Forun: Spirit A-Ma'un

Spirit A-Ma'un

Spirit A-Ma'un

by 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH -
Number of replies: 21

saya akan tetap mendirikan shalat dan tidak riya’. Shalat sebagai pilar dalam agama, jika dalam melaksanakan shalat diliputi dengan riya’ maka shalatnya tidak sah, dan pilar tersebut akan roboh. Dalam ibadah shalat ada dua dimensi yaitu dimensi dzikir –sebagai spiritualitas (atau do’a kepada sang khalik) dan dimensi  moral. Untuk dimensi moral Allah telah menyatakan bawasannya shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. sebab itu sesibuk apapun kt di tempat kerja hendaknya janganlah meninggalkan sholat.

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104030 YUNI LESTARI -

Assalamualikum bu, izin presensi

Menurut saya pada saat di wilayah kerja sebaiknya menepati sholat 5 waktu tanpa harus menunda-nunda waktu sholat dan berbagi makanan ataupun yang lainnya kepada orang yang membutuhkan (fakir miskin).

Terima kasih


In reply to 1910104030 YUNI LESTARI

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104026 DESI PARIADI -

Izin menjawab sekaligus Absensi,

Spirit yang akan saya lakukan ketika bertindak di ruang kerja yaitu dengan membantu pasien dengan mampu mendahulukan ketika terdapat keadaan darurat dan melaksanakan shalat tepat waktu karena dengan membantu orang tersebut kita telah membantu menyelamatkan seseorang. serta menjaga amalan kebaikan yang lainnya

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104033 LAILA MARIA ZULFA -

Assalamualaikum izin presentasi 

Menurut saya, saya akan tetap melaksanakan solat krna solat adalah tiang agama dan jg wajib serta sya akan senantiasa berbagi kepada sesama

In reply to 1910104033 LAILA MARIA ZULFA

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104039 SRI HAWARI JANNATI -

Assalamu'alaikum wr.wb

izin untuk presensi dan memberikan tanggapan.

hikmah yang dapat kita peroleh dari suarah al Ma'un adalah sholat merupakan kewajiban untuk kaum muslim. apapun dan bagimanapun keadaannya, sholat harus tetap dilakukan. begitupun juga di tempat kerja dengan melaksanakan sholat seorang muslim  akan mendapatkan rahmah (kasih saying Allah), keberkahan dan kedamian yang nyata di tengah masyarakat.


In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104036 ANE MARANTIKA -

Assalamualaikum. Wr.Wb. izin presensi bu.

saya akan  mendirikan shalat, karena shalat merupakan tiang agama umat islam serta menjauhi sifat riya.   Dalam ibadah shalat ada ada dua dimensi yang harus di terapkan yaitu spritual dan ikhitiar. karena adanya sholat kita terhindar dari sifat riya sehingga dapat mencegah perbuatan yang tidak baik.

In reply to 1910104036 ANE MARANTIKA

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104022 TRI ASIH HANDAYANI -

Assalamualaikum wr.wb 

izin menjawab bu, saya akan tetap mendirikan shalat dan memperbaiki shalat saya karna shalat merupaka tiang agama dan merupakan salah satu rukun islam dan dapat menghindarkan kita dari semua sifat yang tidak baik salah satunya yaitu riya dan senantiasa beristighfar kepada allah SWT.

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104024 AMI FATMAWATI SAMOSIR -

Assalammualaikumussallam.wr.wb mohon izin presensi dan menanggapi, refleksi dari surat- al ma'un adalah setiap rezeki yang kita dapat harus disedekahkan bagi yang membutuhkan seperti fakir miskin, anak yatim , anak yatim piatu, karena kita hanyalah sama - sama manusia biasa , dan juga mengajarkan umatnya untuk berbagi demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera terbebas dari keterpurukan masalah ekonomi ataupun masalah sosial lainnya. Berbagi dan berderma telah sebagaimana telah diajarkan oleh semua Rasul yang wajib diimani.  

