Forun: Spirit A-Ma'un

spirit al Ma'un

spirit al Ma'un

by Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin -
Number of replies: 18

Bismillah

dari materi yg disampaikan spirit apa yg dpt diperoleh sebagai arah pijakan ketika dalam pekerjaan? 

mohon aktif dalam diskusi dan menyelesaikan quiz lalu lanjutt istirahat

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104183 CANTIKA SITI QODARIAH HAMIDA KHOIRUNISA -

assalamualakum ibu izin absen atas nama Cantika Siti NIM 19101014183 berdasarkan Q.S al-Maun ayat 1-7 allah sangat jelas memerintahkan kita untuk melakukan amal shaleh. kita d tuntut untuk berkhidmat kepada yatim dan orang miskin (penyandang masalah kesejahtraan), menegakan salat dan tidak riya, membangun kerjasama. sehingga spirit almaun yang diharapkan dalam pekerjaan adalah membantu kaum duafa yang kesusahan menyambung hidup atau terserang penyakit. terutama ketika adanya pandemi covid 19. masa sulit yang harus dilalui bersama. maka dibutuhkan kerjasama yang tepat dengan saling tolong menolong antar sesama .

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104178 DIAN SHOFIA RENY SETYANTI -

Assalamualaikum ibu, izin absen Dian Shofia Reny Setyanti 1910104178

Setelah saya mendengarkan pembahasan surat Al-maun, “Muhammadiyah selalu melakukan pembaharuan yang berkaitan dengan pemikiran ataupun  dinamisasi persoalan yang bersifat muamalah”, berdasarkan kalimat tersebut, spirit yang telah saya peroleh yang akan menjadi arah ketika saya bertindak di ruang kerja adalah saya akan selalu update pembaruan seperti teknologi, prosedur yang terbaru agar lebih menunjang menurunkan angka kesakitan dan kematian.

Dalam kehidupan sehari - hari dikaji dari Surah Al-Maun, kita sebagai umat manusia hendaknya menegakkan shalat dengan niat ikhlas dan membantu anak yatim untuk meringankan bebannya
In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104177 HIDAYATUL MAGFIROH -

baik ibu

saya hidayatul magfiroh 1910104177, terkait materi ini yang bisa saya dapatkan dari penjelasan surah al-ma'un bahwa surah al'un ditengah pandemi covid ini memiliki makna yang besar salah satunya amalan dari al-ma'un adalah berhidmat pada yatim dan fakir miskin dimana ditengah pandemi ini masyarakat membutuhan bantuan dan dengan batuan ini sangat bermanfaat kepada masyarakat yang membutuhkan, menegakan shalat dan tidak riya' sehingga ditengah pandemi ini masyarakt dapat mengambil hikmah atas pamdemi ini dengan selalu mendekatkan diri kepada allah swt dan tidak menjadikan orang yang memiliki materi yang lebih tidak menyombongkan diri kepada masyarakat apalagi yang sangat membutuhkan, dan membangun kerjasama yang kuat antara induvidu sehingga menjadikan keikatan silaturahmi yang kuat dalam membangun kerjasamanya.

terimakasih ibu 

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104190 NANDA INTAN PERMATA RURI -

Mohon izin absen bu

Nanda intan permata ruri 1910104190

Menurut saya Dalam kehidupan sehari - hari dikaji dari Surah Al-Maun, kita sebagai umat manusia hendaknya menegakkan shalat dengan niat ikhlas dan membantu anak yatim untuk meringankan beban mereka , Selanjutnya dasar teologi amal al-Maun  merupakan bagian hidup manusia (ruh)   sesuai dengan teologi Islam yang dianut dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, didasarkan pada tauhid. Tauhid adalah meyakini bahwa hanya Allahlah yang berhak disembah, dan hanya Allahlah yang mengatur dan pemilik alam seiisinya

surat Al Maun yaitu barang yang berguna, hal ini diambil dari ayat yang terakhir dari surat ini (الْمَاعُونَ). Al-Maun merupakan surat yang ke 107 dan termasuk surat Makiyah, sedangkan nama lain dari surat Al-maun Surat Ad Din, Surat At Takdzib, Surat Al Yatim, dan Surat Ara'aita. 

Spirit al-maun hingga kini terus terinternalisasi pada warga muhammadiyah sehingga terwujudlah AUM amal usaha Muhammadiyah baik dari aspek pendidikan, filantropi (lazismu dari tingkat Pusat hingga gembar-gembor) atau aspek sosial seperti banyak-nya panti asuhan.  


