General
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah Prakik Berbasis Bukti, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program D4 Anestesiologi Program Sarjana Terapan.
Mata kuliah Prakik Berbasis Bukti memiliki beban 1 SKS. kode mata kuliah KAN 5032.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Evidence Based Practice (EBP) merupakan mata kuliah yang berfokus pada pemahaman mahasiswa tentang cara mencari dasar sumber sebagai referensi terbaik untuk melakukan asuhan kepenataan anestesi. Mahasiswa akan belajar tentang bagaimana mencari sumber ilmiah terbaru, melakukan penilaian literatur ilmiah terstandar (critical appraisal) sehingga akhirnya mahasiswa akan mampu membuat suatu esai dalam bidang Keperawatan Anestesi yang baik dan berkualitas.
Bahan Kajian Teori :
Langkah EBP, PICO, Ethic and Evidence
Pencarian Evidence Based Terkini dan Terbaik
Konsep Literature Review VS Systematic Review
Langkah Critical Appraisal
Presentasi Literature Review
Presentasi Literature Review
Wrap up Evidence Based Practice Theories
Bahan Kajian Praktikum :
Praktikum Langkah EBP dan PICO
Praktikum Cara Pencarian Artikel Ilmiah Umum dan Kebencanaan
Praktikum Level of Evidence Artikel Ilmiah
Praktikum Mendeley Citation Manager
Praktikum Prisma Flow Diagram dan Predatory Journal
Praktikum Critical Appraisal (Diagnosis & screening)
Praktikum Critical Appraisal (Therapy)
Praktikum Critical Appraisal (Harm/Etiology dan Prognosis)
Praktikum Critical Appraisal (Systematic review/meta analysis)
Praktik Penulisan Literature Review
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S9
SU12
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Memiliki semangat untuk membaca literatur dan bergaul dengan komunitas Teknologi Informasi..
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PPU5
Menguasai konsep dan metode untuk mengetahui adanya temuan terbaru disiplin ilmu yang dimilikinya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU18
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan Kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK7
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi kepenataan anestesi sesuai kewenangannya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam membaca literatur untuk mengetahui adanya temuan terbaru disiplin ilmu Keperawatan Anestesi, mencegah plagiasi serta memilih berbagai alternative solusi kepenataan anestesi sesuai kewenangannya (S9, SU12, PPU5, KU18, KK7).
- Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan.
- Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, praktikum, tugas, kuis, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan perkuliaan Teori Praktikum dan Seminar sesuai materi yang disiapkan
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi tugas masing-masing serta mengerjakan kuis yang diberikan oleh dosen dalam proses pembelajaran.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti evaluasi pembelajaran melaui Ujian Tengah Semeser dan Ujian Akhir Semester.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang UTS (20%)
UAS (20%)
Penugasan Terstruktur (20%)
Praktikum (40%)
Tim Dosen:
Dzakiyatul Fahmi Mumtaz, S. Kep., Ns., M. Kep
Raisa Farida Kafil, S. Kep., Ns., M. Kep
dr. Briliana Nur Rohima, Sp. PK., M. Sc
Vita Purnamasari, S. Kep., Ns., M. Kep
Raden Sugeng Riyadi, SST., M. Psi
Steen, R, G., 2011. Retractions in the Scientific Literature: is the incidence of Research Fraud Increasing?. Journal of Medical Ethics 37:249-253
Elsevier. 2015. Ethics in Research and Publication. Elsevier
Shankar. 2012. What do reviewers look for in an original research article?. Journal of Nepal Medical Association 52;186 pg:95 -101
Baron TH. 2012. ABC's of writing medical papers in English. Korean J Radiol. 2012 Jan-Feb;13 Suppl 1:S1-11
Shidham VB, Pitman MB, Demay RM. 2012. How to write an article: Preparing a publishable manuscript Cytojournal , 9: 1.
Wislar JS, Flanagin A, Fontanarosa PB, Deangelis CD. Honorary and ghost authorship in high impact biomedical journals: a cross sectional survey.BMJ, 343:d6128.
Masic I. 2011. How to search, write, prepare and publish the scientific papers in the biomedical journals. Acta Inform Med, 19(2): 68-79.