Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by 1910104303 SAKINATUNISA -
Number of replies: 1

Alhamdulillah... Walaupun berhalangan utk melaksanakan qiyamul lail, insyaAllah dengan sesi muhasabah ini saya tetap dapat berdoa, berdzikir, memaksimalkan penghambaan kepada Allah SWT dengan penuh pengharapan. Bermunajat seraya mohon ampun atas kesalahan dan kekhilafan, atas dosa2 yg kerap kali saya lakukan baik disadari maupun tidak.. Semata2 mengharap ampunan dr Allah.

Bermunajat memohon keberkahan keridhoan dan perlindungan fidunya wal akhirah. Mohon perlindungan dr ancaman pandemi yg sangat mengkhawatirkan kita semua, semoga segera berakhir di bumi Allah ini, dan Allah gantikan dengan kedamaian, ketentraman serta kesehatan bagi kita semua.

Dengan muhasabah, saya semakin merasa sangat2 kecil di hadapan Allah, benar2 tidak memiliki daya dan upaya apapun kecuali atas keridhoan Allah.

In reply to 1910104303 SAKINATUNISA

Re: Muhasabah

by 1910104303 SAKINATUNISA -
1. Siapakan 5 kalimat reflektif yang maknanya tentang • -Keimanan keyakinan kepada Allah: Allah sebaik-baik pelindung, Allah sebaik-baik penolong. • -Keinsyafan atau pertaubatan: Segunung dosa kami tak sebanding dengan selaut luas pengampunan-Mu. • -Kesyukuran: Tiada sesuatu apapun di dunia ini ada tanpa kehendak-Nya, bahkan nafas adalah kemurahan-Nya • -Istiqomah: Jadilah rumput nan lembah lembut, tak luruh dipukul ribut, bagai karang di dasar lautan, tak terusik dilandai badai. • -Sabar: Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penawar segala resah, solusi semua masalah. Hanya dng sabar dan sholat maka hati akan tenteram. 2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan? Menjaga disiplin sholat fardhu, terutama disiplin waktu. Jk shalat sdh terjaga, insyaAllah ibadah lain mengikuti. Rajin belajar ilmu agama dng membaca Al Quran, buku2 agama atay mendengarkan kajian2. Mengubah kebiasaan mendengarkan musik dng mendangarkan murottal atau dzikir. Merutinkan sholat lail dan sholat sunnah lainnya. Muhasabah diri setiap sebelum tidur, memohon ampunan Allah serta memaafkan org2 yang menyakiti dan mpy kesalahan pd saya selama seharian. Mensyukuri karunia Allah yg sudah dilimpahkan seharian. 3. Buatlah daftar mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai.. Menjadi istri sholihah dan ibu yg baik utk anak2 saya, dng smakin taat pd suami dlm kebaikan serta mendidik dan mengasuh anak2 dng penuh kasih sayang. Menjadi bidan yg semakin profesional dan ikhlas menjalani pekerjaan walaupun di tengah pandemi dengan menguatkan doa agar slalu dilindungi Allah serta berupaya maksimal menjaga iman dan imun. Menjadi warga negara yg baik dng menjalankan kewajiban scr maksimal, semakin meningkatkan kebermanfaatan dlm masyarakat baik di bidang agama, kesehatan maupun sosial. Mjd anak yg semakin berbakti kpd kedua orang tua, baik ortu kandung maupun mertua dng terus mendoakan serta menghormati beliau2.