Forum: Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104135 SITI AFNI ZULFAH -
Number of replies: 22

Assalaamu'alaikum temen - temen izin membuat forum untuk pengisian jawaban sekaligus presesi pada sesi 7 ini. Terimakasih

"Setelah saudara mengikuti pembahsan tentang visi 'Aisyiyah apakah saudara sepakat dengan visi perempuan berkemajuan? Bagiama saudara mengaktualisasikan visi peremuan berkemajuan dan kehidupan saudara? di tempat kerja, di keluarga dan masyarakat."

Silakan jawaban diberikan dalam forum ini.


In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104140 RENI USWATUN HASANAH -
Saya sangat sepakat, saya mengaplikasikanya kepada masyarakat yaitu dengan yang saya lakukkan yaitu mengajar TPA di desa saya . Karena selama ini mereka hanya berfikiran yang pantas mengajar hanya laki-laki saja .

Dan Alhmdulilah kegiatan itupun masih berjalan sampai dengan sekarang dengan mengikuti protokol kesehatan (memakai masker) berjaga jarak dan mencuci tangan .

Semua anak-anak dan masyarakat antusias untuk mendukung 😊

In reply to 1910104140 RENI USWATUN HASANAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104153 LILIS SULALAH -

Assalamu'alaikum ijin menjawab tentang visi 'Aisyiyah, saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan. Saya mengaktualisasikan visi perempuan berkemajuan dan kehidupan dengan  berpeluang secara terbuka dan leluasa untuk berperan dalam seluruh ranah kehidupan, termasuk di ruang publik dan dalam kepemimpinan di berbagai struktur kehidupan. Di dalam tempat kerja (kita sebagai perempuan bisa menjadi ketua dalam struktur organisasi kantor), di keluarga (kita sebagai perempuan, kita diperbolehkan kuntuk mencapai karir, tidak hanya berdiam diri di rumah dan masyarakat (kita bisa ikut andil dalam organisasi di desa, misalkan PKK)

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104145 NURUL KHOTIAH -

Assalamualaikum . Izin menjawab pertanyaan 

Jawaban saya sepakat . Bentuk aktualisasi visi perempuan berkelanjutan yaitu seperti : menuntut ilmu setinggi tingginya tidak ada istilah wanita di bawah laki laki .. wanita juga  boleh bekerja (berpenghasilan).

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104146 WAHYU ANNASTIYA YUQIANA -

Wa'alaikum salam... saya Wahyu Annastiya Yuqiana

ijin menjawab saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan. Sebab perempuan memiliki hak dan kesetaraan gender untuk melakukan suatu kemajuan, termasuk dalam menuntut ilmu. Dalam kehidupan nyata di zaman yang sudah modern ini banyak perempuan perempuan yang masih semangat dan terus maju dalam mencari ilmu meskipun orang lain menilai ilmu yang telah dimiliki telah banyak atau tinggi. Di dunia Kerja juga banyak bidan bidan yang sudah sukses dalam dunia kerja, tetapi masih terus ingin sekolah untuk menambah ilmunya.

In reply to 1910104146 WAHYU ANNASTIYA YUQIANA

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104147 FITYAH HUNAFA TAJDIDA -

Assalamualaikum mohon maaf bu sebelumnya perkenalkan nama saya fityah hunafa nim 1910104147 izin menjawab


Setuju atau sepakat karena perempuan di dunia ini harus bisa mendapatkan keadilan tanpa deskriminasi walaupun hakekatnya laki-laki sebagai imam tapi wanita juga mempunyai hak untuk bekembang seperti sekolah yang tinggi atau berkerja. Yang sedang saya terapkan saat ini di rumah sedang membuka bisnis dimana saya insyaallah ingin membuktikan bahwasanya wanita juga mampu seimbang baik dunia dan akhirat

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104138 ARDIA EKA PUTRISARI -

Izin menjawab nggih :

Ya saya sepakat, karena dengan adanya visi perempuan berkemajuan dapat mendorong perempuan yang akan mampu sejajar dalam memimpin masyarakat, kemudian bisa menjadi seorang guru yang hebat atau menjadi pemimpin di kalangan tertentu. Aktualisasi dalam kehidupan menurut pendapat saya yakni dengan memperbanyak konsep pelatihan. Contohnya para remaja perempuan di desa, mereka akan dilatih semaksimal dan sekreatif mungkin sesuai nilai-nilai agama, dan mampu memimpin serta menebarkan kehidupan lebih baik bagi umat.

