Forum Diskusi Kelas B Teori 4 Perubahan fisiologi dan psikologi persalianan

Forum Diskusi Teori 4

Forum Diskusi Teori 4

by Dwi Ernawati -
Number of replies: 38

1. Jelaskan proses dilatasi serviks

2. Kalsium sangan penting pada proses persalinan,apa fungsi kalsium

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106077 YUSTIA RAHENDRA -
Assalamualaikum wr wb Saya yustia rahendra ijin menjawab pertanyaan dari ibu 1. Dilatasi serviks adalah Pelebaran serviks 10 cm dihitung sebagai dilatasi lengkap. Itu berarti jalan lahir benar-benar terbuka, dan ibu bisa mulai mendorong. Mulut leher rahim ibu melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga ibu bisa melahirkan bayi. 2. Fungsi kalsium pada proses persalinan kalsium dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia merupakan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urin yang dapat menyebabkan kematian pada perempuan dan bayi pada masa persalinan. Tidak hanya saat kehamilan, kalsium juga dibutuhkan setelah persalinan. Terima kasih
In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106091 EFI NUR HAYATI -

Assalamualaikum wr wb..

Saya Efi Nur Hayati/1910106091 izin menjawab 

1. Fase dilatasi merupakan melebarnya serviks dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir.

Pada titik proses melahirkan ini, kontraksi akan sangat kuat, terjadi setiap dua hingga tiga menit. Setiap kontraksi dapat berlangsung 60 detik atau lebih. Ibu hamil mungkin merasa gemetar atau mual pada saat ini.

Fase dilatasi maksimal : pembukaan berlangsung sangat cepat dari pembukaan 4 cm menjadi 9 cm, berlangsung 2 jam.

2. Manfaat Kalsium

kalsium bermanfaat untuk menjaga fungsi saraf dan otot. Selain itu, kalsium juga dapat menurunkan risiko ibu mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) saat hamil dan mengalami preeklampsia.

Preeklampsia adalah salah satu komplikasi kehamilan yang berbahaya yaitu Hipertensi dan preeklampsia di masa kehamilan dapat berdampak buruk bagi ibu hamil dan perkembangan bayinya.

Kalsium tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan kalsium dari luar, yaitu sumber makanan dan minuman. Ibu hamil disarankan untuk memperoleh 1000 mg kalsium per hari. Jumlah ini setara 3 gelas susu ukuran 230 mL atau 4 porsi makanan yang kaya kalsium.

Berikut adalah beberapa makanan tinggi kalsium yang baik untuk ibu hamil:

  • Susu dan produk olahannya, termasuk keju, yoghurt, bahkan es krim.
  • Beragam sayuran hijau, seperti pakcoy dan brokoli.
  • Beberapa jenis seafood, misalnya udang.
  • Sajian dari kacang kedelai, seperti tahu dan edamame.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang almond, biji wijen, maupun buncis.
  • Produk sajian yang sudah diperkaya dengan kalsium, seperti roti, sereal, jus jeruk, dan oatmeal.
  • Susu yang dibuat dari kacang-kacangan, seperti susu almond dan susu kedelai.
  • Rumput laut.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106092 NOVIA SYAPUTRI -

Novia Syaputri/1910106092 izin berpendapat ibu

Dilatasi dan Efektivitas Serviks

Kontraksi terjadi dan membuka serviks cukup lebar sehingga bayi bisa lewat. Namun, terkadang tanda-tanda dari setiap fase pada tahapan ini juga mungkin akan terlihat tumpang tindih.

Fase Awal: Serviks Terbuka Hingga 3 cm

Fase awal tahap pertama ini juga disebut fase laten dan dapat bertahan hingga 20 jam. Proses melahirkan biasanya dimulai dengan kontraksi yang datang setiap 5-20 menit dan masing-masing berlangsung 30 hingga 60 detik.

Namun, setiap tanda persalinan masing-masing orang akan berbeda dan beberapa wanita mungkin tidak menyadari bahwa mereka sudah dekat dengan waktu persalinan sampai kontraksi relatif berdekatan atau hanya berjarak sekitar lima menit.

Kontraksi akan menjadi lebih kuat, lebih lama, lebih sering, dan terkoordinasi dengan lebih baik. Selama fase awal, serviks Moms akan terbuka sekitar 3 cm (1 inci).

Rasa sakit yang mungkin Moms alami selama fase awal tahap satu ini akan mirip dengan kram menstruasi, menyebar di sekitar perut seperti ada sesuatu yang ketat. Selama kontraksi, ada gelombang rasa sakit di perut. 

Fase Aktif: Serviks Membesar Menjadi 7 cm

Fase ini adalah ketika persiapan proses melahirkan dimulai dan harus lebih serius karena sebagian besar perempuan akan mulai bekerja lebih intens. Selama fase aktif, kontraksi biasanya datang dengan mantap, secara bertahap meningkatkan intensitas dan frekuensi, serta berjarak 3 - 5 menit.

Rasa sakit mungkin terpusat di punggung bawah, perut atau paha dan mungkin cukup kuat sehingga membuat Moms sulit berbicara. Moms juga mungkin mengalami peningkatan jumlah keputihan atau kecoklatan atau terkadang disebut 'flek darah'. 

Fase Transisi: Serviks Terbuka Hingga 10 cm

Pada fase transisi, serviks akan terbuka dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir.

Fungsi kalsium bagi ibu hamil

kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Selama hamil, kebutuhan kalsium ibu bertambah karena kalsium diperlukan untuk membangun tulang dan gigi janin dalam kandungan. Gigi sebenarnya sudah terbentuk saat janin masih dalam kandungan. 




In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106069 NAILA SYAKIROHTUL RIZKIYAH -

Assalamualaikum saya naila nim 1910106069 ijin menjawab soal bu

  1. Proses persalinan dimana jalan lahir sudah terbuka lebar yaitu 10cm atau biyasanya di sebut dengan pembukaan lengkap. 
  2. Fungsi dari kalsium yaitu untuk membantu pertumbuhan gigi janin, memperlancar peredaran darah dan menjaga stabilitas degup jantung, Membentuk otot dan saraf agar berfungsi sempurna, Kegunaan kalsium pada Ibu hamil adalah untuk mencegah risiko osteoporosis pada Ibu, Mengurangi risiko terjadinya komplikasi dimasa kehamilan

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106094 CEZARATANIA AYU SEPTIANI -
Assalamualaikum wr.wb

Saya Cezaratania Ayu S (1910106094) izin menjawab.

1. Yang dimaksud dengan dilatasi serviks adalah pembukaan serviks, jalan masuk ke rahim, selama persalinan, keguguran, aborsi (aborsi induksi), dan operasi ginekologis. Dilatasi serviks ini bisa terjadi secara alami, maupun induksi melalui pembedahan atu medis.


2. Apa fungsi kalsium? Kalsium adalah salah satu mineral yang penting bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Kalsium erat kaitannya dengan fungsi gigi dan tulang. Tidak hanya umenunjang pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium bagi bayi saat kehamilan juga diperlukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan hati, saraf, dan otot yang sehat.

Selain itu, kalsium juga dapat menurunkan risiko ibu mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) saat hamil dan mengalami preeklampsia.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106067 NURAJIZAH KALLA -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Nur ajizah kalla Nim 1910106067 izin menjawab ibu 

1. Proses dilaktasi serviks 

Dilatasi serviks adalah Pelebaran serviks 10 cm dihitung sebagai dilatasi lengkap. Itu berarti jalan lahir benar-benar terbuka, dan ibu bisa mulai mendorong bayi yang akan keluar ke dunia. Mulut leher rahim ibu melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga ibu bisa melahirkan bayi. 

