Forum Diskusi Mahasiswa 04/01/2022

Manajemen Risiko Perbankan

Manajemen Risiko Perbankan

by 1810601020 ELVINA AZALIA -
Number of replies: 1

assalamualaikum wr wb, selamat pagi bapak dan teman teman semua. saya Elvina ingin bertanya, seperti yang kita ketahui bahwa terdapat 8 risiko yang akan dialami oleh bank 8 resiko tersebut termasuk (resiko kredit, operasional, resiko hukum, resiko, stratejik dan resiko kepatuhan). nah yang ingin saya tanya adalah bagaimana upaya bank dalam mengatasi resiko-resiko tersebut ketika resiko tersebut terjadi atau agar resiko tersebut tidak terjadi?

Terima kasih

wassalamu'alaikum wr wb

In reply to 1810601020 ELVINA AZALIA

Re: Manajemen Risiko Perbankan

by 1810601012 FRISKA AYU WULANDARI -

izin menjawab Untuk mengatasi risiko-risiko tersebut Bank wajib menerapkan manajemen risiko secara efektif, dimana dalam penerapan manajmen risiko  BUS tersebut dilakukan secara individual maupun konsolidasi dengan perusahaan anak. Penerapan manajemen risiko untuk UUS dilakukan terhadap seluruh kegiatan usaha UUS, yang merupakan satu kesatuan dengan penerapan manajemen risiko pada BUK.

Penerapan manajemen risiko tersebut setidaknya mencakup pengawasan aktif Dewan Komisaris, Direksi, dan Dewan Pengawas Syariah; kecukupan kebijakan, prosedur dan penetapan limit manajemen risiko; kecupukan proses identifikasi, pengukuran, pemantauan, dan pengendalian risiko serta informasi manajemen risiko; dan sistem pengendalian internal yang menyeluruh. Dimana cakupan penerapan manajemen risiko ini disesuaikan dengan tujuan, kebijakan usaha, ukuran, kompleksitas usaha serta kemampuan bank.