Forun: Spirit A-Ma'un

Spirit A-Ma'un

Spirit A-Ma'un

by Irfatul Hidayah -
Number of replies: 21
Spirit apa yang anda peroleh setelah mendengarkan pembahasan tentang surat Al Ma'un yang dapat anda terapkan di dalam dunia / ruang kerja anda?
In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104069 SANTIKA KOLIFATUL ROHMA -

spirit Surat Al Maun, Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan, dan dikatakan bahwa orang yang mendustakan agama adalah yang enggan memberikan perhatian kepada anak-anak yatim yang tidak berdaya dan abai pada kebutuhan orang miskin. hendaknya kita sebagai sesama muslim saling tolong menolong, jika ada rezeki yang lebih bisa berbagi dengan sesama ata orang yang lebih membutuhkan

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104070 NUR AINIYYAH -

salah satu contoh adalah membangun kerjasama melalui kemitraan dengan cara bekerja sama dengan teman sejawat maupun lintas profesi agar pelayanan yang diberikan maksimal. selain itu memberikan pelayanan pada masyarakat tanpa membanding-bandingkan status sosial untuk sehingga mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104075 MURTI ANGRAINI -

Setelah saya mendengarkan pembahasan surat Al-maun, spirit  yang dapat saya peroleh yang akan menjadi arah ketika saya bertindak di ruang kerja adalah membantu pasien dengan ikhlas dan ramah, serta mendahulukan pasien yang memang memerlukan tindakan saat itu, misalnya pasien yang sudah akan dalam proses persalinan. 

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104083 LENA MARLINA -

setelah membaca materi yang dapat saya terapkan dalam ruang kerja adalah memberikan bantuan , pertolongan tanpa membedakan golongan kaya miskin, ras, budaya, menolong sesama/ kaum lemah (dhuafa) yang tertindas.  

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104065 LIA NUR FITRI L.P.R -

spirit Surat Al Maun, Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan, dan tidak menhardik anak yatim. Tidak membeda bedakan ras atau suku, saling megayomi dan menghargai satu sama lain.

In reply to 1910104065 LIA NUR FITRI L.P.R

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104067 ENDAH KUSUMANINGTYAS WAHYUDI -

Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, , dan masih di bawah garis kemiskinan, dan tidak menhardik anak yatim. Tidak membeda bedakan dan menghargai satu sama lain

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104077 RUSNI SUHAIDA WAMA -

Dengan spirit Surat Al Maun, Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan. Karena, bisa saja orang yang disebut sebagai penduata agama adalah juatru orang yang hanya melakukan shalat tapi abai terhadap anak yatim.Dalam surat Al Maun mengatakan, tahukah kamu yang mendustakan agama, yang enggan memberikan perhatian kepada anak-anak yatim yang tidak berdaya dan abai pada kebutuhan orang miskin.


In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104078 NURUL AINUN -

Assalamualaikum bu

Izin menyampaikan pendapat mengenai materi Spitit Al-Ma'un

Setelah saya mendengarkan pembahasan surat Al-maun, roh yang telah dapat saya peroleh yang akan menjadi arah ketika saya bertindak di ruang kerja yaitu tidak menyebutkan ria, sombong dan munafik dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan sejawat. Memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada semua pasien, tidak membeda-bedakan tindakan dan sikap antara pasien yang kaya dan pasien yang miskin (kurang mampu) dan yatim piatu. Justru saya harus sebaik mungkin terhadap pasien yang kekurangan dan membutuhkan. Selain untuk meringankan beban beban mereka, juga sebagai bentuk implementasi terhadap ayat Al-Qur'an dan perintah Allah SWT ladang pahala bagi saya. Tetap berbagi dengan kaum dhuafa dan yatim piatu, dan jika saya mampu saya akan menyisihkan sebagian pendapatan saya untuk mereka karena hal tersebut sangat besar pahalanya.

Terima kasih


In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104066 ANNISA NUR FAJRI -

 

Yang saya peroleh dari spirit surat al-maun ini yaitu lebih berempati dengan tidak membeda-bedakan dan berkhidmat kepada anak yatim serta miskin ( penyandang masalah kesejahteraan), lebih disipiln dalam sholat tidak melalaikannya lagi,dan menghindari dari sifat riya atau ingin terlihat baik di depan orang lain, serta membangun kerjasama dengan berkolaborasi antar profesi ataupun lintas sector

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104076 ERLI UTAMI -

Dari surat Al maun hal yang dapat diterapkan dalam dunia pekerjaan yaitu mengutamakan hal yang lebih darurat terlebih dahulu. Contohnya melayani pasien bersalin diwaktu bersamaan dengan sholat maghrib maka yang diutamankan yaitu melayani pasien bersalin kemudian setelah selesai tindakan bergegas untuk sholat.

