Forum Kepribadian Muhammadiyah

kepribadian Muhamadiyah

kepribadian Muhamadiyah

by Sana Ullaili Sana Ullaili -
Number of replies: 17

Bagi adik2 yang sudah selesai membaca, menyimak document ttg Kpribadian Muhammadiyah, bisa menyampaikan tanggapannyamasing-masing. Boleh merespon pendapat temannya. 

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104155 DYAH PAHINGGARSARI -

Assalamu'alaikum. Izin berpendapat bu. Saya setuju dengan nilai-nilai yang ada di dalam Muhammadiyah yang maksud gerakannya ialah Dakwah Islam dan Amar Makruf Nahi Munkar yang ditujukan kepada dua bidang: perseorangan dan masyarakat. Sehingga terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridlai Allah SWT., di mana kesejahteraan, kebaikan dan kebahagiaan luas merata, Muhammadiyah mendasarkan segala gerak dan amal usahanya atas prinsip-prinsip yang tersimpul dalam Muqaddimah Anggaran Dasar yaitu :

1.    Hidup manusia harus berdasar tauhid, ibadah dan ta’at kepada Allah.

2.    Hidup manusia bermasyarakat.

3.    Mematuhi ajaran-ajaran agama Islam dengan keyakinan bahwa ajaran Islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia akhirat.

4.    Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dalam masyarakat adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah dan ihsan kepada kemanusiaan.

5.    Ittiba’ kepada langkah perjuangan Nabi Muhammad saw.

6.    Melancarkan amal usaha dan perjuangan dengan ketertiban organisasi.

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104173 DESFIRANI KHUMAIRAH -

baik terimakasi ibu :)

saya menyampaikan tanggapan dengan apa yang sudah sya pahami nggih teman - teman :)

Muhammadiyah merupakan suatu gerakan bukan ajaran agama yg lain, yaitu gerakan islam yang mengimplementasikan gerakan tersebut dengan dakwah sesuai ajaran Allah dan RasulNya yaitu amar ma'ruf nahi munkar, sasaran dakwah yang dilakukan yaitu dengan individu dan juga masyarakat.

masyarakat tidak semuanya menganut agama islam, oleh karena itu ketika muhammadiyah melakukan gerakan atau dakwah kepada orang non muslim maka disebut dengan seruan. tentu Kesemuanya itu dilakukan bersama dengan bermusyawarah atas dasar taqwa dan mengharap keridlaan Allah semata-mata.


In reply to 1910104173 DESFIRANI KHUMAIRAH

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104169 RIZKA SUSILAWATI -

Saya setuju dengan pendapat mbak desfirani...

Karena di tempat saya pun masyarakat tidak semuanya menganut agama islam, oleh karena itu ketika muhammadiyah melakukan gerakan atau dakwah kepada orang non muslim tentu semuanya itu dilakukan bersama dengan bermusyawarah atas dasar taqwa dan mengharap keridlaan Allah semata-mata.

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104154 DWI SUSILOWATI -
asslamualaikum ibu saya DWI SUSILOWATI 1910104154 ijin meberikan pendapat Bahwa saya setuju dengan alasan keridhaan allah semata mata dengan melaksanakan dakwah islam dan amar makruf nahi mungkar dengan cara masing masing yang sesuai muhamadyah mengerakan masyarakat menuju tujuanya,ialah ''terwujudnya masyarakat utama adil dan makmur yang diridhai oleh allah SWT.''
In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104156 ISTIQOMATUD DINIAH ACHMADAH -
Assalamualaikum ibu izin berpendapat. Saya Setuju dengan Prinsip-Prinsip Yang dimilki Oleh muhammadiyah Yang mana Hidup Manusia itu harus berdasarkan tauhid, ibadah dan taat ditunjukan kepada Allah . Manusia hidup bermasyarakatMematuhi ajaran-ajaran agama Islam dengan keyakinan bahwa ajaran Islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia akhirat . Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dalam masyarkat. Ittiba 'kepada langkah perjuangan Nabi Muhammad saw.  Serta  Melancarkan amal usaha Dan perjuangan dengan Ketertiban Organisasi. 
karena itu semua masyarakat islam yang sebenar-benarnya akan terwujud. 
In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104166 ROSI ROSMINI -

assalamualaikum ibu izin menyampaikan pendapat saya , setelah saya membaca dan memahami materi , saya setuju dengan nilai nilai yang ada di muhamadiyah karena Muhammadiyah adalah persyarikatan yang merupakan gerakan islam, dan maksud geraknya ialah dakwah islam amar ma’ruf nahi munkar. Dengan melaksanakan dakwah Islam dan amar ma’ruf nahi munkar dengan caranya masing-masing yang sesuai, Muhammadiyah menggerakkan masyarakat menuju tujuannya, ialah “Terwujudnya masyarakat  utama, adil dan makmur yang diridlai Allah SWT.”

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104171 SYF NURHASANAH -
izin menjawab bu

 saya sepakat dengan dengan paham agama muhammadiyah karena dalam kehidupan sehari-hari bisa diterapkan sehingga bisa selamat, bahagia, dan sejahtera dunia dan akhirat. serta muhammadiyah selalu terbuka agra ajaran islam sesuai dengan perkembangan jaman.