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104034 MENTARY ARISCA BELLA -

Assalamualaikum, izin menjawab

Saya akan tetap melaksanakan shalat karena “Shalat adalah tiang agama. Barangsiapa yang menegakkannya berarti ia menegakkan agama dan barangsiapa meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agama” (HR. Al Baihaqi).”

In reply to 1910104034 MENTARY ARISCA BELLA

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104031 TIN QAMARIAH -

Assalamualaikum warahmatullah, izin menjawab

Menurut saya refleksi dari spirit surah Al-Ma'un adalah untuk tidak menjadi seorang yang riya akan segala amalannya terlebih sholat yang sejatinya didirikan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengharapkan ridho nya, menjadi kemudian kehilangan penghayatan terhadap substansi sholatnya. Pun terhadap anak yatim yang seharusnya disantuni, dimana seseorang dianggap sebagai pendusta agama dihari pembalasan apabila enggan membantu atau menolong anak yatim

In reply to 1910104031 TIN QAMARIAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104037 UMI LESTARI -

assalamualaikum ijin berpendapat bu, dengan spirit surat al ma'un dalam.menjalankan sholat saat kita sedang bekerja, saya akan berusaha menjalankan sholat tepat waktu, karena terkadang saat kita sedang bekerja kita dihadapkan pada situasi antara kita harus memberikan pertolongam kepada orang lain dan kita harus menjalankan sholat, hal tersebut terkadang menjadi penyebab bagi kita menjalankan sholat dengan tidak tepat waktu.

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104028 FADIATUL MUNADIAH -
Asslamu'alaikum izin absen bu menurt sya sebagai seorang muslim sewajibnya kita menunaikan shalat dan menghindarkan diri kita dri sifat riyah yang akan membuat hati sesorang menjadi muda iri kepada org lain dan selalu senang tiasa mendiri shalat dimanapun dan sesibuk apapun karena sebagaimna kita ketahui bahwa shalat adalah tiangnya agama jadi jika shalat dengan ikhlas maka kita dengan muda terhidar dari sifat riyah
In reply to 1910104028 FADIATUL MUNADIAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104017 KHULASOH -

Assalamu'alaikum wr.wb

izin untuk presensi dan menjawab ibu,

Yang dapat kita peroleh dari surah al Ma'un yaitu sholat merupakan kewajiban untuk kaum muslim dan kita sebagai umat Islam harus bersedekah sesama umatnya.  begitupun juga di tempat kerja kita dalam keadaan apapun sesibuk apapun sholat wajib dilakukan.. karena sholat sebagai tiang agama. 


In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104032 LUSIANA AMBARSARI -

Assalamualaikum bu. Mohon izin untuk memberikan tanggapan. Setelah saudara mendengarkan pembahasan surat Al-maun, saya akan mendirikan shalat dengan tepat waktu dan menjauhi sifat riya’. Karena selain shalat sebagai pilar dalam agama, shalat juga dapat membantu seseorang untuk dapat mengendalikan nafsu amarah dan serakah. Seorang muslim yang telah melaksanakan shalat, maka ia akan mendapatkan rahmah (kasih sayang Allah SWT), keberkahan dan kedamian yang nyata di tengah masyarakat. Selain itu saya juga akan berusaha untu membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Terimakasih


In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104023 EKA TIARA FEBRIANI -

Assalamualaijum.Wr.Wb ibu,izin presensi nggih ibu

Izin menjawab,saya akan  mendirikan shalat, karena shalat merupakan tiang agama umat islam serta menjauhi sifat riya.   Dalam ibadah shalat ada ada dua dimensi yang harus di terapkan yaitu spritual dan ikhitiar. karena adanya sholat kita terhindar dari sifat riya sehingga dapat mencegah perbuatan yang tidak baik,dan selain itu dengan kita tekun menjalankan sholat Allah akan memberikan kemudaan dan kelancaran setiap masalh yang kita hadapi dan Allah akan membuka pintu rezeki yang sangat dasyat untuk kita,selain sholat fardhu kita juga harus menjalankan sholat sunah,semoga kita semua tetap istiqomah dalam beribadah kepada Allah SWT.Aamiin


