Topic outline

  • UJIAN SEMESTER

    • SOAL UAS ASUHAN KEPERAWATAN ANESTESI TERAPI CAIRAN TA 2020-2021 GASAL Quiz
      Restricted Available until 18 January 2021, 11:00 PM
  • APLIKASI ASKAN PADA KASUS CAIRAN/ELEKTROLIT

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu mendefinisi dan menganalisis asuhan keperawatan anestesi pada pasien dengan kebutuhan pemenuhan cairan dan elektrolit (C5, A3)

    BAHAN KAJIAN

    Aplikasi kasus dan implementasi asuhan keperawatan anestesi pada pasien dengan kebutuhan pemenuhan cairan dan elektrolit

    METODE PEMBELAJARAN

    • Pembelajaran kolaboratif.
    • Tatap muka teori: 100 mnt
    • PRESENTASI


  • KETIDAKSEIMBANGAN CAIRAN DAN ELEKTROLIT

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempersepsi dan mengevaluasi faktor penyebab ketidakadekuatan volume cairan (C5, A4, P4)

    BAHAN KAJIAN

    1. Gangguan keseimbangan cairan

    2. Dehidrasi pada seting perioperatif

    3. Gangguan Elektrolit pada setting perioperatif

    4. Tatalaksana pemenuhan kebutuhan cairan pada penyakit yang berhubungan dengan ketidakseimbangan cairan dan elektrolit

    METODE PEMBELAJARAN

    • Pembelajaran kolaboratif.

    • Tatap muka teori: 100 mnt

    • Praktikum:4 x 170 menit

  • CASE STUDY : PRESENTASI KELOMPOK

  • Monitoring Intake dan Output Cairan

    Astika Nur Rohmah, S.Kep., Ns., M.Biomed


    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu menganalisis dan mendemonstrasikan monitoring status volume cairan dan intravaskular (C4, A4, P4)

    BAHAN KAJIAN

    1. Pemantauan intake dan output cairan 

    2. Kekurangan volume cairan

    3. Kelebihan volume cairan

    METODE PEMBELAJARAN

    • Pembelajaran kolaboratif.
    • Tatap muka teori: 100 mnt
    • Praktikum: 4 x 170


  • konsep cairan dan elektrolit

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu mempersepsikan, mengevaluasi konsep cairan dan elektrolit (C5, A3,P4)

    BAHAN KAJIAN

    1. Penyampaian RPS

    2. Kebutuhan Cairan dan Elektrolit

    3. Keseimbangan cairan dan elektrolit

    4. Kompartemen Cairan (Intravaskuler, Ekstravaskuler)

    METODE PEMBELAJARAN

    • Pembelajaran konstektual.
    • Tatap muka teori: 100 mnt
    • Praktikum: 4 x 170 menit


    • manajemen cairan perioperatif

      SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

      Mahasiswa mampu menganalisis dan mengaplikasikan manajemen cairan perioperatif (C4, A4, P4)

      BAHAN KAJIAN

      1. Manajemen Cairan Pre-operatif

      2. Manajemen Cairan Intra-operatif

      3. Manajemen Cairan Post-operatif

      4. Aplikasi EBN

      5. Aplikasi kasus

      METODE PEMBELAJARAN

      • Pembelajaran kolaboratif.
      • Tatap muka teori: 100 mnt
      • Praktikum: 4 x 170 menit


      • jenis-jenis cairan dan aplikasinya dalam setting perioperatif

        SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

        Mahasiswa mampu menganalisis dan jenis-jenis cairan dan aplikasinya dalam setting perioperatif  (C4, A4, P4)

        BAHAN KAJIAN

        1. Jenis cairan Kristaloid 

        2. Jenis cairan Koloid

        3. Cairan Isotonik

        4. Cairan Hipotonik

        5. Cairan Hipertonik

        6. Aplikasi pemilihan jenis cairan di setting perioperatif

        METODE PEMBELAJARAN

        • Pembelajaran kolaboratif.
        • Tatap muka teori: 100 mnt
        • Praktikum: 6 x 170 menit


        • terapi perioperatif dalam pencapaian outcome klinis

          SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

          Mahasiswa mampu mempersepsi dan mendemonstasikan target terapi perioperatif dalam pencapaian outcome klinis (C5, A4)

          BAHAN KAJIAN

          1. Pengganti cairan puasa

          2. pengganti cairan operasi

          3. pengganti cairan perdarahan

          METODE PEMBELAJARAN

          Tatap muka teori: 100 mnt