TUGAS 2
PENUGASAN 2
Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan Kehamilan
Semester : IV
Tugas ke : 2
1. Tujuan tugas: mahasiswa mampu membuat media promosi online pada asuhan lebidanan kehmailan dengan mencantumkan jurnal atau evidence base tentang asuhan sayang ibu sebagai salah satu sumber.
2. Uraian tugas:
a. Objek garapan: tugas ini diperlukan untuk menunjang mahasiswa dalam asuhan sayang ibu
b. Yang harus dikerjakan dan batasan-batasan tugas:
- Mahasiswa mencari sumber pustaka termasuk jurnal yang berkaitan dengan ketidaknyamanan ibu saat kehamilan
- Mahasiswa membuat media promosi online dapat berupa video, poster atau booklet
- Mahasiswa wajib mencantumkan Nama dan NIM Mahasiswa, nama Prodi, nama dosen pengampu praktikum, dan logo Unisa di bagian depan atas tugas, serta referensi yang digunakan di bagian bawah tugas.
- Pembagian Tema :
1) Ibu hamil dengan anemia
2) Ibu hamil dengan Hiperemesi gravidarum
3) Ibu hamil dengan nyeri punggung
4) Tanda bahaya pada ibu hamil
5) Persiapan persalinan
6) Pencehan covid-19 pada ibu hamil
c. Metode/Cara pengerjaan tugas:
1) Tugas dikerjakan secara individu, pembagian tema berdasarkan kelompok praktikum
2) Sumber Penugasan berdasarkan evidance base terkini (sumber minimal 3)
3) Tugas di upload di Lensa, sebelumnya dikonsulkan ke pengampu praktikum
d. Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan/dikerjakan:
1) Dengan tugas ini mahasiswa diharapkan mampu memahami dan melakukan persiapan KIE dan Konseling pada kehamilan.
2) Media promosi terbaik akan di daftarkan HKI luaran pembelajaran
3. KriteriaPenilaian
a. Penilaian Poster/boklet
Aspek atau domensi yang dinilai |
Skala Penilaian |
||||
Sangat kurang |
Kurang |
Cukup |
Baik |
Sangat Baik |
|
Skor < 20 |
21 - 40 |
41 - 60 |
61 - 80 |
Skor ≥ 81 |
|
Sistematik penulisan |
Sistematik penulisan tidak jelas. Tata bahwa yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah Bahasa indonesia |
Sistematik penulisan kurang jelas. Tata bahwa yang digunakan kurang sesuai dengan kaidah Bahasa indonesia |
Sistematik penulisan jelas. Tata bahwa yang digunakan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. Antar kalimat tidak ada kesinambungan |
Sistematik penulisan jelas. Tata bahwa yang digunakan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. Antar kalimat kurang ada kesinambungan |
Sistematik penulisan jelas. Tata bahwa yang digunakan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. Antar kalimat berkesinambungan |
Isi |
Isinya tidak akurat dan terlalu umum, pembaca tidak belajar apapun atau kadang menyesatkan |
Isinya kurang akurat karena tidak ada data faktual, tidak menambah pemahaman pembaca |
Isi secara umum kurang akurat tetapi tidak lengkap. Para pembaca bisa mempelajari beberapa fakta yang tersirat, tetapi mereka tidak menambah wawasan baru tentang topik tersebut |
Isi akurat dan lengkap. Para pembaca menambah wawasan baru tentang topik tersebut |
Isi mampu menggugah pembaca untuk mengembangkan pikiran |
b. Penilaian Video
Aspek atau domensi yang dinilai |
Skala Penilaian |
||||
Sangat kurang |
Kurang |
Cukup |
Baik |
Sangat Baik |
|
Skor < 20 |
21 - 40 |
41 - 60 |
61 - 80 |
Skor ≥ 81 |
|
Performance video |
Alur dalam video tidak jelas dan Bahasa yang diguankan di video tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. |
Alur dalam video kurang jelas dan Bahasa yang diguankan di video sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. |
Alur dalam video sudah jelas, tetapi pemain yang ada divideo masih gerogi |
Alur dalam video sudah jelas, pemain yang ada divedio kurang mendalami perannya |
Alur dalam video sudah jelas, pemain yang ada dalam video sudah mendalami peran sehingga mampu memberikan pemahaman bagi penonton secara jelas |
Isi |
Isinya tidak akurat dan terlalu umum, penonton tidak belajar apapun atau kadang menyesatkan |
Isinya kurang akurat karena tidak ada data factual, tidak menambah pemahaman penonton |
Isi secara umum kurang akurat tetapi tidak lengkap. Para penonton bisa mempelajari beberapa fakta yang tersirat, tetapi mereka tidak menambah wawasan baru tentang topik tersebut |
Isi akurat dan lengkap. Para penonton menambah wawasan baru tentang topik tersebut |
Isi mampu menggugah penonton untuk mengembangkan pikiran |
2. Bahan Pembelajaran
a.Buku textbook
b.Handout dalam bentuk power point
c.Jurnal yang diresume oleh individu
d.Worksheets (lembar kerja)