Orang-orang semacam itulah yang akan mendapatkan kemenangan yang sempurna di dunia dan akhirat.



In reply to SRI SUNINGSIH I. LABALO 1611304066

Re: sesi 8

by YOZZI PERMANA 1611304062 -

Assalamualaikum wr wb

Ayat yang telah saya baca adalah Al-qur'an surah Al-Imron (104). yang merupakan landasan bagi muhammadiyah dalam gerakan dakwah, dan didalam ayat ini mengandung dua macam perintah yakni perintah pertama kepada seluruh umat islam agar membentuk satu kelompok(unit kesehatan) khusus yang bertugas melaksanakan dakwah. Dakwah juga visa dimaksudkan sebagai informasi kesehatan. dan perintah kedua adalah kepada kelompok khusus tersebut untuk melaksanakan dakwah kepada kebajikan menegakkan kebenaran dan mencegah kemungkaran. Hal ini dapat diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari kita sebagai tenaga kesehatan untuk mengajak masyarakat patuh tehadap protokol kesehatan, apalagi dunia kita sedang diterpa bencana(virus) saling menjaga, mengingatkan kepada sesama dalam mencegah penularan kepada orang lain.


In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by NOVIA ARMEDA PUTRI 1611304083 -

Ayat yang tadi dibacakan yaitu surah al-imron ayat 104. Ayat ini menjadi salah satu spirit dalam gerakan dakwah muhammadiyah. Melalui ayat tersebut Allah SWT memerintahkan umat islam agar diantara mereka ada sekelompok orang yang bergerak dalam bidang dakwah yang selalu memberi peringatan apabila nampak gejala-gejala perpecahan dan pelanggaran terhadap ajaran agama, dengan jalan mengajak dan menyeru manusia untuk melakukan kebajikan, menyuruh kepada ma’ruf dan mencegah yang mungkar. Cara yang ditempuh dengan cara menyadarkan manusia bahwa perbuatan-perbuatan yang baik itu akan mendatangkan keuntungan dan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Begitu juga sebaliknya, bahwa kemungkaran dan kejahatan itu akan selalu menimbulkan kerugian dan kemudhorotan, baik bagi pelakunya maupun orang lain.

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by INDI FATHURIDHA AP 1611304073 -

assalamualaikum wr.wb

ayat yang dibacakan yaitu Q.S Ali Imran ayat 104. dalam ayat tersebut menjelaskan yang dimaksud orang yang beruntung adalah mereka yang mengajak kepada kebenaran dan menjauhi kemunkaran. dalam dunia kerja dapat dicontohkan dengan cara mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by MERRY MAEDA 1611304068 -

Assalamualaikum wr.wb

Ayat yang saya baca adalah surah Ali-Imran ayat 104 ayat ini merupakan spirit gerakan dakwah muhammadiyah. ayat tersebut menjelaskan mengenai segolongan ummat yang selalu menyeru kepada kebaikan dan melarang kepada kemungkaran. dimana hal itu sangat berkaitan erat dengan tenaga kesehatan yang seharusnya dapat memberikan contoh  dalam kebaikan atau mengaplikasikan ayat dengan melakukan pendampingan terhadap pasien dalam mengamalkan doa kesehatan yang bertujuan untuk meminta kesembuhan hanya dari Allah SWT.


In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by GALUH ENGGAR KIRANA 1611304079 -

Assallamualaikum wr wb.

Ayat yang dibacakan yaitu Q.S Ali Imran ayat 104. dalam ayat tersebut menjelaskan yang dimaksud orang yang beruntung adalah mereka yang mengajak kepada kebenaran dan menjauhi kemunkaran. dalam dunia kerja dapat dicontohkan dengan cara mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by SITI NURLATIFA 1611304075 -

