AKTIFITAS PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-5 Kelas A

Assalamualaikum

Assalamualaikum

by Fayakun Rohmah -
Number of replies: 182

Sila teman bisa dibaca materinya ngih kemudian kita diskusi di forum ini, keaktifan teman2 menjadi prasyarat persensi ya.. tks.. salam sehat..

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101016 CICI PANGESTI DEWI -

Assalamualaikum wr.wb

Nama : Cici Pangesti Dewi

nim : 2110101016

izin bertanya mengenai materi tidur yang telah disampaikan,jika kita pada malam hari bergadang seperti mengerjakan tugas sampai dini hari,apakah pemenuhan kualitas tidur kita bisa digantikan pada siang hari?apakah tindakan tersebut tepat atau tidak dan  dapatkah  mengganggu kesehatan dalam pemenuhan kebutuhan istirahat?

terimakasih

wassalamualaikum wr.wb

In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Assalamualaikum

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

nama :  Dina bela setia

Nim : 2110101037

ijin  menjawab pertanyaan ka cici pangesti


pemenuhan kualitas tidur tidak bisa digantikan pada siang hari.

Tindakan itu tidak tepat. karena dapat mengganggu kesehatan dalam tubuh


karena pada malam hari terjadi pembentukan hormon melatonim pada tubuh manusia

hormon melatonim bisa di produksi pada malam hari atau dalam keadaan gelap


sedngkan tidur pada siang hari produksi melatonim tidak akan maksimal

In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Assalamualaikum

by 2110101008 PITA ANINGSIH -
Assalamualikum wr.wb

saya izin menjawab pertanyaan dari mbak cici pangesti dewi

Nama: Pita Aningsih

Nim: 2110101008


    Jika seseorang tidak tidur pada malam hari maka hormon pertumbuhan dan hormon imunitasnya tidak akan muncul, dan hormon ini tidak bisa digantikan jika orang tidur saat siang hari.
    Karena kedua hormon ini hanya akan muncul saat malam hari maka jika seseorang memiliki pola tidur yang terbalik yaitu tidur saat siang hari, pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuhnya akan terganggu.

Tidur saat malam hari memiliki banyak fungsi dan manfaat, yaitu:
1. Memperbaiki metabolisme otak, karena meskipun organ lain beristirahat saat tidur tapi otak tetap aktif.
2. Sirkit neuron akan teraktivasi sehingga memori ingatan seseorang akan meningkat.
3. Mengonsolidasi memori yang baru didapatkan dan tetap mempertahankan memori yang lama.
4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena saat tidur tubuh melakukan detoksifikasi dengan cara menghancurkan toksin-toksin yang ada di tubuh.

Sekian, Terimakasih

Wassalamualikum wr.wb




In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Assalamualaikum

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

baik saya bisyarotul walidah/2110101031 mungkin sedikit menjawab pertanyaan dari mbak cici untuk begadang karena mengerjkan tugas dls tentu itu mengganggu kebutuhan tidur atau istirahat seseorang sebab tidur yang tidak ditangani dengan baik dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit lain, seperti hipertensi dan penyakit jantung. dan kebanyakan seseorang lebih bnyak tidur disiang hari yang memang waktnya untuk beraktifitas jadi ketika seseprang sering merasa ngantuk dipagi siang hari maka itu sudah mnjadi akibat dari pola tidur yang tidak seimbang terimakasih mohon koreksinya temen temen


In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Assalamualaikum

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum wr.wb. 

Nama : Azira Syiffa Ramadhani

NIM : 2110101009

Izin menjawab pertanyaan dari Mba Cici

Waktu tidur malam tidak bisa diganti dengan tidur lebih lama di pagi ata siang hari, sebab Tidur di malam hari adalah suatu regulasi yang teratur dan sudah terpola dengan baik. Karena beberapa hormon tertentu hanya muncul dan bekerja saat malam hari saja. Jika seseorang tidak tidur pada malam hari maka hormon pertumbuhan serta hormon imunitasnya tidak akan muncul, dan hormon ini tidak bisa digantikan saat kita tidur saat siang hari. Kedua hormon tersebut hanya akan muncul saat malam hari sehingga ketika seseorang memiliki pola tidur yang terbalik yaitu tidur saat siang hari, pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuhnya akan terganggu. Tak heran jika kurang tidur malam, tubuh kita mudah kelelahan dan rentan sakit. Peran mengistirahatkan tubuh di malam sangat penting untuk kesehatan, sebab kualitas tidur yang buruk bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit mematikan dan sangat memungkinkan seseorang lebih mudah terkena stres dan depresi. Tidur malam sendiri memiliki banyak manfaat, seperti:

1. Memperbaiki metabolisme otak, karena meskipun organ lain beristirahat saat tidur tapi otak tetap aktif

2. Sirkit neuron akan aktiv sehingga memori ingatan seseorang akan meningkat

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena saat tidur, tubuh melakukan detoksifikasi dengan cara menghancurkan toksin-toksin yang ada di tubuh


In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Assalamualaikum

by 2110101017 SURYANTI -

asalamualaikum wr wb 

nama : suryanti

nim: 2110101017

bu izin menjawab pertanyaan dari cici pangesti dewi . tidur di malam hari adalah salah satu regulasi yang teratur dan sudah terpolah dengan baik. karna beberapa hormon tertentu hanya muncul dan kerja saat malam hari saja ,jika seorang tidak tidur pada malam hari maka hormon pertumbuhan dan hormon imunitas nya tidak akan muncul dan hormon itu tidap dapat di gantikan pada siang hari.karna kedua hormon akan muncul pada malam hari jika seseorang memiliki polah tidur yang terbaik yaitu tidur saat siang hari ,pertumbuhan dan kekebalan tubuhnya akan terganggu.

In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Assalamualaikum

by 2110101011 ELIVYA PUTRI MELSANY -

Aslamualaikum , sayaa Elivya Putri Melsany.

NlM 2110101011

Izin menjawab pernyataan mba cici , bahwa kurangnya tidur malam tidak bisa di ganti dengan tidur malam, karna tidur malam adalah pola hidup sehat yang sudah tertata dengan baikk, dan ada bebeperapa hormon yang memang hanya bekerja pada malam hari saja, tidak dengan siang hari . Maka dari ituuuu, tidak bisa di gantikan tidur malam dengan tidur siang karna adanya hormon yang bekerja pada malam hari saja, sekian terimakasih 🙏

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum Ibu dan teman-teman, Saya Izin bertanya   

Nama : Azira Syiffa Ramadhani 

NIM : 2110101009

Seperti yang tertulis pada PPT materi bahwa hormon Kortisol produksi tertingginya yaitu  pada tengah malam sampai waktu pagi yang membantu kita menghadapi strres dan tekanan yang kita hadapi, bagaimana untuk orang yang selalu merasa kesusahan untuk tidur dimalam hari karena stres dan tekanan apakah ada cara mengaktifkan hormon tersebut ? 

Sekian pertanyaan dari saya🙏

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Assalamualaikum

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

baik saya bisyarotul walidah/2110101031 sedikit menjawab pertanyaan dri mbak azira mungkin nanti bisa ditambahkan oleh ibu dosen atau temen temen seperti yang mbak katakan tadi bahwa kortisol merupakan produksi tertinggi dalam mengatur metbolisme, menghadapi stress dls jadi jika seseorang tidak bisa tidur pada malam hari maka perlu ditelusuri kembali apakah orang mengidap insomnia disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur yang tidak baik, gangguan mental, atau penyakit tertentu (salah satunya gangguan kelenjar pineal). berarti orang tersebut  Kekurangan kortisol, kekurangan kortisol merupakan kondisi yang serius yang bisa mengindikasikan bahwa kelenjar adrenal Anda tidak berfungsi dengan baik. jadi bisa diatasi dengan periksa ke dokter dimana nanti dokter akanmeresepkan obat-obatan kortikosteroid oral, seperti hidrokortison, prednison atau kortison asetat. Mengonsumsi obat resep Anda dalam bentuk tablet setiap hari akan meningkatkan produksi hormon kortison. terimakasih mohon koreksinya


In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Assalamualaikum

by 2110101008 PITA ANINGSIH -

Assalamualikum wr.wb

izin menjawab pertanyaan dari mbak Azira

Nama: Pita Aningsih

Nim: 2110101008


1. konsumsi makanan yang sehat

  Makanan sangat bisa memengaruhi kadar hormon kortisol, secara positif maupun negatif. Asupan gula terlalu banyak memicu produksi hormon kortisol. Namun, gula juga bisa mengurangi kadar kortisol yang diproduksi sebagai respon terhadap situasi khusus yang menyebabkan stres. Inilah mengapa kue manis merupakan comfort food banyak orang. Tetapi hati-hati jangan sampai asupan gula menjadi berlebihan.

2. Bersenang- senang 

   Pikiran positif berhubungan dengan kadar kortisol yang lebih rendah, serta tekanan darah yang lebih rendah. Pikiran positif juga meningkatkan sistem imunAktivitas yang meningkatkan kepuasan hidup memang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk mengontrol kadar kortisol juga. Contohnya saja, penelitian terhadap 18 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa kortisol menurunkan respon terhadap tawa.

3. Belajar cara mendeteksi stres

   Stres adalah salah satu pemicu pelepasan hormon kortisol. Maka sebisa mungkin Kamu harus bisa mengendalikan stres dengan berbagai cara. Penelitian terhadap 122 orang dewasa menemukan bahwa menulis tentang pengalaman yang dapat menimbulkan stres sudah mampu meningkatkan hormon kortisol selama lebih dari satu bulan, ketimbang mereka yang menulis tentang pengalaman hidup positif. Penurunan stres dengan cara mindfulness atau menenangkan pikiran adalah langkah yang baik mengendalikan stres. Pikiran tenang akan menggantikan perasaan khawatir dan kecemasan. Cara menenangkan pikiran bisa dengan latihan pernapasan.

4. Olah raga yang cukup dan teratur, jangan berlebihan

Tergantung dari intensitasnya, olahraga bisa meningkatkan atau menurunkan hormon kortisol. Olahraga yang sangat intens bisa meningkatkan hormon kortisol beberapa saat setelahnya. Namun, dalam hal ini, kadar kortisol naik dalam jangka pendek.  Peningkatan jangka pendek ini membantu pertumbuhan tubuh untuk mengatasi tantangan saat olahraga dengan intensitas tinggi. Sementara itu, pada olahraga dengan intensitas sedang, hormon kortisol tetap meningkat pada orang yang sedang tidak fit. Jadi, tetaplah olahraga namun semampunya tubuh saja dan jangan dipaksakan.


Sekian, Terimakasih, mohon di koreksi

Wassalamualikum wr.wb


In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101006 MONIKA JUMARNIS -

Assalamualaikum ibu dan teman-teman saya Monika Jumarnis (2110101006) izin bertanya 

Normalnya bangun tidur terasa segar badan terasa nyaman, tetapi bagaimana pada remaja yang merasa sudah tidur cukup tetapi pada saat bangun tidur pun rasanya badan sakit, lemas, dan ingin tidur lagi. Apakah ada gangguan dalam hormon remaja tersebut? 

Wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh 

In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: Assalamualaikum

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

nama ; dina bela setiawati

nim ; 2110101037

ijin menjwab ka monika jurmanis


yaa ada gangguan hormon 

yaitu ada yang mengatur hormon ritme sikardian

nah ritme sikardian ini juga yang mengatur kapan waktunya kita bangun dan tidur.

ritme ini bekerja sama dengan otak yang di pengaruhu oleh isyarat lingkungan

bila ritme ini terganggu maka kesehtan tubuh juga terganggu

In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: Assalamualaikum

by 2110101033 SYLVIA PUTRI -

Assalamu'alaikum

Nama : Sylvia putri

Nim : 2110101033

izin menjawab pertanyaan dari mba monika jurmanis.

Secara umum, kelelahan merupakan perasaan lelah atau kekurangan energi. Kelelahan dapat muncul sebagai respons dari padatnya aktivitas, kebiasaan makan yang buruk, stress emosional, rasa bosan, dan kurang tidur. Biasanya, kelelahan dapat hilang setelah anda tidur atau beristirahat yang cukup, namun dalam beberapa kasus, kelelahan bisa saja tidak membaik meskipun anda cukup tidur, makan makanan yang bergizi maupun jauh dari stress.

Gangguan tersebut disebabkan karena adanya hipotiroidisme yakni kondisi dimana kelenjar tiroid kurang aktif dan gagal untuk mengeluarkan cukup hormon kedalam aliran darah. Jika seseorang memiliki hipotiroidisme, maka kelenjar tiroid tidak bisa menghasilkan tingkat memadai dari hormon-hormin penting. Akibatnya, seseorang akan mengalami kelelahan terus-menerus meskipun sudag tidur yang cukup.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA -

Assalamualaikum ibu Izin bertanya 

Saya Izza syifa wahyu salfaira

2110101032

Apa penyebab seseorang bisa terkena hipotalamus dan bagaimana tanda tandanya

Terimakasih

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum wr.wb. Perkenalsakan Nama saya Azira Syiffa Ramadhani (2110101009) Izin menjawab pertanyaan dari Mba Izza 

Penyebab paling umum dari gangguan fungsi hipotalamus adalah cedera kepala yang berdampak pada hipotalamus. Pembedahan, radiasi, dan tumor juga dapat menyebabkan penyakit pada hipotalamus. Beberapa gangguan fungsi hipotalamus memiliki hubungan genetik dengan penyakit hipotalamus. Misalnya, sindrom Kallman menyebabkan masalah hipotalamus pada anak-anak. Contohnya seperti pubertas yang sangat tertunda atau tidak ada, disertai dengan gangguan indra penciuman. Gangguan fungsi hipotalamus juga tampaknya memiliki hubungan genetik dengan Sindrom Prader-Willi. Ini adalah kondisi dimana kromosom yang hilang menyebabkan perawakan pendek dan disfungsi hipotalamus. Penyebab tambahan gangguan fungsi hipotalamus meliputi: Gangguan makan, seperti bulimia atau anoreksia, Kelainan genetik yang menyebabkan penumpukan zat besi berlebih dalam tubuh, Malnutrisi. serta Infeksi. Gejala yang dapat mengindikasikan disfungsi hipotalamus, meliputi: Kelelahan, Kelemahan, Kurangnya minat dalam aktivitas, Sakit kepala,Tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak biasa, serta Sering haus.


Sekian dari saya, Maaf apabila masih kurang 🙏

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

Assalamu'alaikum

SSaya izin menjawab pertanyaan dari mbak izza syifa

Mila Novika Sari

2110101050 

Gangguan fungsi hipotalamus dapat menyebabkan masalah kesehatan. Kondisi ini sangat sulit untuk ditentukan dan didiagnosis, karena hipotalamus memiliki berbagai peran dalam sistem endokrin. Penyebab paling umum dari gangguan fungsi hipotalamus adalah cedera kepala yang berdampak pada hipotalamus. 