2. Kalsium sangan penting pada proses persalinan,apa fungsi kalsium? 

Mengonsumsi makanan bergizi adalah salah satu hal terbaik yang dapat ibu hamil  lakukan saat masa kehamilan. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai gizi seimbang yang dapat mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan ibu dan mempertahankan pertambahan berat badan yang ideal.

Salah satu mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Mengapa kalsium penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya adalah karena kalsium merupakan mineral yang memiliki banyak manfaat dan salah satu fungsi utamanya adalah membentuk organ tulang dan gigi pada pertumbuhan janin.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106065 SRITIAWATI PUTRI -

Assalamu'alaikum wr.wb

Ibu izin menjawab pertanyaan mengenai penjelasan dilatasi serviks  Mengutip American Pregnancy Association, tahap pertama proses melahirkan, berlangsung dari saat ibu mulai mengalami kontraksi hingga saat serviks sepenuhnya melebar atau terbuka. Dalam minggu-minggu menjelang persalinan, serviks mulai melunak.


Kontraksi terjadi dan membuka serviks cukup lebar sehingga bayi bisa lewat. Namun, terkadang tanda-tanda dari setiap fase pada tahapan ini juga mungkin akan terlihat tumpang tindih.


Fase Awal: Layanan Terbuka Hingga 3 cm


Fase awal tahap pertama ini juga disebut fase laten dan dapat bertahan hingga 20 jam. Proses yang lahir dimulai dengan kontraksi yang datang setiap 5-20 menit dan masing-masing berlangsung 30 hingga 60 detik.


Namun, setiap tanda kerja masing-masing orang akan berbeda dan beberapa wanita mungkin tidak menyadari bahwa mereka sudah dekat dengan waktu persalinan sampai kontraksi relatif dekat atau sekitar lima menit.


Kontraksi akan menjadi lebih kuat, lebih lama, lebih sering, dan terkoordinasi dengan lebih baik. Selama fase awal, serviks Moms akan terbuka sekitar 3 cm (1 inci)

Fase Aktif: Layanan Membesar Menjadi 7 cm


Fase ini adalah ketika persiapan untuk memulai dimulai dan harus lebih serius karena sebagian besar perempuan akan mulai bekerja lebih intens. Selama fase aktif, kontraksi biasanya datang dengan mantap, secara bertahap meningkatkan intensitas dan frekuensi, serta 3 - 5 menit.Fase Transisi: Layanan Terbuka Hingga 10 cm


Pada fase transisi, serviks akan terbuka dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir.


Pada titik kelahiran ini, kontraksi akan sangat kuat, terjadi setiap dua hingga tiga menit. Setiap kontraksi dapat berlangsung 60 detik atau lebih. Moms mungkin merasa gemetar atau mual saat ini.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106071 FATIHA ZALMA IFTINAN RHEINANDY -

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Saya Fatiha Zalma Iftinan Rheinandy, ijin menjawab pertanyaan ibu. 

1. Jelaskan proses dilatasi serviks
Saat ibu akan mendekati waktu persalinan, serviks ibu akan membesar yang mengindikasikan bahwa sebentar lagi bayi siap untuk dilahirkan. Waktu yang dibutuhkan serviks untuk melebar dari 1 cm hingga 10 cm bervariasi antar satu orang dengan orang lainnya.
• Pelebaran 1 cm
Jika ibu sudah merasakan kontraksi yang teratur, itu artinya ibu dapat segera menuju ke rumah sakit atau bidan. Disana dokter atau bidan akan memberi tahu ketika pelebaran serviks dimulai. Pelebaran serviks 1 cm berarti tubuh ibu siap untuk melahirkan, tetapi itu tidak berarti ibu akan segera memasuki persalinan.
• Kontraksi makin intens setelah serviks Mama melebar menjadi 5 cm
Setelah leher rahim melebar hingga 5 cm dan mulai merasakan kontraksi, ibu memasuki tahap awal persalinan. Kontraksi pada tahap ini makin intens tetapi cenderung bervariasi antara ringan hingga sedang, sehingga ibu masih bisa menahannya. Kontraksi terjadi setiap beberapa menit sekali. Pelebaran serviks 5 cm juga menunjukkan bahwa serviks ibu telah melunak. Mulut rahim yang lunak berfungsi untuk memudahkan bayi keluar dari rahim ke vagina.
• Pelebaran 6 cm
Bidan atau dokter akan memantau secara intensif jika leher rahim ibu telah melebar melebihi 5 cm. Biasanya jika leher rahim sudah membesar selebar 6 cm maka pelebaran selanjutnya akan terjadi jauh lebih cepat daripada sebelumnya dan persalinan dapat segera terjadi. Kontraksi yang terjadi akan lebih intens dan terasa jauh lebih menyakitkan setelah serviks melebar melebihi 5cm.
• Pelebaran 10 cm
Pelebaran serviks 10 cm dihitung sebagai dilatasi lengkap. Itu berarti jalan lahir benar-benar terbuka, dan ibu bisa mulai mendorong. Mulut leher rahim melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga bisa melahirkan bayi. Bidan atau dokter akan mulai menginstruksikan ibu untuk mendorong dan mengatur nafas.


2. Kalsium sangan penting pada proses persalinan,apa fungsi kalsium
kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Kalsium berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, sekaligus membantu jantung, saraf serta otot janin berkembang dengan baik. Mencukupi kebutuhan kalsium saat hamil pun mengurangi risiko hipertensi dan preeklampsia.


Sumber : 

https://www-popmama-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.popmama.com/amp/pregnancy/birth/atika-dian/dilatasi-serviks-pelebaran-mulut-rahim?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16359255424647&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.popmama.com%2Fpregnancy%2Fbirth%2Fatika-dian%2Fdilatasi-serviks-pelebaran-mulut-rahim

https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-dan-cara-memenuhi-kebutuhan-kalsium-untuk-ibu-hamil#:~:text=Mulai%20dari%20mengatur%20pola%20makan,otot%20janin%20berkembang%20dengan%20baik.



In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106059 YUNI FITRIYA -

assalamualaikum wr.wb

saya yuni fitriya 1910106059 izin menjawab pertanyaan ibu

1.  Dilatasi serviks  Pada tahap ini terjadi pematangan dan pembukaan mulut rahim hingga cukup untuk jalan keluar janin. Pada kala 1 terdapat dua fase yaitu :  1. Fase laten: pembukaan sampai mencapai 3 cm, berlangsung sekitar delapan jam. 2. Fase aktif: pembukaan dari 3 cm sampai lengkap (+ 10 cm), berlangsung sekitar enam jam. Pada tahap ini ibu akan merasakan kontraksi yang terjadi tiap 10 menit selama 20-30 detik. Frekuensi kontraksi makin meningkat hingga 2-4 kali tiap 10 menit, dengan durasi 60-90 detik. Kontraksi terjadi bersamaan dengan keluarnya darah, lendir, serta pecah ketuban secara spontan. Cairan ketuban yang keluar sebelum pembukaan 5 cm kerap dikatakan sebagai ketuban pecah dini.