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104150 AYU KURNIATI -

waallaikumsalam

saya ijin menjawab

Saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan dimana Islam merupakan agama yang mengandung  nilai-nilai  kemajuan  untuk mewujudkan kehidupan umat manusia yang tercerahkan. Kemajuan dalam pandangan Islam adalah kebaikan yang serba utama, yang melahirkan keunggulan hidup lahiriah dan ruhaniah karena gerakan islam yang sifatnya transformasi berupa persambungan dan pengembangan dari pergerakan sehingga tidak akan ketinggalan dengan kemajuan zaman serta  perempuan disini memiliki kesetaraan gender agar perempuan tidak hanya melulu di bawah laki-laki/ketergantungan, dimana perempuan juga bisa mejadi seorang pemimpin

Dalam mengaktualisasikan perempuan berkemajuan ini dalam kehidupan bermasyarakat bisa melalui dakwah dengan melalui pengajian, organisasi naisyatul aisyiyah, gerakan perpustakaan, Melakukan Gerakan pencerahan berkomitmen untuk mengembangkan relasi sosial yang berkeadilan tanpa diskriminasi, memuliakan martabat manusia laki-laki dan perempuan, menjunjung tinggi toleransi dan kemajemukan, dan membangun pranata sosial yang utama, memper erat organisasi menjalin komunikasi yang baik, serta belajar bersama, dengan adanya pondok pesantren, pengajian dan lain-lain.

Dalam keluarga dan saudara kita bisa melakukan sharing bersama, dan mencritakan tokoh-tokoh aisyiyah yang sudah berhasil dengan bidangnya, lalu mengamalkan ilmu yang udah kita dapat untuk di aplikasikan dalam keluarga dan mengajak keluarga untuk menjadi islam berkemajuan dengan meningkatkan ibadah, zakat, dakwah, jihad,waqaf, hibah dan memajukan perekonomian serta kewirausahaan, meningkatkan pengalaman yang sesuai ajaran islam.

Dalam mengaktualisasikan dunia kerja dengan cara melalui dakwah ketika jam istirahat, ataupun pada saat bekerja kita menggunakan amalan-amalan yang sudah kita pelajari untuk di aplikasikan di dunia kerja, serta mengajak teman atau rekan kita untuk mengetahui tentang perempuan berkemajuan, dengan memberitahukan apa yang sudah kita ketahui tentang perempuan berkemajuan, serta menceritakan tokoh-tokoh perempuan berkemajuan


In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104144 NURROHMAH MAYLINGGA -

Assalamualaikum  wr wb. Mohon maaf  Izin menjawab pertanyaan 

saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan.

 Bentuk aktualisasi visi perempuan berkelanjutan yaitu seperti : bahwa wanita dan laki laki memiliki kesetaraan yg sama. wanita juga  boleh bekerja /wanita karier yg tidak hanya berfokus pada lingkup dapur. Hanya saja tetap menjalankan kewajiban sebagai istri jika memang sudah menikah. 


In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104137 SUKMAWATI ELY -
Waalaikumsalam warahmatullah...

ijin menjawab mba

saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan, karena pemerintah indonesia sendiri mencanangkan agar perempuan tidak memiliki perbedaan untuk melakukan berbagai hal yang  lazim dikerjakan oleh laki-laki. sayangnya hal tersebut masih belum seluruhnya membuat para perempuan mampu menempatkan diri sejajar dengan laki-laki.

menurut visi aisyiyah abad ke-2 bahwa masih banyak problematika yang belum terpecahkan. meskipun kesetaraan gender terus ditingkatkan, nyatanya hal itu tidak sepenuhnya berjalan dengan baik.