Dan tanda tanda nya yaitu 

Kelelahan.Kelemahan.Kurangnya minat dalam aktivitas.Sakit kepala.Kehilangan penglihatan.tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak biasa.Sering haus.Fluktuasi suhu tubuh.atau penurunan berat badan yang tidak beralasan Kenaikan.Perubahan nafsu makan.InsomniaInfertilitas.Perawakan pendek.Masa pubertas.Dehidrasi.Sering buang air kecil.Tidak mampu untuk memberi makan atau menyusui bayi.Sekian terimakasih 🙏 
In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Waalaikumussam wr.wb

Saya izin menjawab pertanyaan dari mbak Izza Syifa 

Nama : Rike Yulianti

Nim : 2110101043

Penyebab paling umum dari gangguan fungsi hipotalamus adalah cedera kepala yang berdampak pada hipotalamus. Pembedahan, radiasi, dan tumor juga dapat menyebabkan penyakit pada hipotalamus. 


Beberapa gangguan fungsi hipotalamus memiliki hubungan genetik dengan penyakit hipotalamus. Misalnya, sindrom Kallman menyebabkan masalah hipotalamus pada anak-anak. Contohnya seperti pubertas yang sangat tertunda atau tidak ada, disertai dengan gangguan indra penciuman.


Gangguan fungsi hipotalamus juga tampaknya memiliki hubungan genetik dengan Sindrom Prader-Willi. Ini adalah kondisi dimana kromosom yang hilang menyebabkan perawakan pendek dan disfungsi hipotalamus.

Gangguan fungsi hipotalamus adalah gangguan yang dapat mencegah hipotalamus berfungsi dengan benar. Penyakit ini sangat sulit untuk ditentukan dan didiagnosis, karena hipotalamus memiliki berbagai peran dalam sistem endokrin. 

Perlu diketahui juga, gejala gangguan fungsi hipotalamus bervariasi tergantung pada hormon apa yang bermasalah. Anak-anak mungkin menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan dan pubertas abnormal. Sedangkan orang dewasa, mungkin menunjukkan gejala yang berkaitan dengan berbagai hormon yang tidak dapat diproduksi tubuh.

Hipotalamus juga memiliki tugas penting untuk menangkap sinyal kelenjar pituitari yang harus melepaskan hormon ke seluruh sistem endokrin. Gejala gangguan fungsi hipotalamu tergantung pada bagian hipotalamus yang terkena, dan jenis hormon yang terlibat. Gejala yang dapat mengindikasikan disfungsi hipotalamus, meliputi:


Kelelahan.

Kelemahan.

Kurangnya minat dalam aktivitas.

Sakit kepala.

Kehilangan penglihatan.

Tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak biasa.

Sering haus.

Fluktuasi suhu tubuh.

Kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak beralasan.

Perubahan nafsu makan.

Insomnia

Infertilitas.

Perawakan pendek.

Masa pubertas yang tertunda.

Dehidrasi.

Sering buang air kecil.

Tidak mampu untuk memberi makan atau menyusui bayi. 

 Sekian jawaban dari saya, maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan. Terimakasih 🙏

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101006 MONIKA JUMARNIS -

Assalamualaikum saya Monika Jumarnis (2110101006) izin menjawab pertanyaan mba izza. 

Penyebab paling umum dari gangguan fungsi hipotalamus adalah cedera kepala yang berdampak pada hipotalamus. Pembedahan, radiasi, dan tumor juga dapat menyebabkan penyakit pada hipotalamus.  Gejala hipotalamus yaitu tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak biasa, sering haus, Fluktuasi suhu tubuh, Kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak beralasan, Perubahan nafsu makan, Insomnia, Infertilitas, serta Perawakan pendek. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Wallaikumsallam,saya Tjahya Pramudyaning Sumantri dengan Nim 2110101051 ,izin menjawab pertanyaan dari mba izza.

Penyebab paling umum dari hipotalamus adalah cedera kepala yang berdampak pada hipotalamus. Pembedahan, radiasi, dan tumor juga dapat menyebabkan penyakit pada hipotalamus. 

Tanda tandanya dapat berupa : 

  • Kelelahan.
  • Kelemahan.
  • Kurangnya minat dalam aktivitas.
  • Sakit kepala.
  • Kehilangan penglihatan.

  • Tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak biasa.
  • Sering haus.
  • Fluktuasi suhu tubuh.
  • Kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak beralasan.
  • Perubahan nafsu makan.
  • Insomnia. 

Sekian dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam menjawab ya ibu

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101017 SURYANTI -

asalamualaikum wr wb bv

nama : suryanti

nim; 2110101017

bu izin menjawab pertanyaan dari mbak izza syifa


 tanda -tanda hipotalamus atau gejalah 

1. kelelahan 

2.kelemahan

3.kurang minat dalam aktifitas

4.sakit kepalah 

5.kurang pengelihatan 

6.sering haus 

7 .fluktuasi suhuh tubuh

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101020 ALIFFAH MUSFIROTUN AZZAHROH -

perkenalkan  saya 

nama: Aliffah Musfirotun Azzahroh

Nim: 2110101020 

mohon ijin menjawab pertanyaan dari izza

penyebab umum dari hipotalamus  adalah cedera kepala yang berdampak pada hipotalamus.Beberapa penyebab tambahan gangguan hipotalamus meliputi

  • gangguan makan,seperti bulimia atau anoreksia
  • kelainan genetik yang menyebabkan penumpukan zat besi berlebih dalam tubuh
  • malnutrisi
  • pendaran berlebihan
  • tumor otak
  • kanker dan pengobatan kanker,terutama pada anak-anak
  • cedera kepala
  • operasi otak
  • pembengkakan otak
  • stress tinggi


Gejala yang dapat mengindikasikan hipotalamus meliputi

  • kelelahan
  • kelemahan
  • kurangnya minat aktivitas
  • kehilangan penglihatan
  • tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak biasa
  • sering haus
  • fluktuasi suhu tubuh
  • kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak beralasan
  • perubahan nafsu makan
  • insomnia
  • infertilitas
  • perawakan pendek
  • masa pubertas yang tertunda

sekian jawaban dari saya semoga membantu

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101001 SHAFIRDA INAYATI -

Assalamu'alaikum wr.wb. 

Nama : Shafirda Inayati 

NIM : 2110101001

Izin menjawab pertanyaan dari Mba Izza syifa wahyu salfaira 

penyebab seseorang bisa terkena hipotalamus adalah sebuah kelenjar yang berukuran kecil dan terletak tepat pada batang otak manusia. Sekalipun berukuran kecil, peran hipotalamus adalah salah satu yang terpenting dalam tubuh manusia. Hipotalamus bertugas dalam mengatur produksi hormon-hormon penting tubuh yang memiliki banyak fungsi, mulai dari fungsi reproduksi, fungsi metabolisme, dan lain sebagainya, dengan cara mengontrol produsen hormon berikutnya yakni kelenjar hipofisis. Salah satu kondisi yang terkait dengan gangguan fungsi hipotalamus ialah Kallmann syndrome yang dikarakteristikkan dengan pubertas yang terhambat serta gangguan untuk membaui. Kondisi ini bisa terjadi pada kelainan pembentukan hipotalamus selama masih berada dalam kandungan. Kemudian kelainan hipotalamus yang lain dapat berupa tumor hipotalamus yang tentunya akan berpengaruh pada kondisi hormonal seseorang. 

   tanda tanda jika seseorang itu terkena hipotalamus sebagai berikut: 

  • Kelelahan.
  • Kelemahan.
  • Kurangnya minat dalam aktivitas.
  • Sakit kepala.
  • Kehilangan penglihatan.
  • Tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak biasa.
  • Sering haus.
  • Fluktuasi suhu tubuh.
  • Kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak beralasan.
  • Perubahan nafsu makan.
  • Insomnia
  • Infertilitas.
  • Perawakan pendek.
  • Masa pubertas yang tertunda.
  • Dehidrasi.
  • Sering buang air kecil.
  • Tidak mampu untuk memberi makan atau menyusui bayi.
Penanganan yang tepat untuk masalah ini tentu memerlukan evaluasi dan pemeriksaan seksama yang bisa Anda dapatkan dengan konsultasi secara langsung dengan dokter yang memiliki spesialisasi bedah atau penyakit dalam dengan kekhususan endokrin. 
In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Assalamualaikum

by 2110101008 PITA ANINGSIH -

Assalamualikum wr.wb

Nama: Pita Aningsih

Nim: 2110101008

izin menjawab pertanyaan dari mbak Izza syifa wahyu salfaira


    Hipotalamus adalah bagian penting dari otak yang mengontrol banyak fungsi dasar tubuh. Beberapa gangguan fungsi hipotalamus menyebabkan masalah hormon dan berat badan. Perlu diketahui, hipotalamus adalah kelenjar di otak yang mengontrol sistem hormon. Ia melepaskan hormon ke bagian lain dari otak yang disebut kelenjar pituitari, yang mengirim hormon ke berbagai organ tubuh.

Penyebab gangguan fungsi Hipotalamus

   Penyebab paling umum dari gangguan fungsi hipotalamus adalah cedera kepala yang berdampak pada hipotalamus. Pembedahan, radiasi, dan tumor juga dapat menyebabkan penyakit pada hipotalamus. Beberapa gangguan fungsi hipotalamus memiliki hubungan genetik dengan penyakit hipotalamus. Misalnya, sindrom kallman menyebabkan masalah hipotalamus pada anak-anak. Contohnya seperti pubertas yang sangat tertunda atau tidak ada, disertai dengan gangguan indra penciuman. Gangguan fungsi hipotalamus juga tampaknya memiliki hubungan genetik dengan Sindrom Prader-Willi. Ini adalah kondisi dimana kromosom yang hilang menyebabkan perawakan pendek dan disfungsi hipotalamus. 

Tanda-tanda Gangguan Hipotalamus

Kelelahan, Kelemahan, Kurangnya minat dalam aktivitas, Sakit kepala, Kehilangan penglihatan, Tekanan darah tinggi atau rendah yang tidak biasa, Sering haus, Fluktuasi suhu tubuh, Kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak beralasan, Perubahan nafsu makan, Insomnia, Infertilitas, Perawakan pendek, Masa pubertas yang tertunda, Dehidrasi, Sering buang air kecil, Tidak mampu untuk memberi makan atau menyusui bayi.

  Gejala gangguan fungsi hipotalamus bervariasi tergantung pada hormon apa yang bermasalah. Anak-anak mungkin menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan dan pubertas abnormal. Sedangkan orang dewasa,  mungkin menunjukkan gejala yang berkaitan dengan berbagai hormon yang tidak dapat diproduksi tubuh.


Sekian, Terimakasih, Mohon dikoreksi

Wassalamualikum wr.wb

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101064 MAULIDYA PUTERI -

Assalamualikum bu, saya Maulidya Puteri (2110101064) izin bertanya, pada tidur ringan otot kita akan terasa tenang, tapi seringkali otot-otot tersebut menyentak atau bergerak secara refleks, yang ingin saya tanyakan, mengapa otot bisa bergerak secara refleks sedangkan kita dalam keaadaan tidur ringan bu ? Terimakasih Wassalamualaikum wr.wb

In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: Assalamualaikum

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Waalaikumussam baik mbak maulidya saya izin menjawabnya 

Nama : Rike Yulianti

Nim : 2110101043

Distonia adalah gangguan yang menyebabkan otot bergerak sendiri tanpa sadar. Gerakan otot ini dapat terjadi pada salah satu anggota tubuh hingga seluruh tubuh. Akibat gerakan otot ini, penderita distonia memiliki postur tubuh yang aneh dan mengalami gemetar (tremor).

Gejala distonia sangat bervariasi, tergantung dari bagian tubuh yang terkena, antara lain:


- Kedutan

- Gemetar (tremor).

- Anggota tubuh pada posisi yang tidak biasa, misalnya leher yang miring (tortikolis).

- Kram otot.

- Mata berkedip tanpa kendali.

- Gangguan berbicara dan menelan.


Gejala ini dapat muncul saat masih anak-anak (distonia dini) atau saat sudah dewasa (distonia lambat). Gejala yang muncul pada distonia dini lebih sering mengenai anggota gerak dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Sedangkan distonia yang terjadi lambat sering kali hanya terbatas pada salah satu anggota tubuh, terutama daerah wajah atau leher.

Distonia sendiri bukanlah penyakit yang sering dijumpai. Tercatat, penyakit ini dialami oleh 1% populasi dunia, dengan jumlah wanita lebih banyak daripada pria. Sayangnya, masih belum ada data mengenai angka kejadian distonia di kawasan Asia, terutama di Indonesia.

Penyebab distonia belum diketahui dengan jelas, namun diduga berkaitan dengan kelainan genetik yang diturunkan. Tetapi terdapat berbagai faktor yang memicu terjadinya distonia, seperti:


Gangguan pada sistem saraf, contohnya penyakit Parkinson, multiple sclerosis, lumpuh otak (cerebral palsy), tumor otak, dan stroke.

Infeksi, seperti HIV dan radang otak (ensefalitis).

Penyakit Wilson.

Penyakit Huntington.

Obat-obatan, seperti obat untuk mengobati skizofrenia dan antikejang.

Cedera kepala atau tulang belakang.

Sekian dari saya maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan, Terimakasih 🙏


In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: Assalamualaikum

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam izin menjawab pertanyaan dari mba maulidya puteri

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Tubuh dapat bergerak secara refleks berkat adanya sistem gerak sendiri terdiri dari dua jenis alat gerak. Alat gerak aktif yang terdiri dari otot-otot dan alat gerak pasif yang terdiri dari tulang, otot tersebut adalah alat gerak aktif karena memiliki kemampuan untuk melakukan relaksasi hingga menggerakan sesuatu. Disisi lain tulang tersebut perannya yang relatif lebih pasif dalam terwujudnya sebuah gerakan, agar dapat bergerak tulang digerakkan oleh otot.

In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: Assalamualaikum

by 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH -

Waalaikumsalam, izin menjawab 🙏

Nama : Fauzia Alvian Nurkasanah

NIM : 2110101036

Badan bergerak sendiri saat tidur disebut dengan hypnagogic jerk atau hypnic jerk. Sebenarnya hypnagogic jerk merupakan peristiwa yang alami dan umum terjadi pada manusia. Namun ada beberapa teori yang menyebutkan penyebab dari badan yang bergerak ketika tidur.

Adapun teori penyebabnya antara lain : 

• cemas berlebih dan stress, pikiran kecemasan berlebih atau stres akan membuat otak tetap aktif, bahkan ketika otot sudah mulai rileks menuju alam mimpi. Akibatnya, otak mengirim sinyal waspada bahkan saat terlelap sekalipun.

