Forum Diskusi Mahasiswa (13/10/2022)

Pertanyaan Diskusi

Re: Pertanyaan Diskusi

by 2010601043 UMI HIDAYATUN -
Number of replies: 0
Izin menjawab 
Cara yang baik dan benar dalam berinvestasi : 
1. Pilih platform Investasi yang tepat
2. Tanamkan mindset yang benar
Optimis, pantang menyerah dan tidak takut mengambil risiko. Tanamkan mindset tersebut sebelum memulai. Mindset membawa dampak yang signifikan dalam mencapai kesuksesan.
3. Jangan Mengabaikan Inflasi
Cara berinvestasi ini yang patut untuk dihindari. Jika mengabaikan inflasi dalam memilih sarana investasi jangka panjang, bisa jadi investasi mengecil daya belinya.
4. Membagi modal yang dimiliki
Salah satu hal yang harus diperhatikan agar cara berinvestasi pemula dapat terealisasi adalah dengan terlebih dahulu membagi modal yang dimiliki ke dalam beberapa aset atau yang biasa disebut dengan diversifikasi. Contoh yang umum adalah diversifikasi di emas, saham, properti, dan surat hutang. Mengapa langkah ini perlu dilakukan? Tujuannya adalah untuk mencegah kegagalan total jika salah satu aset mengalami kerugian, karena masih ada aset lainnya yang mengalami keuntungan. Beban yang dirasakan jika mengalami kerugian pun berkurang.
5. Pilihlah Investasi yang tepat
6. Mulai dengan Investasi kecil terlebih dahulu
Demi menumbuhkan rasa percaya diri, mulai dengan modal sedikit demi sedikit adalah cara berinvestasi untuk pemula. Pilih investasi yang sudah terjamin dan memiliki performa yang baik selama lima hingga sepuluh tahun terakhir.