Forum Diskusi Mahasiswa 21/12/2021

intrumen derivatif

intrumen derivatif

by 1810601019 JATRI SETYATMOKO -
Number of replies: 1

 assalamualaikum  izin  bertanya

 Apa saja yang termasuk intrumen derivatif?

In reply to 1810601019 JATRI SETYATMOKO

Re: intrumen derivatif

by 213103080 Istifadatul -

Istifadatul Yunaidah 2119907001 mencoba menjawab

Instrumen derivatif dibagi menjadi empat alternatif yaitu kontrak option , kontrak forward , kontrak futures , dan kontrak swap (Utomo, 2000). Berikut ini penjelasan jenis-jenis instrumen derivatif:

1. Kontrak option : Sebuah Opsi adalah kontrak antara dua pihak (pembeli dan penjual) yang memberi pembeli hak, tapi bukan kewajiban, untuk membeli atau menjual sesuatu di kemudian hari dengan harga yang telah disepakati hari ini.

2. kontrak forward : Kontrak forward adalah kontrak antara pihak-pihak (pembeli dan penjual) untuk membeli atau menjual sesuatu di kemudian hari dengan harga yang telah disepakati hari ini. Sebuah kontrak forward terdengar mirip opsi, tetapi opsi membawa hak, bukan kewajiban, untuk melewati transaksi.

3. kontrak futures : Kontrak futures adalah kontrak antara dua pihak pembeli dan penjual untuk menjual atau membeli sesuatu di kemudian hari dengan harga yang telah ditentukan saat ini. Kontrak futures dilakukan di bursa terorganisir yang biasa disebut futures market . Kontrak futures didalam transaksinya tidak ada penyerahan fisik yang terjadi. Kontrak forward maupun futures , keduanya memperbolehkan kedua pihak untuk menentukan suku bungaharga komoditas, dan nila tukar, sehingga dapat menghilangkan efek variabilitas dalam barang tersebut ( Put ro, 2012).

4. kontrak swap : Swap adalah transaksi dimana dua pihak setuju untuk saling membayar serangkaian arus kas selama periode waktu tertentu. Kontrak Swap adalah suatu perjanjian antara dua pihak untuk menukarkan pembayaran suku bunga selama jatuh tempo tertentu pada suatu jumlah yang disepakati ( Put ro, 2012). Ada dua jenis utama kontrak swap yaitu coupon swap dan basis swap.

mohon maaf apabila kurang tepat