2.Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan pertumbuhan anak terhambat dan memicu beragam penyakit, seperti rakitis, osteomalacia, serta osteoporosis

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106065 SRITIAWATI PUTRI -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya izin menjawab pertanyaan mengenai fungsi atau kalsium pada ibu hamil 

Apun fungsi kaslium diantaranya

  • Kalsium Mampu Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin
    Kalsium yang cukup dapat melindungi ibu hamil dari kondisi preeklamsia, yakni kondisi tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan. Selain itu, manfaat kalsium bagi janin dalam kandungan lainnya adalah bayi dapat terhindar dari risiko cacat fisik, pembentukan struktur gigi yang baik dan kuat, pembentukan sistem pembekuan darah yang normal, pembentukan jaringan jantung, serta mendukung pengembangan jantung. pada janin.
  • Kalsium Mampu Mencegah Osteoporosis
    Ibu hamil yang membutuhkan kalsium demi mempertahankan kesehatan tulang dan memberikan nutrisi untuk janin. Janin akan menggunakan kalsium untuk pembentukan jaringan tulang rawan. Keberlangsungan proses penyerapan kalsium dalam membangun pertumbuhan tulang terus hingga usia 20 tahun, namun akan mengalami penurunan pada usia 30 tahun. Bila asupan kalsium dan vitamin D terus terpenuhi, maka akan memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Kalsium Mampu Membantu Proses Metabolisme
    Kalsium ternyata juga memiliki peran yang penting untuk proses metabolisme. alasan yang membuat kalsium tidak jarang dimasukkan dalam asupan makanan untuk diet. Kalsium mampu mendukung proses pembakaran lemak hingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Adapun asupan kalsium akan membentuk tubuh yang lebih sehat, karena mengurangi lemak dalam tubuh.
  • Kalsium Mampu Mengurangi Risiko Kanker
    Penyakit kanker yang menyerang manusia umumnya disebabkan kerusakan sel sehat oleh serangan zat radikal bebas. Tetapi asupan kalsium yang cukup akan membantu tubuh membentuk sistem kekebalan alami dan mengurangi risiko kanker. Jenis kalsium alami yang didapatkan dari makanan juga sangat berguna dalam mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker rahim, payudara, prostat, dan kolorektal.


In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by Bella Ariska Nurhidayah 1910106061 BELLA ARISKA NURHIDAYAH -
Assalamualaikum,saya Bella Ariska Nurhidayah 1910106061 izin menjawab pertanyaan ibu,


1.Proses Dilatasi Serviks

tahap pertama proses melahirkan, berlangsung dari saat ibu mulai mengalami kontraksi hingga saat serviks sepenuhnya melebar atau terbuka. Dalam minggu-minggu menjelang persalinan, serviks mulai melunak.

Kontraksi terjadi dan membuka serviks cukup lebar sehingga bayi bisa lewat. Namun, terkadang tanda-tanda dari setiap fase pada tahapan ini juga mungkin akan terlihat tumpang tindih.

Fase Awal: Serviks Terbuka Hingga 3 cm

Fase awal tahap pertama ini juga disebut fase laten dan dapat bertahan hingga 20 jam. Proses melahirkan biasanya dimulai dengan kontraksi yang datang setiap 5-20 menit dan masing-masing berlangsung 30 hingga 60 detik.

Fase Aktif: Serviks Membesar Menjadi 7 cm

Fase ini adalah ketika persiapan proses melahirkan dimulai dan harus lebih serius karena sebagian besar perempuan akan mulai bekerja lebih intens. Selama fase aktif, kontraksi biasanya datang dengan mantap, secara bertahap meningkatkan intensitas dan frekuensi, serta berjarak 3 - 5 menit

Fase Transisi: Serviks Terbuka Hingga 10 cm

Pada fase transisi, serviks akan terbuka dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir.

2. Manfaat kalsium 

kalsium bermanfaat untuk menjaga fungsi saraf dan otot.

Selain itu, kalsium juga dapat menurunkan risiko ibu mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) saat hamil dan mengalami preeklampsia.

Preeklampsia adalah salah satu komplikasi kehamilan yang berbahaya yaitu

Hipertensi dan preeklampsia di masa kehamilan dapat berdampak buruk bagi ibu hamil dan perkembangan bayinya.



In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106051 ANISA NUR LATIFAH -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh. Saya Anisa Nur Latifah izin menjawab pertanyaan Bu. 

Proses dilatasi, dalam proses persalinan terdapat beberapa tahap yaitu :

1. Tahap pertama : Dilatasi dan Efektivitas serviks 

Pada tahap pertama proses melahirkan, berlangsung dari saat ibu mulai mengalami kontraksi hingga saat serviks sepenuhnya melebar atau terbuka. Dalam minggu-minggu menjelang persalinan, serviks mulai melunak. 


- Fase awal : serviks terbuka hingga 3 cm

Fase awal tahap pertama ini juga disebut fase laten dan dapat bertahan hingga 20 jam. Proses melahirkan biasanya dimulai dengan kontraksi yang datang setiap 5-20 menit dan masing-masing berlangsung 30 hingga 60 detik.

Kontraksi akan menjadi lebih kuat, lebih lama, lebih sering, dan terkoordinasi dengan lebih baik. Selama fase awal, serviks ibu akan terbuka sekitar 3 cm (1 inci).

Rasa sakit yang mungkin ibu alami selama fase awal tahap satu ini akan mirip dengan kram menstruasi, menyebar di sekitar perut seperti ada sesuatu yang ketat. Selama kontraksi, ada gelombang rasa sakit di perut.

Selaput janin atau ketuban kadang pecah pada tahap pertama proses melahirkan. Ini sering disebut sebagai pecah ketuban dan cenderung tidak menyakitkan meskipun cairan ketuban akan bocor atau menyembur keluar.


- Fase aktif : Serviks membesar menjadi 7 cm

Fase ini adalah ketika persiapan proses melahirkan dimulai dan harus lebih serius karena sebagian besar perempuan akan mulai bekerja lebih intens. Selama fase aktif, kontraksi biasanya datang dengan mantap, secara bertahap meningkatkan intensitas dan frekuensi, serta berjarak 3 - 5 menit.


- Fase transisi : serviks terbuka hingga 10 cm

Pada fase transisi, serviks akan terbuka dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir.

Pada titik proses melahirkan ini, kontraksi akan sangat kuat, terjadi setiap dua hingga tiga menit. Setiap kontraksi dapat berlangsung 60 detik atau lebih.


2. Tahap kedua: mendorong sikecil keluar dari rahim.

Tahap kedua pada proses melahirkan adalah tahap 'mendorong' di mana bayi benar-benar akan lahir ke dunia. Tahap kedua proses melahirkan akan sangat menegangkan sekaligus penuh semangat dan biasanya berlangsung dari 20 menit hingga 2 jam.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106087 NADILA NINDA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr wb

Saya Nadila Ninda Ramadhani 1910106087 izin menjawab bu, 

1. Proses di lataksi serviks pembukaan serviks jalan masuk ke rahim, selama persalinan, keguguran, aborsi yang di induksi, atau operasi ginekologis. Dilatasi serviks dapat terjadi secara alami, atau dapat di induksi dengan pembedahan atau medis. Bidan melakukan pengukuran pelebaran dalam sentimeter dari nol (belum ada pelebaran) hingga 10 (dilatasi penuh).

Fase Awal: Serviks Terbuka Hingga 3 cm

Fase awal tahap pertama ini juga disebut fase laten dan dapat bertahan hingga 20 jam. Proses melahirkan biasanya dimulai dengan kontraksi yang datang setiap 5-20 menit dan masing-masing berlangsung 30 hingga 60 detik.

Fase Aktif: Serviks Membesar Menjadi 7 cm

Fase ini adalah ketika persiapan proses melahirkan dimulai dan harus lebih serius karena sebagian besar perempuan akan mulai bekerja lebih intens. Selama fase aktif, kontraksi biasanya datang dengan mantap, secara bertahap meningkatkan intensitas dan frekuensi, serta berjarak 3 - 5 menit.

Fase Transisi: Serviks Terbuka Hingga 10 cm

Pada fase transisi, serviks akan terbuka dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir.