• stimulan, Konsumsi kafein dan nikotin dapat berpengaruh terhadap kemampuan tubuh untuk tidur secara alami. Bahkan, ini juga berdampak pada kualitas tidur agar tetap terlelap. Zat kimia dalam kafein dan nikotin bisa mencegah otak masuk ke tahapan tidur deep sleep. Otak akan terus menerus dikejutkan secara berkala.

• olahraga, Meskipun aktivitas fisik rutin bisa membuat kualitas tidur semakin baik, olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memicu terjadinya hypnagogic jerk. Alasannya, otak dan otot belum bisa rileks untuk masuk ke fase tidur.

• kurang tidur, seseorang yang memiliki kualitas tidur buruk atau sering melewatkan waktu tidur juga lebih rentan mengalami badan bergerak sendiri saat tidur

• evolusi, Menurut penelitian dari University of Colorado, ada pengaruh kebiasaan evolusi dari manusia purba terkait fenomena ini. Menurut peneliti, hypnagogic jerk adalah cara manusia purba menyesuaikan kembali posisi tidur mereka sebelum terlelap agar tidak jatuh dari pohon atau cedera.

In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: Assalamualaikum

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

Izin membantu menjawab pertanyaan dari mbak Maulidya.

Keadaan saat otot kaget atau tersentak tiba tiba saat tidur bisa disebut dengan myoclonic jerk atau hypnic jerk. Hypnic jerk biasanya terjadi karena Anda melakukan pekerjaan yang berat pada malam hari, stres, gelisah, dan mengonsumsi kafein, nikotin, atau alkohol. Selain itu, mereka yang mengalami kondisi medis yang cukup berat juga bisa mengalami hypnic jerk. Misalnya mereka yang mengalami infeksi, gagal ginjalgagal hati, keracunan, efek samping obat, gangguan metabolisme, gangguan autoimun, cedera tulang belakang atau kepala, sindrom kaki gelisah, gangguan penyimpanan lemak, dan beberapa gangguan sistem saraf.


Terima kasih, wassalamualaikum wr wb.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA -

assalamualaikum ibuk.

Saya Nadila hellena Imanda(2110101047) izin bertanya mengenai materi tersebut.

Tadi di dalam materi ada gangguan istirahat tidur salah satunya yaitu Hipersomnia atau kegiatan tidur yang melebihi normal/ lebih dari 9 jam pada malam hari. pertanyaan saya yaitu, apakah ada  dampak dari hipersomnia tersebut?.

mohon maaf dan terima kasih .

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Assalamualaikum

by 2110101025 AFIFAH ROSIANA -

Waalaikumussalam, saya Afifah Rosiana dengan NIM 2110101025 izin menjawab pertanyaan mbak Nadila. 

Jadi ada beberapa bahaya tidur terlalu lama yang bisa terjadi bila sering dilakukan, yaitu:

1. Sakit kepala, sering tidur terlalu lama pada siang hari sehingga sulit tidur pada malam hari, berisiko membuat mengalami sakit kepala pada keesokan harinya. Hal ini terjadi karena tidur terlalu lama dapat mempengaruhi kerja senyawa kimia di otak (neurotransmitter) seperti serotonin. Ketika kinerja zat tersebut terganggu, aktivitas saraf di otak akan bermasalah sehingga berisiko menyebabkan sakit kepala.

2. Sakit punggung, ketika tidur terlalu lama dengan posisi tidur yang sama, terutama posisi telentang. Hal tersebut dapat membuat tulang punggung terasa kaku dan kerap menimbulkan rasa nyeri.

3. Obesitas, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang biasa tidur lebih lama atau lebih dari 9–10 jam pada malam hari berisiko tinggi mengalami obesitas dibandingkan dengan orang-orang dengan jam tidur yang normal. Hal serupa juga dapat terjadi pada kondisi kurang tidur.

4. Diabetes, gangguan tidur, baik tidur terlalu lama atau terlalu singkat, dapat meningkatkan resiko seseorang terkena diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering tidur terlalu lama atau kurang tidur, lebih berisiko untuk mengalami gangguan metabolisme dan hormon, salah satunya insulin. Hal inilah yang membuat gangguan tidur berlebihan atau kurang tidur dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena diabetes.

5. Gangguan mental, depresi sering kali bisa menyebabkan penderitanya mengalami insomnia. Akan tetapi, sebagian penderita depresi justru juga ada yang mengalami gangguan tidur berlebihan. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa membuat depresi yang dialami semakin parah. Selain itu, tidur terlalu lama juga berisiko membuat seseorang berisiko mengalami gangguan cemas, sulit konsentrasi, berkurangnya daya ingat atau gangguan memori, dan mudah lelah.

6. Penyakit jantung, beberapa studi menunjukkan bahwa risiko terjadinya penyakit jantung dapat meningkat pada orang yang sering tidur berlebihan atau kurang tidur. Penyebab terjadinya hal ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, gangguan tidur diketahui dapat membuat metabolisme dan kinerja organ tubuh menjadi bermasalah. Kondisi ini dapat memperberat kerja jantung dan meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

  

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Assalamualaikum

by 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH -

Assalamualaikum, izin menyawab pertanyaan dari mba nadia

Nama : Fauzia Alvian Nurkasanah

NIM : 2110101036

 

Hipersomnia merupakan gangguan tidur, yang dapat menyebabkan rasa kantuk berlebih pada siang hari. Bahkan meski sudah mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari. Hipersomnia juga sering kali menyebabkan kesulitan untuk bangun pada pagi hari setelah tidur pada malam hari.

Pada kondisi ini, kebutuhan untuk tidur dapat terjadi kapan saja, termasuk pada saat mengemudikan kendaraan atau bekerja, yang dapat membuat kondisi ini menjadi berbahaya. Umumnya, hipersomnia berkembang selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Terima kasih, wassalamualaikum


In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Assalamualaikum

by 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA -

Assalamualaikum.wr.wb, saya Niken Desri Fauzana (2110101055) izin menjawab pertanyaan mba Nadila

Hipersomnia adalah salah satu gangguan tidur yang ekstrem, sindrom ini dapat membuat penderitanya merasakan kantuk yang luar biasa pada siang hari. berbeda dari rasa lelah karena kurang tidur atau begadang, orang dengan hipersomnia dapat tidur berulang kali di siang hari, bahkan pada waktu yang tidak tepat seperti saat bekerja, saat makan, bahkan saat mengobrol. penderita hipersomnia akan mengalami kebingungan, kecemasan, penurunan energi, gelisah, berpikir lambat, bicara lambat, kehilangan nafsu makan, halusinasi, dan masalah memori, hipersomnnia juga dapat mempengaruhi kondisi fisik secara umum seperti kurangnya libido, impotensi, hipertensi, angina pektoris, gagal jantung, hingga stroke. 

sekian dari saya, semoga dapat dipahami

terimakasih, wasalamualaikum.wr.wb

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Assalamualaikum

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wb

Saya Syarah Khairunnisa Ramadhani dengan Nim 2110101021

Izin menjawab pertanyaan dari mbak nadila

Dampak dari Hipersomnia yaitu penderita akan mengalami depresi, kelebihan berat badan, kebingungan, penurunan energi, halusinasi, berpikir lambat, bicara lambat.

Mohon maaf jika ada yang kurang dari jawaban saya, untuk yang lainnya silahkan bisa untuk menambahkan 

Terimakasih

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Assalamualaikum

by 2110101002 JASMIN LINADI YULIA PUTRI -

assalamualaikum.wr.wb, 

nama : Jasmin linadi yulia putri 

Nim     : (2110101002) 

Kelas   : A1 

izin menjawab pertanyaan dari mba NADILA HELLENA IMANDA

 Dampak dari hipersomnia tersebut adalah, ditandai dengan gejala sulit bangun dari tidur panjang, penderita hipersomnia akan mengalami kebingungan,kecemasan,penurunan energi,gelisah berpikir lambat,bicara lambat,kehilangan nafsu makan,halusinasi,dan masalah memori. sekian dari jawaban saya, jika ada kekurangan boleh ditambahkan.

wassalamualaikum wr.wb





In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Assalamualaikum

by 2110101003 DINDA FATIKASARI -
Saya izin menjawab pertanyaan dari mba Nadila 🙏

nama : Dinda Fatikasari

nim : 2110101003


Penyebab dan Dampak dari Hipersomnia: Gangguan Tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan di NCBI, menyebutkan setidaknya empat hingga enam persen dari populasi menderita sindrom hipersomnia.

 Hipersomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang ekstrem. Sindrom hipersomnia dapat membuat penderitanya merasakan kantuk yang luar biasa pada siang hari. dari rasa lelah karena kurang tidur atau begadang, orang dengan hipersomnia dapat tidur berulang kali di siang hari, bahkan pada waktu yang tidak tepat seperti saat bekerja, saat makan, bahkan saat berbeda.

Pada tahun 2005, sebuah penelitian yang menemukan di NCBI, menyebutkan setidaknya empat hingga enam persen dari populasi menderita sindrom hipersomnia. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penderita hipersomnia meningkat khususnya bagi masyarakat di negara-negara industri. Berikut bahaya dari sindrom hipersomnia ini

Dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya

Dilansir dari National Institutes of Neurological Disorder and Stroke, hipersomnia ditandai dengan gejala sulit bangun dari tidur panjang. penderitaan hiperomnia akan mengalami kebingungan, kecemasan, penurunan energi, berpikir lambat, bicara lambat, kehilangan makan, halusinasi, dan masalah memori.

Bagi penderita hipersomnia, tidur siang tidak akan menghilangkan gejala ini. Dalam kasus ekstrem, penderita bisa saja berdiri ketika melakukan aktivitas tertentu seperti berkendara. Inilah mengapa hipersomnia tidak dapat dianggap remeh karena dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya. Dalam laporan Medeline Plus, hipersomnia juga dapat mempengaruhi kondisi fisik secara umum, seperti penurunan libido, impotensi, hipertensi, angina pektoris, gagal jantung, hingga stroke.

Berbagai faktor penyebab hipersomnia

Biasanya, hipersomnia pertama kali dikenal pada masa remaja atau dewasa muda. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, seperti narkolepsi atau sleep apnea. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki masalah tidur seperti narkolepsi, 15 sampai 30 persen lebih berisiko terkena hipersomnia.

Selain itu, penyebab lain dari sindrom ini dapat terjadi jika seseorang mengalami disfungsi sistem saraf otonom atau menggunakan obat-obatan dan alkohol.

Dalam beberapa kasus, ini disebabkan oleh masalah fisik, seperti tumor, trauma kepala, atau cedera pada sistem saraf pusat.

Obat-obatan tertentu, atau Penarikan obat, juga dapat menyebabkan hipersomnia. Kondisi medis seperti multiple sclerosis, depresi, ensefalitis, epilepsi, atau obesitas dapat berkontribusi terhadap gangguan ini.

Terimakasih 

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Assalamualaikum

by 2110101008 PITA ANINGSIH -

Asaalamualikum wr.wb

Nma: Pita Aningsih

Nim: 2110101008

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Nadila


   Hipersomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang ekstrem. Sindrom hipersomnia dapat membuat penderitanya merasakan kantuk yang luar biasa pada siang hari. Berbeda dari rasa lelah karena kurang tidur atau begadang, orang dengan hipersomnia dapat tidur berulang kali di siang hari, bahkan pada waktu yang tidak tepat seperti saat bekerja, saat makan, bahkan saat mengobrol.


Dampak Hipersomnia


Dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya . Hipersomnia ditandai dengan gejala sulit bangun dari tidur panjang. Penderita hipersomnia akan mengalami kebingungan, kecemasan, penurunan energi, gelisah, berpikir lambat, bicara lambat, kehilangan nafsu makan, halusinasi, dan masalah memori. Bagi penderita hipersomnia, tidur siang tidak akan menghilangkan gejala ini. Dalam kasus ekstrem, penderita bisa saja tertidur ketika melakukan aktivitas tertentu seperti berkendara. Inilah mengapa hipersomnia tidak bisa dianggap remeh karena dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya.  Hipersomnia juga dapat mempengaruhi kondisi fisik secara umum, seperti berkurangnya libido, impotensi, hipertensi, angina pektoris, gagal jantung, hingga stroke.

Sekian, Terimakasih, Mohon dikoreksi

Wassalamualikum wr.wb

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA -
Assalamualaikum.wr.wb, izin bertanya bu 

Nama : niken desri fauzana 

NIM : 2110101055


Penyakit apa yang dapat timbul pada seseorang yang tidur kurang dari 5jam per malam? serta penyakit apa yang dapat timbul pada remaja yang jam tidur nya melebihi 8jam per malam? 

terimakasih, wasalamualaikum.wr.wb

In reply to 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Niken,

Dilansir Forbes, Senin (22/2), peneliti menemukan bahwa orang yang tidur lima jam per malam atau kurang, ternyata memiliki risiko dua kali lipat lebih besar terkena demensia daripada mereka yang melaporkan tidur tujuh hingga delapan jam per malam.

Sedangkan penyakit apa yang dapat timbul pada remaja yang jam tidur nya melebihi 8 jam per malam antara lain,

  1. Obesitas. Kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat menyebabkan kenaikan badan secara drastis. Sebuah studi menjelaskan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari sembilan atau 10 jam meningkatkan risiko obesitas sebesar 21 persen. Namun, pengaruh kenaikan berat badan juga disertai oleh faktor seberapa sering melakukan olahraga dan asupan makanan sehari-hari.
  2. Sakit kepala. Peneliti percaya bahwa efek dari terlalu lama tidur dapat berpengaruh pada  sel saraf yang membawa neuron pada otak. Jika terlalu lama tidur di siang hari dan terganggu di malam hari seringkali menyebabkan sakit kepala ketika bangun di pagi hari. Selain itu, penyebab lainnya dari tidur terlalu lama dapat mengalami kerusakan memori otak dan menurunnya fungsi kognitif.
  3. Sakit punggung. Sakit punggung bisa disebabkan karena berbagai macam faktor ketika tidur. Salah satunya posisi tidur yang salah atau kemiringan posisi bantal. Ketika kita tidur lebih lama terjadinya posisi tidur yang salah ditambah dengan kasur yang memang tidak nyaman justru dapat memperburuk rasa sakit pada punggung.

  4. Depresi. Insomnia sering kali dikaitkan dengan Depresi akibat kurang tidur. Di sisi lain, depresi juga dapat meningkatkan keinginan untuk terus tidur. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka akibatnya bisa menjadi lebih buruk karena menganggu jadwal tidur yang seharusnya, sehingga berdampak pada rangkaian kesehatan lainnya seperti hilangnya nafsu makan, sistem imun melemah, kelelahan, dan bahkan serangan jantung.

