Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Farmakologi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi Jenjang DIV.
Mata kuliah Dasar Pemograman memiliki bebas SKS sebesar 2 SKS dengan kode mata kuliah KAN 2010.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mengetahui tentang konsep dasar Farmakologi, terutama obat yang bersinggungan langsung dengan profesi Penata Anestesi. Materi yang akan dibahas antara lain
Bahan Kajian Teori:
1. Tanggung jawab dan wewenang perawat anestesi dalam pemberian obat anestesi
2. Obat anestesi umum intravena
3. Obat anestesi umum inhalasi
4. Obat pelumpuh otot
5. Obat anestesi lokal
6. Obat sedasi dan analgetik
7. Obat emergensi
Bahan Kajian Praktikum:
1. Obat anestesi umum (inhalasi)
2. Obat anestesi umum (intravena)
3. Obat pelumpuh otot
4. Obat Anestesi Lokal
5. Obat Sedasi dan Analgesi
6. Obat Emergensi
7. Obat penunjang\(antidotum, anti perdarahan)- Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis dasar farmakologi; menunjukkan sikap bertanggung jawab atas bidang keahliannya secara mandiri; menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur serta mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dalam mencari alternative solusi dalam tindakan kepenataan anestesi sesuai kewenangannya (S8, PP12, KU11, KK7)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang Peserta didik akan dievaluasi penugasan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
UTS (20%)
UAS (20%)
Tugas Terstruktur (20%)
Praktikum (40%)
Tim Dosen:
dr. Joko Murdiyanto, Sp.An., MPH
dr. Hendi Prihatna, Sp.An., MPH
dr. Ayu Rosema, Sp.An.,MPH.
Isti Mutmainah, S. Farm, Apt., M.Farm.
Findri Fadlika, S.Tr.Kep.**
Anita Setyowati, S.Tr.Kep
Deglin, H, Judith. (2005). Pedoman obat untuk perawat. Jakarta : EGC
Abrams. (2009). Clinical Drugs Teraphy for Nurses. Lippincott.
Michael Adams. Pharmacology for Nurses, A Pathophysiological Approach, 4th Edition-
Pharmacology and physiology for Anesthesia
Nathanson, M ; Mahajan, R. (2006). Anaesthesia; Churchill’s Pocketbooks. USA : Elseiver
Barash, Paul, et al. (2009). Handbook of Clinical Anesthesia Sixth Edition. Lippincott Williams & Wilkins