AKTIFITAS PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-5 Kelas A

Assalamualaikum

Re: Assalamualaikum

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -
Number of replies: 0

Assalamu'alaikum wr. wb.

Nama : Amira Exfena N.

NIM ; 2110101013

Disini saya mencoba menjawab pertanyaan dari mba irma misbahul, seputar kebiasaan minum pil antimo dikala mabok saat perjalanan bis, dan apakah pil itu ada obat tidurnya? Kok bisa ada juga orang2 yang malah menyalahgunakan aturan seperti meminumnya diluar batas wajar, apakah efeknya dapat berisiko  tinggi sampai ke masa tua? Apakah efeknya sebentar jika ada orang yang meminum pil tersebut yang tidak sesuai dengan aturan pakai?

Jadi gini mba, antimo (Dimenhydrinate) ini merupakan antihistamin yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi keluhan pusing, mual, muntah akibat mabuk perjalanan/motion sickness. Pada beberapa kondisi obat ini dapat digunakan dalam kasus penyakit meniere (gangguan telinga dalam). Namun, obat ini tidak ditujukan untuk mengatasi sulit tidur dan tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama ya. (Dimenhydrinate) atau antimo ini merupakan obat golongan antihistamine yang bekerja menghambat kerja histamin sehingga mencegah stimulasi pada otak dan telinga dalam yang menyebabkan keluhan mual dan pusing. Penderita yang mendapatkan pengobatan dengan obat jenis ini, diharapkan dapat terkontrol keluhan mual sampai pusing yang dirasakannya. Dan, biasanya obat pil ini diberikan untuk membantu mengurangi keluhan mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan, dimana keluhan mabuk perjalanan ini dapat berupa keluhan pusing, mual dan muntah. 

Selanjutnya, jika ada seseorang yang malah menyalahgunakan atau memakai pil ini diluar batas wajar dan tidak sesuai aturan pakai. Maka, hal ini dapat berisiko mengalami overdosis obat dan menyebabkan efek samping dari overdosis obat yang diminum. Sehingga untuk mencegah efek samping yang tidak diharapkan, sebaiknya penderita mengkonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis anjuran obat ini adalah diminum 4 sampai 6 kali perhari, dengan dosis maksimal perhari adalah 300mg-400mg. Kelebihan dosis obat ini dapat bersifat fatal. Berikut, beberapa efek samping yang dapat terjadi karena overdosis obat/penyalahgunaan dari obat pil ini, yaitu :

  1. Sulit Untuk Kencing.
  2. Pandangan Kabur.
  3. Mulut Kering.
  4. Telinga Berdenging.
  5. Mata Kering.
  6. Tekanan Darah Rendah.
  7. Detak Jantung Cepat.
  8. Kejang-Kejang.
  9. Gemetar.
  10. Keringat Dingin.
  11. Mudah Cemas.
  12. Mengantuk Berlebihan.
  13. Tremor.
  14. Mual dan muntah.

Kembali lagi mba, bahwa semua yang dikonsumsi secara berlebihan dan tidak dalam batas wajar, akan ada yang namanya kecanduan/overdosis obat. Dan, bila hal ini sudah terjadi, tentunya, akan ada resiko jangka panjang yang memungkinkan untuk terjadinya gangguan atau penyakit menyertai lainnya bagi seseorang. Begitu mba irma, semoga menjawab ya.

Terima kasih, wassalamu'alaikum wr. wb.