In reply to 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA

Re: Assalamualaikum

by 2110101054 NUR ANNISA AHLA -

Baik saya izin menjawab pertanyaan dari mba niken

Nama:Nur annisa ahla

Nim:2110101054

Kekurangan tidur kurang dari 5 jam berdampak meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular,seperti serangan jantung,gagal jantung dan tekanan darah tinggi.

Dampak kelebihan tidur adalah berisiko tinggi mengalami obesitas dibanding orang-orang dengan jam tidur yang normal.

Baik mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan mba

Terima kasih



In reply to 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA

Re: Assalamualaikum

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -

Assalamu'alaikum wr.wb

Nama : Firsta Fadhlila Putri

NIM    : 2110101060

Izin menjawab pertanyaan dari Niken

- Penyakit yang dapat timbul pada seseorang yang tidur kurang dari lima jam per malam, yaitu orang yang tidur lima jam per malam atau kurang, memiliki risiko dua kali lipat lebih besar terkena demensia daripada mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam per malam. Terkena penyakit jantung, diabetes, dan dalam jangka pendek, kurang tidur mengakibatkan kurang fokus, sulit untuk mencerna informasi, dan sulit menciptakan ide-ide baru.
- Penyakit yang dapat timbul pada remaja yang jam tidur nya melebihi delapan jam per malam, yaitu tidur terlalu lama atau kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko mengidap diabetes, terlalu banyak tidur dapat menyebabkan kenaikan badan secara drastis. Sebuah studi menjelaskan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari sembilan atau 10 jam meningkatkan resiko obesitas sebesar 21 persen. Namun, pengaruh kenaikan berat badan juga disertai oleh faktor seberapa sering melakukan olahraga dan asupan makanan sehari-hari, sebuah studi menemukan 72 ribu wanita yang tidur lebih dari sembilan jam atau bahkan 11 jam dapat meningkatkan 38 persen serangan jantung dibanding wanita yang tidur selama delapan jam.

Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan. Wassalamualaikum wr.wb

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101052 ANISAH -

Mohon maaf ibu izin bertanya atau teman teman lainnya yang bisa menjawab pertanyaan saya Anisah 2110101052

Apa penyebab insomnia dan juga apakah dampak kesehatan bagi orang yang berkeseringan insomnia bahkan tidak bisa tdr sampai pagi selama jangka tiga hari


Terimakasih ibu dan teman teman yang menjawab pertanyaan saya 

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

Assalamu'alaikum 

Sya izin menjawab pertanyaan dari mbak Annisah 

Mila Novika Sari

2110101050

Penyebab insomnia
  • 1.stres.
  • 2. Jadwal aktivitas yang berubah. 
  • 3.Kebiasaan tidur yang buruk. 
  • 4. Terlalu banyak makan pada malam hari. 
  • 5.Gangguan jiwa.
  • 6. Penyakit kronis dan penyakit lain. 
  • 7. Kebiasaan mengonsumsi kafein, nikotin, dan alkohol. 
  • 8.Penggunaan obat-obatan. Dampak dari Insomnia yang berkepanjangan nyatanya meningkatkan berbagai risiko kesehatan yang berkaitan dengan dunia medis. Beberapa risiko kondisi medis yang bisa dialami akibat insomnia, antara lain lemahnya sistem kekebalan tubuh, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, kejang, serangan asma, dan penyakit jantung.sekian terimakasih 🙏

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Anisah,

Penyebab insomnia antara lain, kecemasan, stres, dan depresi adalah beberapa penyebab paling umum dari insomnia kronis. Memiliki kesulitan tidur juga dapat membuat kecemasan, stres, dan gejala depresi bertambah buruk. Penyebab emosional dan psikologis umum lainnya termasuk kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, gangguan bipolar, dan trauma.

Dampak dari insomnia bisa memberi sedikit atau banyak dampak pada kualitas hidup, produktivitas, hingga keselamatan seseorang. Pada kondisi yang parah, dampak insomnia bisa meliputi: 

  1. Lebih mudah menderita depresi 
  2. Kurang tidur dapat memberi kontribusi pada timbulnya suatu penyakit, termasuk penyakit jantung 
  3. Dampak mengantuk atau ketiduran di siang hari dapat mengancam keselamatan kerja, termasuk mengemudi kendaraan Kehilangan banyak waktu pekerjaan
  4. Tidur malam yang buruk dapat menurunkan kemampuan dalam memenuhi tugas harian serta kurang menikmati aktivitas hidup


In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101041 DWI YANTI -

mohon izin menjawab pertanyaan dari Anisah. Saya Dwi Yanti NIM 2110101041

Penyebab insomnia biasanya stress, cemas bahkan depresi. Dampak bagi kesehatan antara lain lemahnya sistem kekebalan tubuh, tekanan datah tinggi, diabetes melitus, dan penyakit jantung.

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH -

ibuk ijin menjawab pertanyaan dari mb anissah

Nama : irma misbahul jannah

Nim     : 2110101044

Penyebab Insomnia
Mulai dari akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga akibat gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan, seperti: Mengalami stress. dan biar tidak insomnia jaga kesehatan tdr yang teratur jangan apa apa mudah di pikir ntar mudah stres tpi laksanakan ya sekian terimakasih mohon maaf ada kekurangan

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Waalaikumussam baik mbak Anisah saya izin menjawab pertanyaan nya 

Nama : Rike Yulianti

Nim : 2110101043

Insomnia adalah kondisi ketika seseorang merasa kesulitan untuk tidur atau butuh waktu yang sangat lama untuk tidur. Insomnia dapat disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur yang tidak baik, gangguan mental, atau penyakit tertentu (salah satunya gangguan kelenjar pineal).

Gangguan tidur adalah kelainan dari pola tidur seseorang. Hal ini akan menimbulkan penurunan kualitas tidur yang berdampak pada kesehatan dan keselamatan penderitanya.


Gangguan tidur dapat ditandai dengan rasa mengantuk pada siang hari, kesulitan tidur pada malam hari, atau siklus tidur dan bangun yang tidak teratur. Gangguan tidur yang tidak ditangani dengan baik dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit lain, seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Kecemasan, stres, dan depresi adalah beberapa penyebab paling umum dari insomnia kronis. Memiliki kesulitan tidur juga dapat membuat kecemasan, stres, dan gejala depresi bertambah buruk. Penyebab emosional dan psikologis umum lainnya termasuk kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, gangguan bipolar, dan trauma.

Sekian dan terimakasih 🙏

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101045 NADIA PUTRI ANGGRAHENI -

izin menawab mba Anisah 

penyebab insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal seerti kondisi psikis akibat stres berat, depresi, atau gangguan kecemasan

dampaknya 

1. mempercepat penuaan 

2. obesitas 

3. depresi

4. kekebalan tubuh meurun

5. daya ingat menurun

6. suit berkonsentrasi 

7. gairah seks menurun

8. kesuburan tergaggu


In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Wallaikumsallam saya Tjahya Pramudyaning Sumantri dengan Nim 2110101051 izin menjawab pertanyaan mba anisah.

Penyebab imsonia biasanya terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis, atau obat-obatan tertentu.

Jika insomnia terjadi berkepanjangan, tentu akan berimbas ke kesehatan tubuh, seperti seperti:

  1. Stroke.
  2. Kejang.
  3. Sistem kekebalan tubuh lemah.
  4. Kepekaan terhadap rasa sakit.
  5. Peradangan.
  6. Obesitas.
  7. Diabetes mellitus.
  8. Tekanan darah tinggi.
  9. Penyakit jantung. 

Sekian terima kasih dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam menjawab ya bu

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101066 ARETA MAURINDHA PRATIWI -

assalamualaikum wr wb 

saya areta maurindha nim 2110101066, izin menambahkan jawaban


Insomnia adalah kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Gangguan tidur ini membuat dirinya tak memiliki waktu tidur yang dibutuhkan tubuh. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik pengidap insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. 

Beberapa faktor lainnya yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami masalah tidur ini, antara lain:

  • Masalah mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, hingga gangguan stres pasca trauma (PTSD).
  • Bekerja shift, pekerjaan seperti ini bisa mengubah jam biologis tubuh.
  • Jenis kelamin,ketika menstruasi tubuh akan mengalami perubahan hormon, kondisi ini menimbulkan gejala hot flashes atau keringat di malam hari, sehingga menyebabkan gangguan tidur.
  • Usia, insomnia meningkat seiring dengan bertambahnya usia.
  • Perjalanan jauh, melakukan perjalanan jauh atau jet lag karena melintasi beberapa zona waktu juga bisa memicu insomnia.
Insomnia bisa memberi sedikit atau banyak dampak pada kualitas hidup, produktivitas, hingga keselamatan seseorang. Pada kondisi yang parah, dampak insomnia bisa meliputi: Lebih mudah menderita depresi. Kurang tidur dapat memberi kontribusi pada timbulnya suatu penyakit, termasuk penyakit jantung. terimakaih mohon maaf jika ada kekurangan. wassalamualaikum wrwb
In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101034 LIA AGUSMARLINA -
Assalamualaikum Bu, izin bertanya apa yang menyebabkan seseorang mengalami ganguan tidur? Apakah salah satu penyebab nya adalah kesehatan mental?
In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr wb.

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Lia, 

Masalah kesehatan mental dapat memengaruhi banyak aspek kesehatan, termasuk pola tidur sehingga beberapa jenis gangguan kejiwaan bisa membuat Anda terjaga semalaman. Sebaliknya, ada pula gangguan metal yang justru membuat Anda tidur berlebihan dan selalu merasa letih sepanjang waktu.

Wassalamualaikum wr wb

In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Assalamualaikum

by 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA -

Assalamualaikum.wr.wb, saya Niken Desri Fauzana(2110101055) izin menjawab pertanyaan dari mba Lia 


beberapa penyebab seseorang susah tidur antara lain adalah:

1. stres dan masalah kecemasan

2. kelenjar tiroid terlalu aktif

3. lapar

4. terlalu banyak mengkonsumsi kafein

5. terlalu lelah

6. asam lambung naik

Sekian jawaban dari saya, semoga bisa dipahami 

terimakasih, wasalamualaikum.wr.wb

In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Assalamualaikum

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Wa'alaikumsalam Mba lia, Perkenalkan nama saya Azira Syiffa Ramadhani (2110101009) izin menjawab pertanyaan dari Mba Lia.

Beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan tidur yaitu stress, merasakan hal-hal yang tidak menyenangkan, tidak merasa puas dengan aktivitas yang dilakukannya, dll. Kondisi mental seseorang juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan tidur seperti contohnya orang yang mengalami gangguan kecemasan, dimana hampir 90% orang dewasa mengalami hal ini. Orang dengan gangguan kecemasan cenderung lebih mudah cemas, mengekspresikannya secara berlebihan, dan kesulitan untuk mengatasinya, sehingga meski tubuh sudah kelelahan, tetapi rasa takut, waspada, dan khawatir yang terus muncul yang membuat seseorang sulit untuk tertidur.

Sekian dari saya, Jika ada kesalahan mohon dikoreksi

Wassalamu'alaikum wr.wb.



In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Assalamualaikum

by 2110101030 JULIA INDAH CAHYANI -

Wa'alaikumussalam, baik saya Julia Indah izin menjawab, penyebab seseorang mengalami gangguan tidur bisa dari kondisi medis, seperti sesak napas. Obat-obatan, seperti kafein, antidepresan, atau stimulan. Gangguan kejiwaan, seperti depresi atau cemas. Kondisi lingkungan, seperti pekerja shift malam hari. Lalu apakah kesehatan mental salah satu dari penyebab gangguan tidur? Jawabannya iya bisa jadi, karena seseorang dengan memiliki gangguan mental ia akan mengalami  perubahan pada pola tidur, seperti mudah mengantuk dan tertidur, sulit tidur, serta gangguan pernapasan dan kaki gelisah saat tidur.

Sekian dari jawaban saya, mohon maaf jika salah atau kekurangan dalam menjawab.

In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Assalamualaikum

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -
nama ; Dina bela setiawati

nim ; 2110101037

ijin menjaab pertanyaa ka lia

kesehatan mental bisa mengganggu tidur

jika menggagu tidur bisa menggangu kesehtan mental 


apa saja yng menyebabkan seeorang mengalami gangguan tidur adalah

1. perubahan gaya hidup

2. seringg bangun saat sudah tertidur dan sulit tidur lagi

3. otot terasa lemah

4. mendengkur,tersedak,menggeretakkan gigi


In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Assalamualaikum

by 2110101005 RHANI ROSALINA -

Assalamu'alaikum wr.wb 

Nama : Rhani rosalina

NIM : 2110101005


Izin menjawab pertanyaan mba Lia Agusmarlina 


Gangguan tidur disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa penyebab dari gangguan tidur, antara lain:


1 . Gangguan fisik, seperti nyeri perut.

2. Kondisi medis, seperti sesak napas.

3. Obat-obatan, seperti kafein, antidepresan, atau stimulan.

4. Gangguan kejiwaan, seperti depresi atau cemas.

5. Kondisi lingkungan, seperti pekerja shift malam hari.

6. Usia lanjut.

7. Pecandu alkohol.

8. Faktor genetik.


Tidur dan kesehatan mental nyatanya saling berkaitan dan terhubung erat. Kurang tidur diketahui bisa memengaruhi kondisi psikologis dan kesehatan mental seseorang. Di lain sisi, orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mental seringnya juga mengalami gangguan tidur, misalnya insomnia atau susah tidur di malam hari.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr wb.

Perkenalkan nama saya Amalia Zidny(2110101023) izin bertanya kepada Ibu dan teman-teman, kalau kita sebagai perempuan menjadi korban dari salah satu penyimpangan seksual eksibisionisme lalu apa tindakan yang seharusnya kami lakukan? Mengingat banyaknya pelaku penyimpangan yang dilakukan oleh pria-pria di luar sana.

Terima kasih

Wassalamualaikum wr wb

In reply to 2110101023 AMALIA ZIDNY

Re: Assalamualaikum

by 2110101006 MONIKA JUMARNIS -

Assalamualaikum saya Monika Jumarnis (2110101006) izin menjawab pertanyaan mba Amalia.

