Profil Mata Kuliah
A. FOTO PJ MK
B. SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Akuntansi Pengantar jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc.
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Akuntansi Pengantar didesain untuk memberikan pemahaman dan membantu mahasiswa dalam mempelajari Akuntansi Dasar yang berkaitan dengan Manajemen.
D. BAHAN KAJIAN
1. Konsep dasar akuntansi
2. Pencatatan transaksi bisnis
3. Proses penyesuaian
4. Ekuitas dan investasi
5. Akuntansi perusahaan manufaktur
6. Akuntansi perusahaan dagang
E. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Setelah mempelajari dan menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
1. CPMK 1
Mampu Menjelaskan Perkembangan Ilmu Akuntansi (S2, PP5)
2. CPMK 2
Mampu Menjelaskan dan mengaplikasikan Dasar-Dasar Ilmu Akuntansi (S2, KU2)
3. CPMK 3
Mampu Mengaplikasikan Akuntansi Pada Berbagai Jenis Perusahaan (S2, KK16)
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
1. Sub CPMK 1
Mampu memahami konsep dasar akuntansi (C2/ A1/ CPMK1)
2. Sub CPMK 2
Mampu mengaplikasikan pencatatan transaksi bisnis (C3/ A2/ CPMK 1)
3. Sub CPMK 3
Mampu melakukan proses penyesuaian (C3/ A2/ CPMK 2)
4. Sub CPMK 4
Mampu memahami ekuitas dan investasi (C2/ A2/CPMK 2)
5. Sub CPMK 5
Mampu mengaplikasikan akuntansi untuk perusahaan manufaktur (C3/ A2/ CPMK 3)
6. Sub CPMK 6
Mampu mengaplikasikan akuntansi untuk perusahaan dagang (C3/ A2/ CPMK 3)
F. PETA PEMBELAJARAN
G. STRUKTUR PELAKSANAAN
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan segala bentuk keaktifan di dalam kelas.
2. Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai waktu yang ditentukan.
3. Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
H. ASSESMENT
NO |
HURUF |
SKOR |
BOBOT |
KUALITATIF |
1. |
A |
80-100 |
4.00 |
Pujian (Sangat Baik) |
2. |
A- |
77-79 |
3.75 |
Lebih dari Baik |
3. |
AB |
75-76 |
3.50 |
Lebih dari Baik |
4. |
B+ |
73-74 |
3.25 |
Lebih dari Baik |
5. |
B |
70-72 |
3.00 |
Baik |
6. |
B- |
66-69 |
2.75 |
Lebih dari Cukup |
7. |
BC |
63-65 |
2.50 |
Lebih dari Cukup |
8. |
C+ |
59-62 |
2.25 |
Lebih dari Cukup |
9. |
C |
55-58 |
2.00 |
Cukup |
10. |
C- |
51-54 |
1.75 |
Hampir Cukup |
11. |
CD |
48-50 |
1.50 |
Hampir Cukup |
12. |
D |
41-47 |
1.00 |
Kurang |
13 |
E |
≤ 40 |
0.00 |
Sangat Kurang |
I. DOSEN PENGAMPU
Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc.
Avininda Dewi Ninidasari, S.E., M.Ak.
J. DAFTAR RUJUKAN
A. Utama
1. Carl S. Warren dkk. 2015. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
2. Faud, Ramly & Rustan. 2016. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
3. Gede, Muhammad Dr,. H,. M.BA, Ak. & Said Khaerul Wasif, S.E., Ak. 2015. Akuntansi Keuangan Menengah 1. Edisi Kedua. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
B. Tambahan
1. Jusup, Haryono, Al.2011. Dasar – dasar Akuntansi Jilid 2. Yogyakarta:Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
2. Sodikin, Sugiri, Slamet. 2016. Akuntansi Pengantar 1.Yogyakarta:Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkMdosen:
1. Musoli Musoli, Era Agustina Yamini. 2020. Peran Etika Kerja Islam Dan Keterikatan Karyawan Dalam Meningkatkan Organizational Citizenship Behaviour. https://journal.umy.ac.id/index.php/bti/article/view/10778
2. Avininda Dewi Nindiasari. 2021. Good corporate governance practices and voluntary disclosure in companies listed in the Indonesia Sharia Stock Index (ISSI). https://journal.uii.ac.id/AJIM/article/view/19156