Forum Diskusi Mahasiswa 04/01/2022

Manajemen risiko perbankan

Manajemen risiko perbankan

by 213103076 Hildha amalia farista devi -
Number of replies: 2

Apa hubungan atau keterkaitan antara risiko dan bank?

In reply to 213103076 Hildha amalia farista devi

Re: Manajemen risiko perbankan

by 213103074 Ayu -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama: Ayu Wandini. A

NIM: 2119907006

Izin menjawab

Industri perbankan adalah suatu industri yang sarat dengan risiko, terutama karena melibatkan pengelolaan uang masyarakat dan diputar dalam bentuk berbagai investasi, seperti pemberian kredit, pembelian surat-surat berharga dan penanaman dana lainnya.

Dengan begitu, dapat dikatakan, bahwa semua kegiatan bank, baik yang berasal dari aktiva maupun pasiva mengandung berbagai jenis risiko, baik itu risiko pasar, risiko kredit, risiko likuiditas maupun risiko-risiko lainnya. Besar kecilnya risiko itu akan sangat tergantung pada berbagai faktor yang terkait, misalnya kemampuan dan kejelian manajemen dalam mengelola hal itu.

Karenanya, untuk meminimalisir risiko-risiko yang dihadapi, maka manajemen bank harus memiliki keahlian dan kompetensi yang memadai, sehingga berbagai risiko yang berpotensi muncul dapat diantisipasi dari awal, dan dicari cara penangananya secara lebih baik. Diharapkan, risiko yang muncul akan dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga potensi kerugian yang akan diderita dapat ditekan seminimal mungkin.


In reply to 213103076 Hildha amalia farista devi

Re: Manajemen risiko perbankan

by 1810601036 NOOR LATIFAH TASYA -

Assalamualaikum, saya Noor Latifah Tasya nim 1810601036,izin menjawab pertanyaan dari mba Hildha yaitu Hubungan antara risiko dan bank, yaitu Bank adalah sebuah institusi yang memiliki surat izin bank, menerima tabungan dan deposito, memberikan pinjaman, dan menerima serta menerbitkan check. Sedangkan, risiko didefinisikan sebagai peluang terjadi bad outcome (hasil yang buruk), dan besarnya peluang dapat diestimasikan. Risk event (kejadian risiko) adalah terjadinya suatu peristiwa yang menciptakan potensi terjadinya kerugian (hasil buruk). Risk loss (risiko kerugian) adalah kerugian yang terjadi sebagai dampak langsung atau tidak langsung dari kejadian risiko. Kerugian tersebut dapat bersifat finansial atau non-finansial. Risiko manajemen perbankan menyoroti sistem manajemen yang diterapkan oleh perbankan Indonesia yang selama ini masih belum optimal perlaksanaannya. Titik berat perbankan Indonesia yang selama ini banyak terrcurah kepada kredit, dimana risiko ini adalah risiko tertua dan merupakan risiko terberat disusul dengan risiko likuiditas.

Mohon maaf apabila kurang tepat, terimakasih