Pada titik proses melahirkan ini, kontraksi akan sangat kuat, terjadi setiap dua hingga tiga menit

2. Manfaat kalsium untuk persalinan, kalsium ini akan dibutuhkan untuk melindungi tulang dan memenuhi kebutuhan dari janin.  Tak hanya untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium bagi bayi saat kehamilan juga diperlukan guna mengoptimalkan pertumbuhan hati, saraf, dan otot yang sehat. Perkembangan detak jantung bayi yang normal, proses pembekuan darah, serta peredarahan darah juga melibatkan peran dari asupan kalsium yang cukup. Kebutuhan kalsium tersebut harus tercukupi dengan baik apabila tidak tercukupi akan menyebabkan bahaya yang dapat terjadi jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak terpenuhi.

Terimakasih

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by Hanin Maulady Januari . -

Assalamualaikum bu, saya Hanin Maulady Januari 1910106057 izin menjawab

1. Dilatase serviks adalah melebarnya serviks hingga 10cm dan itu disebut dengan dilatasi lengkap. Mulut leher rahim ibu melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga ibu bisa melahirkan bayi. Dokter akan mulai menginstruksikan ibu untuk mendorong dan mengatur nafas.

2. Fungsi kalsium yaitu Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi,  juga diperlukan untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan pertumbuhan anak terhambat dan memicu beragam penyakit, seperti rakitis, osteomalacia, serta osteoporosis.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106083 ASTRI APRILIA KUSUMA DEVI -

Assalamualaikum saya Astri Aprilia 1910106083 izin menjawab pertanyaan ibu,,

1. Proses dilatasi serviks

Pelebaran serviks 10 cm dihitung sebagai dilatasi lengkap. Itu berarti jalan lahir benar-benar terbuka, dan Mama bisa mulai mendorong. Mulut leher rahim Mama melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga Mama bisa melahirkan bayi. Dokter akan mulai menginstruksikan Mama untuk mendorong dan mengatur nafas.

2. Kalsium sangat penting pada proses persalinan apa fungsi kalsium

Mulai dari mengatur pola makan, hingga mengonsumsi suplemen atau multivitamin. Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil perlu dipenuhi, sebab kalsium memegang peranan penting dalam kehamilan. Kalsium berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, sekaligus membantu jantung, saraf serta otot janin berkembang dengan baik.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106088 SITI NAZILLA RIZKA ANANDA -

assalamualikum wr.wb saya siti nazilla izin menjawab 

1. proses dilatasi serviks. dilatasi serviks adalaah pembukaan serviks.

 leher rahim mulai terbuka (melebar). Bidan atau dokter kandungan akan mengukur pelebaran dalam sentimeter dari nol (belum ada pelebaran) hingga 10 (dilatasi penuh). Pada awalnya, perubahan serviks ini dapat sangat lambat. Setelah dalam proses persalinan aktif, perkirakan untuk serviks dalam membesar lebih cepat.

tanda pembukaan lahiran 

a.fase awal ( laten) 

Fase awal atau laten merupakan tahap paling pertama dari persalinan.kontraksi yang belum terasa cukup kuat, leher rahim atau serviks masih dalam tahap pembukaan yang sedikit.Sampai tiba di masa akhir kehamilan, pembukaan serviks menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami tanda siap melahirkan.Bagi ibu yang baru akan melahirkan anak pertama, mungkin sedikit mengalami kesulitan untuk mengira-ngira apakah pembukaan persalinan telah dimulai.Fase awal (laten) dapat terjadi selama 8-12 jam.

b.Fase transisi

Fase transisi merupakan bagian akhir dari serangkaian tahap pembukaan serviks dalam proses persalinan atau lahiran.Di samping termasuk tahap yang paling menantang, fase transisi juga merupakan tahap dengan durasi waktu yang paling pendek.waktu berlangsungnya fase transisi bisa dibilang lebih singkat yaitu sekitar 30 menit hingga 2 jam


2.manfaat kalsium

kalsium juga bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Kalsium dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia merupakan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urin yang dapat menyebabkan kematian pada perempuan dan bayi pada masa persalinan.



In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106090 DWI SANTIKA SYAHRAINI -

Assalamulaikum ibu saya Dwi Santika Syahraini 1910106090 izin menjawab

1. Tahap Pertama: Dilatasi dan Efektivitas Serviks

tahap pertama proses melahirkan, berlangsung dari saat mulai mengalami kontraksi hingga saat serviks sepenuhnya melebar atau terbuka. Dalam minggu-minggu menjelang persalinan, serviks mulai melunak.

Kontraksi terjadi dan membuka serviks cukup lebar sehingga bayi bisa lewat. Namun, terkadang tanda-tanda dari setiap fase pada tahapan ini juga mungkin akan terlihat tumpang tindih.

1. Fase Awal: Serviks Terbuka Hingga 3 cm

Fase awal tahap pertama ini juga disebut fase laten dan dapat bertahan hingga 20 jam. Proses melahirkan biasanya dimulai dengan kontraksi yang datang setiap 5-20 menit dan masing-masing berlangsung 30 hingga 60 detik.

Namun, setiap tanda persalinan masing-masing orang akan berbeda dan beberapa wanita mungkin tidak menyadari bahwa mereka sudah dekat dengan waktu persalinan sampai kontraksi relatif berdekatan atau hanya berjarak sekitar lima menit.

Kontraksi akan menjadi lebih kuat, lebih lama, lebih sering, dan terkoordinasi dengan lebih baik. Selama fase awal, serviks akan terbuka sekitar 3 cm (1 inci). Rasa sakit yang mungkin selama fase awal tahap satu ini akan mirip dengan kram menstruasi, menyebar di sekitar perut seperti ada sesuatu yang ketat. Selama kontraksi, ada gelombang rasa sakit di perut.

Rahim mengeras dan mengencang secara intens dan beberapa perempuan mungkin merasakan sakitnya di sekitar area punggung. Rasa sakit kontraksi pada fase awal umumnya tidak separah pada fase aktif atau fase selanjutnya.

2. Fase Aktif: Serviks Membesar Menjadi 7 cm

Fase ini adalah ketika persiapan proses melahirkan dimulai dan harus lebih serius karena sebagian besar perempuan akan mulai bekerja lebih intens. Selama fase aktif, kontraksi biasanya datang dengan mantap, secara bertahap meningkatkan intensitas dan frekuensi, serta berjarak 3 - 5 menit

Tidak ada yang bisa menyangkal rasa sakit pada fase ini. Pada fase aktif, serviks akan terus terbuka, sekitar 8 cm (3 inci) dan kepala bayi akan turun semakin jauh ke pelvis.

Rasa sakit mungkin terpusat di punggung bawah, perut atau paha dan mungkin cukup kuat sehingga membuat sulit berbicara. juga mungkin mengalami peningkatan jumlah keputihan atau kecoklatan atau terkadang disebut 'flek darah. fase ini terjadi 3 - 6 jam untuk yang baru pertama kali melahirkan dan 1-3 jam untuk yang sudah berpengalaman melahirkan.

3. Fase Transisi: Serviks Terbuka Hingga 10 cm

Pada fase transisi, serviks akan terbuka dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir.

Pada titik proses melahirkan ini, kontraksi akan sangat kuat, terjadi setiap dua hingga tiga menit. Setiap kontraksi dapat berlangsung 60 detik atau lebih. mungkin merasa gemetar atau mual pada saat ini.Kepala bayi terus turun ke panggul selama fase transisi. Pada akhir fase ini, saluran lahir akan terbentuk. Ini adalah kesatuan dari leher rahim dan vagina yang terbuka untuk dilewati oleh Si Kecil.


2. Fungsi kalsium pada proses persalinan yaitu kalsium juga bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Kalsium dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia merupakan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urin yang dapat menyebabkan kematian pada perempuan dan bayi pada masa persalinan. 

Tidak hanya saat kehamilan, kalsium juga dibutuhkan setelah persalinan. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang  menunjukkan bahwa Mama mungkin kehilangan tiga hingga lima persen dari massa tulang melalui ASI.

