Forum Diskusi Mahasiswa 02/12/2021

Topic 7

Topic 7

by 213103073 Alwiyatun -
Number of replies: 1

izin bertanya

nama : alwiyatun nisa'

nim : 2119907007

metode metode apa sajakah yang dapat dilakukan/diterapkan dalam penyusunan Budget Biaya Pabrik Tidak Langsung dan jelaskan!

In reply to 213103073 Alwiyatun

Re: Topic 7

by 213103074 Ayu -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Nama : Ayu Wandini. A

NIM : 2119907006


Izin menjawab pertanyaan dari Alwiyatun Nisa'


Metode yang dapat dilakukan dalam penyusunan budget biaya pabrik tidak langsung adalah

Metode Alokasi biaya yang dibagi menjadi: 

1. Metode yang mendasarkan diri pada perbandingan pemakaian daya listrik dalam satuan watt dari masing-masing bagian atau subbagian dalam perusahaan

2. Metode yang mendasarkan diri pada perbandingan luas lantai dari gedung atau ruangan yang ditempati oleh masing-masing bagian atau subbagian dalam perusahaan

3. Metode yang mendasarkan diri pada perbandingan jumlah karyawan dari masing-masing bagian atau sebagian dalam perusahaan.

4. Metode yang mendasarkan diri pada perbandingan nilai kekayaan dari masing-masing bagian atau subbagian dalam perusahaan.


Sedangkan jika perusahaan menghasilkan lebih dari satu macam produk, maka biaya pabrik tidak langsung tersebut harus dibebankan kepada masing-masing jenis produk yang bersangkutan adapun beberapa metode untuk membebankan kepada masing-masing jenis produk tersebut, antara lain :

1. Metode yang mendasarkan diri pada perbandingan jumlah satuan yang dihasilkan dari masing-masing jenis produk. Jenis produk yang dihasilkan dalam jumlah banyak akan memperoleh bagian beban biaya yang banyak pula sebaliknya, jenis produk yang dihasilkan dalam jumlah sedikit akan memperoleh bagian beban biaya yang sedikit pula

2. Metode yang mendasarkan diri pada perbandingan harga jual per satuan dari masing-masing produk yang dihasilkan. Jenis produk yang harga jual persatuan yang tinggi akan memperoleh bagian beban biaya yang besar. Sebaliknya, jenis produk yang harga jual per satuan nya rendah akan memperoleh bagian beban biaya yang kecil.

3. Metode yang mendasarkan diri pada perbandingan penggunaan bahan mentah rata-rata per satuan dari masing-masing produk yang dihasilkan.

4. Metode yang mendasarkan pada perbandingan penggunaan jam kerja tenaga kerja langsung rata-rata per satuan dari masing-masing produk yang dihasilkan.