PROFIL MATA KULIAH
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Pemberdayaan dalam praktik kebidanan, Magister Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program Magister Kebidanan Semester 2
Mata kuliah ini terbagi menjadi 2 SKS Teori dan 1 SKS Seminar
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH
Mata kuliah ini diharapkan mampu mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam mengevaluasi praktik kebidanan dan mendemonstrasikan pengambilan keputusan dan keahlian klinis kebidanan secara advanced, dalam upaya meningkatkan standar asuhan untuk perempuan dan keluarganya. Konsep kenormalan dan medikalisasi dalam childbearing akan dieksplor secara mendalam dalam kaitan memaksimalkan fisiologi. Aspek fisiologi dan sosiologi yang penting praktik kebidanan akan dianalisis secara kritis. Peran tim multidisiplin (interprofessional) dalam memberikan asuhan pada perempuan dalam proses childbearing yang berikitan dengan penurunan risiko (risk reduction) dan pemberdayaan akan didiskusikan melalui debat. Signifikansi EBP dan pengambilan keputusan dalam kebidanan akan dievaluasi dalam kontribusinya pada pentingnya aplikasi empowerement, risk reduction dan model asuhan kebidanan.
BAHAN KAJIAN
Konsep medikalisasi dalam pelayanan kebidanan
Pemberdayaan praktik kebidanan dalam pelayanannya kepada perempuan (empowering dalam praktik kebidanan)
Support kepada perempuan untuk memberikan keleluasan pada mereka untuk mengambil keputusan strategis sepanjang siklus kehidupanya (aman dan nyaman) /embodiment pada praktek pelayanan kebidanan
Partnership dalam pelayanan kebidanan (bidan-pasien, bidan-teman sejawat )
Implementasi evidence based
Otonomi, interprofessional dan interdispilin
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
Mengevaluasi secara kritis riset dan literature terkini tentang pelayanan kebidanan sebagai bahan diskusi dan mengkritisi medikalisasi pada kehamilan, persalinan dan nifas normal (S2, S5, KU2, KU 4, KK 1, KK2, P1, P2, P9)
Mengevaluasi secara kritis pemberdayaan perempuan untuk bisa mendukung perempuan mengambil keputusan startegis sepanjang siklus kehidaupannya dan mengetahui resiko atas keputusan yang diambil (S2, S5,S6 KU2, KU 4, KK 1, KK2, KK4, P1, P2, P9, P12)
Menganalisis secara kritis efek yang ditimbulkan pada asuhan pada perempuan dalam model biomedical dan kebidanan (midwifery) (S2, S5,S6 KU2, KU 4, KK 1, KK2, P1, P2, P3, P9)
Menghubungkan aspek fisiologi, psikologi, social, budaya dan epidemiologi yang dapat memaksimalkan perempuan dalam mempertahankan kenormalan kehamilan, persalinan dan nifasnya (S2, S5,S6 KU2, KU 4, KK 1, KK2, P1, P2, P9,)
Tim Dosen :
Prof. dr. Moch. Hakimi, Sp.OG, Ph.D.
DR Mufdlillah., M.Sc
Andari Wuri Astuti., S.SiT., MPH., Ph.D
Prof. Dr. Siswanto Agus Wilopo, SU, MSc, ScD (Narasumber)
dr Suryo, Sp.OG ( Ketua HOGSI) (Narasumber)
IBI PP (Narasumber)
DAFTAR RUJUKAN
Belenky, M., Clinchy, B., Goldberger, N., Tarule, J., 1987. Women’s Ways of Knowing. New York: Basic
Benjamin, Y., Walsh, D., Taub, N., 2001. A comparison of partnership caseload midwifery care with conventional team midwifery care: labour and birth outcomes. Midwifery, 17(3), 234-240.
Cheyney M (2008)Homebirth as Systems-Challenging Praxis: Knowledge, Power, and Intimacy in the Birthplace. Qualitative Health Research, 18(2):254-267
Thomas, T., 2001. Becoming a mother: Matrescence as spiritual formation. Religious Education, 96 (1), 88-105.
silahkan undul rps ini untuk panduan pembelajaran.