melihat hal ini, maka aisyiyah mendorong perempuan dengan nilai islam yang berkemajuan agar kebiasaan gender ini bisa diselesaikan. sehingga tidak ada lagi hal yang membedakan perempuan dan laki-laki dalam konteks paradigma.

dengan visi perempuan berkemajuan dan ilmu mumpuni seperti yang diaktakan oleh ibu aisyah tadi, maka perempuan akan mampu sejajar dalam memimpin masyarakat. bisa menjadi seorang guru yang hebat atau menjadi pemimpin dikalangan tertentu.

terimakasih.
In reply to 1910104137 SUKMAWATI ELY

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104142 IKA ULFANA AMIENI -

Assalamualaikum . Izin menjawab pertanyaan 

Saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan karena Perempuan berkemajuan adalah tipikal atau model bagi para aktivis ‘Aisyiyah. Dalam pandangan Islam, perempuan berkemajuan adalah kehidupan dan derajat perempuan yang sama mulia dengan laki-laki tanpa diskriminasi, yang ukuran kemuliaannya terletak pada tingkat ketakwaannya. Perempuan berkemajuan dalam Islam menjalankan fungsi utama sebagai khalifah di muka bumi, seperti halnya laki-laki. Kehidupan perempuan berkemajuan diwarnai nilai-nilai akhlak yang utama.

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104133 FATRIA PANEO -

Assalamualaikum, saya Fatria Paneo ijin menjawab. 

Saya sepakat sebab perempuan punya hak dalam kesetaraan gender. Yang saya aplikasikan dalam kehidupan saya yaitu dengan sekolah setinggi-tingginya untuk membuktikan bahwa perempuan juga mampu bersaing dalam pendidikan dengan laki-laki.

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by Nurdiana Rehalat -

ijin menjawab :

saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan : -untuk keluarga dengan berkemajuan misalnya tetap sekolah dan menjalankan bakti kita sebagai seorang anak kepada orang tua dan keluarga, -untuk masyarakat, berkemajuan dengan mengikuti komunitas dan forum-forum demi kemaslahatan umat contohnya disini saya masuk dalam organisasi kesehatan di daerah saya "Hamkes", - untuk tempat kerja, berkemajuan dengan bekerja secara profesionalisme

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104148 NADYA RAHMAH -
izin menjawab, saya setuju dengan visi perempuan berkemajuan, cara mengaktualisasikannya contohnya dengan menuntut ilmu setinggi mungkin agar menjadi perempuan atau calon ibu yang bisa mendidikan anak dan keluarganya. selain itu dengan berdakwah terhadap sesama, ta'awun sosial dan lain-lain dengan tetap berpedoman pada al-qur'an dan sunnah rosul
In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104135 SITI AFNI ZULFAH -
Assalaamu'alaikum Saya Siti Afni Zulfah izin menjawab pertanyaannya:
Ya, Saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan karena Perempuan berkemajuan dalam pandangan Islam adalah kehidupan perempuan yang memiliki derajat dan perlakuan yang sama mulia dengan laki-laki tanpa diskriminasi,  yang  ukuran  kemuliaannya  terletak  pada ketaqwaan,  iman,  dan  amal  shaleh (Q.S  al-Hujarat [49] : 13). Sehingga perempuan bisa jadi sebagai pemimpin dalam dunia kerja misalnya menjadi kepala puskesmas, direktur rs ataupun direktur kampus, dsb. Oleh sebab itu dibutuhkan juga untuk menggali potensi kita untuk lanjutkan pendidikan ataupun menjalakan pelatihan - pelatihan yang membuat kita menjadi perempuan yang berkemajuan berlandaskan syariat Islam
In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104143 SELLY ENGGAR PRILYASTUTY -

Sepakat. Dengan visi berkemajuan dan ilmy yg mumpuni, perempuan akan mampu sejajar dalam memimpin masyarakat. Bisa menjadi seorang guru yang hebat atau menjadi pemimpin di kalangan tertentu.

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104132 NOPITA DEWI KANIA -

Waalaikumsalam wr wb.

