Forun: Spirit A-Ma'un

Spirit Al-Ma'un

Spirit Al-Ma'un

by syaifullah syaifullah -
Number of replies: 22

Setelah saudara mendengarkan pembahasan surat Al-maun, spirit apa yang telah dapat saudara peroleh yang akan menjadi arah ketika saudara bertindak di ruang kerja?

Tulisan refleksi singkat saudara dalam forum ini sekaligus anda presensi.


In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104013 MONIKA RAHAYU CAESARANI -

Nama saya Monika Rahayu Caesarani 1910104013 setelah mendapatkan materi mengenai surah al-maun, saya menjadi mengerti bahwa ajaran islam tidak hanya berdakwah masalah agama namun mengajarkan cara berbagi untuk membantu mensejahterakan masyarakat-masyarakat yang membutuhkan. Sebaik-baik mengerjakan ibadah tetapi jika tidak dapat bermanfaat bagi orang lain apalagi sampai berbuat jahat pada fakir miskin, anak yatim itu semua akan terasa percuma. Spirit yang saya dapatkan bahwa dalam konidisi apapun selagi kita bisa membantu orang disekeliling kita maka lakukanlah.

In reply to 1910104013 MONIKA RAHAYU CAESARANI

Re: Spirit Al-Ma'un

by YOSHINTA RAMADANI PUTRI 1610104144 -

Nama : Yoshinta Ramadani Putri

NIM : 1610104144

Al Maa'uun sendiri berarti bantuan penting atau hal-hal berguna, diambil dari ayat terakhir dari surah ini. Pokok isi surah menjelaskan ancaman terhadap mereka yang tergolong menodai agama yakni mereka yang menindas anak yatim, tidak menolong orang yang meminta-meminta, riya' (ingin dipuji sesama manusia) dalam salatnya, serta enggan menolong dengan barang-barang yang berguna.

In reply to 1910104013 MONIKA RAHAYU CAESARANI

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104014 FIRDAUS MUBAYYINA -

nama : Firdaus Mubayyina

nim : 1910104014

Spirit yang di peroleh yang akan menjadi arah saat sudah ditempat kerja yaitu membangun kerjasama untuk mencapai cita kehidupan dan sosial. sebab sebaik-baik manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi sekitarnya. sebab perlu selalu kita ingat bahwa kita hidup senantiasa menjaga hubungan vertikal kita dengan yang kuasa , bertakwa agar mendapat ridha Allah dan menjaga diri dari maksiat, serta horizontal dengan sesama manusia. Dalam era pandemic covid 19 ini , tujuan utama yang harus dilakukan demi memutus penyebaran virus ini dengan memberikan edukasi secara medis kepada masyarakat agar mengedepankan gaya hidup sehat.


In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104012 FRIDA PRASETYA KUSUMANINGTYAS -

Assalamualaikum pak, izin menjawab

Frida Prasetya Kusumaningtyas/1910104012

Menurut saya, al maun sebagai landasan kita untuk beramal saleh. Dimana terdapat tiga landasan Al-Ma'un dilihat dari aspek sejarah, aspek teologi dan aspek Nash Al-Qur'an. Al-Ma'un tidak terlepas dari posisi Islam yang didalamnya ajaran Islam tidak hanya berdakwah untuk masalah agama saja namun mengajarkan umatnya demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

In reply to 1910104012 FRIDA PRASETYA KUSUMANINGTYAS

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104001 MASYKUROH -

menurut saya Al-Maun merupakan bagian hidup manusia, dimana manusia tidak bisa hidup sendiri disini kita perlu saling menolong. Sebagai tenaga kesahatan di dalam masa pandemi seperti perlu sekali kita ikut andil bagian dalam membantu sesama akibat dampak covid-19. Dengan berlandaskan surat Al Maun kita bisa mendapatkan segudang pahala dengan amalan-amalan yang telah di jelaskan pada surat Al Maun.

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104003 FADILATUL MUNAWWAROH -

nama : fadilatul munawwaroh

nim : 1910104003

Surat Al Maun merupakan salah satu surat dalam Al Quran yang sangat ditekankan pemahaman dan penerapannya bagi kader Muhammadiyah. Selain merupakan surat yang awalnya diajarkan oleh KH Ahmad Dahlan, kandungan surat ini sarat akan konsep pemberdayaan dan kepedulian sosial contohnya menyantuni fakir miskin dan anak yatim

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104004 ANINDA AYU PUTRI FUSPITA SARI -

Nama: Aninda ayu putri fuspita sari

nim: 1910104004

amal al-Maun  merupakan bagian hidup manusia (ruh)   sesuai dengan teologi Islam yang dianut dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, didasarkan pada tauhid. 

spirit yang saya peroleh dari pembahasan surah al- maun yaitu; Berkhidmat kepada yatim dan miskin (penyandang masalah kesejahteraan)

menegakkan sholat dan tidak riya serta membangun kerjasama.

