Topic outline

  • General

  • TEORI 1. Fikih Bencana : Hakikat Bencana dalam Sudut Pandang Agama

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu  mengintegrasikan Fiqih Bencana meliputi hakikat bencana dalam Al-Qur’an ke dalam peranan sebagai perawat anestesi dan asuhan keperawatan anestesiologi (ASKAN) dalam Kesehatan bencana (C4, A3)

    BAHAN KAJIAN

    1. Fiqih Bencana

    2. Hakikat Bencana dalam Al-Qur’an

    3. Siaga Bencana dalam Islam

    4. Hikmah Bencana bagi manusia

    5. Implementasi nilai Ke-Islaman dalam Bencana

    METODE PEMBELAJARAN

    Pembelajaran konstektual.

    E-Learning: 100 mnt

    • TEORI 2. Penilaian Risiko Bencana: Bencana Alam dan Non-Alam

      SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

      Mahasiswa mampu mempersepsi dan melakukan penilaian risiko Bencana (Alam dan non-Alam) (C5, A3, P4)

      BAHAN KAJIAN

      1. Prinsip Pengkajian/Penilaian Risiko Bencana

      2. Fungsi Pengkajian Risiko Bencana

      3. Metode Pengkajian risiko bencana

      4. Analisis tingkat risiko bencana

      METODE PEMBELAJARAN

      • Pembelajaran konstektual.
      • E-Learning: 100 mnt
      • Praktikum : 2 x 170 menit


      • TEORI 3. Pengelolaan Risiko Bencana

        SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

        Mahasiswa mampu membuat kajian tentang pengelolaan risiko bencana (C2,A3,P4)

        BAHAN KAJIAN

        1. Pengantar Manajemen Bencana

        2. Aspek Manajemen Bencana

        3. Perubahan Paradigma dalam Penanganan Bencana

        4. Integrasi hasil penelitian mengenai pengelolaan risiko bencana

        METODE PEMBELAJARAN

        • Pembelajaran kolaboratif.
        • E learning: Forum  diskusi 
        • Praktikum : 8x170 menit

        • TEORI 4. Manajemen Kamar Operasi pada Mitigasi Bencana, Intra Bencana, dan Pasca Bencana

          SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

          Mahasiswa mampu memahami dan merancang Manajemen kamar operasi dalam situasi bencana dan pengelolaan pengungsian (C3A3P4)

          BAHAN KAJIAN

          1. Manajemen kamar operasi pada kondisi Bencana

          2. Tenaga pelaksanaan Triase medik

          1. Organisasi pos medis

          2. Luas pos medis lanjutan

          3. Arus pemindahan korban

          4. Tenaga pelaksana pos medis lanjutan standar

          5. Pelayanan operatif di pengungsian

          6. Hospital Disaster Preparedness pada Kamar Operasi

          METODE PEMBELAJARAN

          • Pembelajaran konstektual
          • E learning: Forum  diskusi 
          • Praktikum : 6x170 menit

          • TEORI 5. Pemulihan Kesehatan Fisik pasca Bencana

            SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

            Mahasiswa mampu melakukan penilaian Aspek Kesehatan Fisik Pasca Bencana (C2A4P2)

            BAHAN KAJIAN

            1. Pelayanan Kesehatan dasar bencana

            2. Pengendalian penyakit tidak menular

            3. Pencegahan penyakit tidak menular

            4. Pencegahan wabah

            5. Pengurusan jenazah

            METODE PEMBELAJARAN

            • Pembelajaran kolaboratif.
            • E learning: Forum  diskusi 
            • Praktikum : 8x170 menit

            • TEORI 6. Pemulihan Kesehatan Psikologis Pasca Bencana

              SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

              Mahasiswa mampu melakukan penilaian Aspek Kesehatan Psikologis Pasca Bencana (C2A4P2)

              BAHAN KAJIAN

              1. Dampak Bencana terhadap psikologis

              2. Layanan psikologis pasca bencana

              3. Integrasi nilai ke-Islaman dalam penanganan masalah psikologis pasca bencana

              METODE PEMBELAJARAN

              • Pembelajaran kolaboratif.
              • E learning: Forum  diskusi 
              • Praktikum : 4x170 menit


              • TEORI 7. Peran Penata Anestesi dalam Kesehatan Bencana

                SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                Mahasiswa mampu mengidentifikasi Peran Penata Anestesi dalam Kesehatan Bencana (C2A4P2)

                BAHAN KAJIAN

                Peran Penata Anestesi dalam Bencana:

                1. Dalam Mitigasi bencana

                2. Intra Bencana

                3. Pasca Bencana

                METODE PEMBELAJARAN

                Pembelajaran kolaboratif.

                E learning: Forum  diskusi


              • UJIAN SEMESTER