Bagi para wanita, perlu menghadapi seorang eksibisionis dengan tenang dan tidak memberikan reaksi yang diinginkan oleh eksibisionis tersebut. Biasanya, para eksibisionis menginginkan suatu reaksi yang menunjukkan dan memberikan atensi terhadap apa yang dilakukan. Oleh karenanya, akan lebih baik jika tidak memberikan reaksi apapun terhadap perilaku yang dilakukan oleh eksibisionis. Juga dapat memperlihatkan ekspresi ketidakpedulian atau kekesalan. Selain itu, memposisikan tubuh menghindari atau membelakangi penderita eksibisionis untuk memberikan kesan bahwa tidak mempedulikan apa yang dilakukan oleh penderita. Beritahukan kepada eksibisionis tersebut bahwa akan menelepon polisi. Setelahnya, jauhi penderita ke tempat yang aman sambil berusaha untuk menelpon polisi. Jangan mendekati, terdiam kaku, atau menyerang eksibisionis. Bila penderita eksibisionis berlari ke arah korban, larilah ke tempat yang aman sambil berteriak meminta bantuan. Saat penderita eksibisionis mendekati dan berusaha untuk menyentuh atau menyerang, lawan eksibisionis dengan sekuat tenaga dan telepon polisi saat memungkinkan.

Wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh 

In reply to 2110101023 AMALIA ZIDNY

Re: Assalamualaikum

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -
Assalamu'alaikum wr.wb


Nama : Azira Syiffa Ramadhani

NIM : 2110101009

Izin menjawab pertanyaan Mba Amalia, tindakan yang dapat kita lakukan ketika menjadi korban perilaku penyimpangan seksual yaitu dengan berteriak agar menarik perhatian orang-orang disekitar, bila perlu memukul pelaku sebagai tindakan untuk membela diri dan mencari tempat yang ramai agar penyimpangan seksual dapat dihindari serta berhati-hati dalam menggunakan media sosial sebab pelaku parafilia eksibisionisme dapat mencari korbannya dengan berbagai cara, termasuk memantau korbannya lewat akun media sosial.

Sekian dari saya, Wassalamu'alaikum wr.wb.

In reply to 2110101023 AMALIA ZIDNY

Re: Assalamualaikum

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -

Assalamu'alaikum wr.wb

Nama : Firsta Fadhlila Putri

NIM    : 2110101060

Izin menjawab pertanyaan amalia zidny

Penderita eksibisionis memiliki fantasi atau keinginan untuk memperlihatkan alat kelaminnya pada orang-orang yang tak dikenal tanpa persetujuan dari orang tersebut. Mereka akan mendapatkan kepuasan saat orang lain merasa takut, terkejut, atau jijik. Korban dari eksibisionis biasanya adalah para perempuan. Tindakan yang harus kita ambil adalah

1. Tetap Tenang

Waalaupun awalnya terkejut namun perlu tetap tenang menghadapi seorang penderita eksibisionis dan tidak memberikan reaksi yang dapat membuatnya merasa puas, bersikaplah cuek dan tidak peduli, seakan tidak melihat sesuatu yang spesial.

2. Tertawakan

Menertawakan membuat penderita eksibisionis malu dan meninggalkan korban. Jika perlu ejeklah dia dan berikan ekspresi yang menghina. Ini adalah ekspresi yang tidak mereka harapkan dan tidak bisa memberikan kepuasan, jadi mereka biasanya akan pergi.

3. Lindungi Diri

Tetap waspada dan lindungi diri dari kemungkinan penderita eksibisionis berusaha mendekat atau menyentuhmu. Jika penderita berjalan mendekat, maka berlarilah menjauh dan segera berteriak meminta pertolongan.

4. Lapor polisi

Ingatlah ciri-cirinya atau sempatkan untuk memfoto wajah pelaku. Sesudah itu, datangi kantor polisi dan laporkan kejadian tak menyenangkan tersebut. Jangan lupa informasikan juga tempat kejadiannya, karena biasanya eksibisionis ‘beroperasi’ di tempat yang itu-itu saja.

Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan. Wassalamu'alaikum wr.wb





In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101003 DINDA FATIKASARI -
Saya izin bertanya buk

nama: Dinda Fatikasari 

nim : 2110101003

Mengapa remaja pada umumnya untuk menyelesaikan malam hari bahkan tidak pernah sama sekali di pagi hari dan melanjutkan aktivitasnya apakah penyebabnya atau bawaan dari remaja tersebut 

Terima kasih,🙏

In reply to 2110101003 DINDA FATIKASARI

Re: Assalamualaikum

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

baik saya bisyarotul walidah/2110101031 mungkin bisa mejawab sedikit pertanyaan dari mbak dinda kebanyakan remaja tidak tidur dimalam hari karena penyebab umum keterbiasaan nongkrong di kafee sehingga membuat pikiran senang dan melupakan tidur selain itu karena kecanduan gadget sehingga remaja lebih mementingkan hp dari pada tidur nah kejadian kejadian tersebut merupakan faktor atau penyebab awal seseorang akan mengaami gangguan pla tidur karena itu keterbiasaan tidur yang tidak baik bukan karena bawaan terimaksih mohon koreksiny temen temen.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Assalamualaikum Wr.Wb ibu izin bertanya

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Kelas   : A

Mengapa jika tidur lebih awal saat belum jamnya tidur kadang kala akan terbangun saat tengah malam atau pada saat insomnia, apa yang menyebabkan akan hal itu tidak bisa untuk tidur kembali?

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Assalamualaikum

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

baik saya bisyarotul walidah/2110101031 mungkin bisa membantu jawab sdikit alasan mengapa sesorang sering bangun dimalam hari dan sulit tidur kembali karena beberapa faktor salah satunya

  • Stres dan masalah kecemasan. Melansir Bustle, semakin tinggi level stres dan kecemasan, orang jadi semakin susah tidur nyenyak di malam hari
  • Kelenjar tiroid terlalu aktif
  • Lapar
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein
  • Terlalu lelah
  •  Asam lambung naik.

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Assalamualaikum

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

nama : Dina bela setia

Nim : 2110101037

ijin menjawab pertanyaan

- penyebabnya ialah kebiasaan sebelum tidur atau butuh waktu yang sangat lama untuk tidur

- gangguan mental

- atau penyakit tertentu seperti kelenjar pineal

- efek samping obat-obatan

- mengalami stres

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI -

Assalamualaikum wr.wb Saya Nabila Aulia Zwageri NIM 2110101004 izin bertanya, apakah benar orang yang terlalu lelah karena kegiatan di siang hari nya,  saat ia tidur  ia benar benar tidak merasakan gangguan apa pun, jika iya berikan alasannya, 

Trimakasih wassalamualaikum wr.wb 😊

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI -

assalamualaikum bu, saya salma safira damayanti

izin bertanya

jika kaki terasa pegel saat sebelum tidur dan setelah tidur pegal itu sudah hilang tp kalau tidak tidur pegalnya tidak hilang, itu kenapa ya bu? kok bisa seperti itu


terimakasih bu

In reply to 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI

Re: Assalamualaikum

by 2110101025 AFIFAH ROSIANA -

Waalaikumussalam, saya Afifah Rosiana dengan NIM 2110101025 izin menjawab pertanyaan mbak Salma. 

Mungkin pegal-pegal yang dirasakan mbak Salma dipicu oleh kelelahan otot akibat aktivitas yang terlalu berat. Meskipun aktivitas yang ringan juga sebenarnya tetap bisa menyebabkan kelelahan otot, sebagai contoh bila melakukan posisi yang tidak ergonomis. Atau penyebab lainnya seperti kurang berolahraga, pola makan tidak tepat, penekanan kaki berlebihan, dehidrasi, stres, dan lainnya yang bisa memperberat rasa pegal tadi. 



In reply to 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI

Re: Assalamualaikum

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalikumsalam izin menjawab pertanyaan mba salma safira damayanti

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM    : 2110101059

Penyababnya bisa disebabkan oleh kondisi kelainan saraf yang dapat menyebabkan pegalnya tidak hilang akibat kaki digunakan setiap hari untuk beraktifitas setiap hari, banyak gangguan penyebab kaki pegal saat sebelum tidur dan jika tidak tidur karena gangguan tersebut menyebabkan gangguan persial hingga lengkap dari inti dalam serabut saraf di kaki.

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI -

Assalamualaikum wr,wb

Izin bertanya ibu

Nama : Fitrilia Rahmawati

Nim : 2110101015

Kelas : A1

Dalam materi tersebut terdapat faktor yang mempengaruhi kebutuhan seksual, salah satunya yaitu dengan adanya gangguan penyimpangan psikoseksual. Pertanyaannya, jelaskan bagaimana cara mengatasai penyimpangan tersebut beserta dengan cara pemberian edukasi terhadap orang yang terkena penyimpangan psikoseksual !

In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Assalamualaikum

by Fayakun Rohmah -

Saya ambil salah satu contoh homoseksual, sebenarnya hal tsb adalah gangguan mental. Perlu adanya niat yang kuat dr penderita untuk bs mengatasi masalah tsb, bs dg konsultasi dr spkj dan utamanya hrs menjauhi lingkungan yang bs menyebabkan gangguan tsb 

In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin manjawab pertanyaan dari Mb Fitrilia, 

Gangguan psikoseksual terjadi apabila seseorang merasa nyaman secara fisik ketika berhubungan seks, namun merasa terganggu secara emosional. Pada dasarnya, masalah utama gangguan psikoseksual ini ada pada pikiran penderita, bukan fisiknya. Sehingga cara untuk sembuh dari gangguan ini berawal dari diri sendiri, jika dari diri sendiri sudah sadar bahwa yang mereka lakukan itu salah dan ingin bertaubat maka semua akan dipermudah. Karena minimnya pendidikan sex pada remaja dan jika kita membicarakan soal sex dianggap tabu maka perlu orang yang tepat untuk dapat menyimpan rahasia yang tidak sepatutnya diketahui umum. Oleh karena itu pergi ke psikolog adalah kunci dari semua permasalah tersebut karena sesungguhnya yang sakit dari pelakunya adalah psikisnya bukan fisiknya.

In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Assalamualaikum

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

izin menjawab pertanyaan dari mbak Fitrilia

Edukasi seks yang dilakukan dalam hal ini adalah dengan memberikan materi-materi terkait dengan seks setidaknya ada beberapa hal sebagai berikut:

1. Memberikan pelajaran tentang perbedaan-perbedaan terkait jenis kelamin terutama tentang topik biologis bentuk tubuh dan fungsi-fungsinya

2. Memberikan pemahaman tentang bagaimana sikap dan cara bergaul dengan lawan jenis dan sesama jenis yang tidak diperbolehkan dan dibolehkan

3. Memberikan pemahaman tentang bentuk-bentuk terjadinya penyimpangan seksual

4.  Mampu membedakan mana penyimpangan, pelecehan atau kekerasan seksual dan mana yang bukan

5. Mencegah agar anak tidak menjadi korban atau – bahkan pelaku–penyimpangan, pelecehan dan atau kekerasan seksual

6. Menumbuhkan sikap berani untuk memberitahukan pada orang tua atau guru apabila terjadi atau menjadi korban penyimpangan , pelecehan dan atau kekerasan seksual.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101019 ARIS FATMALA -

Assalamualaikum wr wb saya izin bertanya

Nama : Aris fatmala

Nim : 2110101019

Kelas : A1 Kebuduhan Dasar Manusia

di jelaskan bahwa, Tidur pada siang hari tidak memiliki ritme/irama yang sama dengan tidur di

malam hari. REM lebih menonjol selama tidur pagi dan tidur tahap IV lebih

menonjol di malam hari, jelaskan alasannya

Terimakasih😇🙏

In reply to 2110101019 ARIS FATMALA

Re: Assalamualaikum

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

Assalamu'alaikum

Saya izin menjawab pertanyaan dari mbak Aris Fatmala

Mila Novika Sari

2110101050

Tidur NREM Tidur NREM disebut juga sebagai tidur Gelombang pendek karena gelombang otak yang ditunjukkan oleh orang yang tidur lebih pendek daripada gelombang alfa dan beta yang ditunjukkan oleh orang yang tidak sadar. Pada tidur NREM terjadi penurunan jumlah fungsi fisiologis tubuh. Di samping itu, semua proses metabolisme termasuk tanda-tanda vital, metabolisme, dan kerja otot. Tidur NREM sendiri terbagi atas 4 tahap (I-IV). Tahap I-II disebut sebagai tidur ringan (light sleep) dan tahap III-IV disebut sebagai tidur dalam (deep sleep atau delta sleep).Tidur REM Tidur REM biasanya terjadi setiap 90 menit dan berlangsung selama 5-30 menit. Tidur REM tidak senyenyak tidur NREM, dan sebagian besar mimpi terjadi pada tahap ini. Selama tidur REM, otak cenderung aktif dan metabolismenya meningkat hingga 20%. Pada tahap individu menjadi sulit untuk dibangunkan atau justru dapat bangun dengan tiba-tiba, tonus otot terdepresi, sekresi lambung meningkat, dan frekuensi jantung dan pernapasan sering kali tidak teratur.Selama tidur, individu melewati tahap tidur NREM dan REM. Siklus tidur yang komplet normalnya berlangsung selama 1,5 jam, dan setiap orang biasanya melalui empat hingga lima siklus selama 7-8 jam tidur. Siklus tersebut dimulai dari tahap NREM yang berlanjut ke tahap REM. Tahap NREM I-III berlangsung selama 30 menit, kemudian infeksi ke tahap IV selama ± 20 menit. Setelah itu, individu kembali melalui tahap III dan II selama 20 menit. Tahap I REM muncul sebelumnya dan berlangsung selama 10 menit. Sekian terimakasih 🙏


In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101029 MONICA DWI PUTRI -

Nama Monica dwi putri

Nim 21101029

Izin bertanya bu🙏

 
Ketidakmampuan memenuhi kebutuhan tidur secara kualitas maupun kuantitas merupakan penyakit apa bu?🙏

In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Monica, 

Insomnia adalah ketidak mampuan memenuhi kebutuhan tidur, baik secara kualitas maupun kuantitas. Gangguan tidur ini umumnya ditemui pada individu dewasa. Penyebabnya bisa karena gangguan fisik atau karena faktor mental seperti perasaan gundah atau gelisah.

In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: Assalamualaikum

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -
Izin menjawab pertanyaan dari mba monica dwi putri

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Penyakit itu disebut insomnia ini adalah ketidak mampuan memenuhi kebutuhan tidur, baik secara kualitas maupun kuantitas. Gangguan tidur ini umumnya ditemui pada individu dewasa, penyebabnya bisa karena gangguan fisik ayau karena faktor mental seperti perasaan gelisah.

Ada tiga jenis insomnia:

1.    Insomnia inisial : Kesulitan untuk memulai tidur.

2.    Insomnia intermiten : Kesulitan untuk tetap tertidur karena seringnya terjaga.

3.    Insomnia terminal : Bangun terlalu dini dan sulit untuk tidur kembali.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia antara lain dengan mengembangkan pola tidur-istirahat yang efektif melalui olahraga rutin, menghindari ransangan tidur di sore hari, melakukan relaksasi sebelum tidur (membaca, mendengarkan musik) dan tidur jika benar-benar mengantuk.

In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: Assalamualaikum

by 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH -

Assalamualaikum, izin menjawab pertanyaan mba monica.