Maka sebaiknya tetap memerhatikan asupan kalsium setelah persalinan dan masa menyusui karena dapat membantu memperkuat tulang dan menangkal tulang keropos (osteoporosis) di kemudian hari.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106080 TRI WAHYUNI -

Assalamualaikum bu saya Tri Wahyuni 1910106080 izin menjawab

 

1. Jelaskan proses dilatasi serviks

Persalinan bisa jadi merupakan salah satu proses yang paling mendebarkan dalam hidup wanita. Dalam tiap detik prosesnya, wanita harus melakukan yang terbaik demi kelahiran bayi sehat, nyawa ibu pun selamat.

Berikut empat fase (kala) persalinan normal: 
* Kala 1
Fase ini disebut juga kala pembukaan. Pada tahap ini terjadi pematangan dan pembukaan mulut rahim hingga cukup untuk jalan keluar janin. Pada kala 1 terdapat dua fase yaitu : 
1. Fase laten: pembukaan sampai mencapai 3 cm, berlangsung sekitar delapan jam.
2. Fase aktif: pembukaan dari 3 cm sampai lengkap (+ 10 cm), berlangsung sekitar enam jam.

Pada tahap ini ibu akan merasakan kontraksi yang terjadi tiap 10 menit selama 20-30 detik. Frekuensi kontraksi makin meningkat hingga 2-4 kali tiap 10 menit, dengan durasi 60-90 detik. Kontraksi terjadi bersamaan dengan keluarnya darah, lendir, serta pecah ketuban secara spontan. Cairan ketuban yang keluar sebelum pembukaan 5 cm kerap dikatakan sebagai ketuban pecah dini.
 
* Kala 2
Pada fase ini janin mulai keluar dari dalam kandungan yang membutuhkan waktu sekitar dua jam. Fase dimulai saat serviks sudah membuka selebar 10cm hingga bayi lahir lengkap. Pada kala 2, ketuban sudah pecah atau baru pecah spontan, dengan kontraksi yang lebih sering terjadi yaitu 3-4 kali tiap 10 menit.
 
Refleks mengejan juga terjadi akibat rangsangan dari bagian terbawah janin yang menekan anus dan rektum. Tambahan tenaga mengejan dan kontraksi otot-otot dinding abdomen serta diafragma, membantu ibu mengeluarkan bayi dari dalam rahim.
 
* Kala 3
Tahap ini disebut juga kala uri, yaitu saat plasenta ikut keluar dari dalam rahim. Fase ini dimulai saat bayi lahir lengkap dan diakhiri keluarnya plasenta. Pada tahap ini biasanya kontraksi bertambah kuat, namun frekuensi dan aktivitas rahim terus menurun. Plasenta bisa lepas spontan atau tetap menempel dan membutuhkan bantuan tambahan.

* Kala 4
Tahap ini merupakan masa satu jam usai persalinan yang bertujuan untuk mengobservasi persalinan. Pada tahap ini plasenta telah berhasil dikeluarkan dan tidak boleh ada pendarahan dari vagina atau organ. Luka-luka pada tubuh ibu harus dirawat dengan baik dan tidak boleh ada gumpalan darah.
 

2. Kalsium sangan penting pada proses persalinan,apa fungsi kalsium

  1. Membuat memperlancar peredaran darah dan menjaga stabilitas degup jantung.
  2. Membentuk otot dan saraf agar berfungsi sempurna.
  3. Kegunaan kalsium pada Ibu hamil adalah untuk mencegah risiko osteoporosis pada Ibu.
  4. Mengurangi risiko terjadinya komplikasi di masa kehamilan.


In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106051 ANISA NUR LATIFAH -

Fungsi kalsium bagi ibu hamil Yaitu kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Selama hamil, kebutuhan kalsium ibu bertambah karena kalsium diperlukan untuk membangun tulang dan gigi janin dalam kandungan.

Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil bertambah sebanyak 200 mg dari kebutuhan biasanya. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, kebutuhan ibu hamil berbeda-beda tergantung dari usia ibu hamil.

1. Ibu hamil yang berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan kalsium sebanyak 1400 mg per hari

2. Ibu hamil yang berusia 19-29 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1300 mg per hari

3. Ibu hamil yang berusia 30-49 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106075 RAHIMATUR RAHMAH -

Assalamu'alaikum ibu izin menjawab


1. Proses dilatasi serviks

Proses pembukaan serviks dibagi dalam 2 fase : 

1. Fase laten : sampai 3 cm selama 8 jam 

2. Fase Aktif : terdiri dari 3 fase n 1. 2. 3. Fase akselerasi 3 – 4 cm ( 2 jam) Fase dilatasi maksimal : 4 – 9 cm (2 jam) Fase deselerasi 9 cm sampai lengkap ( 2 jam). Multigravida fasenya lebih pendek 7 jam Primigravida kala I nya 13 -14 jam


Referensi

https://slidetodoc.com/fisiologi-persalinan-dr-wulan-m-soemardji-sp-og/

2. Manfaat kalsium

Kalsium dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia merupakan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urin yang dapat menyebabkan kematian pada perempuan dan bayi pada masa persalinan. Tidak hanya saat kehamilan, kalsium juga dibutuhkan setelah persalinan.


Referensi

Penting dan Harus Dipenuhi, Ini Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil - Popmama.com




In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106056 RAHMA -

 1. dilatasi serviks  adalah Pelebaran mulut rahim /  serviks  hingga 10 cm dihitung sebagai dilatasi lengkap. Itu berarti jalan lahir benar-benar terbuka, Mulut leher rahim melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga  bisa melahirkan bayi.

2.  fungsi  Kalsium  pada persalinan  yaitu  dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia merupakan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urin yang dapat menyebabkan kematian pada perempuan dan bayi pada masa persalinan. Tidak hanya saat kehamilan, kalsium juga dibutuhkan setelah persalinan

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106072 IRNA INTAN SAPUTRI -
Assalamualaikum wr wb 

Saya irna intan saputri izin menjawab pertanyaan ibu

1. Dilatasi servik adalah pembukaan mulut rahim dari pembukaan 1 hingga pembukaan 10 cm yang dirasakan ibu saat mau persalinan

2. Fungsi kalsium sangat penting untuk ibu bersalin karena kalsium berperan penting terhadap otot dan saraf ibu, karena pada saat proses persalinan berlangsung otot dan saraf" ibu banyak yang berkontraksi, sehingga harus diperbanyak mengonsumsi kalsium, kalsium juga bagus dikonsumsi bagi janin yang dikandung ibu, dengan mengonsumsi kalsium juga dapat mengurangi terjadinya hipertensi ataupun preeklamsi

Terimaksih

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106086 FADHILA AULIA -

Assalamualaikum wr wb

Saya Fadhila Aulia 1910106086 ingin menjawab

1. Pelebaran serviks 10 cm dihitung sebagai dilatasi lengkap. Itu berarti jalan lahir benar-benar terbuka, dan bisa mulai mendorong. Mulut leher rahim akan melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga. Dokter akan mulai menginstruksikan ibu untuk mendorong dan mengatur nafas.

2. kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Selama hamil, kebutuhan kalsium ibu bertambah karena kalsium diperlukan untuk membangun tulang dan gigi janin dalam kandungan.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106073 NURUL YUMNA AISYAH -

assalamuaalaikum ibu, saya nurul yumna izin berpendapat

dilatasi serviks adalah pembukaan serviks, leher rahim mulai terbuka (melebar). Pengukuran dilatasi serviks adalah ukuran yang paling penting untuk menilai kemajuan persalinan.


sumber :

https://www.halodoc.com/artikel/bukan-false-alarm-ini-7-tanda-melahirkan 

Bainuan, L. D. (2015, June). Purple Line Sebagai Metode Alternatif Penilaian Dilatasi Serviks Pada Persalinan. In Proceeding Book Simposium & Workshop Nasional “Pengembangan Pendidikan dan Pelayanan KesehatanIndonesia” Program Studi Magister Kebidanan Pascasarjana Fak Unpad (Vol. 2, No. 2, pp. 180-183).

