Forum Diskusi Mahasiswa (13/10/2022)

Intan Yunita Aldayanti Putri 2010601052

Re: Intan Yunita Aldayanti Putri 2010601052

by 2010601002 CITRA ONY SAGITA -
Number of replies: 0

Citra Ony Sagita_2010601002, izin menjawab 

Diversifikasi aset adalah strategi dalam meracik portfolio dengan menempatkan berbagai sektor dan saham yang dapat memberikan imbal hasil yang berimbang.


Reksa dana pada dasarnya menerapkan diversifikasi


Pada reksa dana, nasabah pada dasarnya membeli Unit Penyertaan yang berisi beberapa jenis saham sekaligus. Keuntungan reksa dana lainnya adalah diversifikasi dan alokasi aset secara instan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Dana utang (debt fund) memungkinkan pemodal untuk berinvestasi dalam instrumen utang seperti, instrumen pasar uang (money market instrument), dan surat obligasi pemerintah atau korporasi. Kemudian ada juga reksa dana seimbang (balanced fund) yang menawarkan pemodal eksposur ke ekuitas dan instrumen utang.

Diversifikasi aset akan meminimalisir risiko

Merupakan hal yang normal jika nasabah ingin berinvestasi pada instrumen investasi yang menawarkan potensi imbal balik tertinggi. Namun, hal ini dapat menyebabkan nasabah meletakkan seluruh telur di dalam satu keranjang. Ketika dinilai berdasarkan basis risiko-pendapatan (risk-return basis), besar risiko yang kamu tanggung akan setara atau jauh lebih besar dengan besar potensi pendapatan.

Singkatnya, reksa dana memungkinkan nasabah mengalokasikan investasi tidak hanya di berbagai sektor dan industri tetapi juga dalam saham, obligasi, dan/atau komoditas. Ini meningkatkan peluang dan sumber pendapatan sambil menjaga risiko seminimal mungkin.