Forum Diskusi Mahasiswa (15/11/2022)

Pertanyaan Diskusi

Pertanyaan Diskusi

by 2010601052 INTAN YUNITA ALDAYANTI PUTRI -
Number of replies: 1

Dalam investasi, disamping return juga dikenal adanya konsep risiko. Risiko investasi bisa diartikan sebagai kemungkinan terjadinya perbedaan antara return aktual dengan return yang diharapkan. Dua konsep ini, risiko maupun return, bagaikan dua sisi mata uang yang selalu berdampingan.Untuk menurunkan risiko, investor perlu melakukan diversi-fikasi.

Risiko manakah yang bisa dihilangkan dengan diversifikasi dan manakah yang tidak bisa dihilangkan dengan diversifikasi?

In reply to 2010601052 INTAN YUNITA ALDAYANTI PUTRI

Re: Pertanyaan Diskusi

by 2010601002 CITRA ONY SAGITA -

Risiko sekuritas yang dapat dihilangkan melalui diversifikasi disebut risiko yang tidak sistematis.

Sedangkan risiko yang tidak dapat dihilangkan melalui diversifikasi disebut dengan risiko yang sistematis atau systematic risk, ada yang menyebutnya market risk. 

Risiko yang sistematis adalah risiko yang terjadi karena faktor perubahan pasar secara keseluruhan, seperti misalnya karena perubahan tingkat suku bunga yang mengakibatkan meningkatnya tingkat keuntungan yang disyaratkan atas sekuritas secara keseluruhan, inflasi, resesi ekonomi, perubahan kebijakan ekonomi secara menyeluruh. Adapun risiko yang tidak sistematis adalah risiko yang terjadi karena karakteristik perusahaan yang mengeluarkan sekuritas berbeda satu dengan lain seperti misalnya dalam hal kemampuan manajemen, kebijakan investasi, kondisi dan lingkungan kerja.