In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104021 RISKAWATI MASRUDIN -
assalamuallaikum, menurut saya, saya akan tetap mendirikan sholat walaupun dalam keadaan sendiri, sholat merupakan tiang agama yang wajib dilaksanakan, saya juga akan selalu berdoa agar selalu di jauhkan dari penyakit hati yaitu salahsatunya sifat riya' dan di jauhkan dari kemunafikan.
In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104020 DEWI ENDAH WIGATI -

izin menjawab pertanyaan dan sekaligus persensi, menurut saya spirit yang di peroleh yang akan menjadi arah saat sudah ditempat kerja yaitu membangun kerjasama untuk mencapai cita kehidupan dan sosial. Dalam era pandemic covid 19 ini , hal utama yang harus dilakukan demi memutus penyebaran virus ini dengan memberikan edukasi secara medis kepada masyarakat agar mengedepankan gaya hidup sehat.

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104019 NOVITASARI -

izin menjawab pertanyaan dan sekaligus persensi

menurut saya, sebaiknya untuk diwilayah kerja tetap menetapkan jam shalat 5 waktu agar tidak tertinggal. shalat adalah kewajiban seorang muslim. karena bagaimanapun keadaannya shalat adalah hukumnya wajib dan tidak untuk ditinggalkan. sahalat adalah tiangnya agama, karena seberapapun besar gaji tetapi jangan pernah tinggalkan shalat. perbaiki shalatmu maka allah akan memperbaiki hidupmu. shalat menjauhkan kita dari sifat yang tidak terpuji, menjadikan hati menjadi lebih tenang ketika bekerja. ketika allah mengambil nyawa seseorang ketika sedang bekerja setidaknya ia tidak melalaikan shalatnya. 

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104019 NOVITASARI -

izin menjawab pertanyaan dan sekaligus persensi

menurut saya, sebaiknya untuk diwilayah kerja tetap menetapkan jam shalat 5 waktu agar tidak tertinggal. shalat adalah kewajiban seorang muslim. karena bagaimanapun keadaannya shalat adalah hukumnya wajib dan tidak untuk ditinggalkan. sahalat adalah tiangnya agama, karena seberapapun besar gaji tetapi jangan pernah tinggalkan shalat. perbaiki shalatmu maka allah akan memperbaiki hidupmu. shalat menjauhkan kita dari sifat yang tidak terpuji, menjadikan hati menjadi lebih tenang ketika bekerja. ketika allah mengambil nyawa seseorang ketika sedang bekerja setidaknya ia tidak melalaikan shalatnya. 

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104027 SRI WAHYUNI -
Assalamualaikum ,izin presensi 

Sbagai umat islam yang beradab dan berilmu kita harus mengutamakan sholat karena suatu kewajiban yang harus dikerjakan,saling berbagi dengan teman,keluarga serta orang orang yang lebih membutuhkan .

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104038 TAMELA ZAHRA -

Menurut saya,  setelah belajar Spirit Al Maun ini,  kita tidak boleh riya',  harus berbagi kepada orang yg membutuhkan,  karena manusia adalah makhluk sosiak dan harus saling membantu jika kita bisa membantu. 

In reply to 1910104025 FITRI KALIMATUS SADIYAH

Re: Spirit A-Ma'un

by 1910104029 BESSE ERSA YULANDA -

Assalamualaikum, izin presensi dan menjawab nggih

spirit yang dapat saya lakukan yaitu pada saat melakukan tindakan atau sedang bekerja harus tetap memperhatikan sholat, karena sholat merupakan tiang agama bagi umat islam, untuk sholat tetap terlaksanan meskipun dalam keadaan sibuk atau sedang bekerja, dapat kita lakukan dengan cara memasang alarm untuk mengingatkan waktu sholat.