bim. bu Belian AE, S.ST., MMR

diskusi 13

diskusi 13

by Belian Anugrah Estri -
Number of replies: 18

Assalamualaikum Selamat siang Mbak Semuanya sudah siap untuk diskusi pada siang hari ini

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: diskusi 13

by 2010101003 FAUZIAH SYAH PUTRI -

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Insyaallah, sudah siap Ibu 

In reply to 2010101003 FAUZIAH SYAH PUTRI

Re: diskusi 13

by Belian Anugrah Estri -
untuk kelompok  1  nnti ada sigadarma  ,  simundu , dasbord  program emas  . apakah sudh ada yg pernah  membca  atau mengetahui ttg program trswbut ?
In reply to Belian Anugrah Estri

Re: diskusi 13

by 2010101001 ELLA APRILLYANA -

Sudah Bu, kalau untuk Sigadarma itu Sistem Informasi Kegawatdaruratan Maternal dan Perinatal. Dan Simundu , Sistem Informasi Imunisasi Terpadu. Waktu di lahan praktik klinik kemarin, berkesempatan juga langsung diajarkan cara menginput simundu Bu.

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: diskusi 13

by 2010101011 INTAN NUR AULIA DEWI -

Assalamualaikum ibu saya intan nur aulia deewi 2010101011 izin menjelaskan apa ity program emas dan tujuannya ibu 

DEFINISI PROGRAM EMAS

Expanding Maternal And Neonatal Survival (EMAS) adalah program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID), yang diluncurkan pada tahun 2011. Program 5 tahun (2011-2016) ini bekerja untuk mengurangi kematian ibu dan bayi baru lahir di enam provinsi di Indonesia yang berkontribusi terhadap 50% kematian ibu dan bayi baru lahir.(Kemenkes, 2016). 

TUJUAN PROGRAM EMAS

Program EMAS memiliki dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Secara umum tujuan program EMAS adalah ikut berkontribusi dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir sbesar 25%. Secara khusus, program EMAS bertujuan untuk perbaikan kualitas, penguatan rujukan dan penguatan akuntabilitas. Tiga tujuan ini merupakan parameter dalam pelaksanaan program EMAS yang dinilai dengan alat pantau kinerja klinis (APKK) dan alat pantau kinerja rujukan (APKR) 

(Rahmi et al., 2016).

DAEAH YANG SUDAH MEGGUNAKAN PROGRAM EMAS

Program EMAS tidak mengintervensi semua kabupaten/kota di seluruh wilayah di Indonesia, melainkan hanya mengintervensi beberapa kabupaten/kota, terutama kabupaten/kota yang memiliki latar belakang angka kematian ibu dan bayi baru lahir tinggi melalui layanan kesehatan baik milik pemerintah maupun milik swasta. Adapun beberapa provinsi dan kabupaten/kota 

yang diintervensi oleh program EMAS, yaitu Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa 

Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.


terimakasih wasalamualaikum wr.wb

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: diskusi 13

by 2010101005 MILA DEWI SUSANTI -

Waalaikumsalam, insyaallah siap Ibu

In reply to 2010101005 MILA DEWI SUSANTI

Re: diskusi 13

by Belian Anugrah Estri -

Untuk kelompok 2 terkait dengan BPJS dan peduli lindungi sama piker itu nanti coba lebih dijabarkan terkait dengan BPJS yang terupdate tahun ini ya entah itu kepesertaannya regulasinya dari proses pemeriksaannya gitu