Forum Diskusi Mahasiswa 09/12/2021

Topic 8

Topic 8

by 1810701008 MARLELA WATI -
Number of replies: 1
Assalamu'alaikum wr wb. 

Saya Marlela Wati dari prodi akuntansi izin bertanya, dalam buku terdapat statement "semakin cepat informasi baru tercermin pada harga sekuritas, semakin efisien pasar modal tersebut". Apakah efisiensi suatu pasar modal hanya terukur dari cepat informasi terbaru yang tergambarkan pada harga ? Ataukah efisiensi tersebut juga dapat diukur dari kinerja perusahaan ?

Terimakasih

In reply to 1810701008 MARLELA WATI

Re: Topic 8

by 1810701015 NIVA -
Saya niva (1810701015) izin mencoba menjawab

Menurut saya bisa saja kinerja perusahaan mempengaruhi efisiensi pasar modal. Karena semakin baik kinerja perusahaan maka semakin meningkatkan nilai perusahaan termasuk harga sekuritas itu sendiri.

Pasar modal efisien diartikan dengan cara yang berbeda dengan tujuan yang berbeda. Pasar modal diartikan sebagai pasar yang biasa menyediakan jasa-jasa yang diperlukan oleh para investor dengan biaya minimal. Efisiensi pasar modal atau pasar yang efisien adalah pasar dimana harga semua sekuritas yang diperdagangkan telah mencerminkan semua informasi yang tersedia (Tandelilin, 2007). Menurut Husnan (2005:256), pasar modal yang efisien merupakan pasar yang harga-harga sekuritas-sekuritasnya telah mencerminkan semua informasi yang relevan. Semakin cepat informasi baru tercermin pada harga sekuritas, maka semakin efisien pasar tersebut. Dengan demikian akan sangat sulit bagi para pemodal untuk mendapatkan tingkat keuntungan di atas normal secara konsisten dengan melakukan transaksi perdagangan di Bursa Efek.

Beberapa kondisi yang harus terpenuhi untuk tercapainya pasar yang efisien yaitu:

1. Ada banyak investor yang rasional dan berusaha untuk memaksimalkan keuntungan,

2. semua pelaku pasar dapat memperoleh informasi pada saat yang sama dengan cara yang mudah dan murah,

3. informasi yang terjadi bersifat acak,

4. investor bereaksi secara cepat terhadap informasi baru, sehingga harga sekuritas berubah sesuai dengan perubahan nilai sebenarnya akibat informasi tersebut.