Topic outline
UJIAN SEMESTER
- Hari, Tanggal: Senin, 18 Januari 2021
Waktu: 10.00 WIB - selesai
Pastikan kuota Internet Anda CUKUP dan koneksi STABIL.
Pastikan Anda log in dengan NIM dan atau NAMA yang benar.
APLIKASI ASKAN PADA KASUS CAIRAN/ELEKTROLIT
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu mendefinisi dan menganalisis asuhan keperawatan anestesi pada pasien dengan kebutuhan pemenuhan cairan dan elektrolit (C5, A3)
BAHAN KAJIAN
Aplikasi kasus dan implementasi asuhan keperawatan anestesi pada pasien dengan kebutuhan pemenuhan cairan dan elektrolit
METODE PEMBELAJARAN
- Pembelajaran kolaboratif.
- Tatap muka teori: 100 mnt
- PRESENTASI
KETIDAKSEIMBANGAN CAIRAN DAN ELEKTROLIT
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempersepsi dan mengevaluasi faktor penyebab ketidakadekuatan volume cairan (C5, A4, P4)
BAHAN KAJIAN
Gangguan keseimbangan cairan
Dehidrasi pada seting perioperatif
Gangguan Elektrolit pada setting perioperatif
Tatalaksana pemenuhan kebutuhan cairan pada penyakit yang berhubungan dengan ketidakseimbangan cairan dan elektrolit
METODE PEMBELAJARAN
Pembelajaran kolaboratif.
Tatap muka teori: 100 mnt
Praktikum:4 x 170 menit
Assalamu'alaikum wr wb
Mahasiswa sekalian berikut adalah forum diskusi untuk Materi Ketidakseimbangan Cairan dan Elektrolit.
Silahkan mendiskusikan materi tersebut di forum ini
Terimakasih. Wassalamu'alaikum wr wb
CASE STUDY : PRESENTASI KELOMPOK
Assalamu'alaikum mahasiswa sekalian berikut adalah studi kasus pasien untuk dipresentasikan pada pertemuan terakhir MK ASKAN Terapi Cairan.
1. Tujuan Tugas
Mahasiswa bertanggungjawab atas tugas yang diberikan dan dapat menyusun Asuhan keperawatan anestesi sesuai dengan kasus pemicu
2. Uraian Tugas
a. Obyek Garapan:
Mahasiswa mengidentifikasi data senjang, membuat diagnosis ASKAN serta NOC dan NIC nya.
b. Batasan yang harus dikerjakan:
1) Kelompok terbagi atas 2 kelompok besar. Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan ASKAN sesuai dengan kasus pemicu
2) Menyusun analisis data
3) Setiap kelompok diminta untuk membuat diagnosis keperawatan (prioritas dan minimal 1 diagnosis penunjang)
4) Setiap kelompok diminta untuk membuat NOC
5) Setiap kelompok diminta untuk membuat NIC
c. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
1) Penugasan ini diberikan sebelum proses pembelajaran/presentasi berlangsung
2) Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok (2 kelompok besar)
3) Setiap kelompok melakukan diskusi tentang ASKAN pada kasus
4) Setiap kelompok menyusun laporan/makalah
5) Melakukan evaluasi pembelajaran
d. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Laporan hasil tentang ASKAN Terapi Cairan: Pasien dengan gangguan keseimbangan cairan
Monitoring Intake dan Output Cairan
Astika Nur Rohmah, S.Kep., Ns., M.Biomed
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu menganalisis dan mendemonstrasikan monitoring status volume cairan dan intravaskular (C4, A4, P4)
BAHAN KAJIAN
Pemantauan intake dan output cairan
Kekurangan volume cairan
Kelebihan volume cairan
METODE PEMBELAJARAN
- Pembelajaran kolaboratif.
- Tatap muka teori: 100 mnt
- Praktikum: 4 x 170
konsep cairan dan elektrolit
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu mempersepsikan, mengevaluasi konsep cairan dan elektrolit (C5, A3,P4)
BAHAN KAJIAN
Penyampaian RPS
Kebutuhan Cairan dan Elektrolit
Keseimbangan cairan dan elektrolit
Kompartemen Cairan (Intravaskuler, Ekstravaskuler)
METODE PEMBELAJARAN
- Pembelajaran konstektual.
- Tatap muka teori: 100 mnt
- Praktikum: 4 x 170 menit
manajemen cairan perioperatif
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengaplikasikan manajemen cairan perioperatif (C4, A4, P4)
BAHAN KAJIAN
Manajemen Cairan Pre-operatif
Manajemen Cairan Intra-operatif
Manajemen Cairan Post-operatif
Aplikasi EBN
Aplikasi kasus
METODE PEMBELAJARAN
- Pembelajaran kolaboratif.
- Tatap muka teori: 100 mnt
- Praktikum: 4 x 170 menit
jenis-jenis cairan dan aplikasinya dalam setting perioperatif
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu menganalisis dan jenis-jenis cairan dan aplikasinya dalam setting perioperatif (C4, A4, P4)
BAHAN KAJIAN
Jenis cairan Kristaloid
Jenis cairan Koloid
Cairan Isotonik
Cairan Hipotonik
Cairan Hipertonik
Aplikasi pemilihan jenis cairan di setting perioperatif
METODE PEMBELAJARAN
- Pembelajaran kolaboratif.
- Tatap muka teori: 100 mnt
- Praktikum: 6 x 170 menit
terapi perioperatif dalam pencapaian outcome klinis
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu mempersepsi dan mendemonstasikan target terapi perioperatif dalam pencapaian outcome klinis (C5, A4)
BAHAN KAJIAN
Pengganti cairan puasa
pengganti cairan operasi
pengganti cairan perdarahan
METODE PEMBELAJARAN
Tatap muka teori: 100 mnt