Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah promosi kesehatan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program studi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi
Mata kuliah Dasar Pemograman memiliki bebas SKS sebesar 2 SKS yang terdiri dari 1 SKS teori dan 1 SKS praktikum.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nia Handayani
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep promosi kesehatan dan pendidikan kesehatan, model- model yang digunakan dalam promosi kesehatan, strategi serta media yang dapat digunakan dalam promosi kesehatan di masyarakat.
Bahan Kajian Teori:
Konsep promosi dan pendidikan kesehatan
Konsep upaya kesehatan
Model-model dalam promosi kesehatan
Strategi dalam promosi kesehatan
Peran penata anestesi dalam promosi dan pendidikan kesehatan
Evaluasi dan monitoring program pendidikan kesehatan.
Pengembangan program pendidikan kesehatan
Bahan Kajian Praktikum:
Penyusunan SAP pendidikan kesehatan
Strategi Pendidikan Kesehatan Ceramah
Strategi Pendidikan Kesehatan Roleplay dan mini drama
Strategi Pendidikan Kesehatan Demonstrasi
Pendidikan Komunikasi dalam Promosi Kesehatan
Media Pendidikan Kesehatan (PPT)
Media Pendidikan Kesehatan (leaflet dan booklet)
Media Pendidikan Kesehatan (Flaschcard, Flipchart)
Media Pendidikan Kesehatan (Poster)
Media Pendidikan Kesehatan Video
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S4
S5
SU 14
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Menjadi penggerak dalam merespon problem di masyarakat dalam bidang keperawatan anestesiologi dan profesi penata anestesi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PPU 4
PPU 7
PP 16
Menguasai konsep dan metode untuk memecahkan masalah di masyarakat
Menguasai konsep dan metode pemecahan masalah untuk dapat menganalisis perkembangan problem di masyarakat
Menguasai prinsip pendidikan dan promosi kesehatan;
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KUU 7
Mampu membangun komunikasi dan kerjasama dengan masyarakat
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK 6
Mampu melakukan pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan kepenataan anestesi;
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai tentang konsep promosi dan pendidikan kesehatan sebagai salah satu pemecahan masalah yang ada di masyarakat (S4, S5, SU 14, PPU4, PPU 7, PP16, KKU 7, KK6, KU2)
Mahasiswa mampu melakukan pendidikan kesehatan dengan berbagai metode pendidikan kesehatan yang sesuai dengan kepenataan anestesi dan mampu memebangun komunikasi yang baik dengan masayarakat. (S4, S5, SU 14, PPU4, PPU7, PP16, KKU 7, KK6, KU2)
Mahasiswa mampu melakukan pendidikan kesehatan dengan berbagai media pendidikan kesehatan (S4, S5, SU 14, PPU4, PPU 7, PP16, KKU 7, KK6, KU2)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliahj dengan penilaian sebagai berikut :
Penilaian Akhir No. Kegiatan Yang DInilai Nilai Persen 1. UTS dan UAS 40 2. Tugas 20 3. Praktikum 40 Jumlah 100 Tim Dosen: 1. Nia Handayani, S.Tr.Kep., MKM
Ratih Kusuma Dewi, S.Kep.,Ns., M.Biomed
Ririn Wahyu Hidayati, S.ST., MKM
Vita Purnamasari, M.Kep
Tri Hapsari Listyaningrum, SST., MH
Berisi ebook, video, dan link yang bersifat global bukan specific per pertemuan
buku rujukan dapat diunduh di :
http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Promkes-Komprehensif.pdf
Kholid, A. (2012). Promosi kesehatan dengan pendekatan teori perilaku, media, dan aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: PT Rinika Cipta