Forum Diskusi Mahasiswa 16/12/2021

Topic 9

Topic 9

by 1910601024 DEWI PUSPITA SARI -
Number of replies: 3

Assalamualaikum 

Izin bertanya pak dan teman teman

Mungkin bisa dijelaskan kembali subbagian purna jual itu seperti apa yang mudah dipahamin, terimakasi


Nama : Dewi puspita sari

Nim : 1910601024

In reply to 1910601024 DEWI PUSPITA SARI

Re: Topic 9

by 1910601017 ANISA NURMELINDA -

izin menjawab.

Dukungan purna jual atau layanan purna jual berarti dukungan atau layanan yang diberikan bisnis / perusahaan kepada pelanggannya setelah mereka membeli produk dari bisnis tersebut. Layanan purna jual atau after-sale service dalam bahasa Inggris adalah alat yang modern dan sangat efektif untuk memuaskan dan mempertahankan pelanggan.

subbagian purna jual sangat penting dalam perusahaan dikarenakan :

  • Sebagai permulaan, layanan purna jual yang berkualitas baik adalah bagian wajib dari moto “kepuasan pelanggan”.
  • Layanan ini mampu meningkatkan citra merek bisnis dan meningkatkan loyalitas merek.
  • Layanan purna jual meningkatkan hubungan kepercayaan antara penjual dan pembeli. Tentu saja, kepercayaan memenangkan klien jangka panjang.
  • Layanan purna jual yang baik dapat mempromosikan pemasaran “dari mulut ke mulut”. Pelanggan yang bahagia itu sendiri adalah pemasar berjalan perusahaan. Umpan balik / feedback positif pada platform media sosial pasti akan menarik lebih banyak pelanggan.
  • Layanan purna jual, jika ditangani secara efektif, dapat berfungsi sebagai penghasil pendapatan sekunder. Perusahaan yang baik dengan layanan purna jual dapat meyakinkan pelanggannya untuk membeli produk lain dari perusahaan yang sama.


In reply to 1910601024 DEWI PUSPITA SARI

Re: Topic 9

by 1910601012 AULIA -

Nama: Aulia

Nim:1910601012


izin menjawab  mbak

Menurut pandangan saya,Yang dimaksud subbagian purna jual yaitu bertanggung jawab dalam urusan pelayanan serta menangani konsumen,kline dan pelanggan dengan tindakan etika yang baik dalam memberikan kepuasan yang diinginkan pelanggan.

Semoga dapat diterima

Terimakasih🙏

In reply to 1910601024 DEWI PUSPITA SARI

Re: Topic 9

by 1910601023 MOH AZHARUL IKHSAN -

Secara tidak langsung adalah usaha dimana perusahaan memperhatikan konsumen setelah mereka membeli produk dari perusahaan, pada umumnya ditujukan agar konsumen loyal terhadap produk perusahaan. 

Moh azharul ikhsan 1910601023