Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Asuhan Keperawatan Pre Intra Post prodi Keperawatan Anastesiologi kultaas Ilmu Keseatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program D4 Anasesiologi.
Mata kuliah Asuhan Keperawatan Pre Intra Post memiliki bebas SKS sebesar 4 SKS
(1 sks TEORI, 1 sks TUTORIAL, 2 sks PRAKTIKUM) dengan kode mata kuliah KAN 3017.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nia Handayani, S.Tr.Kep., MKM
Pada mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami tentang asuhan keperawatan anestesi perianestesi yang berfokus pada penatalaksanaan pasien pre anestesi, intra anestesi, dan pasca anestesi. Mahasiswa juga belajar tentang pengkajian pasien pre anestesi, persiapan anestesi, monitoring intra anestesi, komplikasi anestesi, monitoring di recovery room serta manajemen pada pasien ODS (One Day Surgery).
Bahan Kajian Teori:
1. Konsep perianestesi
2. Prinsip perianestesi
3. Pengkajian pre anestesi (airway, pengkajian riwayat penyakit penyerta, riwayat pengobatan, riwayat anestesi dan operasi, serta ASA status)
4. Persiapan anestesi (premedikasi, alat dan obat anestesi, dan faktor pre operatif)
5. Pemeriksaan penunjang dalam lingkup perianestesi
6. Konsep intra anestesi
7. Manajemen intra anestesi
8. Penatalaksanaan jalan nafas dan terapi oksigen
9. Manajemen pasca anestesi
10. Analgesia post operatif
11. Konsep dasar anestesi ambulatory
12. Manajemen pasien ODS (One Day Surgery)
13. Peran dan wewenang penata anestesi dalam pelayanan ODS (One Day Surgery)
Bahan Kajian Praktikum:
1. Checklist pre anestesi (data pasien, kelengkapan dokumentasi)
2. Penentuan ASA
3. Inform Consent Pembiusan
4. Persiapan mesin anestesi
5. Persiapan alat anestesi
6. Pemberian premedikasi, induksi, muscle relaxant
7. Pemasangan LMA
8. Pemasangan ET
9. Spinal dan Epidural (monitoring)
10. Monitoring Intra Anestesi (TD, N, RR, SpO2, operator dll)
11. Penatalaksanaan Komplikasi Intra Anestesi (Perdarahan, Hipotensi, Spasme, Cardiac Arrest)
12. Checklist Monitoring Intra anestesi
13. Pengakhiran anestesi
14. Aldrete score
15. Bromage score
16. Steward Score
17. Pemulihan Pasca Anestesi (PONV, Mobilisasi)
18. Monitoring dan dokumentasi pasca anestesi
19. Pemeliharaan alat
20. Serah terima dengan perawat bangsal, ICU, ICCU
Bahan Kajian Tutorial:
1. Askan Pada Pasien dengan Anestesi Umum
Askan Pada Pasien dengan Anestesi Regional1. Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami konsep perianestesi (S9, PP11, PP13, KU10)
2. Mahasiswa mampu memahami prinsip perianestesi (S9, PP11, P13, KU10)
3. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan pengkajian pre anestesi (S3, S6, PP11, PP13, KK4, KK6)
4. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan persiapan anestesi (S9, PP11, KU10, KK6)
5. Mahasiswa mampu memahami pemeriksaan penunjang dalam lingkup perianestesi (S6, PP13, KU10, KK4)
6. Mahasiswa mampu memahami konsep intra anestesi (S3, S6, PP13, KU10, KK4)
7. Mahasiswa mampu memahami manajemen intra anestesi (S3, S6, PP13, KU10, KK4)
8. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan penatalaksanaan jalan nafas dan terapi oksigen (S9, PP13, KU10, KK4)
9. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan terapi cairan intra anestesi (S9, PP13, KU10, KK4)
10. Mahasiswa mampu memahami manajemen pasca anestesi (S3, S6, PP13, KU10, KK4)
11. Mahasiswa mampu memahami analgesia post operatif (S9, PP11, PP13, KU10, KK4, KK6)
12. Mahasiswa mampu menerapkan konsep dasar anestesi ambulatory (S9, PP11, PP13, KU10)
13. Mahasiswa mampu memahami manajemen pasien ODS (One Day Surgery) (S3, S6, PP13, KU10, KK4)
14. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan peran dan wewenang penata anestesi dalam pelayanan ODS (One Day Surgery) (S9, PP13, KU10, KK4)Bagan kegiatan Mata kuliah
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliahj dengan penilaian sebagai berikut :
1. UTS (10%)
2. UAS (10%)
3. Tugas Terstruktur (20%)
4. Tutorial (20%)
5. Praktikum (40%)
Total 100 %
Dosen 1 Nama : Nia Handayani, S.Tr.Kep., MKM NIP : 9509011807456 NIDN : Email : niahandayani@unisayogya.ac.id HP : 082133055176 Tim Dosen:
1. Nia Handayani, S.Tr.Kep., MKM
2. dr. Joko Murdiyanto, Sp.An., MPH
3. dr. Hendi Saputra, Sp.An
4. Sunita Sinaga, S.Kep.,Ns.,MMR
5. R. Sugeng Riyadi, S.ST., M.Psi
6. Findri Fadlika, S.Tr.Kep
7. Agus Budi Prasetyo, S.Tr.Kep
8. Niken Anggraeni, S.Tr.Kep
9. Anita Setyowati, S.Tr.Kep
10. Istiqomah Rosidah, S.Tr.Kep1. Aston, A., Rivers, A., & Dharmadasa, A. (2014). Equipment in Anaesthesia and Critical Care. UK : Scion
2. Chu, L., & Fuller, A. (2012). Manual Of Clinical Anesthesiology. USA: Wolters Kluwer
3. Chu, L., Fuller, A.J., & Harisson, T. K. (2012). A Visual Guide To Anesthesia Procedures. USA : Wolters Kluwer
4. Chuan, A., & Scott, D. (2014). Regional Anesthesia. UK: Oxford University Press
5. Gan, T.J., & Habib, A.S. (2016). Postoperative Naudea and Vomiting. UK: Cambridge University Press
6. Nagelhout, J.J., & Plaus, K.L. (2014). Nurse Anesthesia. USA: Elsevier
7. Nathanson, M., & Mahajan, R. (2006). Anaesthesia.Churchill Livingstone: Elsevier
8. Polar, B.J., & Kitchen, G. (2018). Handbook Of Clinical Anaesthesia. New York: CRC Press
9. Prabhakar, H. (2016). Complications In Neuroanesthesia. UK: ElsevierQS. Al Hasyr : 22-24
Artinya:
Dia lah Allah, yang tidak ada Tuhan melainkan Dia; Yang Mengetahui
perkara yang ghaib dan yang nyata; Dia lah Yang Maha Pemurah, lagi Maha
Mengasihani. (22)
Dia lah Allah, yang tidak ada Tuhan melainkan Dia; Yang Menguasai
(sekalian alam); Yang Maha Suci; Yang Maha Selamat Sejahtera (dari
segala kekurangan); Yang Maha Melimpahkan Keamanan; Yang Maha
Pengawal serta Pengawas; Yang Maha Kuasa; Yang Maha Kuat
(menundukkan segala-galanya); Yang Melengkapi segala KebesaranNya.
Maha Suci Allah dari segala yang mereka sekutukan denganNya.(23)
Dia lah Allah, Yang Menciptakan sekalian makhluk; Yang Mengadakan
(dari tiada kepada ada); Yang Membentuk rupa (makhluk-makhlukNya
menurut yang dikehendakiNya); bagiNyalah nama-nama yang sebaikbaiknya
dan semulia-mulianya; bertasbih kepadaNya segala yang ada di
langit dan di bumi; dan Dia lah Yang tiada bandingNya, lagi Maha
Bijaksana.(24)