In reply to 1910104171 SYF NURHASANAH

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104161 DEBBY DAMA PERTIWI -
Assalamualaikum ibu izin menyampaikan pendapat saya , setelah saya membaca materi, saya setuju dengan nilai nilai yang ada di muhamadiyah karena Muhammadiyah adalah rumusan yang menggambarkan hakekat Muhammadiyah, serta apa yang menjadi dasar dan pedoman amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah, serta sifat-sifat yang dimilikinya. Muhammadiyah juga merupakan suatu persyarikatan yang merupakan “Gerakan Islam”, Maksud gerakannya ialah “Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar” yang ditujukan kepada dua bidang.
In reply to 1910104171 SYF NURHASANAH

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104160 ANITA PUJI RAHAYU -

Assallamualaikum ibu izin berpendapat.

Menurut saya kepribadian muhammadiyah adalalah sifat kebaikan dan bimbingan serta peringatan. Kesemuanya itu dilaksanakan dengan dasar taqwa dan mengharap keridlaan Allah semata-mata.Dengan melaksanakan dakwah Islam dan amar ma'ruf nahi munkar dengan caranya masing-masing yang sesuai, hingga terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104164 NURUL FADILA PASHA -

Bismillah ibu, saya izin menyampaikan pendapat saya mengenai kepribadian muhammadiyah.

Menurut saya Muhammadiyah memiliki ciri khsusus dengan memiliki identitas yang selalu melekat di ingatan saya yaitu Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang bisa saya artikan atau saya petik maksud dari ini adalah kita sebagi umat manusia harus mengajak sesama dalam mengajak kepada kebaikan dan menghindari kepada kemunkaran. Sehingga kita selalu ingat di dalam benak kita agar bisa saling mengingatkan, mengajak dan belajar untuk lebih baik lagi.

Kepribadian Muhammadiyah adalah cerminan untuk kita menjalani kehidupan bermasyarakat agar bisa lebih merangkul, mengingat dan beraosialisasi.

Sekian pendapat saya

Wassalamuallaikum Wr.Wb

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104172 TIAN NOPIYANTI -

Izin menjawab bu 

Saya sepakat dengan sifat-sifat kepribadian muhamadiyah,karena sifat-sifat tersebut merupakan sifat terpuji yang harus dimiliki orang muslim/muslimah,selain itu sifat-sifat tersebut tentunya mendatangkan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain di sekitar kita

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104165 ULFAH MAULUDYA -

Assalamualaikum bu, Saya sepakat dengan sifat-sifat kepribadian muhamadiyah,karena sifat-sifat tersebut merupakan sifat yang baik dan menjungjung tinggi agama dan bermasyarakat.

In reply to 1910104165 ULFAH MAULUDYA

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104167 NUR MAKKIYAH -

Assalamualaikum ibu. Saya sepakat dengan kepribadian muhammadiyah, karena muhammadiyah memiliki Fungsi kepribadian sebagai landasanpedoman dan pegangan setiap gerak Muhammadiyah menuju cita-cita terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

In reply to 1910104165 ULFAH MAULUDYA

Re: kepribadian Muhamadiyah

by Sana Ullaili Sana Ullaili -

Alhamdulillah. Pendapat yang bagus2. 

Menarik sekali terkait bagaimana sikap dan kepribadian bermuhammadiyah di tengah masayarakat yang majemuk. Apalagi negara kita adalah negara dengan agama yang beragam. Sikap menghormati perbedaan agama, diantaranya ditunjukkan dengan tidak memaksakan org yang sudah bergama beda untuk sama dengan yg sdh kita peluk. Toleransi atas perbedaan agama adalah salah satu cerminan ari sikap dan kepribadian Muhammadiyah. 

Pada aspek amar ma'ruf nahi munkar, hal yang paling sulit dilakukan adalah Nahi Munkar. Tetapi kita harus yakin ada banyak cara dan jalan untuk bernahi munkar. dan tentu sj bernahi munkar dengan cara yang baik tanpa kekerasan dalam bentuk apapun. 

Bagi yg masih ingin menyampaikan pendapat atau tanggapannya, dipersilakan. 

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104163 IRMA FRANSISKA CLARAMITA -

Assalamualaikum ibu. Izin berpendaapat dengan adanya kepribadian Muhammadiyah kita dapat mengenal nilai karakteristik Muhammadiyah, watak dan sikap muhammadiyah, sifat-sifat muhammadiyah, keyakinan dan cita-cita muhammadiyah untuk menjadi masyarakat Islam yang sebenarnya

In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104158 SULAWATI -

Assalamualaikum saya sepakat dengan sifat-sifat kepribadian muhamadiyah yang dipunyai,karena sifat-sifat tersebut merupakan sifat yang seharusnya dimiliki setiap yang beragama muslim, karena bisa memudahkan menjadi masyarakat yang baldatun toyyibah


In reply to Sana Ullaili Sana Ullaili

Re: kepribadian Muhamadiyah

by 1910104157 FITRIATUL ULA -

Assalamualaikum bu izin berpendapat.Setelah membaca dan mengetahui terkait beberapa point tentang kemuhammadiyahan dan ke aisyiyahan sudah sangat sesuatu dengan tuntutan syariat dan dalam kehidupan sehari²,krn spt yg kita ketahui muhammadiyah dalam mengambil hukum selalu bersumberkan pada Al-Qur'an dan As-Sunnah,sudah sangat sah jika di jadikan pedoman sehari².