Assalamu'alaikum wr wb

Kajian Al-Qur'an surah Ali Imron ayat 104. Ayat ini merupakan salah satu perintah Allah kepada umat-Nya untuk senantiasa mengajak kepada kebaikan dan memerintahkan kepada yang ma'ruf, yaitu segala perbuatan yang telah diketahui kebaikannya menurut akal dan syariat. Juga melarang perbuatan keji dan mungkar, yakni segala perbuatan yang telah diketahui keburukannya dari segi syariat mupun akal. orang yang melakukan hal ini akan beruntung dan dapat menggapai surga dengan penuh kenikmatan. Sebagai tenaga kesehatan kitaa harus bisa mengamalkan ayat ini dilingkungan masyarakat untuk selalu mengajak menaati protokol kesehatan, hidup sehat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by RAHMA ANGGITASARI 1611304071 -

Assalamualaikum

 Dalam ayat ini Allah menekankan kewajiban keberadaan segolongan kaum muslimin yang menyeru kepada Islam, mengajak kepada ketaatan dan melarang kemaksiatan. Sebagai tenaga kesehatan, kita berperan aktif dalam implementasi ayat ini, terutama untuk mengajak masyarakat patuh pada aturan kesehatan, apalagi di era pandemi ini.


In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by ANISA S. STIBIS 1611304065 -
assalamualaikum pak,
Ayat yang dibaca adalah Al-qur'an surah Al-Imron (104). Ayat ini 
merupakan ayat perubahan yang menggerakkan Muhammadiyah untuk melakukan pencerahan (tanwir) dan pembebasan (tahrir).
In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by INDAH CAHYANI 1611304064 -

Assalamualaikum wr wb

Surah ali imran Ayat 104 ini menjelaskan tentang kewajiban ar ma'ruf nahi mungkar. Seorang muslim wajib menyeru kepada perbuatan yang Allah perintahkan (ma'ruf) dan menjauhi serta mencegah segala hal yang Alllah larang ( mungkar). Sebagai seorang tenaga medis harus mengajak masyarakat baik dalam lingkungan kerja dan diluar jam kerja selalu menerapkan nilai-nilai yang baik untuk keselamatan semuanya.

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by SARASWATI 1611304074 -

Ayat Al- Imron ayat 104 merupakan dasar semangat Muhammadiyah. Ayat tersebut menjelaskan mengenai jalan terbaik untuk bersatu dalam kebenaran di bawah naungan al-Qur'an dan Rasul-Nya. Dengan menjadi umat yang menyerukan segala bentuk kebaikan dunia dan akhirat, menyerukan kewajiban mendorong pada kebaikan bersama dan mencegah kejahatan.

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by VIVI SHENDIKA 1611304072 -

Assalamualaikum Wr. Wb

Surat Ali Imran ayat 104 ini menyeru agar kita melakukan sesuatu dengan kebajikan, berbuat yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. jadi, dalam melakukan sesuatu perbuatan ataupun kegiatan hendak dengan niat yang ikhlas, sopan, jujur, tidak iri maupun dengki.

In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by NUR AISYAH OKTAVIA 1611304078 -
Assalamualaikum
Ayat yang telah dibacakan tadi adala surah Ali Imron 104 diperintahkan agar di antara umat islam ada segolongan umat yang terlatih di bidang dakwah yang dengan tegas menyerukan kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf (baik) dan mencegah dari yang munkar (maksiat).
In reply to HAVIDA WIDYASTUTI

Re: sesi 8

by RANGGA HIMAWAN 1611304080 -

Assalamualaikum wr wb

Ayat yang telah dibaca adalah Al-qur'an surah Al-Imron (104). Ayat ini merupakan landasan bagi muhammadiyah dalam gerakan dakwah, ayat ini mengandung dua macam perintah yaitu perintah pertama kepada seluruh umat islam agar membentuk  satu kelompok khusus yang bertugas melaksanakan dakwah dan perintah kedua adali in- satu kelompok yang mengajak kepada setiap kebajikan yang dicintai Allah, menyuruh berbuat baik yang ditunjukkan oleh syarak dan dinilai baik oleh akal sehat, dan mencegah perbuatan mungkar yang dilarang oleh syarak dan dinilai buruk oleh akal sehat.