Nama : Fauzia Alvian Nurkasanah

NIM : 2110101036

Insomnia adalah ketidakmampuan memenuhi kebutuhan tidur, baik secara kualitas maupun kuantitas. Gangguan tidur ini umumnya ditemui pada individu dewasa. 

Penyebabnya bisa karena gangguan fisik atau karena faktor mental seperti perasaan gundah atau gelisah. 

Terima kasih 🙏
In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101062 KATRIN SEPTIA RINI -

Assalamualaikum wr.wb.

Nama :Katrin Septia R

NIM :2110101062

Izin bertanya bu,apakah insomnia bisa menyebabkan berat badan menurun?

terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb.

In reply to 2110101062 KATRIN SEPTIA RINI

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Katrin, untuk menurunkan berat badan mungkin agak susah. Seperti yang telah dailakukan oleh banyak peneliti yang menjelasakan bahwa insomnia menyebabkan kenaikan berat badan bukan malah menurunkan berat badan. Salah satunya Mayo Clinic menyebutkan bahwa tidur empat jam semalam, dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Itu artinya, efek kurang tidur bisa meningkatkan ghrelin dan menurunkan leptin, sehingga membuat Anda susah menurunkan berat badan.

In reply to 2110101062 KATRIN SEPTIA RINI

Re: Assalamualaikum

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wb

Saya Syarah Khairunnisa Ramadhani dengan Nim 2110101021 

Izin menjawab pertanyaan dari Mba Katrin

Biasanya seseorang yang insomnia itu tidak semua berat badannya turun, ada juga yang berat badannya naik. Karena Sulit tidur (insomnia) dapat menyebabkan waktu tidur tidak cukup, sehingga seseorang dapat mengalami mudah lelah di siang hari, sulit berkonsentrasi, hilang minat, mudah marah, serta mudah cemas dan sedih. Gangguan ini dapat menyebabkan gangguan kualitas hidup secara umum. Kurang aktivitas di siang hari tersebut juga dapat menyebabkan berat otot berkurang dan berat lemak bertambah. Otot lebih berat daripada lemak untuk ukuran yang sama. Jika Anda melihat di cermin, mungkin saja Anda terlihat menggemuk atau tetap sama, tetapi berat badan Anda menurun. Hal ini terjadi ketika otot Anda digantikan oleh lemak. Jika secara umum badan Anda memang terlihat menjadi lebih kurus atau berat badan yang menurun terjadi dalam jumlah banyak, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Penurunan berat badan yang Anda alami mungkin merupakan tanda penyakit yang lebih serius, bukan sekadar akibat insomnia.

Jadi untuk itu anda cobalah istirahat yang lebih baik dengan menerapkan cara cara berikut :

1. Hindari tidur di siang hari, meskipun Anda mengantuk. Tidur di siang atau sore hari akan membuat Anda sulit tidur di malam hari. Padahal, istirahat yang penting adalah di malam hari.

2. Bangun dan tidurlah pada jam yang sama setiap harinya, meskipun hari libur.

3. Matikan lampu Anda ketika tidur.

4. Perbanyaklah aktivitas fisik di siang hari, seperti berjalan cepat atau bersepeda.

5. Hindari segala aktivitas dengan layar (menonton TV, mengetik di komputer, main komputer, main HP) ketika menjelang waktu tidur.

6. Usahakan menjaga suhu kamar tidur Anda senyaman mungkin.

7. Tidurlah di tempat yang tenang.

Terimakasih

In reply to 2110101062 KATRIN SEPTIA RINI

Re: Assalamualaikum

by Fayakun Rohmah -

Justru beberapa penelitian menujukkan adanya hubungan antara kebiasaan waktu tidur yang pendek dan peningkatan Indeks Massa Tubuh (IMT).

durasi tidur yang pendek (<10 jam/malam) secara independen berhubungan dengan resiko overweight/obesitas. Hal ini berkaitan dengan hormon yang mengatur nafsu makan

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101014 DEA RESITA -

assalamualaikum wr. wb 

saya Dea Resita, nim 2110101014 izin bertanya 

ketika ada seseorang yang sedang tidur kemudian bermimpi, dan kemudian ada seseorang yang sedang tidur tetapi tidak bermimpi. apakah ada faktor yang menyebabkan hal itu terjadi? jika ada mohon penjelasan nya🙏🏻 

terima kasih, wassalamualaikun wr.wb 

In reply to 2110101014 DEA RESITA

Re: Assalamualaikum

by 2110101018 HENI INDRIANI -

Assalamualaikum wr.wr.

Perkenalkan nama saya Heni indriani dengan NIM 2110101018 ingin menjawab pertanyaan dari mba Dea

Seseorang yang tidur tapi tidak bermimpi mungkin adanya gangguan tidur seperti insomnia atau sleep apnea yang bisa membuat seseorang tidak bisa memasuki fase tidur REM, sehingga mimpi pun berkurang

In reply to 2110101014 DEA RESITA

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr.wb.

Nama : Amalia Zidny

NIM    : 2110101023


Izin menjawab pertanyaan dari Mb Dea,

"Jika kualitas tidur buruk maka seseorang mungkin tidak akan bermimpi. Selanjutnya harus diketahui faktor yang menyebabkan penurunan kualitas tidur," kata psikolog John S Antrobus yang sempat menjadi peneliti tidur di City College of New York dikutip dari Huffpost. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bermimpi atau tidak bermimpi dipengaruhi oleh faktor yang menyebabkan penurunan kualitas tidur seperti, depresi, obat-obatan, dan kurangnya olahraga.

Wassalamualaikum wr.wb.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum wr. wb ibu serta teman-teman kelas A

Saya Amira Exfena dengan NIM 2110101013

Ibu sebelumnya, saya mau izin menanyakan, saya pernah membaca seputar "Sleep Paralysis", yang ingin saya tanyakan disini apakah normal jika seseorang sering mengalami gangguan "Sleep Paralysis"? Faktor penentu apa yang sebenarnya bisa membuat seseorang terkena "Sleep Paralysis"? Dan, apakah itu tandanya ada keterkaitan orang tersebut mengalami disfungsi/cedera pada hipothalamus? Karena, yang sudah kita ketahui bahwa di ppt kebutuhan istirahat, tidur dan seksual disitu terdapat kutipan kalau "Hipotalamus mempunyai pusat-pusat pengendalian untuk beberapa jenis kegiatan tak sadar dari badan, yang salah satu diantaranya menyangkut tidur dan bangun." Dan, bila gangguan tersebut terus berlanjut dalam rentan waktu yang lama, apakah dapat membahayakan nyawa orang tersebut?

Terima kasih ibu, wassalamu'alaikum wr. wb

In reply to 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA

Re: Assalamualaikum

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

izin membantu menjawab pertanyaan dari mbak Amira

Pada kebanyakan kasus, sleep paralysis hanya terjadi sesekali. Kondisi ini juga tidak berbahaya dan umumnya bukan pertanda dari penyakit tertentu. Beberapa studi telah menyebutkan bahwa sleep paralysis bisa terjadi karena kurang tidur, pola tidur yang tidak teratur, posisi tidur, insomnia, riwayat keluarga, dan tekanan psikologis seperti stres, kecemasan, dan depresi.

Untuk keterkaitan sleep paralysis dengan hipotalamus bisa disebabkan karena paparan cahaya komputer dapat mengganggu fisiologi tidur seseorang. Paparan cahaya dari komputer akan menstimulasi jalur saraf dari retina ke hipotalamus. Hipotalamus memiliki pusat khusus yang bernama suprachiasmatic nucleus (SCN) yang kemudian menstimulasi pusat lain di otak untuk mensekresikan hormon. Gradisan (2010) menyebutkan bahwa penggunaan komputer berhubungan dengan peningkatan keinginan tidak ingin tidurnya seseorang. Saat seseorang menggunakan komputer, maka Ia akan mengalami kesulitan untuk memulai tidur. Sleep paralysis dapat beresiko kematian apabila disertai dengan faktor resiko tersebut, namun hal ini jarang terjadi. 

Terimakasih, wassalamualaikum wr wb.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101061 ARUM DEA PUSPITASARI -

Assalamualaikum wr. wb

Nama : Arum Dea Puspitasari

NIM    : 2110101061

Saya ingin bertanya, apa efek samping yang terjadi pada narkolepsi? bagaimana cara penanganannya dan apakah narkolepsi bisa disembuhkan?

sekian, wassalamualaikum wr. wb

In reply to 2110101061 ARUM DEA PUSPITASARI

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr.wb.

Nama : Amalia Zidny

NIM    : 2110101023


Izin menjawab pertanyaan dari Mb Arum Dea,

Efek samping yang terjadi pada narkolepsi antara lain, 

  • Obesitas
    Kondisi ini dapat disebabkan oleh pola makan yang berlebih dan kurang gerak akibat sering tertidur.
  • Penilaian negatif dari lingkungan sosial
    Narkolepsi juga dapat membuat penderitanya mendapat penilaian negatif dari lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini, penderita mungkin akan dianggap pemalas karena sering tertidur.
  • Cedera fisik
    Risiko cedera fisik dapat terjadi ketika serangan tidur muncul di saat yang tidak tepat, seperti ketika mengemudi atau memasak.
  • Gangguan konsentrasi dan daya ingat
    Narkolepsi yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan penurunan konsentrasi dan daya ingat. Kondisi ini dapat membuat penderita sulit mengerjakan tugas atau pekerjaan di sekolah atau kantor.


Belum ada cara penangan yang dapat menyembuhkan narkolepsi sepenuhnya. Tujuan pengobatan hanya untuk mengendalikan gejala, sehingga aktivitas penderita tidak terganggu.

Untuk narkolepsi ringan, pengobatan dapat dilakukan dengan mengubah pola kebiasaan tidur. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa kantuk di siang hari dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari:

  • Olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari, dan jangan melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur. Disarankan untuk berolahraga paling lambat 2 jam sebelum tidur.
  • Hindari konsumsi makanan dengan porsi berat sebelum tidur.
  • Usahakan bangun pagi dan tidur malam pada jam yang sama setiap hari.
  • Biasakan tidur siang selama 10–15 menit setelah makan siang.
  • Jangan konsumsi kafein dan alkohol, serta hindari merokok sebelum tidur.
  • Lakukan hal-hal yang dapat merelaksasi pikiran sebelum tidur, seperti membaca atau mandi air hangat.
  • Buat suasana dan suhu kamar senyaman mungkin.

Narkolepsi belum dapat disembuhkan dan merupakan kondisi kronis yang berlangsung seumur hidup. 

Wassalamualaikum wr.wb.

In reply to 2110101061 ARUM DEA PUSPITASARI

Re: Assalamualaikum

by 2110101018 HENI INDRIANI -

Assalamualaimum wr.wb

Perkenalkan nama saya Heni indriani dengan NIM 2110101018 izin menjawab pertanyaan dari mba Arum.

Efeknya bisa saja membuat berat badan jadi bertambah yaitu obesitas, kemudian adanya kesalahpaham dengan masyarakat karena dipandan pemalas dan sering terlihat lesu. Penanganannya bisa berolahrga secara rutin, kemudian bisa dibiasakan tidur siang selama 10-15 menit. Dari yang saya baca narkolepsi belum dapat disembuhkan dan merupakan kondisi kronis yang berlangsung seumur hidup.

In reply to 2110101061 ARUM DEA PUSPITASARI

Re: Assalamualaikum

by 2110101001 SHAFIRDA INAYATI -

Assalamu'alaikum Wr.Wb

 Nama : Shafirda Inayati 

 Nim    : 2110101001

izin menjawab pertanyaan dari mba Arum Dea Puspitasari 

efek samping yang terjadi pada narkolepsi Tidak hanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, kondisi ini juga bisa membahayakan penderitanya. Narkolepsi dapat disertai dengan gejala lainnya, yang meliputi sleep paralysis, halusinasi, dan katapleksi, yaitu kelemahan atau kehilangan kendali pada  otot wajah, leher, dan lutut.

adapun penanganannya sebagai berukut :

  1. Olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari, dan jangan melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur.
  2. Hindari konsumsi makanan dengan porsi berat sebelum tidur.
  3. Usahakan bangun pagi dan tidur malam pada jam yang sama setiap hari.
  4. Biasakan tidur siang selama 10–15 menit setelah makan siang.
apakah narkolepsi bisa disembuhkan ?

Narkolepsi belum dapat disembuhkan dan merupakan kondisi kronis yang berlangsung seumur hidup. Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala dan meningkatkan fungsi tubuh untuk tetap terjaga di siang hari.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101018 HENI INDRIANI -

Assalamualaikum wr wb

Saya Heni indriani dengan NIM 2110101018 ingin bertanya bu. Apakah orang dewasa bisa terkena gangguan tidur atau parasomnia yang ngompol dimalam hari atau enuresis nocturnal bu? Jika iya apa penyebabnya ya bu?


In reply to 2110101018 HENI INDRIANI

Re: Assalamualaikum

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr.wb.

Nama : Amalia Zidny

NIM    : 2110101023


Izin menjawab pertanyaan dari Heni.

Ya, orang dewasa bisa terkena gangguan tidur atau parasomnia yang ngompol dimalam hari atau.

Tergantung pada jenis enuresis yang diderita, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab enuresis pada orang dewasa, yaitu:

1. Penyebab enuresis primer

  • Gangguan hormon antidiuretik (ADH) sehingga ginjal menghasilkan lebih banyak urine
  • Penyumbatan pada uretra
  • Ukuran kandung kemih yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung urine
  • Otot kandung kemih yang terlalu tegang sehingga mendorong urine keluar dari kandung kemih (overactive bladder)


2. Penyebab enuresis sekunder

  • Penggunaan obat-obatan, antara lain obat tidur atau antipsikotik (seperti clozapine atau risperidone)
  • Terlalu banyak minum, terutama minuman yang mengandung kafein
  • Konstipasi
  • Diabetes melitus
  • Penonjolan organ panggul yang menekan kandung kemih
  • Infeksi saluran kemih
  • Batu kandung kemih
  • Pembesaran prostat
  • Kanker kandung kemih atau prostat
  • Infeksi cacing kremi
  • Kejang
  • Multiple sclerosis
  • Penyakit Parkinson
  • Stres

Wassalamualaikum wr.wb.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO -

assalamualaikum ibu, saya azahra andini (2110101048)) izin bertanya kepada ibu maupun kepada teman-teman lainnya. Apakah benar insomnia bukan hanya sekedar tentang sulit tidur saja? lalu biasanya insomnia terjadi berapa lama? dan bagaimana jika sudah kedokter lalu minum obat tapi insomnia tidak kunjung sembuh? terimakasih wassalamualaikum

In reply to 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO

Re: Assalamualaikum

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

Nama : Dina bela setia

Nim : 2110101037

ijin menjawab ka andin

yaaa benar.

