Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Manajemen dan Kepemimpinan jurusan Keperawatan anestesi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program D4 Keperawatan Anestesiologi
Mata kuliah Dasar Pemograman memiliki bebas SKS sebesar 2 SKS (1 sks TEORI, 1 sks PRAKTIKUM) dengan kode mata kuliah KAN. 4027
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Mata KuliahManajemen dan Kepemimpinan mengajarkan tentang konsep dan teori proses menajemen dan kepemimpinan, konsep manajemen perencanaan, konsep supervisi, timbang terima pasien, dan pendelegasian tugas untuk meningkatkan pelayanan keperawatan anestesi. Materi yang akan dibahas antara lain:
Bahan Kajian Teori:
Konsep dan teori proses menajemen dan kepemimpinan
Manajemen perencanaan (POAC), rencana, dan pelaporan kerja
Konsep supervisi, timbang terima pasien, dan pendelegasian tugas
Konsep manajemen konflik, waktu, dan stress
Konsep kolaborasi dan negoisasi
Konsep mutu pelayanan keperawatan anestesiologi (indikator mutu, standard akreditasi, SOP, panduan asuhan keperawatan anestesi) dan konsep Pelayanan Prima
Presentasi: Analisis Manajemen di Ruang Operasi
Bahan Kajian Praktikum:
Serah terima pasien
Pre Conference
Post Conference
Supervisi
Pendelegasian tugas
Pembuatan jadwal penata anestesi
Penilaian Analis Beban Kerja (ABK)
- Mahasiswa mampu memahami dan menguasai tentang konsep dan teori proses menajemen dan kepemimpinan (S5, S6, SU 13, PPU4, KKU 7, KK7)
- Mahasiswa mampu memahami dan menguasai tentang manajemen perencanaan (POAC), rencana, dan pelaporan kerja (S5, S6, SU 13, PPU4, KKU7, KK7)
- Mahasiswa mampu memahami dan menguasai tentang konsep manajemen konflik, waktu, dan stres (S5, S6, SU 13, PPU4, KKU7, KK7)
- Mahasiswa mampu memahami dan menguasai tentang konsep kolaborasi dan negoisasi (S5, S6, SU 13, PPU4, KKU7, KK7)
- Mahasiswa mampu melakukan serah terima pasien, melakukan pre konferen, melakukan post konferen dan melakukan supervisi dalam upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan anestesiologi (S5, S6, SU 13, PPU4, KKU7, KK7)
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, tugas, kuis, UTS, dan UAS
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliahj dengan penilaian sebagai berikut :
UTS (20%)
UAS (20%)
Tugas Terstruktur (20%)
Praktikum (40%)
Tim Dosen: .
Dzakiyatul Fahmi Mumtaz, M. Kep
dr. Joko Murdiyanto, Sp.An, MPH
Belian Anugrah Estri, S.ST, MMR
Heri Puspito, MKM
Astika Nur Rohmah, M.Biomed
Findri Fadlika, S. Tr. Kep
Niken Anggraeni, S. Tr. Kep
Cahaya Nugraheni, S. Tr. Kep
Gillies Dee Ann (1994), Nursing Management. A System Approach, 3 rd ed, Philadelphia : WB Saunders Co.
La. Monica (2003), Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan, Jakarta, EGC
Nursalam (2003), Manajemen keperawatan, Jakarta, EGC
Swansburg R.C. and Swansburg R.J. (1990) , Management and leadership for Nurses Managers, Boston: Jones andr Bartlett
Gillies Dee Ann (2000), Manajemen Keperawatan Sebagai Suatu Pendekatan Sistem, Bandung
Tomey, Ann Marriner, (1992) Nursing Management, London, Philadelphia, Mosby Year Book.
Swansburg R.C. and Swansburg R.J. (1999) Introductory Management and leadership for Nurses. Sudbery. Massachusetts : Jones and Bartlett. Publishers
Thora Kron (1991), The Management of Patient Care, Philadelphia : W.B. Saunders Co.
Jackuelyn Katz (1992), Managing Quality, London, Philadelphia, Mosby Year Book
Dasar-dasar manajemen pelayanan kesehatan, Joko Wiyono.
Mugianti, Sri. 2016. Manajemen dan Kepemimpinan dalam Praktik Keperawatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Allah mensyariatkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bahagian dua orang anak perempuan; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, maka ia memperoleh separo harta. Dan untuk dua orang ibu-bapak, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapaknya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar utangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. QS An-Nisaa : 11
Perhitungan warisan merupakan hal yang krusial dalam Islam. Penggunaan aplikasi dapat meminimalisir kesalahan perhitungan. Ini menjadikan inspirasi untuk MK Dasar Pemrograman