In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104195 CITRA YURINDA -

Dari surat al-ma’un kita dapat belajar bahwa kita sebagai manusia kita tidak boleh menghardik anak yatim, dan kedua yaitu mendirikan shalat dan tidak riya’. Shalat sebagai pilar dalam agama, jika dalam melaksanakan shalat diliputi dengan riya’ maka shalatnya tidak sah, dan pilar tersebut akan roboh. Dalam ibadah shalat ada dua dimensi yaitu dimensi dzikir –sebagai spiritualitas (atau do’a kepada sang khalik) dan dimensi  moral. Untuk dimensi moral Allah telah menyatakan bawasannya shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Dengan shalat seseorang dapat mengendalikan nafsu amarah dan serakah.

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104196 MUSDALIFAH -

Mohon izin absen musdalifah 1910104196 hadir bu

Dengan spirit Surat Al Maun, Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan. Karena, bisa saja orang yang disebut sebagai pendusta agama adalah justru orang yang hanya melakukan shalat tapi abai terhadap anak yatim.


In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104184 FEBBY FUZIYAWATI -

Assalamualaikum wr. wb. ijin absen bu atas nama Febby Fuziyawati 1910104184, ijin mencoba menjawab nggih bu.. dalam surat al-maun telah dijelaskan bahwa allah memerintahkan kita untuk menolong anak yatim atau orang yang membutuhkan bantuan serta kita diperintahkan agar tidak melalaikan shalat dan tidak berbuat riya. spirit al-maun yang dapat dilakukan dalam kegiatan sehai hari yaitu kita dapat menolong siapa pun yang membutuhkan pertolongan terutama ditengah pandemi seperti ini banyak masyarakat yang telah mengalami banyak kesulitan, sehingga kita dapat melewati masa sulit ini bersama sama dengan saling tolong menolong.

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104189 TEZA AYU ANGGRIANI -

assalamualaikum wr.wb
maaf bu saya Teza Ayu Anggriani (1910104189) ijin menjawab terkait materi ini.
yaitu, dengan spirit Surat Al Maun, Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan. Karena, bisa saja orang yang disebut sebagai pendusta agama adalah justru orang yang hanya melakukan shalat tapi abai terhadap anak yatim.

terimakasih bu

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104197 BELLA HASRANI -

Baik terimakasih ibu

Izin absen ibu, Bella Hasrani 1910104197.

Dalam spirit Surat Al Maun : menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan. Karena, bisa saja orang yang disebut sebagai penduata agama adalah juatru orang yang hanya melakukan shalat tapi abai terhadap anak yatim.

"Dalam surat Al Maun mengatakan, tahukah kamu yang mendustakan agama, yang enggan memberikan perhatian kepada anak-anak yatim yang tidak berdaya dan abai pada kebutuhan orang miskin," 

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104194 SHERA HESIEN DINI -
Assalamualaikum wr. wb

Maaf ibu saya shera hesien dini (1910104194) dalam surat al-maun telah menyatakan bahwa janganla kita untuk menghardik anak yatim dan selalu menolong antar sesama. Selalu mendirikan sholat karna sholat adalah tiang agama yang wajib kita lakukan setiap hari dan jangan untuk berbuat ria. Selama pandemi sebagai tenaga kesehatan harus tetap menolong antar sesama yg meminta pertolongan tanpa melihat ras, suku dan agama. Serta selalu memberi sesama asalnya kita sebagai sesama muslim saling tolong menolong, jika ada rezeki yang bisa berbagi dengan sesama atau orang yang lebih membutuhkan

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104182 SUNARTI -

Assalamualaikum ibu, ijin untuk absen atas nama sunarti 1910104182

Implementasi Surat Al Ma’un dalam kehidupan sehari-hari yaitu memberikan bantuan, pertolongan, kebaikan Al Ma’un Agama sebagai dasar membela kaum lemah (dhuafa) dan tertindas (mustadh’afin) Al Ma’un saat ini memecahkan masalah - masalah struktural yang dihadapi umat dan bangsa yang bersifat pencerahan.

