Forum Diskusi Mahasiswa 14/12/2021

Meisya Egidhea Putri_2010601047

Meisya Egidhea Putri_2010601047

by 2010601047 MEISYA EGIDHEA PUTRI -
Number of replies: 3

Izin bertanya,

Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan sumber pendanaan jangka panjang?



-Terima kasih-

In reply to 2010601047 MEISYA EGIDHEA PUTRI

Re: Meisya Egidhea Putri_2010601047

by 2010601052 INTAN YUNITA ALDAYANTI PUTRI -

izin menjawab,

Pengertian investasi jangka panjang itu sendiri adalah penanaman aset dalam jangka waktu lebih dari satu tahun, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai keuntungan yang tinggi.stilah lainnya, investasi jangka panjang sama dengan menanam kekayaan atau modal dari seseorang untuk mendapatkan penghasilan tetap.


Kelebihan dari investasi jangka panjang, yaitu menyiapkan harta untuk masa depan karena keuntungan pasti akan meningkat seiring waktu berjalan.

Berikut ini beberapa risiko yang harus dihadapi apabila memilih investasi jangka panjang, yaitu:

  • Risiko suku bunga, yaitu risiko yang dapat muncul akibat nilai relatif aktiva berbunga, seperti pinjaman dan obligasi yang memburuk akibat naiknya tingkat suku bunga.
  • Risiko pasar, bersifat tidak dapat dihindari dan banyak faktor yang memengaruhinya. Beberapa faktornya, yaitu isu politik atau resesi ekonomi.
  • Risiko likuiditas, disebabkan karena kesulitan menyediakan uang tunai dalam jangka waktu tertentu.
  • Risiko inflasi, dapat dikaitkan dengan naiknya harga konsumsi yang menyebabkan daya beli turun masyarakat. Adanya inflasi juga dapat menyebabkan nilai uang berkurang.
  • Risiko valas, disebabkan karena adanya dinamika perubahan kurs di pasaran.

Bisa dikoreksi dan terimakasih.
In reply to 2010601047 MEISYA EGIDHEA PUTRI

Re: Meisya Egidhea Putri_2010601047

by 2010601050 NUR KHADIJAH -

Halo Meisya..aku bantu jawab yah xixi jdi sebelumnya ada tiga jenis sumber pendanaan jangka panjang yang wajib kita ketahui, yaitu Reksadana, emas dan properti..

Nah saya mau bahas kelebihan dan kekurangan dari Reksadana..


Reksadana

Jenis investasi ini tergolong tepat bagi para pemula. Ada empat jenis reksadana yang bisa dipilih yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Masing-masing memiliki tingkat risikonya sendiri. Biasanya, dana yang terkumpul akan dikelola oleh Manajer Investasi. Keuntungan dan kerugian yang didapat pun akan dibagi rata untuk para investor (baca: kamu).

Kelebihan: Tak perlu banyak pengalaman karena akan dikelola oleh Manajer Investasi. Modal kamu akan diinvestasikan ke berbagai tempat sehingga bila terjadi kerugian di satu tempat bisa dibantu oleh keuntungan di tempat lain.

Kekurangan: Karena tidak dikelola langsung, banyak yang tidak puas dengan hasilnya. Keuntungan yang didapat juga lebih kecil dibanding saham.

 Itu aja jawaban dari saya..misalkan keliru, mohon di koreksi yaa..oh iya .aku dapat ini dari google..

Bisa di klik link ini untuk info lebih lanjut yaa https://www.herworld.co.id/amp/2018/12/10582-Kelebihan-Dan-Kekurangan-Investasi-Jangka-Panjang

In reply to 2010601047 MEISYA EGIDHEA PUTRI

Re: Meisya Egidhea Putri_2010601047

by 2010601049 OLINDA PARAMITA -

Nama : Olinda paramita
Nim : 2010601049
Prodi : Manajemen


Izin menjawab pertanyaan Meisya Egidhea 🙏


Kelebihan dari pendanaan jangka panjang, yaitu menyiapkan harta untuk masa depan karena keuntungan pasti akan meningkat seiring waktu berjalan.


Berikut ini beberapa Risiko (kerentanan) yang harus dihadapi apabila memilih investasi jangka panjang, yaitu:

1) Risiko suku bunga, yaitu risiko yang dapat muncul akibat nilai relatif aktiva berbunga, seperti pinjaman dan obligasi yang memburuk akibat naiknya tingkat suku bunga.
2) Risiko pasar, bersifat tidak dapat dihindari dan banyak faktor yang memengaruhinya. Beberapa faktornya, yaitu isu politik atau resesi ekonomi.
3) Risiko likuiditas, disebabkan karena kesulitan menyediakan uang tunai dalam jangka waktu tertentu.
4) Risiko inflasi, dapat dikaitkan dengan naiknya harga konsumsi yang menyebabkan daya beli turun masyarakat. Adanya inflasi juga dapat menyebabkan nilai uang berkurang.
5) Risiko valas, disebabkan karena adanya dinamika perubahan kurs di pasaran.