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106064 SALSYA NAULIA CHAMID -

Assalamualaikum wr wb, saya Salsya Naulia Chamid / 1910106064 izin menjawab pertanyaan.


1. Dilatasi serviks adalah pembukaan serviks sebagai tanda persalinan ketika leher rahim mulai terbuka (melebar) hingga maksimal 10 (sebagai dilatasi lengkap).

Persalinan kala I Adalah kala pembukaan yang berlangsung antara pembukaan 0 (nol) sampai pembukaan lengkap (10cm). Proses ini berlangsung kurang lebih 18-24 jam, yang terbagi menjadi 2 fase:

1) Fase laten (8 jam) : pembukaan 0 cm sampai pembukaan 3 cm.

2) Fase aktif (7 jam) : pembukaan serviks 3 cm sampai pembukaan 10 cm. Fase aktif di bagi menjadi 3 fase yaitu:

a) Fase akselerasi : pembukaan 3 cm menjadi 4 cm,berlangsung 2 jam.

b) Fase dilatasi maksimal : pembukaan berlangsung sangat cepat dari pembukaan 4 cm menjadi 9 cm, berlangsung 2 jam.

c) Fase deselerasi : pembukaan menjadi lambat 9 cm menjadi 10 cm, berlangsung 2 jam.

Referensi :

http://digilib.unimus.ac.id/files//disk1/118/jtptunimus-gdl-novihastan-5857-2-babii.pdf (diakses pada 3 November 2021, pukul 16.20)


2. Kalsium (Ca) memiliki fungsi ketika persalinan berlangsung. Saya mengutip dari artikel jurnal yang mengatakan bahwa :

Oksitosin hanya memiliki satu reseptor, yang termasuk dalam klas 1 G protein, tipe rodopsin. Gen untuk reseptor oksitosin terletak pada kromosom 3p25, mengandung tiga intron dan empat ekson. Permukaan membran sel mengalami aktivasi setelah reseptor oksitosin berikatan dengan molekul oksitosin, kemudian reseptor tersebut akan menyebabkan aktivasi berbagai macam jalur signal intraseluler, sehingga menghasilkan beberapa efek dari kerja hormon, termasuk kontraksi. Reseptor oksitosin berpasangan dengan Gq/11a, dari golongan GTP binding protein. Pengikatan oksitosin melalui Gαq/11, fosfolipase C(PLC) yang menghidrolisis fosfatidilinositol 4,5- bifosfat (PIP2) menjadi inositol 1,4,5- trifosfat (IP3) dan diasilgliserol (DAG). IP3 menyebabkan ion-ion kalsium keluar dari depo intraseluler, sedangkan DAG mengaktivasi protein kinase tipe C (PKC), yang kemudian memfosforilasi protein lain. Keluarnya ion-ion kalsium dari depo intraseluler menyebabkan kalsium berikatan dengan kalmodulin dan mengaktifkan fosforilasi rantai ringan miosin sehingga menyebabkan otot uterus berkontraksi (Vrachnis N et al, 2012)

Dengan demikian, dari poin yang saya beri tanda tebal, kontraksi uterus dipengaruhi hormon oksitosin yang dibantu oleh peran kalsium aktif yang dapat menstimulasi otot polos untuk berkontraksi. Maka dengan demikian, peran kalsium sangat vital dalam proses persalinan. Tanpa kalsium kontraksi uterus oleh oksitosin juga tidak akan maksimal.

Referensi :

Kristanti, Risma Aprinda. 2014. PENGARUH OKSITOSIN TERHADAP KONTRAKSI OTOT POLOS UTERUS. El-Hayah Vol. 5, No.1 September 2014

http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/bio/article/view/3036/4920 (diakses pada 3 November 2021, pukul 16.15)

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106052 TIARA MUDRIKA -

Assalamualaikum wr wb, saya Tiara Mudrika (1910106052) izin menjawab pertanyaan


  1. proses dilatasi serviks adalah tahap pertama proses melahirkan, berlangsung dari saat ibu mulai mengalami kontraksi hingga saat serviks sepenuhnya melebar atau terbuka. Dalam minggu-minggu menjelang persalinan, serviks mulai melunak. Kontraksi terjadi dan membuka serviks cukup lebar sehingga bayi bisa lewat. Namun, terkadang tanda-tanda dari setiap fase pada tahapan ini juga mungkin akan terlihat tumpang tindih
  2. Kalsium memiliki peran yang penting untuk pertumbuhan tubuh setiap manusia. Janin di dalam kandungan membutuhkan kalsium dalam menguatkan pertumbuhan jaringan tulang dan gigi. kalsium juga berfungsi memperlancar peredaran darah dan menjaga stabilitas degup jantung, membentuk otot dan saraf agar berfungsi sempurna, mencegah risiko osteoporosis pada Ibu, mengurangi risiko terjadinya komplikasi di masa kehamilan.


https://www.orami.co.id/magazine/benarkah-proses-melahirkan-itu-menyakitkan-ini-dia-tahapannya/

https://www.nutriclub.co.id/article-kehamilan/nutrisi/gizi/pentingnya-manfaat-kalsium-di-masa-kehamilan

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106063 ANNISA NUROSIDA -
Saya Annisa Nurosida izin menjawab.


1. Dilatasi serviks (atau dilatasi serviks) adalah pembukaan serviks , pintu masuk ke rahim, saat melahirkan , keguguran , aborsi yang diinduksi , atau operasi ginekologi. Pelebaran serviks dapat terjadi secara alami, atau dapat diinduksi melalui pembedahan atau medis.

Pada tahap akhir kehamilan, serviks mungkin sudah terbuka hingga 1-3 cm (atau lebih dalam keadaan yang lebih jarang), tetapi selama persalinan , kontraksi uterus berulang menyebabkan pelebaran serviks lebih lanjut menjadi sekitar 6 sentimeter. Sejak saat itu, tekanan dari bagian presentasi (kepala pada kelahiran vertex atau bagian bawah pada kelahiran sungsang), bersama dengan kontraksi rahim, akan melebarkan serviks hingga 10 sentimeter, yang disebut "lengkap". Pelebaran serviks disertai dengan penipisan , penipisan serviks.

Pedoman umum untuk pelebaran serviks:

  • Fase laten: 0–3 sentimeter
  • Tenaga Kerja Aktif: 4–7 sentimeter
  • Transisi: 8–10 sentimeter
  • Lengkap: 10 sentimeter. Persalinan bayi terjadi segera setelah tahap ini tercapai (walaupun ibu tidak selalu langsung mengejan.)

2. Kalsium dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia merupakan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urin yang dapat menyebabkan kematian pada perempuan dan bayi pada masa persalinan. Tidak hanya saat kehamilan, kalsium juga dibutuhkan setelah persalinan.


Sekian terimakasih


In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106085 RAODIATUL JUMIATI -
Assalamualaikum bu saya Raodiatul Jumiati ijin menjawab pertanyaan dari ibu 

1. Proses dilaktasi serviks adalah Pelebaran serviks 10 cm dihitung sebagai dilatasi lengkap. Itu berarti jalan lahir benar-benar terbuka, dan ibu bisa mulai mendorong. Mulut leher rahim ibu melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga ibu bisa melahirkan bayi.

