Forum Diskusi Mahasiswa 16/12/2021

bugdet biaya pemasaran

bugdet biaya pemasaran

by 1910601002 FITRI EMILIYANA -
Number of replies: 3
FITRI EMILIYANA (1910601002)

Ijin bertanya,

Apa kegunaan perlunya budget pemasaran pada suatu perusahaan? dan data serta informasi apa saja yang diperlukan dalam penyusunan budget pemasaran tersebut?

TERIMAKASIH

In reply to 1910601002 FITRI EMILIYANA

Re: bugdet biaya pemasaran

by 213103074 Ayu -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Ayu Wandini. A

Nim: 2119907006


Izin menjawab, secara umum budget biaya pemasaran mempunyai tiga kegunaan yaitu sebagai pedoman kerja sebagai alat manajemen untuk menciptakan koordinasi kerja, dan sebagai alat manajemen untuk melakukan evaluasi atau pengawasan kerja. Sedangkan secara khusus, budget biaya pemasaran mempunyai beberapa kegunaan penting, antara lain sebagai dasar untuk menyusun budget kas, karena sebagian dari biaya pemasaran memerlukan pembayaran atau pengeluaran kas.

Dan untuk data serta informasi yang diperlukan adalah

1. Rencana penjualan yang tertuang dalam budget penjualan khususnya tentang jumlah dari masing-masing jenis barang yang yang akan dijual dari waktu ke waktu yang akan datang

2. Berbagai standar biaya-biaya yang termasuk dalam kelompok biaya pemasaran, yang telah ditetapkan oleh perusahaan

3. Sistem pembayaran upah yang dipakai oleh perusahaan, khususnya upah yang dibayarkan kepada para karyawan di bagian pemasaran

4. Metode depresiasi yang dipakai oleh perusahaan, khususnya depresiasi terhadap aktiva tetap yang ada di dalam lingkungan bagian pemasaran.

6. Metode alokasi biaya yang dipakai oleh perusahaan, untuk membagi biaya-biaya yang semula merupakan satu kesatuan biaya bersama, ke dalam kelompok-kelompok biaya sesuai dengan tempat dimana biaya itu terdapat atau terjadi

In reply to 1910601002 FITRI EMILIYANA

Re: bugdet biaya pemasaran

by 1910601009 TERESIA APLIANA RODHO -
Manfaat anggaran antara lain sebagai perencanaan terpadu, pedoman pelaksanaan, alat koordinasi, alat pengawasan, dan alat evaluasi.Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan, anggaran dapat memberikan pedoman yang berguna baik, bagi manajemen puncak maupun manajemen.


Pedoman anggaran belanja perusahaan berdasarkan penganggaran belanja selama setahun yang telah dibuat dan dipersiapkan beberapa bulan sebelum penganggaran tahun berikutnya

In reply to 1910601002 FITRI EMILIYANA

Re: bugdet biaya pemasaran

by 1910601019 DINDA AULIA SOLEHA -

ijin menjawab

Nama: Dinda Aulia Soleha

Nim: 1910601019


- Kegunaan budget pemasaran bagi perusahaan:

  • Membantu perusahaan dalam memberikan batasan atas jumlah dana yang akan dicari dan dikeluarkan pada bidang pemasaran.
  • Untuk landasan yuridis formal dalam menentukan suatu sumber dan investasi dana.
  • Membantu manajemen terkait untuk melakukan pengawasan karena adanya rincian sumber dana dan investasi di dalam anggaran.
  • Merasionalkan sumber dan investasi dana.
  • Untuk menyempurnakan rencana yang telah disusun.
  • Membantu manajemen untuk menampung dan menganalisis serta membuat keputusan dalam aktivitas operasional perusahaan.


Menurut saya untuk data dan informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan budget pemasaran ialah dengan melakukan penyusunan sesuai dengan standarisasi penyusunan budget yang diterapkan di perusahaan tersebut, kemudian data yang dibutuhkan ialah terkait alokasi dana untuk keperluan apa dengan nominal berapa.


Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan, maaf jika jawaban kurang tepat, terimakasih