Insomnia dibedakan menjadi 2

yaitu akut dan kronis

insomnia akut berlangsung jangka pendek mulai malam hingga bberapa minggu,sedangkan insomnia kronis berlangsung ebih lama 3 malam seminggu , sebulan , atau terjadi i setiap malam


Mungkin pasien tidak mengerti cara minum obat yang benar

atau tidak teratur dalam meminum obat

In reply to 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO

Re: Assalamualaikum

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

izin menjawab pertanyaan dari mbak Azahra

Insomnia bukan hanya karena tentang sulit tidur saja, namun karena adanya stres. Stres yang terjadi dapat menyebabkan hyperarousal, yang dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan antara tidur dan terjaga. Walau begitu, tidak semua orang yang sedang mengalami stres juga dipastikan akan mengalami insomnia. Insomnia ini tidak hanya dapat menghilangkan tingkat energi dan memengaruhi suasana hati, tetapi juga dari faktor kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup.

Memang, durasi tidur seseorang dapat berbeda-beda, tetapi kebanyakan orang dewasa butuh terlelap sekitar tujuh hingga delapan jam dalam satu malam. Pada momen tertentu, banyak orang yang mengalami insomnia dalam jangka pendek. Gangguan ini terjadi dapat terjadi selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Apabila minum obat resep tetapi tidak kunjung sembuh, maka biasanya akan disarankan untuk menjalani terapi perilaku kognitif. Terapi yang bisa disingkat CBT-I ini dapat membantu kamu untuk mengendalikan atau menghilangkan pikiran dan kekhawatiran yang terjadi dan membuat kamu tetap terjaga. Hal tersebut juga dapat menyangkut untuk menghapus siklus yang membuat kamu sangat khawatir terjadi saat tidur sehingga tidak dapat terlelap.

Terimakasih, wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO

Re: Assalamualaikum

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum wr. wb

Nama : Amira Exfena N.

NIM : 2110101013

Disini saya izin menjawab pertanyaan mba azzahra andini seputar apakah benar insomnia bukan hanya sekedar tentang sulit tidur saja? Lalu, biasanya insomnia terjadi berapa lama? Dan, bagaimana jika sudah ke dokter lalu minum obat tapi insomnia tidak kunjung sembuh?

Jadi, gini mba betul jika insomnia itu tidak hanya sekedar tentang sulitnya tidur, tetapi cirinya penderita juga bisa mengalami mudah/merasa lelah di siang hari, stres berat, rasa cemas yang berlebihan, wajah terlihat lesu, dan sering mengalami sakit kepala/pusing, mudah mengalami perubahan mood secara cepat seperti tertekan, kesulitan berkonsentrasi dan masalah dengan memori. Jadi, perlu ditinjau nih apabila seseorang mengalami tanda/gejala seperti yang disebutkan bisa jadi sebagian besar ia mengalami insomnia. Tapi, diharapkan untuk jangan langsung meng-self diagnose diri sendiri, perlu pemeriksaan oleh tenaga ahli terlebih dahulu. Pada umumnya, insomnia yang dialami seseorang bisa berlangsung beberapa hari saja sampai dua atau tiga minggu. Namun, pada kasus yang kronis, insomnia bisa bertahan lebih lama lagi. Tentu, insomnia level ini lebih sulit disembuhkan dan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Dan, apabila sudah ke dokter dan diberi obat tetapi insomnia masih juga belum kunjung sembuh. Bisa, dilakukan dengan metode terapi, yaitu : Terapi Perilaku kognitif (CBT).

Jadi mba, secara penelitian telah menunjukkan CBT ini sama efektif, atau bahkan lebih efektif, daripada obat tidur dalam mengobati insomnia kronis. CBT dilakukan dengan cara membiasakan diri untuk menerapkan pola tidur yang baik sembari mengubah keyakinan mengenai tidur sehat dan perilaku yang menggangu pola tidur sehat. Berikut, beberapa strategi CBT yang secara khusus berfokus pada insomnia, sepert i:

1. Teknik Kognitif.

Kamu bisa menggunakan journalling untuk menuliskan kekhawatiran sebelum tidur dapat membantu untuk mendapatkan tidur nyenyak. Dengan menulis journal kamu menuangkan perasaan yang membebanimu, sehingga pikiran lebih lapang.

2. Pembatasan Tidur.

Terapi ini melibatkan pembatasan jumlah waktu yang dihabiskan di tempat tidur, termasuk menghindari tidur siang. Tujuannya adalah supaya kamu merasa lelah di malam hari dan langsung tidur.

3. Teknik Relaksasi.

Latihan pernapasan, yoga, meditasi, dan teknik relaksasi lainnya dapat digunakan untuk mengurangi ketegangan otot serta mengontrol pernapasan dan detak jantung, sehingga mampu membantu kamu untuk lebih rileks.


Begitu mba azzahra, semoga menjawab ya.

Terima kasih, wassalamu'alaikum wr. wb.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

assalamualaikum wr wb

nama ; DINA bela setia

Nim : 2110101037

ijin bertanya ibu

jika seseorang mengalami insomnia apakah akan menggangu kesehatan pada tubuh

terima kasih

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Assalamualaikum

by 2110101046 OKTAVIANA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam wr wb

Saya Oktaviana Rahmawati NIM:2110101046

 izin menjawab pertanyaan dari mba dina

Insomnia itu sendiri adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang susah tidur atau tidak dapat tidur nyenyak. Bila dibiarkan tanpa penanganan, insomnia dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, baik gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantung.

Kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih 🙏🏻



In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Assalamualaikum

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum wr. wb.

Nama : Amira Exfena N.

NIM:  2110101013

Disini, saya izin menjawab pertanyaan mba dina bela seputar insomnia apakah dapat mengganggu kesehatan tubuh?

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai penyakit serius. Salah satunya adalah insomnia. Insomnia sendiri adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang susah tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Dan, bila ini dibiarkan tanpa penanganan, insomnia dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantungHal ini dapat terjadi karena tidur berperan penting dalam menjaga kemampuan tubuh dalam memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Inilah sebabnya, orang yang kurang tidur itu lebih rentan menderita penyakit jantung. Selain itu, penderita insomnia juga berisiko lebih tinggi menderita diabetes, obesitas, stroke, kanker, hingga masalah kesehatan mental seperti gangguan suasana hati dan kecemasan. Begitu mba dina, semoga menjawab ya.

Terima kasih, wassalamu'alaikum wr. wb.


In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Assalamualaikum

by 2110101056 ALIYA PUSPITA RIZWANI -

Assalamualaikum wr.wb. izin menjawab pertanyaan mba Dina Bela Setia


Iya, Jika insomnia dibiarkan tanpa penanganan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (arıtma), gagal jantung, maupun serangan jantung.


Terima Kasih 

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Assalamualaikum

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -

Assalamualaikum, Ibu. 

Saya izin mencoba menjawab pertanyaan dari bak Dina Bela Setiawati.

Insomnia sama artinya dengan tidur terlambat. Tertulis pada slide di materi bahwa bila manusia tidur terlambat, mereka membatasi kemampuan tubuh untuk menangani segala kegiatan dan mengurangi tenaga dan vitalitas pada keesokan harinya. Insomnia dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental. Sehingga kualitas hidup akan menurun. Hal ini dikarenakan jika dengan tidur maka segala organ, Jaringan, dan sistem dalam tubuh dapat berfungsi optimal.

Beberapa hal yang bisa terjadi apabila kita sering insomnia yaitu konsentrasi menurun, akan memperburuk kondisi kulit kita seperti timbulnya lingkaran hitam di area sekitar mata yang biasa kita sebut mata panda, munculnya tanda penuaaan dini, daya ingatan menurun, dan orang yang kurang tidur lebih rentan menderita penyakit jantung.

Jadi, alangkah baiknya kita tidur sekitar 8-10 jam setiap harinya. 

Sekian. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Assalamualaikum

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba dina bela setia

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Bila dibiarkan tanpa penanganan, insomnia dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantung.

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai penyakit serius. Salah satunya adalah insomnia, insomnia sendiri adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang susah tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Hal ini dapat terjadi karena tidur berperan penting dalam menjaga kemampuan tubuh dalam memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Inilah sebabnya, orang yang kurang tidur lebih rentan menderita penyakit jantung.

Selain itu, penderita insomnia juga berisiko lebih tinggi menderita diabetes, obesitas, stroke, kanker, hingga masalah kesehatan mental seperti gangguan suasana hati dan kecemasan.

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb


In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Assalamualaikum

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Waalaikumussam baik mbak Dina saya akan menjawab pertanyaan

Nama : Rike Yulianti

Nim : 2110101043

Insomnia sendiri adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang susah tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Bila dibiarkan tanpa penanganan, insomnia dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantung.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum ibu saya Rizfi Pramesi Lalita Fasya (2110101065) izin bertanya, ada orang kalau tidur itu selalu nyenyak dan susah bangun padahal tidurnya sudah memakan waktu yang lama, apakah itu termasuk gangguan atau apa ya bu? Lalu bagaimana cara mengatasinya agar tidak tidur melulu?

Terimakasih, wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA

Re: Assalamualaikum

by 2110101046 OKTAVIANA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam wr wb

Saya Oktaviana Rahmawati NIM 2110101046 

Izin menjawab pertanyaan dari mba Rizfi


Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering tidur terlalu lama atau kurang tidur, lebih berisiko untuk mengalami gangguan metabolisme dan hormon, salah satunya insulin. Hal inilah yang membuat gangguan tidur berlebihan atau kurang tidur dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena diabetes.


Cara Mengatasi Waktu Tidur Yang Berlebihan

1.Buat jadwal tidur 

2. Olahraga rutin

3. Konsumsi buah dan sayur

4. konsumsi kafein dan alkohol. 

5. Ciptakan suasana kamar yang nyaman. 

6. Batas waktu tidur siang 

7. Tenangkan pikiran

8. Basahi wajah dengan air dingin.

In reply to 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA

Re: Assalamualaikum

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wb 

Saya Syarah Khairunnisa Ramadhani dengan Nim 2110101021 

Izin menjawab pertanyaan dari Mba Rizfi

Hal Tersebut merupakan gangguan istirahat tidur yang disebut Hipersomnia

Hipersomnia adalah kegiatan tidur yang melebihi normal / lebih dari 9jam pada malam hari, Hipersomnia juga merupakan suatu kondisi yang membuat seseorang merasakan kelelahan dan ingin tidur meskipun sudah tidur dalam waktu cukup.

Penyebab dari munculnya Hipersomnia yaitu :

1. Tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur di malam hari

2. Genetik atau keturunan

3. Depresi 

4. Obesitas

5. Penggunaan obat-obatan tertentu

6. Pola hidup tidak sehat

Cara Mengatasinya yaitu dengan :

1. Melakukan pemeriksaan ke dokter, taktutnya ada penyakit genetik yang juga menyebabkan rasa kantung yang sangat parah yang disebut dengan narkolepsi. Apabila mengalami kantuk yang terus menerus meskipun sudah cukup tidurnya maka ada baiknya melakukan evaluasi ke dokter. Ada juga Penyakit saluran nafas yaitu Obstructive Sleep Apnea juga dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan meskipun sudah cukup tidur.

2. Sebaiknya tidur paling sedikit 8-10 jam setiap harinya. Tidur secara cukup ini memang perlu dilakukan untuk mencegah rasa kantuk yang berlebihan. 

3. Meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga. Aktivitas fisik dapat meningkatkan level energi Anda dan mencegah rasa kantuk yang berlebihan.

4. Tidur siang apabila memang terlalu lelah pada siang hari agar fisik Anda prima sampai sore/malam hari.

Terimakasih

In reply to 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA

Re: Assalamualaikum

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -

Assalamualaikum, Ibu.

Nama : Baita Awiktamara Nisa

Nim : 2110101038

Saya izin mencoba menjawab pertanyaan dari Mba Rizfi Pramesi Lalita Fasya.

Tidur terlalu lama disebut juga oversleeping yang berarti  kita menghabiskan banyak waktu untuk tidak aktif. Banyak yang beranggapan bahwa tidur lama dapat menghilangkan lelah namun justru tidur lama menyebabkan tubuh kurang energi sehingga berasa lemas setelah kita bangun. 

Beberapa bahaya dari gangguan tidur terlalu lama yaitu tidur terlalu lama merupakan penyebab risiko terjadinya penyakit obesitas, diabetes dan penyakit jantung, terlalu banyak tidur juga mengakibatkan penumpukan Lemak penyebab tubuh menjadi gemuk, adanya rasa sakit punggung karena tidur dengan posisi sama yang terlalu lama, dan mengakibatkan rasa sakit di kepala arena tidur terlalu lama memengaruhi kerna senyawa Kimia di otal (neurotransmitter) supertitles serotonin.

Adapun beberapa cara agar memiliki kuatlitas tidur yang baik dan tidak terlalu lama yaitu mengatur waktu tidur dengan mencoba untuk tidur dan bangun pada waktu yang hampir sama setiap hari, menghindari  begadang misalnya saat pada malam hari sebelumnya libur sehingga pada esok harinya kita tidak tidur terlalu lama. 

Sekian. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb. 

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH -

ibuk ijin mau nanya

Nama : irma misbahul jannah

Nim    : 2110101044

ibuk  ijin mau tanya kan saya kalau naik bis gt sering mabok trus saya beli antimo pill itu trus berner2 efek ngantuk banget di perjalanan itu tidur bner2 ngantuk berarti di pil itu ada obat tidur yah buk trus kok bisa gt ada juga orang2 malah menyalahgunakn aturan seperti minum yang banyakk gt trus efek nya pasti berisiko  tinngi sampai ke tua gk buk apa efeknya sebetar gt kalau orang menyalahgunakan tidak sesuai ?

sekian terimakasih :)

In reply to 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

izin membantu menjawab pertanyaan dari mbak Irma

Bahaya konsumsi obat tidur secara berlebihan adalah kejang-kejang hingga susah bernapas. Beberapa orang juga mengalami reaksi alergi dari obat tidur yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas, nyeri dada, mual dan bengkak.

Efeknya saat nanti sudah tua bisa menyebabkan parasomnia, alergi kronis, ketergantungan dan mudah mengalami konsentrasi daya ingat alias pikun.

Terimakasih, wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum wr. wb.

Nama : Amira Exfena N.

NIM ; 2110101013

Disini saya mencoba menjawab pertanyaan dari mba irma misbahul, seputar kebiasaan minum pil antimo dikala mabok saat perjalanan bis, dan apakah pil itu ada obat tidurnya? Kok bisa ada juga orang2 yang malah menyalahgunakan aturan seperti meminumnya diluar batas wajar, apakah efeknya dapat berisiko  tinggi sampai ke masa tua? Apakah efeknya sebentar jika ada orang yang meminum pil tersebut yang tidak sesuai dengan aturan pakai?