2. Fungsi kalsium Ibu hamil perlu mengonsumsi kalsium selama masa kehamilan. Kalsium akan dibutuhkan untuk melindungi tulang dan memenuhi kebutuhan dari janin. Kebutuhan kalsium tersebut harus tercukupi hingga proses menyusui. Jika kadar kalsium tidak tercukupi, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang maupun gigi. Hal inilah yang berpotensi membuat tulang dan gigi menjadi rapuh. Tingkatkan kadar kalsium selama kehamilan dengan sumber makanan kaya kalsium seperti keju, susu, yoghurt, susu kedelai, dan tingkatan jumlah vitamin D

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106068 VINA NUR FAJ'RIYATI -

Assalamualaikum wr.wb

Saya vina nur nim 1910106068 izin menjawab pertanyaan

1. Dilatasi serviks adalah leher rahim mulai terbuka (melebar). Bidan atau dokter kandungan akan mengukur pelebaran dalam sentimeter dari nol (belum ada pelebaran) hingga 10 (dilatasi penuh). Pada awalnya, perubahan serviks ini dapat sangat lambat. Setelah dalam proses persalinan aktif, perkirakan untuk serviks dalam membesar lebih cepat. 

Persalinan kala I

Adalah kala pembukaan yang berlangsung antara pembukaan 0 (nol) 

sampai pembukaan lengkap (10cm). Proses ini berlangsung kurang lebih 

18-24 jam, yang terbagi menjadi 2 fase:

1) Fase laten (8 jam) : pembukaan 0 cm sampai pembukaan 3 cm.

2) Fase aktif (7 jam) : pembukaan serviks 3 cm sampai pembukaan 10

cm. 

Fase aktif di bagi menjadi 3 fase yaitu: 

a) Fase akselerasi : pembukaan 3 cm menjadi 4 cm,berlangsung 2 jam.

b) Fase dilatasi maksimal : pembukaan berlangsung sangat cepat dari 

pembukaan 4 cm menjadi 9 cm, berlangsung 2 jam.

c) Fase deselerasi : pembukaan menjadi lambat 9 cm menjadi 10 cm, berlangsung 2 jam.


2.pentingnya kalsium

Kalsium yang cukup dapat melindungi ibu hamil dari kondisi preeklamsia, yakni kondisi tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan. Selain itu, manfaat kalsium bagi janin selama masih dalam kandungan lainnya adalah bayi bisa terhindar dari risiko cacat fisik, pembentukan struktur gigi yang baik dan kuat, pembentukan sistem pembekuan darah yang normal, pembentukan jaringan jantung, otot dan sistem saraf, serta mendukung pengembangan irama jantung pada janin.

Terimakasih

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106054 MURSALIIN -

assalamualaikum wr.wb

saya mursaliin izin menjawab

kalsium sangan penting pada proses persalinan,apa fungsi kalsium ?

Mengonsumsi makanan bergizi adalah salah satu hal terbaik yang dapat Mama lakukan saat masa kehamilan. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai gizi seimbang yang dapat mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan Mama dan mempertahankan pertambahan berat badan yang ideal.

Salah satu mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Mengapa kalsium penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya adalah karena kalsium merupakan mineral yang memiliki banyak manfaat dan salah satu fungsi utamanya adalah membentuk organ tulang dan gigi pada pertumbuhan janin.2

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106074 PURWANINGSIH -

Assalamu'alaikum saya Purwaningsih (1910106074) izin menjawab 

1. Proses dilatasi serviks, dilatasi serviks adalah proses mempesar atau mengecilnya serviks pada saat persalinan. Proses membukanya serviks sebaga akibat his dibagi dalam 2 fase, yaitu: 

1) Fase laten: berlangsung selama 8 jam. Pembukaan terjadi sangat lambat sampai mencapai ukuran diameter 3 cm. Fase laten diawali dengan mulai timbulnya kontraksi uterus yang teratur yang menghasilkan perubahan serviks. 

2) Fase aktif: dibagi dalam 3 fase lagi yakni: 

· Fase akselerasi. Dalam waktu 2 jam pembukaan 3 cm tadi menjadi 4 cm. 

· Fase dilatasi maksimal. Dalam waktu 2 jam pembukaan berlangsung sangat cepat, dari 4 cm menjadi 9 cm. 

· Fase deselerasi. Pembukaan menjadi lambat kembali. Dalam waktu 2 jam, pembukaan dari 9 cm menjadi lengkap. 

Fase-fase tersebut dijumpai pada primigravida. Pada multigravida pun terjadi demikian akan tetapi terjadi dalam waktu yang lebih pendek (Wiknjosastro dkk, 2005).

(Referensi : Buku Ajar Assuhan Kebidanan pada Persalinan)


2. Fungsi Kalsium, 

World Health Organization (WHO) menyebutkan  pemberian kalsium sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh ibu hamil secara teratur sepanjang proses kehamilannya menurunkan risiko preeklampsia dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil.Selain itu, pada penelitian yang sama, dilakukan analisis sub-grup yang menunjukkan bahwa jumlah persalinan prematur lebih sedikit pada ibu hamil yang mendapat asupan suplemen kalsium sesuai dengan dosis anjuran dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan  suplementasi mineral kalsium. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa suplementasi mineral kalsium pada ibu hamil, memberikan kontribusi kesehatan yang nyata dalam proses persalinan, baik untuk ibu maupun untuk anak.

Beberapa contoh makanan yang bersumber kalsium, seperti : sawi, brokoli, selada, keju, susu, ikan sarden, kacang tolo putih, kacang merah, rumput laut dsb.

(Referensi :  https://www.nutriclub.co.id/article-kehamilan/nutrisi/gizi/sumber-kalsium-untuk-ibu-hamil)

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106089 DINDA PUTRI RAMADHANTY -

Saya Dinda Puri Ramadhanty  1910106089 izin menjawab

1.  proses dilatasi serviks

Dilatasi: Pembukaan Serviks. Yaitu leher rahim mulai terbuka (melebar). Bidan atau dokter kandungan akan mengukur pelebaran dalam sentimeter dari nol (belum ada pelebaran) hingga 10 (dilatasi penuh).


Fase Awal: Serviks Terbuka Hingga 3 cm

Fase awal tahap pertama ini juga disebut fase laten dan dapat bertahan hingga 20 jam. Proses melahirkan biasanya dimulai dengan kontraksi yang datang setiap 5-20 menit dan masing-masing berlangsung 30 hingga 60 detik.Namun, setiap tanda persalinan masing-masing orang akan berbeda dan beberapa wanita mungkin tidak menyadari bahwa mereka sudah dekat dengan waktu persalinan sampai kontraksi relatif berdekatan atau hanya berjarak sekitar lima menit.Kontraksi akan menjadi lebih kuat, lebih lama, lebih sering, dan terkoordinasi dengan lebih baik. Selama fase awal, serviks akan terbuka sekitar 3 cm (1 inci).


Fase aktif : serviks melebar menjadi 7 cm

Fase ini adalah ketika persiapan proses melahirkan dimulai dan harus lebih serius karena sebagian besar perempuan akan mulai bekerja lebih intens. Selama fase aktif, kontraksi biasanya datang dengan mantap, secara bertahap meningkatkan intensitas dan frekuensi, serta berjarak 3 - 5 menit.


Fase Transisi : serviks melebar hingga 10 cm

Pada fase transisi, serviks akan terbuka dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir.

Pada titik proses melahirkan ini, kontraksi akan sangat kuat, terjadi setiap dua hingga tiga menit. Setiap kontraksi dapat berlangsung 60 detik atau lebih.



2. Kalsium sangan penting pada proses persalinan,apa fungsi kalsium

Kalsium yang cukup dapat melindungi ibu hamil dari kondisi preeklamsia, yakni kondisi tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan. Selain itu, manfaat kalsium bagi janin selama masih dalam kandungan lainnya adalah bayi bisa terhindar dari risiko cacat fisik, pembentukan struktur gigi yang baik dan kuat, pembentukan sistem pembekuan darah yang normal, pembentukan jaringan jantung, otot dan sistem saraf, serta mendukung pengembangan irama jantung pada janin.

