Topic outline

  • Profil Mata Kuliah




  • MATERI 1. Konsep promosi dan pendidikan kesehatan

    Assalamualaikum. Wr.Wb.

    Berikut materi Model PromKes yang disampaikan ole ib. Ririn Wahyu Hidayati tanggal 8 Oktober 2020.

    Ibu persilakan untuk:

    1. Berdoa sebelum belajar sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing

    2. Klik Presensi berikut untuk absensi perkuliaan

    3. Baca dan pahami slide ppt

    4. diskusikan di ddalam orum diskusi dan menjawab pertanyaan yang ada di dalam forum diskusi.

    Terimakasih.

    Wassalamualaikum Wr. Wb


    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu menganalisis  konsep promosi dan pendidikan kesehatan (C4, A3)

    BAHAN KAJIAN

    1. Penyampaian RPS .

    2. Komponen penilaian.

    3. Aturan yang disepakati selama perkuliahan

    4. Pengantar : konsep dasar pendidikan dan promosi kesehatan.

    METODE PEMBELAJARAN

    1. Ceramah

    2. Diskusi (100 menit)


  • MATERI 2. Konsep upaya kesehatan

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep upaya kesehatan  (C5, A3)


    BAHAN KAJIAN

    1. Kebijakan pemerintah tentang promosi kesehatan.

    2. Konsep upaya kesehatan dalam masyarakat

    3. Uapaya kesehetan preventif, kuratif,rehabilitatif dalam masyarakat

    4. Konsep pemeliharaa kesehatan lingkungan dalam Islam


    METODE PEMBELAJARAN

    1. Ceramah

    2. Diskusi (100 menit)


  • MATERI 3. Model-model dalam promosi kesehatan

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Mahasiswa mampu menganalisis model dalam promosi kesehatan (C4, A4)


    BAHAN KAJIAN
    Model-model dalam promosi kesehatan (HPM.HBM., preceede - procedee model, teori perilaku)

    METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah

    2. Diskusi (100 menit)


    • MATERI 4. Strategi dalam promosi kesehatan

      SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

      Mahasiswa mampu mengevaluasi strategi promosi kesehatan (C6, A5, P5)


      BAHAN KAJIAN

      1. Metode dan teknik pendidikan kesehatan
      2. Strategi promosi kesehatan
      3. Media Pembelajaran dalam pendidikan dan promosi kesehatan

      METODE PEMBELAJARAN

      1. Ceramah

      2. Diskusi (100 menit)

      1. Praktikum  10 x170 menit


    • MATERI 5. Peran penata anestesi dalam promosi dan pendidikan kesehatan

      SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

      Mahasiswa mampu menerapkan peran penata anestesi dalam pendidikan kesehatan (C6, A4, P6)


      BAHAN KAJIAN

      1. Peran perawat dalam pendidikan dan promosi kesehatan.

      2. Pendekatan komunikasi perawat dalam promosi kesehatan (advocacy,lobbying,negosiasi, partnership)


      METODE PEMBELAJARAN

      1. Ceramah

      2. Diskusi (100 menit)

      1. Praktikum 3 x170 menit


      • MATERI 6. Evaluasi dan monitoring program pendidikan kesehatan

        SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

        Mahasiswa mampu menganalisi evaluasi dan monitoring program pendidikan kesehatan. (C4, A4, P4)


        BAHAN KAJIAN

        1. Pengertian monitoring dan evaluasi program pendidikan kesehatan 

        2. Tujuan dan manfaat monitoring dan evaluasi program promosi kesehatan

        3. Cara - cara monitoring dan evaluasi program promosi kesehatan 

        4. Penatalaksanaan monitoring dan evaluasi program promosi kesehatan.


        METODE PEMBELAJARAN

        1. Ceramah

        2. Diskusi (100 menit)

        3. Praktikum 1x170 menit


      • MATERI 7. Pengembangan program pendidikan kesehatan

        SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

        Mahasiswa mampu menganalisis pengembangan program pendidikan kesehatan (C4, A2)


        BAHAN KAJIAN

        1. Identifikasi kebutuhan Belajar Klien

        2. Tujuan Pendidikan Kesehatan Klien

        3. Prinsip pendidikann keehatan.


        METODE PEMBELAJARAN

        1. Ceramah

        2. Diskusi (100 menit)


        Berikut materi terkait pengembangan program Promosi kesehatan. Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai sumber bacaan.

        1. Pengembangan Program PromKes

        2. Pengkajian Kebutuhan PromKes

        3. PRECEDE dan PROCEDE

        Aturan Main:

        1. Bacalah ppt yang sudah tersedia

        2. Diskusikanlah dalam forum diskusi elearning yang tersedia di masing-masing kelas. Waktu pelaksanaan e-learning untuk diskusi sesuai dg jam tatap muka (100 menit) dengan rincian 80menit untuk proses diskusi di forum diskusi. 20 setelahnya digunakan untuk menjawab kuis yg sudah tersedia dlm ruang kuis masing-masing kelas.

        3. Proses diskusi dilakukan dalam 1 forum saja, dengan model tanya jawab antar mahasiswa. Pertanyaan mahasiswa silakan dijawab oleh mhs lain selama waktu diakusi forum (80menit)

        4. Penguatan materi diberikan dosen diakhir pembelajaran.

        5. Waktu 20 menit terakhir, silakan memasuki forum Quis untuk menjawab kuis yang telah disediakan. Waktu mengerjakan Quis selama 20 menit dan hanya diberikan kesempatan masuk dan mengisi 1 kali saja


        BUKU PANDUAN PROMOSI KESEHATAN Sebagai salah satu sumber pustaka


      • UJIAN SEMESTER