Saya sepakat. Aktualisasi yg di lakukan yg sejalan dengan visi perempuan yg berkemajuan adalah dengan menimba ilmu setingi2nya. Perempuan tak lagi menjadi penghalang untuk terus maju dalam segi keilmuan. Dengan ilmu yg didapat perempuan dapat memperdayakan dirinya menjadi pribadi yg lebih bermanfaat bagi umat. Perempuan yg berkemajuan bukan untuk menyetaraakan gender maupun membanding2ankan dengan laki2 karna dalam keluarga tetaplah laki2 adalah pemimpin bagi wanita layaknya ayah maupun nanti jika sudah bersuami. Wanita dalam menuntut ilmu bukanlah untuk merasa dirinya lebih tinggi dari lelaki hanya untuk menjadi kukuhnya sebuah peradaban... bukanlah jika ada laki2 yg sukses akan ada wanita yg hebat.. dibalik kemajuan jaman ini peran wanita sangat dibutuhkan.. bukan hanya dalam segi pendidikan diluar setidaknya menjadi pendidik di lingkutpsosial yg kecil yaitu keluarga juga yg lebih luas adalah dunia yg sangat membutuhkan peran wanita yg berilmu dan akan menjadi tombak kemajuan sebuah peradaban.. dari wanitalah seorang presiden dokter pilot  sekalipun dilahiran dan mendapat pendidikan pertamanya.. 

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104134 YULIA USWATUN HASANAH -
Walaikumsalam warahmatullah

Saya sepakat dengan hal tersebut, kemudian untuk mengaktualisasikan visi peremuan berkemajuan dalam kehidupan yaitu dengan menyetarakan hak hak perempuan dengan laki-laki tetapi tidak mengenyampingkan qodrati. Seperti hal nya dalam pengembangan gerakan Keilmuan. Seorang perempuan mempunyai hak untuk mengikuti pendidikan setinggi-tingginya agar dapat melahirkan generasi yang cerdas dan berahlak mulia sebagai fondasi peradaban. Selain itu, dalam kehidupan berkeluarga seorang istri dan suami harus saling memuliakan dan senantiasa berprilaku makruf, menjauhi tindakan kekerasan dan prilaku buruk lainnya agar menjadi satu keluarga yang sakinah. 

Terimakasih

In reply to 1910104134 YULIA USWATUN HASANAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104132 NOPITA DEWI KANIA -

- Perempuan berkemajuan adalah alam pikiran dan kondisi kehidupan perempuan yang maju dalam segala aspek tanpa mengalami hambatan dan nasional secara struktural maupun kultural.  

- Perempuan berkemajuan dalam pandangan Islam adalah kehidupan perempuan yang memiliki derajat dan perlakuan yang sama mulia dengan laki-laki tanpa kebangsaan, yang ukuran kemuliaannya terletak pada ketaqwaan, iman, dan amal shaleh (QS al-Hujarat [49]: 13; al-Nahl [16]: 97; al-Isra [17]: 70; al-Ahzab [33]: 35).  

- Perempuan yang berkemajuan menjalankan fungsi utama yang sama dengan laki-laki yaitu menjalankan ibadah dan kekhalifahan di muka bumi (QS dz-Dzariya [51]: 56; al-Baqarah [2]: 30; Hud [11]: 60). 

- Dalam kehidupan perempuan berkemajuan terdapat nilai-nilai akhlak yang utama (QS al-Qalam [68]: 4; Nur [24]: 34; dll.) Tugas tujuan Nabi Muhammad diutus ke bumi untuk memperbaiki akhlak yang mulia atau mulia atau al- akhlaq al-karimah (HR Bukhari-Muslim) yang menjadi dasar kepribadian muslimah, selain itu kemajuan di bidang alam pikiran dan kemampuan-kemampuan hidup lainnya. 

- Perempuan berkemajuan dalam rangka mengaktualisasikan ketaqwaan, iman, ibadah, amal shaleh, dan kekhalifahan maka berpeluang secara terbuka dan leluasa untuk berperan dalam seluruh ranah kehidupan, termasuk di ruang publik dan dalam kepemimpinan di berbagai struktur kehidupan (QS at-Taubah [9]: 71; an-Nisa` [4]; 32; an-Naml [27]: 23-44). 