Jadi gini mba, antimo (Dimenhydrinate) ini merupakan antihistamin yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi keluhan pusing, mual, muntah akibat mabuk perjalanan/motion sickness. Pada beberapa kondisi obat ini dapat digunakan dalam kasus penyakit meniere (gangguan telinga dalam). Namun, obat ini tidak ditujukan untuk mengatasi sulit tidur dan tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama ya. (Dimenhydrinate) atau antimo ini merupakan obat golongan antihistamine yang bekerja menghambat kerja histamin sehingga mencegah stimulasi pada otak dan telinga dalam yang menyebabkan keluhan mual dan pusing. Penderita yang mendapatkan pengobatan dengan obat jenis ini, diharapkan dapat terkontrol keluhan mual sampai pusing yang dirasakannya. Dan, biasanya obat pil ini diberikan untuk membantu mengurangi keluhan mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan, dimana keluhan mabuk perjalanan ini dapat berupa keluhan pusing, mual dan muntah. 

Selanjutnya, jika ada seseorang yang malah menyalahgunakan atau memakai pil ini diluar batas wajar dan tidak sesuai aturan pakai. Maka, hal ini dapat berisiko mengalami overdosis obat dan menyebabkan efek samping dari overdosis obat yang diminum. Sehingga untuk mencegah efek samping yang tidak diharapkan, sebaiknya penderita mengkonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis anjuran obat ini adalah diminum 4 sampai 6 kali perhari, dengan dosis maksimal perhari adalah 300mg-400mg. Kelebihan dosis obat ini dapat bersifat fatal. Berikut, beberapa efek samping yang dapat terjadi karena overdosis obat/penyalahgunaan dari obat pil ini, yaitu :

  1. Sulit Untuk Kencing.
  2. Pandangan Kabur.
  3. Mulut Kering.
  4. Telinga Berdenging.
  5. Mata Kering.
  6. Tekanan Darah Rendah.
  7. Detak Jantung Cepat.
  8. Kejang-Kejang.
  9. Gemetar.
  10. Keringat Dingin.
  11. Mudah Cemas.
  12. Mengantuk Berlebihan.
  13. Tremor.
  14. Mual dan muntah.

Kembali lagi mba, bahwa semua yang dikonsumsi secara berlebihan dan tidak dalam batas wajar, akan ada yang namanya kecanduan/overdosis obat. Dan, bila hal ini sudah terjadi, tentunya, akan ada resiko jangka panjang yang memungkinkan untuk terjadinya gangguan atau penyakit menyertai lainnya bagi seseorang. Begitu mba irma, semoga menjawab ya.

Terima kasih, wassalamu'alaikum wr. wb.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101028 LEDY SUPRIHATIN -

assalamualaikum 

NAMA : LEDY SUPRIHATIN 

NIM : 2110101028

KELAS A

izin bertanya apa gejala kronis yang disebab kan karena insomnia terimakasih ibu wassalamu'alaikum

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Assalamualaikum

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

izin menjawab pertanyaan dari mbak Ledy

Gejala-gejala insomnia yang paling umum, di antaranya:

  • Sulit untuk merasakan ngantuk dan tidak bisa tertidur.
  • Terbangun pada malam hari atau dini hari dan tidak bisa tidur kembali.
  • Merasa lelah, emosional, sulit berkonsentrasi, dan tidak bisa melakukan aktivitas secara baik pada siang hari.
  • Tidak bisa tidur siang, meskipun tubuh terasa lelah.

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Assalamualaikum

by 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI -

salma safira damayanti 

2110101057

izin menjawab pertanyaan dari ledy suprihatin

gejala yang disebabkan oleh insomnia meliputi : 

lemahnya sistem kekebalan tubuh, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, kejang, serangan asma, dan penyakit jantung.

terimakasih

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Assalamualaikum

by 2110101046 OKTAVIANA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam wr wb, saya Oktaviana Rahmawati NIM 2110101046

Izin menjawab pertanyaan dari mba Ledy


gejala insomnia

1. mulai untuk memulai tidur pada malam hari.

2. Sering terbangun tengah malam atau bangun sangat pagi.

3. Bangun tidur dengan tubuh yang lelah.

4. Kerap dan kelelahan pada siang hari.

5. Lekas ​​marah, depresi, atau cemas/gugup.

Kurang lebihnya mohon maaf, Terima kasih🙏🏻

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Assalamualaikum

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam izin menjawab pertanyaan mba ledy suprihatin

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Penyebab Insomnia

Ada beberapa gejala insomnia yang pada akhirnya berujung kepada kondisi sulit tidur pada jangka waktu yang cukup lama. Mulai dari akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga akibat gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan seperti:

-Mengalami stress.

-Mengingat peristiwa yang traumatis.

-Terjadinya perubahan kebiasaan tidur, seperti tinggal di rumah baru.

-Mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Insomnia yang kronis dapat berlangsung paling tidak selama 3 bulan dan dapat bersifat primer atau sekunder. Sejauh ini, gangguan tidur dengan jenis primer tidak diketahui penyebabnya. Namun pada tipe sekunder, kondisi lain yang dapat terjadi, seperti pengaruh kondisi medis, masalah psikologis, penggunaan zat tertentu, serta mengidap diabetes.

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Assalamualaikum

by 2110101027 PUTRI WAHYUNING PANGESTI -

Assalamualaikum wr.wb

Izin menjawab pertanyaan dari Mbk Ledy suprihati ibu.

Nama : Putri Wahyuning Pangesti.

Nim : 2110101027

gejala insomnia yang terjadi, meliputi:

  • Kesulitan untuk memulai tidur di malam hari
  • Sering terbangun di tengah malam atau bangun sangat pagi
  • Bangun tidur dengan tubuh yang lelah
  • Mengantuk dan kelelahan di siang hari
  • Lekas marah, depresi, atau cemas
  • Masalah dalam memperhatikan, sulit fokus pada tugas-tugas, dan sulit mengingat
  • Sakit kepala dan kepala terasa tegang
  • Rasa tertekan di perut dan usus
  • Kekhawatiran tentang tidur.

Terimakasih...mohon dikoreksi ibu jika terdapat kesalahan🙏



In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH -

Assalamu'alaikum wr.wb permisi ibu izin bertanya.

Nama : Ardelia Azmi F

Kelas  : A

Nim    : 2110101039

Apa saja penyebab insomnia dan bagaimana cara mengatasinya? 

Terima kasih ibu

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

izin menjawab pertanyaan dari mbak Ardelia

Penyebab insomnia bisa disebabkan karena stres, jadwal aktivitas yang berubah, kebiasaan tidur yang buruk, terlalu banyak makan pada malam hari, gangguan mental, adanya penyakit kronis, seing konsumsi kafein/alkohol, penggunaan obat obatan dan faktor pertambahan usia.

Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan :

  • Membuat jadwal tidur dan mematuhinya.
  • Melakukan olahraga dan kegiatan aktif agar bisa tidur nyenyak pada malam hari.
  • Memeriksa segala obat yang Anda gunakan untuk memastikan adakah obat yang menyebabkan sulit tidur.
  • Menghindari atau membatasi jam tidur siang.
  • Menghindari mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol.
  • Jangan mengabaikan rasa sakit, dan segera periksakan ke dokter agar tidak mengganggu waktu tidur Anda.
  • Berhenti merokok karena kandungan nikotinnya meningkatkan risiko sulit tidur.
  • Tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak saat mendekati jam tidur.
  • Sebisa mungkin membuat tempat tidur lebih nyaman.
  • Mencari cara agar bisa rileks dan santai sebelum tidur.
  • Jangan berada di atas tempat tidur saat masih ingin melakukan aktivitas lainnya.

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101046 OKTAVIANA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam wr wb saya Oktaviana Rahmawati NIM 2110101046 

Izin menjawab pertanyaan dari mba Ardelia


Penyebab insomnia

1. Stres. 

2. Jadwal aktivitas yang berubah.

3. Kebiasaan tidur yang buruk. 

4. Terlalu banyak makan pada malam hari. 

5. Gangguan jiwa. 

6. Penyakit kronis dan penyakit lain. 

7. Kebiasaan mengonsumsi kafein, nikotin, dan alkohol.

8. Penggunaan obat-obatan.


Cara mengatasi Insomnia


1. Penggunaan obat

Anda bisa mengatasi insomnia dengan obat tidur. Biasanya, dokter akan meresepkan obat sesuai dengan jenis insomnia yang Anda alami. Namun, pastikan untuk selalu membuat pertimbangan terlebih dahulu mengenai manfaat dan efek penggunaan obat sebelum menggunakannya.


2. Terapi perilaku kognitif

Ternyata, ada terapi perlaku kognitif yang khusus untuk mengatasi insomnia. 

Ada beberapa tahapan pada terapi untuk insomnia ini, seperti berikut:


A. Terapi kognitif, untuk membuat lebih rileks dan positif saat hendak tidur.

B. Terapi relaksasi dan relaksasi untuk melatih tidur lebih cepat.

C. Pembelajaran untuk tidur, untuk membantu mengatur diri sendiri dengan kebiasaan-kebiasaan tidur yang baik.

D. Terapi tidur, untuk membatasi waktu yang habiskan di atas tempat tidur, baik saat tidur atau tidak.

E. Terapi stimulus kontrol, untuk membantu memiliki waktu bangun dan tidur yang sama setiap hari.


3. Pengobatan di rumah untuk insomnia

Selain pengobatan menjalani, Anda perlu mengubah gaya hidup agar kualitas tidur menjadi lebih baik. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti berikut:


A. Membuat jadwal tidur dan mematuhinya.

B. melakukan olahraga dan kegiatan aktif agar bisa tidur nyenyak pada malam hari.

C. Memeriksa segala obat yang Anda gunakan untuk memastikan adakah obat yang menyebabkan sulit tidur.

D. membatasi jam tidur siang.

E. minuman berkafein dan alkohol.

F. Jangan perhatikan rasa sakit, dan segera periksa ke dokter agar tidak mengganggu tidur.

G. Berhenti merokok karena kandungan nikotinnya meningkatkan risiko sulit tidur.

H. Tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak saat mendekati jam tidur.

I. Sebisa mungkin membuat tempat tidur lebih nyaman.

J. Mencari cara agar bisa rileks dan santai sebelum tidur.

k. Jangan berada di atas tempat tidur saat masih ingin melakukan aktivitas lainnya.

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Wallaikumsallam saya Tjahya Pramudyaning Sumantri dengan Nim 2110101051 izin menjawab pertnyaan dari mba ardelia.

Penyebab insomnia dapat berupa stress,perubahan jadwal aktivitas,kebiasaan tidur yang buruk,gangguan mental,penyakit kronis dan penyakit lain.

Cara mengatasinya yaitu :

  1. Membuat jadwal tidur dan mematuhinya.
  2. Melakukan olahraga dan kegiatan aktif agar bisa tidur nyenyak pada malam hari.
  3. Memeriksa segala obat yang Anda gunakan untuk memastikan adakah obat yang menyebabkan sulit tidur.
  4. Menghindari atau membatasi jam tidur siang.
  5. Menghindari mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol.

Sekian dan terima kasih dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam menjawa pertanyaan ya bu.


In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba ardelia azmi

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM    : 2110101059

Penyebab insomnia yang pada akhirnya berujung kepada kondisi sulit tidur pada jangka waktu yang cukup lama. Mulai dari akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga akibat gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan, seperti:

-Mengalami stress.

-Mengingat peristiwa yang traumatis.

-Terjadinya perubahan kebiasaan tidur, seperti tinggal di rumah baru.

-Mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Cara mengatasi insomnia yaitu dengan cara:

-Penggunaan obat

-Terapi perilaku kognitif

-Pengobatan di rumah untuk insomnia

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA -

saya Nadila hellena Imanda(2110101047) izin menjawab pertanyaan dari mba ardelia.

penyebab insomnia yaitu stres, jadwal aktivitas yang berubah, kebiasaan tidur yang buruk, terlalu banyak makan pada malam hari, gangguan mental, serta memiliki penyakit kronis.  Cara mengatasinya yaitu dengan meluangkan waktu untuk relaksasi, berusaha untuk terus berfikir positif, mengkonsumsi makanan yang sehat, mengantisipasi perubahan jam tidur saat bepergian, menerapkan gaya hidup sehat, dan konsumsi obat tidur sesuai resep dokter.

mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menjawab. terima kasih

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Assalamualaikum

by Fayakun Rohmah -

Terapi insomnia beragam ngih, ada non farmakologi dan farmakologi..sila lebih detail bs dibaca disini 

https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/download/5352/4101/

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Assalamualaikum

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wb 

Saya Syarah Khairunnisa Ramadhani Dengan Nim 2110101021

Izin menjawab pertanyaan dari Mba Ardelia

Penyebab dari Insomnia yaitu

1. Stres atau kecemasan

2. Depresi

3. Efek samping pengobatan

4. Kurang Paparan Sinar Matahari

5. Fisik Tidak AKtif di siang hari

Cara Menagatasinya yaitu :

1. Berusaha untuk tidur di waktu yang sama setiap malam dan saat bangun di pagi hari. Pastikan juga tidak tidur siang karena dapat mengurangi rasa kantuk di malam hari.

2. Hindari menggunakan smartphone saat sudah memasuki jam tidur agar rasa kantuk tidak hilang.

3. Hindari konsumsi kafein, nikotin, serta alkohol di siang hari yang dapat memengaruhi pola tidur.

4. Usahakan untuk berolahraga secara teratur setiap hari dan lakukan jauh sebelum waktunya tidur.

5. Buat kamar menjadi tempat yang nyaman dan gunakan alat-alat yang mempermudah untuk tidur.

6. Berusaha aktif di sinag hari agar terhindar dari tidur siang.

In reply to Fayakun Rohmah

Re: Assalamualaikum

by 2110101063 INDANA SUROYA -

Assalamualaikum wr.wb.

Nama : Indana suroya

Nim_2110101063

Kelas A


Izin bertanya bu,

Bagaimana cara mengatasi penyimpangan seksual?

Terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb.

In reply to 2110101063 INDANA SUROYA

Re: Assalamualaikum

by 2110101062 KATRIN SEPTIA RINI -

Nama : Katrin Septia R

NIM :2110101062

Izin menjawab pertanyaan dari mba indana bu,

Cara mengatasinya dengan:

1. Pendidikan yang baik dari orang tua.
2. Perhatian yang baik dari orang tua.
3. Kasih sayang yang baik dari orang tua.
4. Pemahaman mengenai bahaya penyimpangan seksual.
5. Pemahaman mengenai akibat yang ditimbulkan dari penyimpangan seksual.