Forum Diskusi Mahasiswa 14/12/2021

Topik 9

Topik 9

by 213103075 Devi -
Number of replies: 1

Apa yang dimaksud dengan diversifikasi dan bagaimana diversifikasi dapat digunakan untuk memperkecil resiko, dan jika diversifikasi dilakukan secara berlebihan apakah akan berdampak negatif ?

In reply to 213103075 Devi

Re: Topik 9

by 213103080 Istifadatul -

Istifadatul Yunaidah 2119907001 ijin menjawab pertanyaan mbak devi

Diversifikasi adalah salah satu strategi perusahaan terampuh, baik dari sisi keuangan atau pemasaran. Di dunia bisnis, pengertian diversifikasi adalah memproduksi beberapa produk dengan unsur intrinsik mirip, tapi tetap memiliki perbedaan dari segi lain (misalnya ukuran, jenis, merk, dan sebagainya).

Diversifikasi aset adalah strategi dalam meracik portfolio dengan menempatkan berbagai sektor dan saham yang dapat memberikan imbal hasil yang berimbang. Sebagai contoh, seorang investor dapat membeli saham di sektor konsumer dan kemudian membeli beberapa saham lain di sektor infrastruktur pada saat yang bersamaan. Hal ini akan membantu investor untuk mengurangi dampak fluktuasi pasar dan meminimalisir kerugian pada portofolio investasi, misalnya saat sektor konsumer sedang turun sementara sektor infrastruktur sedang naik, maka nilai investasi tetap akan terdongkrak karena tertolong performa dari sektor infrastruktur.

Diversifikasi yang berlebihan akan memiliki dampak negatif, yaitu: Kita akan kesulitan untuk mengontrol perkembangan investasi kita. Juga diversifikasi akan menyebabkan kita kehilangan peluang untuk berinvestasi sepenuhnya dalam instrumen yang akan memberikan return yang besar.

mohon maaf apabila kurang tepat