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104010 MITA MARDIANA -
Assalammualaikum bapak

Nama : Mita Mardiana

Nim: 1910104010

sayan menjawab bapak Al Maa'uun sendiri berarti bantuan yang penting atau hal-hal berguna bagi yg membutuhkan. diambil dari ayat terakhir dari surah yang sangat berarti. 🙏

Pokok isi dari surah ini ialah ancaman terhadap mereka yang termasuk dalam golongan menodai agama islam  yakni mereka yang menindas anak yatim piatu, tidak menolong orang kurang mampu, riya dalam salatnya, serta enggan menolong dengan barang" yang berguna bagi orang yg kurang mampu.

Terima kasih bapak 🙏🙏

Wassalammualaikum wr.. Wb..🙏🙏

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104015 TIMA HAJAR AROFAH -

Nama : Tima Hajar Arofah

NIM : 1910104015

izin menjawab pak, menurut saya yang saya peroleh yang surat ini sangat bermanfaat dilapangan pekerjaan untuk menjadikan lebih baik lagi dalam menjalankan tugas sebagai tenaga kesehatan 

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104016 ANNAH FITRI YANAH -

Annah fitri yanah

1910104016

Berdasarkan surah A-Ma’un untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari misalnya dalam pekerjaan kita tidak boleh membeda bedakan pasien semua pasien mempunyai hak yg sama dalam mendapatkan pertolongan tenaga kesehatan

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104006 REKA JULIA UTAMA -

Walaikumsalam 

reka julia utma 1910104006

saya izin berpendapat mengenai Surat Al-Maun dengan spirit yang dapat dilakukan saat kondisi berkerja dimana seorang muslim harus tetap bisa membagi waktu dalam melaksanakan sholat. Jika sedang dalam keadaan bekerja kita bisa melakukan sholat dengan cara bergantian dengan teman pada saat jaga(dinas) atau jika dalam keadaan blm ada pasien /klien bisa berjamaah bersama sesuai kesepakatan bersama.



In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104008 Aisyah Noor Hindra -
izin menjawab dari materi yang telah didapatkan hendaknya memberikan pertolongan kepada sesama khususnya bagi yang membutuhkan,serta bekerja dengan sepenuh hati dalam menjalankan kewajiban tanpa melalaikan ibadah wajib ( sholat), dan tetap memberikan arahan yang tepat pada masyarakat terkait ilmu atau kejadian yang ada disekitar tanpa melupakan Allah sebagai sang pemberi Ujian atau kuasa atas segala yang terjadi ( ex : pandemi karena Covid-19)
In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by TATIK WIDIA WATI 1610104147 -

Nama : Tatik Widia Wati

Nim : 1610104147

Menurut saya spirit yang di peroleh yang akan menjadi arah saat sudah ditempat kerja yaitu membangun kerjasama untuk mencapai cita kehidupan dan sosial. sebab sebaik-baik manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi sekitarnya. bertakwa agar mendapat ridha Allah dan menjaga diri dari maksiat. Yang sudah dijelaskan didalam surat al-maun bahwa perbuatan tercela adalah orang yang mendustakan agama sehingga sebagai umat islam sebaiknya kita harus berbuat sesuai dengan syariat islam dan perintah allah dengan menjauhi semua larangannya. Dan dalam era pandemik covid-19 ini tujuan utama yang harus dilakukan demi memutus penyebaran virus ini dengan memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengedepankan gaya hidup sehat karena masih banyak masyarakat yang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Terimakasih 


In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104011 WIRA YUNIARTI -

Nama : Wira Yuniarti

NIM : 1910104011

bentuk amalan almaun yaitu tentang kesehatan, pendidikan, fiqih 

untuk diruang kerja sendiri, berhubung saya tenaga kesehatan membantu lebih ke sosialisasi maupun pemeriksaan kesehatan kepada masrakat khususnya ibu hamil, bayi, balita, ibu menyusui, lansia dibantu dalam posyandu lansia amupun balita. disna kita bisa memberikan ilmu yang kita dapat selama sekolah sekaligus bisa membuat kita ingat dan lebih terampil lagi dalam melakukan tindakan. 


