Forum Diskusi Mahasiswa 06/01/2022

Topik 12

Topik 12

by 1910601012 AULIA -
Number of replies: 3

Nama: Aulia

Nim: 1910601012


Izin bertanya teman-teman, metode depresiasi aktiva tetap yaitu dipakai oleh setiap perusahaan dalam akuntansi yang dikenal ada beberapa metode depresiasi seperti metode garis lurus, metode produksi, metode nilai buku, metode jumlah angka tahun, nah coba jelaskan mengenai metode-metode tersebut.. ?

Terima kasih

In reply to 1910601012 AULIA

Re: Topik 12

by 213103083 Varomah -

Izin menjawab

Nama : Varomah wati

NIM : 2119907008


metode garis lurus merupakan metode perhitungan penyusutan aktiva tetap dengan karakteristik nilai beban penyusutan sama setiap tahunnya. 

Metode produksi adalah suatu kombinasi dari faktor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk memproduksikan satu unit produk. Biasanya untuk menghailkan satu unit barang dapat digunakan lebih dari satu metode atau proses, atau disebut juga sebagai kegiatan produksi.


Metode nilai buku adalah yaitu perlakuan perakunan dalam mengonversikan obligasi menjadi saham; pendebitan nominal obligasi ditambah premiumnya dan pengkreditan nominal saham biasa ditambah premiumnya; jumlah kredit didasarkan nilai buku dan obligasi, tidak ada untung atau rugi; dapat juga ditambahkan

Metode jumlah angka tahun adalah salah satu cara untuk menghitung nilai penyusutan (depresiasi) aset tetap (fixed assets) perusahaan. Metode penyusutan aset tetap lainnya adalah garis lurus, saldo menurun, dan aktivitas.

In reply to 1910601012 AULIA

Re: Topik 12

by 1910601007 ERPIYANTI -
Nama: Erpiyanti

NIM: 1910601007

Izin menjawab. 

1. Metode garis lurus. 

Jika Anda menggunakan metode ini untuk menghitung penyusutan, maka Anda wajib menentukan estimasi nilai residu aktiva di akhir tahun pemakaian. Rumus:

Biaya Penyusutan = (Biaya Perolehan Aset - Nilai Residu) / Umur Ekonomis

2. Metode Produksi

Mengetahui nilai depresiasi aktiva berdasarkan berapa banyak produk dibuatnya. Rumus:

Biaya Penyusutan = (Jumlah Produksi / Total Produksi Usia Ekonomis) X (Biaya Perolehan - Nilai Residu)

3. Metode Nilai Buku

4. Metode Jumlah Angka Tahun

Rumus metode penyusutan jumlah angka tahun yaitu:

Biaya Penyusutan = [Umur Ekonomis X (Biaya Perolehan Aset - Nilai Residu)] / Jumlah Angka Tahun


In reply to 1910601012 AULIA

Re: Topik 12

by IBNU KHAKAM WIRAYUDA -

Nama: Ibnu Khakam Wirayuda

NIM: 1910601025


Izin menjawab.

1. Metode garis lurus merupakan metode perhitungan penyusutan aktiva tetap dengan karakteristik nilai beban penyusutan sama setiap tahunnya. 

2. Metode produksi adalah suatu kombinasi dari faktor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk memproduksikan satu unit produk. Biasanya untuk menghailkan satu unit barang dapat digunakan lebih dari satu metode atau proses, atau disebut juga sebagai kegiatan produksi. 

3. Metode nilai buku yaitu perlakuan perakunan dalam mengonversikan obligasi menjadi saham; pendebitan nominal obligasi ditambah premiumnya dan pengkreditan nominal saham biasa ditambah premiumnya; jumlah kredit didasarkan nilai buku dan obligasi, tidak ada untung atau rugi; dapat juga ditambahkan 

4. Metode jumlah angka tahun adalah salah satu cara untuk menghitung nilai penyusutan (depresiasi) aset tetap (fixed assets) perusahaan. Metode penyusutan aset tetap lainnya adalah garis lurus, saldo menurun, dan aktivitas.