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104084 ROSALINA -

spirit yang dapat saya terapkan bahwa terdapat tiga landasan Al-Ma'un dilihat dari aspek sejarah, aspek teologi dan aspek Nash Al-Qur'an. Al-Ma'un tidak terlepas dari posisi Islam yang didalamnya ajaran Islam tidak hanya berdakwah untuk masalah agama saja namun mengajarkan umatnya demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104073 NOVI MUSTIKA SARI -

Spirit ini berintikan pembelaan dan keberpihakan kepada kaum Mustadhain. Bahkan dalam spirit ini dinyatakan bahwa ketidakberpihakan kepada kaum Mustadhafin merupakan pendustaan terhadap agama. Dengan demikian identitas teologi Mustadhafin memperoleh landasan dari ajaran Islam. contohnya sebagai tenaga kesehatan harus bekerja dengan profesional tidak membeda bedakan golongan orang miskin dan orang kaya.

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104074 DEVI INTAN PERMATASARI -

pendapat mengenai materi Spitit Al-Ma'un Setelah saya mendengarkan pembahasan surat Al-maun, roh yang telah dapat saya peroleh yang akan menjadi arah ketika saya bertindak di ruang kerja yaitu tidak menyebutkan ria, sombong dan munafik dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan sejawat. Memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada semua pasien, tidak membeda-bedakan tindakan dan sikap antara pasien yang kaya dan pasien yang miskin (kurang mampu) dan yatim piatu. Justru saya harus sebaik mungkin terhadap pasien yang kekurangan dan membutuhkan. Selain untuk meringankan beban beban mereka, juga sebagai bentuk implementasi terhadap ayat Al-Qur'an dan perintah Allah SWT ladang pahala bagi saya. 


In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104080 FITRI RAHAYU -

Dengan spirit Surat Al Maun, Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan. pemberdayaan yang dapat dilakukan yaitu pemberdayaan kemiskinan dengan cara memberi lapangan pekerjaan dan meningkatkan etos kerja. Pemberdayaan anak yatim yaitu Mendidiknya dengan ikhlas, seperti mendidik anak sendiri, tidak membedakan antara satu sama lain dan Pemberdayaan gelandangan dan pengemis itu dilakukan dengan berpegang kepada prinsip bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mengubah diri
mereka dengan penguatan kekayaan mentalitasnya, yakni keimanan dan ketakwaan, serta penguatan skill life (kecakapan hidup) yang terpedam.



In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104079 WULANDARI -

Ijin menjawab bu, yang dapat saya simpulkan dari surah Al-maun terwujudnya masyarakat yang sejahtera terbebas dari keterpurukan masalah ekonomi ataupun masalah sosial lainnya. Tidak membedakan ras, suku dan juga pangkat, misal dalam melakukan tindakan tidak membedakan antara miskin dan kaya, mendahulukan pasien yang membutuhkan pertolongan segera dan melayani pasien sesuai dengan protap yang ada

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104082 RAHMAWATI DUWILA -
Faedah yng saya dpatkan yaitu kita sesama manusia harus saling membantu satu dengan yng lain krna tanpa harus membedakan kaya,miskin. Kerna hnya amal sholeh yng akn kita bwa ketika bertemu Allah Azza Wazallah atau sesudah kehidupan dunia.

Ikhlas dalam menolong,Ikhlas dlam berbagi akan kita terima balasan kebaikannya kelak setelah kehidupan.

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104068 NUR'AISYAH -

Spirit yang saya peroleh setelah mendengarkan pembahasan tentang surat Al Ma'un yang dapat anda terapkan di dalam dunia / ruang kerja adalah membangun kerjasama yang baik diantara rekan kerja, memberikan bantuan, pertolongan dan kebaikan dengan niat iklas karena Allah Swt kepada pasien tanpa membedakan-bedakan status sosial,  memberikan perhatian kepada pasien-pasien yang tidak mampu dan menyanyangi anak-anak yatim dengan cara bersedekah.


In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104081 FITRI HANDRIANI -

Spirot al-ma'un dapat dilihat dari landasan sejarah amal al-Ma’un tidak terlepas dari posisi Islam sebagai kelanjutan risalah para rasul terdahulu. Ajaran Islam tidak hanya berdakwah untuk maslaha agama saja, namun juga mengajarkan umatnya untuk berbagi demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera terbebas dari keterpurukan masalah ekonomi ataupun masalah sosial lainnya. Berbagi dan berderma telah sebagaimana telah diajarkan oleh semua Rasul yang wajib diimani.  

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104081 FITRI HANDRIANI -

Spirot al-ma'un dapat dilihat dari landasan sejarah amal al-Ma’un tidak terlepas dari posisi Islam sebagai kelanjutan risalah para rasul terdahulu. Ajaran Islam tidak hanya berdakwah untuk maslaha agama saja, namun juga mengajarkan umatnya untuk berbagi demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera terbebas dari keterpurukan masalah ekonomi ataupun masalah sosial lainnya. Berbagi dan berderma telah sebagaimana telah diajarkan oleh semua Rasul yang wajib diimani.  

In reply to Irfatul Hidayah

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104085 IVA NOVITASARI -

Muhammadiyah mengarungi agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, dan masih di bawah garis kemiskinan, dan tidak menhardik anak yatim. Tidak membeda bedakan dan menghargai satu sama lain