In reply to 1910104011 WIRA YUNIARTI

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104007 ZAKIAH AQSA -

Nama : Zakiah Aqsa

NIM : 1910104007

Menurut saya

Dalam Al-Qur'an Surat Al-Maun spirit yang dapat kita ambil yaitu mengajarkan kita untuk bisa mengatur waktu, disiplin, dan mengajarkan kita jangan lalai dalam hal ibadah shalat dimana kita ketahui shalat itu adalah tiang (pondasi) agama serta menjauh shalat menjauhkan kita dari perbuatan keji.

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by AFIFAH BAHFI 1610104148 -
AFIFAH BAHFI
1610104148 
Dengan spirit Surat Al Maun, Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan. Karena, bisa saja orang yang disebut sebagai penduata agama adalah juatru orang yang hanya melakukan shalat tapi abai terhadap anak yatim. "Dalam surat Al Maun mengatakan, tahukah kamu yang mendustakan agama, yang enggan memberikan perhatian kepada anak-anak yatim yang tidak berdaya dan abai pada kebutuhan orang miskin," katanya.
In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104009 DEWI CAHYANINGSIH -

Nama : Dewi cahyaningsih

Nim    : 1910104009

dari surah Alma'un ini kita dapat memahami bahwa selalu berbuat baiklah kepada siapapun.melakukan apa yang Allah perintahkan dan menjahui larangannya.jangan mendustakan hari pembalasan. kita harus menyayangi dan memakmurkan anak yatim dan orang miskin. dari surah Alma'un jg kita dapat memahami prihal ibadah.prihat sholat kita jangan termasuk orang yang lalai dalam sholat.mengundur-undur waktu sholat dan riya' dalam sholat.riya'hanya ingin dipuji. ingin trlihat rajin,ahli ibadah. Mereka pun enggan menolong orang lain dengan harta atau pun suatu manfaat.

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by NESTY LADZIINA SHELIHA 1610104150 -

Nama : Nesty Ladziina Shelia

NIM : 1610104150

Kelas : B 

yang menjadi arah saya ketika saya berada di lingkup kerja menurt surat al - maun adalah berusaha berbuat baik, dengan memuliakan anak yatim, dan juga orang disekitar yang membutuhkan bantuan secara maksimal, mendirikan shalat sesibuk apapun tetap harus mendirikan shalat karena shalat adalah tiang agama, menolong dan memberikan bantuan dengan sepenuh hati ikhlas lillahitaalla karena Allah, karena sejatinya tidak perlu menjadi kaya terlebih dahulu untuk berbuat kebaikan 

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by SRI SINTA DEFI HI. WAHAB 1610104146 -

SRI SINTA DEFI HI.WAHAB / 1610104146

Spirit yang telah saya peroleh yang akan menjadi arah ketika saya bertindak di ruang kerja yaitu berasal dari spririt Al-Maun, dimana mengajarkan kita untuk rajin bersedekah dan menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain. karena suatu pekerjaan yang dilihat yaitu hasil yang kita lakukan untuk kebaikan bersama bukan semata-mata mementingkan diri sendiri.

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by 1910104005 USWATUN KHASANAH -

Uswatun Khasanah

1910104005

Setelah mendapatkan materi tentang surat Al ma'un saya mengerti bahwa spirit al'maun bahwa ajaran Islam tidak hanya berdakwah namun juga mengajarkan untuk bagaimana cara berbagi membantu mensejahterakan bagi mereka yang membutuhkan. Tidak melalaikan sholat dan melihat situasi dan kondisi disaat menghadapi kegawatdaruratan di tengah waktu sholat. Selalu menyantuni anak yatim dan memberikan bantuan sosial di tengah pandemi saat ini

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by NURYUSRI A ARFFA FAIS IDRIS 1610104145 -
Nuryusri'a Arffa Fais Idris_1610104145


Spirit yang di peroleh yang akan menjadi arah saat sudah ditempat kerja yaitu membangun kerjasama untuk mencapai cita kehidupan dan sosial. sebab sebaik-baik manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi sekitarnya.

In reply to syaifullah syaifullah

Re: Spirit Al-Ma'un

by AGMY LARASATI 1610104149 -

Assalamualaikum wr wb
Saya Agmy Larasati Nim 1610104149 izin menjawab

spirit yang didapat dalam surat Al-maun dan menjadikan arahan dalam dunia kerja , yang pertama yaitu tidak melalaikan shalat sekalian sedang bekerja. Allah telah memudahkan kita dalam menjalankan ibadah terutama shalat, shalat dapat dijamak ketika kita sedang mengalami kesibukan sekalipun, yang kedua membangun kerjasama sebagaimana kita manusia sebagai makhluk sosial semestinya kita menjalani hubungan sosial dan bekerja sama dengan baik terhadap orang lain khususnya rekan kerja.