spirit apa yg dpt diperoleh sebagai arah pijakan ketika dalam pekerjaan? berdasarkan surat Al maun kita di anjurkan untuk membantu seseorang yang lemah, dimana ini menjadi semangat untuk kita agar lebih giat dalam bekerja sehingga bisa membantu orang yang membutuhkan pertolongan kita. apalagi ditengah pandemi covid-19 ini dibutuhkan tolong menolong antar sesama untuk saling membantu, saling merangkul dan berbagi kepada saudara kita yang terkena dampak covid-19 ini.

terima kasih ibu

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104193 WIDI ASTRIANI -

baik bu, 

Spirit yang saya peroleh untuk menjadi arah ketika bertindak yaitu menghindari perbuatan atau sikap munafik yang mengingkari hari pembalasan atau hari kiamat, tidak akan melalaikan shalat atau menunda melaksanakan shalat, menyantuni anak yatim dan fakir miskin, kemudian yang terakhir jangan menjadi manusia yang riya’ atau sombong dalam hal apapun termasuk beribadah.

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104192 INDAH PURNAMA SARI -
Setelah mendengar penjelasan tentang surat al-maun Melalui surah ini, kita bisa tahu siapa saja orang-orang yang mendustakan agama. Yaitu orang yang menghardik anak yatim, tidak memberi makan pada orang miskin, orang yang lalai terhadap salatnya, dan orang yang suka berbuat riya (pamer). Bagi orang-orang yang lalai terhadap salatnya, lalai dari tujuan dan nilai-nilai salat, mengerjakan salat untuk dipuji orang (riya), dan tidak mau membantu orang lain maka mereka akan mendapat hukuman dari Allah. orang-orang yang menunda shalat ataupun melakukan shalat di akhir-akhir dialah termasuk orang yang lalai dan merugikan orang tersebut 


Satu contoh : Pada saat kita dihadapkan dengan situasi dimana sudah ada waktu untuk shalat dan ada yang meminta pertolongan maka lihat lah situasi pasien tersebut apakah urgen atau tidak jika memang mendesak maka dahulukan untuk menolong orang tersebut

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104186 SELFIANA -

ari materi yg disampaikan spirit apa yg dpt diperoleh sebagai arah pijakan ketika dalam pekerjaan? 

mohon aktif dalam diskusi dan menyelesaikan quiz lalu lanjutt istirah

Baik bu. Berdasarkan penjelasan surat Al-maun  tersebut ada 3 yang bisa diamalkan yaitu: Memperlakukan anak yatim dengan baik, menegakkan shalat tanpa riya dan bekerja sama. Sebagai tenaga kesehatan  saat ini sedang ada permasalahan COVID-19 semoga saya (tenaga kesehatan) mampu mengamalkan surat Al-maun dimulai dari mengedukasikan keluarga/masyarakat/sekeliling untuk menggunakan APD (masker), menganjurkan mencuci tangan, atau jika memungkinkan adanya dana bisa membantu memberikan donasi kepada pendidikan, membagikan masker, handsanitizer tentunya berbagi manfaat dengan orang lain semoga. Terima kasih bu


In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104191 EVA HAYATI -

maaf ibu atas keterlambatannya. saya keluar dari lingkungan tempat tinggal saya untuk mencari sinyal yang stabil, mohon izin ibu eva hayati 1910104191 hadir bu.

berdasarkan apa yang saya peroleh dari QS. Al -Maun bahwa sudah seharusnya kita menegakkan sholat tanpa riya, memperhatikan anak yatim dan bekerja sama. apalagi dalam pandemi kali ini, kita dituntut untuk selalu bekerja sama dalam menjalankan tugas sesuai dengan wewenang sembari menjalankan kewajiban. tentunya hal ini sesuai dengan gerakan amal dan usaha dalam paham kemuhammadiyahan. terima kasih bu

In reply to Ummi Muslihatin Ummi Muslihatin

Re: spirit al Ma'un

by 1910104180 LISA AGNES ROSIYANI -

Izin menjawab 

Dalam pemberdayaan masyarakat, baik di bidang pendidikan, ekonomi, maupun kesehatan, spirit surat Al Maun lah yang ditekankan sejak lama oleh Pendiri Muhammadiyah, dakwah juga dijadikan gerakan untuk membebaskan umat dari keterbelakangan, dari kebodohan, dan dari ketidakberdayaan. Karena itu, Muhammadiyah sejak lama telah melakukan pembangunan dalam bidang pendidikan, kesehatan, mengentaskan kemiskinan, dan menjadikan umat lebih berdaya.