- Perbedaan qodrati yang dimiliki perempuan seperti melahirkan dan menyusui merupakan anugerah Allah SWT, tidak menghalanginya untuk berkiprah di ruang publik sesuai sebagai perwujudan taqwa, iman, ibadah, amal shaleh, dan kekhalifahan. Dengan perempuan berkemajuan maka akan terjadi harmonisasi relasional antara laki-laki dan perempuan yang bersumbu pada “hablu minallah” (hubungan vertikal dengan Allah) dan “habluminannas” (hubungan horizontal sesama manusia dan lingkungan) sehingga tercipta tatanan kehidupan yang baik dan tidak terjadi kerusakan di dalamnya (QS Ali Imran [3]: 112). 


In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104132 NOPITA DEWI KANIA -

Waalaikumsalam wr wb.

Saya sepakat. Aktualisasi yg di lakukan yg sejalan dengan visi perempuan yg berkemajuan adalah dengan menimba ilmu setingi2nya. Perempuan tak lagi menjadi penghalang untuk terus maju dalam segi keilmuan. Dengan ilmu yg didapat perempuan dapat memperdayakan dirinya menjadi pribadi yg lebih bermanfaat bagi umat. Perempuan yg berkemajuan bukan untuk menyetaraakan gender maupun membanding2ankan dengan laki2 karna dalam keluarga tetaplah laki2 adalah pemimpin bagi wanita layaknya ayah maupun nanti jika sudah bersuami. Wanita dalam menuntut ilmu bukanlah untuk merasa dirinya lebih tinggi dari lelaki hanya untuk menjadi kukuhnya sebuah peradaban... bukanlah jika ada laki2 yg sukses akan ada wanita yg hebat.. dibalik kemajuan jaman ini peran wanita sangat dibutuhkan.. bukan hanya dalam segi pendidikan diluar setidaknya menjadi pendidik di lingkutpsosial yg kecil yaitu keluarga juga yg lebih luas adalah dunia yg sangat membutuhkan peran wanita yg berilmu dan akan menjadi tombak kemajuan sebuah peradaban.. dari wanitalah seorang presiden dokter pilot  sekalipun dilahiran dan mendapat pendidikan pertamanya.. 

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104141 GINA AMALIA NURJANAH -

Izin menjawab:

Saya sepakat dengan visis perempuan berkemajuan. Karena semua perempuan bisa menjafi dirinya sendiri contohnya bisa menjadi wanita karir tanpa diskriminatif

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by ROZIANA 1910104136 -

assalamualaikum

saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan. Dalam kehidupan sehari seperti perempuan bisa tetap menuntut ilmu yang lebih tinggi sama halnya laki-laki sehingga tidak ada yang membedakan. Di lingkup masyarakat yaitu dalam kegiatan pelestarian desa kita sebagai perempuan bisa menyuarakan pendapat, mengusulkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat tanpa ada tekanan apapun,. dalam lingkup kerja yaitu misalnya kita perempuan bisa mencalonkan diri menjadi ketua tim dalam bekerja dengan mengandalkan pengetahuan dan kemapuan sehingga tidak ada perbedaan antara staf perempuan dan laki-laki

teriamakasih

In reply to 1910104135 SITI AFNI ZULFAH

Re: SESI 4 : Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

by 1910104152 INTAN PURNAMA SARI -

Izin menjawab, saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan ,. karena perempuan juga memiliki keistimewaan dalam fitrahnya, dan dalam aisyiyah, hal tersebut tidak menghalangi untuk terus melakukan dakwah. dalam rangka mengaktualisasikan visi berkemajuan yang terletak antara lelaki dan perempuan yang memiliki peluang yang sama dalam kehidupan, tergantung pada semangat jihadnya dalam mengejar apa yang dia mau, bahwa tidak ada perbedaan antara hak yang dapat diperoleh oleh laki-laki dan perempuan dalam bermasyarakat. Terima kasih