Ibu hamil yang mengandung membutuhkan kalsium demi mempertahankan kesehatan tulang dan memberikan nutrisi untuk janin. Janin akan menggunakan kalsium untuk pembentukan jaringan tulang rawan. Keberlangsungan proses penyerapan kalsium dalam membangun pertumbuhan tulang terus terjadi hingga usia 20 tahun, namun akan mengalami penurunan pada usia 30 tahun. Bila asupan kalsium dan vitamin D terus dipenuhi, maka akan memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.



In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106073 NURUL YUMNA AISYAH -

saya nurul yumna izin berpendapat 

fungsi kalsium  pada ibu hamil berhubungan dengan kejadian preeklamsi  dan  mengurangi risiko hipertensi

World Health Organization (WHO) menyebutkan dalam penelitian tentang “apakah ada hubungan antara konsumsi kalsium pada ibu hamil selama masa kehamilan dan kontribusi status kesehatan terhadap ibu dan anak pada saat persalinan?”, bahwa pemberian kalsium sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh ibu hamil secara teratur sepanjang proses kehamilannya menurunkan risiko preeklampsia dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Selain itu, pada penelitian yang sama, dilakukan analisis sub-grup yang menunjukkan bahwa jumlah persalinan prematur lebih sedikit pada ibu hamil yang mendapat asupan suplemen kalsium sesuai dengan dosis anjuran dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan  suplementasi mineral kalsium. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa suplementasi mineral kalsium pada ibu hamil, memberikan kontribusi kesehatan yang nyata dalam proses persalinan, baik untuk ibu maupun untuk anak.


sumber :

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/pentingnya-kalsium-untuk-ibu-hamil/ 

https://www.nutriclub.co.id/article-kehamilan/nutrisi/gizi/sumber-kalsium-untuk-ibu-hamil

ISLAM HABIBI, MADINAH. HUBUNGAN PEMBERIAN KALSIUM PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSI DI PUSKESMAS RIUNG BANDUNG KOTA BANDUNG TAHUN 2019. 2019.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106079 RINANDA EKA PRAMITA -

saya Rinanda Eka Pramita 1910106079, izin menjawab pertanyaan

1.    Fase dilatasi merupakan melebarnya serviks dari 8 cm menjadi 10 cm. Ini merupakan ukuran diameter yang diperlukan kepala bayi untuk melewati jalan lahir. Pada titik proses melahirkan ini, kontraksi akan sangat kuat, terjadi setiap dua hingga tiga menit. Setiap kontraksi dapat berlangsung 60 detik atau lebih. Ibu hamil mungkin merasa gemetar atau mual pada saat ini. Fase dilatasi maksimal : pembukaan berlangsung sangat cepat dari pembukaan 4 cm menjadi 9 cm, berlangsung 2 jam

2.    Fungsi dari kalsium yaitu untuk membantu pertumbuhan gigi janin, memperlancar peredaran darah dan menjaga stabilitas degup jantung, Membentuk otot dan saraf agar berfungsi sempurna, Kegunaan kalsium pada Ibu hamil adalah untuk mencegah risiko osteoporosis pada Ibu, Mengurangi risiko terjadinya komplikasi dimasa kehamilan


In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106066 NI PUTU SASMITA PEBRIANA -

Selamat sore ibu Saya Mita Pebriana ijin menjawab.

1. Persalinan atau labor merupakan proses yang emnggabarkan kontraksi uterus yang meneyebabkan dilatasi servik dan mendorong janin keluar melalui jalan lahir. Dilatasi serviks adalah pembukaan serviks sebagai tanda persalinan ketika leher rahim mulai terbuka hingga maksimal pembukaan 10 dikatakan dilatasi lengkap. 


1) Fase laten

Merupakan periode waktu dari awal persalinan hingga ke titik ketika pembukaan mulai berjalan secara progresif, yang umumnya dimulai sejak kontraksi mulai muncul hingga pembukaan tiga sampai empat sentimeter atau permulaan fase aktif berlangsung dalam 7-8 jam. Selama fase ini presentasi mengalami penurunan sedikit hingga tidak sama sekali.

2) Fase aktif

Merupakan periode waktu dari awal kemajuan aktif pembukaan menjadi komplit dan mencakup fase transisi, pembukaan pada  umumnya  dimulai dari 3 -4 cm hingga 10 cm dan berlangsung selama 6 jam. Penurunan bagian presentasi janin yang progresif terjadi selama akhir fase aktif dan selama kala dua persalinan.

Fase aktif dibagi dalam 3 fase, antara lain :

(1) Fase akselerasi, yaitu dalam waktu 2 jam pembukaan 3 cm menjadi 4 cm

(2) Fase dilatasi, yaitu dalam waktu 2 jam pembukaan sangat cepat, dari 4 cm menjadi 9 cm

(3) Fase deselerasi, yaitu pembukaan menjadi lamban kembali dalam  waktu 2 jam pembukaan 9 cm menjadi lengkap (Prawirohardjo, 2005).

http://repository.unair.ac.id/29448/9/14.%20BAB%202%20TINJAUAN%20PUSTAKA.pdf 


2. Pentinya kalsium untuk ibu, pada proses persalinan.

Kalsium dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia merupakan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urin yang dapat menyebabkan kematian pada perempuan dan bayi pada masa persalinan . Tidak hanya saat kehamilan,Ca juga dibutuhkan setelah persalinan. 

https://www.popmama.com/pregnancy/second-trimester/amelia-putri/manfaat-kalsium-bagi-ibu-hamil-dan-janin 



In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106070 GHINA KAMILA MAITSA -

1. Proses dilatasi servixs

Pelebaran serviks 10 cm dihitung sebagai Pelebaran serviks 10 cm dihitung sebagai dilatasi lengkap lengkap. Mulut leher rahim ibu melebar sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga ibu bisa melahirkan bayi.


2. Fungsi Kalsium Pada Proses Persalinan

Fungsi kalsium untuk Ibu hamil adalah sebagai bantuan untuk pembentukan gigi dan tulang yang kuat pada janin. Membuat memperlancar peredaran darah dan menjaga stabilitas degup jantung. Membentuk otot dan saraf agar berfungsi sempurna. Kegunaan kalsium pada Ibu hamil adalah untuk mencegah risiko osteoporosis pada Ibu.

In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106053 TUT MAMAH AZZAHRA -
Assalamualaikum saya Tut Mamah Azzahra izin menjawab,
  1. Dilatasi serviks, jadi dilatasi itu adalah terbukanya kanalis servikalis secara berangsur angsur. akibat adanya pengaruh dari his dan dorongan dari kepala janin yang terus menekan serviks sehingga terjadilah pembukaan, mulai dari bukaan 1 sampai dengan 10 cm.  (sumber Buku Asuhan Kebidanan Pada Persalinan)
  2. selain untuk kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga berguna untuk mencegah resiko adanya Preeklamsi, nah jika ibu tidak mengalami preeklamsi maka masih ada kemungkinan besar ibu untuk persalinan Normal. Kalsium penting untuk kontraksi otot dan metabolisme energi. sehingga pada saat persalinan ibu memiliki tenaga yang kuat untuk mengejan
In reply to Dwi Ernawati

Re: Forum Diskusi Teori 4

by 1910106078 VARRA SHAVIRA YUNIAR -

Saya Varra Shavira Yuniar izin menjawab

1. Dilatasi servik adalah pelebaran jalan lahir atau membuka serviks dari 1 sampai 10 cm.

2. Manfaat utama kalsium adalah menjaga kesehatan tulang, selain itu kalsium juga mendukung sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Sehingga pada saat ibu memiliki otot dan tenaga yang kuat untuk mengejan

Sumber: https://www.alodokter.con