PROFIL MATA KULIAH
MATA KULIAH : PEMERIKSAAN LABORATORIUM KESEIMBANGAN CAIRAN
SEMESTER : II
DOSEN PJ : TRI DYAH ASTUTI, S.ST., M.Kes.
MATA KULIAH : PEMERIKSAAN LABORATORIUM KESEIMBANGAN CAIRAN
SEMESTER : II
DOSEN PJ : TRI DYAH ASTUTI, S.ST., M.Kes.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan.
Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah Manajemen Laboratorium Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa program Sarjana Terapan semester 2. Mata kuliah Manajemen Laboratorium memiliki bebas sks sebesar 3 sks dengan kode mata kuliah TLM2042.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik yaaa....
Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Penanggung Jawab Mata Kuliah
Tri Dyah Astuti, S.ST., M.Kes.
Mata kuliah pemeriksaan laboratorium keseimbangan cairan ini mahasiswa akan belajar mengenai cairan tubuh, metode dan cara pemeriksaanya. Mata kuliah ini diharapkan akan menjadi bekal mahasiswa untuk kedepannya dalam memasuki dunia kerja khususnya dalam pemeriksaan laboratorium kimia klinik. Pemeriksaan laboratorium keseimbangan cairan ini akan mempelajari tentang cairan tubuh cis dan ces, metode-metode pemeriksaan keseimbangan cairan, pemeliharaan asam basa, keseimbangan elektrolit darah dan urin, pengaturan keseimbangan cairan vaskular dan osmotik serta cairan ekstraseluler, pemeriksaan darah dan urin dalam elektrolit, pemeriksaan liquo celebro spinal dan transudat, eksudat, getah lambung, cairan sendi. Upaya untuk mencapai harapan tersebut, mahasiswa akan dilatih untuk dapat melakukan pemeriksaan laboratorium keseimbangan cairan dengan materi pemeriksaan meliputi difusi cairan tubuh, proses osmosis pada cairan tubuh, filtrasi cairan tubuh, transport aktif cairan tubuh, keseimbangan asam basa, pemeriksaan gas darah arteri (agda), pemeriksaan natrium, kalium, kalsium, magnesium, clorida, bokarbonat, fosfat, cairan otak, cairan sendi, transudat, eksudat, cairan lambung. |
M1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang cairan tubuh CIS dan CES (S11,PP9,KK6,KK11) |
M2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang metode pemeriksaan keseimbangan cairan (S6,S9,S11,PP9,KK6,KK11) |
M3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemeriksaan asam-basa (S6,S9,S11,PP9,KK6,KK11 |
M4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang keseimbangan elektrolik darah dan urin (S6,S9,S11,PP9,KK6,KK11 |
M5 |
Mahasiswa mampu menjelaska tentang pengaturan keseimbangan vaskular dan osmotik, cairan ekstraselular(S11,PP9,KK6,KK11) |
M6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemeriksaan darah dan urin dalam elektrolit (S6,S9,S11,PP9,KK6,KK11) |
M7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemeriksaan liquo celebro spinal, transudat dan eksudat, cairan getah lampung dan cairan sendi (S6,S9,S11,PP9,KK6,KK11) |
Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan baik secara synchronous (zoom meeting, google meeting, elearning) maupun secara unsynchronous (Google classroom, whatsapp group, elearning)
Para mahasiswa mengikuti perkuliahan harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
NO | HURUF | SKOR | BOBOT | KUALITATIF |
---|---|---|---|---|
1. | A | 80-100 | 4.00 | Pujian (Sangat Baik) |
2. | A- | 77-79 | 3.75 | Lebih dari Baik |
3. | AB | 75-76 | 3.50 | Lebih dari Baik |
4. | B+ | 73-74 | 3.25 | Lebih dari Baik |
5. | B | 70-72 | 3.00 | Baik |
6. | B- | 66-69 | 2.75 | Lebih dari Cukup |
7. | BC | 63-65 | 2.50 | Lebih dari Cukup |
8. | C+ | 59-62 | 2.25 | Lebih dari Cukup |
9. | C | 55-58 | 2.00 | Cukup |
10. | C- | 51-54 | 1.75 | Hampir Cukup |
11. | CD | 48-50 | 1.50 | Hampir Cukup |
12. | D | 41-47 | 1.00 | Kurang |
13 | E | ≤ 40 | 0.00 | Sangat Kurang |
Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
NO | AKTIVITAS | NILAI ABSOLUTE |
1 | Ujian Blok (Teori) | 30% |
2 | Praktikum | 40% |
3 | Penugasan | 20% |
4 | Tutorial | 10% |
Pembelajaran Teori:
Pembelajaran Tutorial:
Pembelajaran Praktikum:
1. Atmadja, M.S. 2003. Pendidikan Berkesinambungan Patologi Klinik 2003.Jakarta: Bagian Patoligi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2. Baron, D.N. 1990. Kapita Selekta Patologi Klinik. Edisi 4. jakarta : EGC 3. Bern, J and Henry, M.D. 1989. Clinical Diagnosis and Management. Philadelphia London-Toronto : W.B. Saunders Company. 4. Boehringer, M. 1993.Pemantapan Kualitas Cara Mengatasi Kesulitan (Trouble Shooting). Cetakan 3. Jakarta : Boehringer Mannheim Indonesia. 5. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2004. Pedoman Praktek Laboraturium yang Benar. Cetakan 3. Jakarta : Depertemen Kesehatan Republik Indonesia. 6. Dewiesah, I. S. 1989. Penentuan Nutrien Dalam Jaringan dan Plasma Tubuh Cetakan1. Yogyakarta : Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi. UGM 7. Baron DN. 1995. Kapita Selekta Patologi Klinik. Edisi 4. EGC. Jakarta 8. Gandasoebrata. 2004. Penuntun Laboratorium Klinik Cetakan 11. Jakarta : Dian Rakyat. 9. Kurniawan, Fajar, Bakti. 2014. Kimia Klinik Praktikum Analis Kesehatan, Jakarta : UGC 10. Kosasih, E.N. Kosasih dan A.S. 2008. Tafsiran Hasil Pemeriksaan Laboratorium Klinik. Tangerang : KARISMA Publishing Group, 2008. 11. Lembar S, Then Z, Wiryanto GA,2013. Urinalisis dan pemeriksaan cairan tubuh sederhana. Ed. Jakarta:WIMI 12. Riswanto & Rizki, M.,2015.Urinalisis Menerjemahkan Pesan Klinisi Urine. EdisiI. Yogyakarta: Pustaka Rasmedia. 13. Sacher, Ronald A. dan Richard A. McPherson. 2004. Tinjauan klinis hasil pemeriksaan laboratorium edisi 11. Alih bahasa : Brahm U. Pendit dan Dewi Wulandari. EGC : Jakarta. hal 37-48. 14. Ganong, W.F. 1995. Fisiologi Kedokteran Edisi 14. Jakarta : EGC. 15. Guyton and Hall. 1997. Fisiologi kedokteran edisi 9. Jakarta. Penerbit EGC |
Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kebesaran) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur'an itu adalah benar. Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?
Hari/Tanggal : Senin/5 Juli 2021
Waktu : 10.00-11.40 WIB
Sifat : Closed Book
Alokasi Waktu : 100 menit
Dosen PJ MK : Tri Dyah Astuti, S.ST., M.Kes.