Topic outline

  • Profil Mata Kuliah

    ASTIKA NUR ROHMAHAssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah Anatomi Fisiologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan.

    Mata kuliah Anatomi Fisiologi, memiliki beban SKS sebesar:  4 SKS (2SKS TEORI, 2 SKS PRAKTIKUM), dengan Kode Mata Kuliah : KAN1003

    Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Astika Nur Rohmah, S.Kep., Ns., M.Biomed
  • TOPIK 1. Pengantar anatomi dan fisiologi

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Mahasiswa memahami mata kuliah anatomi fisiologi dan dapat memenuhi ketentuan perkuliahan selama satu semester

    2. Mahasiswa memahami pengantar anatomi dan fisiologi dan kaitannya dengan keperawatan anestesiologi

    3. Mahasiswa mengetahui dan memahami gambaran mengenai anatomi dan fisiologi dari 11 sistem yang ada secara umum.        

    4. Membuat sketsa anatomi sistem tubuh manusia dan penjelasan secara fisiologis

     (C2, A2)

    BAHAN KAJIAN

    Kontrak Belajar:

    1. Penyampaian RPS .

    2. Komponen penilaian.

    3. Aturan yang disepakati selama perkuliahan

    • Tadarus Al-Quran 5 menit sebelum perkuliahan.

    • Tidak mengeluarkan HP saat KBM

    • Pakaian sesuai aturan kampus

    • Keterlambatan maksimal 15 menit

    • Tugas wajib dikumpulkan tepat waktu

    Materi:

    1. Pengantar anatomi fisiologi dan kaitannya dengan keperawatan anestesiologi

    2. Penugasan sketsa anatomi sistem tubuh manusia

    METODE PEMBELAJARAN

    Pembelajaran kolaboratif 

    Tatap muka teori: 100 mnt


    • TOPIK 2. Sistem neuro

      SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

      1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem neuro

      2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem neuro

      (C2, A2)


      BAHAN KAJIAN

      1. Anatomi sistem neuro

      2. Konsep fisiologi sistem neuro


      METODE PEMBELAJARAN

      1. Pembelajaran kolaboratif.

      2. Tatap muka teori: 100 mnt

      3. Diskusi 

      4. Praktikum 2x170 menit (anatomi neuro dan reflek)


      • TOPIK 3. Sistem endokrin

        SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

        1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem endokrin

        2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem endokrin

        (C2, A2)

        BAHAN KAJIAN

        1. Anatomi sistem endokrin

        2. Konsep fisiologi sistem endokrin

        METODE PEMBELAJARAN

        1. Pembelajaran kolaboratif.

        2. Tatap muka teori: 100 mnt

        3. Diskusi 

        4. Praktikum 1x170 menit


        • TOPIK 4. Sistem kardiovaskuler

          SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

          1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem kardiovaskuler

          2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem kardiovaskuler

          (C2, A2)


          BAHAN KAJIAN

          1. Anatomi sistem kardiovaskuler

          2. Konsep fisiologi sistem kardiovaskuler


          METODE PEMBELAJARAN

          1. Pembelajaran kolaboratif.

          2. Tatap muka teori: 100 mnt

          3. Diskusi 

          4. Praktikum 2x170 menit (harvard step test dan anatomi kardiovaskuler)

          • TOPIK 5. Sistem respirasi

            SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

            1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem respirasi

            2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem respirasi

            (C2, A2)


            BAHAN KAJIAN

            1. Anatomi sistem respirasi

            2. Konsep fisiologi sistem respirasi


            METODE PEMBELAJARAN

            1. Pembelajaran kolaboratif.

            2. Tatap muka teori: 100 mnt

            3. Diskusi 

            4. Praktikum 2x170 menit (anatomi respirasi dan spirometer)

            • TOPIK 6. Sistem muskuloskeletal

              SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

              1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem muskuloskeletal

              2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem muskuloskeletal

              (C2, A2)


              BAHAN KAJIAN

              1. Anatomi sistem muskuloskeletal

              2. Konsep fisiologi sistem muskuloskeletal


              METODE PEMBELAJARAN

              1. Pembelajaran kolaboratif.

              2. Tatap muka teori: 100 mnt

              3. Diskusi 

              4. Praktikum 1x170 menit (anatomi dan fisiologi muskuloskeletal)

              • TOPIK 7. Sistem reproduksi

                SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem reproduksi

                2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem reproduksi

                (C2, A2)


                BAHAN KAJIAN

                1. Anatomi sistem reproduksi

                2. Konsep fisiologi sistem reproduksi


                METODE PEMBELAJARAN

                1. Pembelajaran kolaboratif.

                2. Tatap muka teori: 100 mnt

                3. Diskusi 

                4. Praktikum 1x170 menit (anatomi dan fisiologi sistem reproduksi)


                • TOPIK 8. Sistem urinaria

                  SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                  1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem urinaria

                  2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem urinaria

                  (C2, A2)


                  BAHAN KAJIAN

                  1. Anatomi sistem urinaria

                  2. Konsep fisiologi sistem urinaria


                  METODE PEMBELAJARAN

                  1. Pembelajaran kolaboratif.

                  2. Tatap muka teori: 100 mnt

                  3. Diskusi 

                  4. Praktikum 1x170 menit (anatomi dan fisiologi sistem urinaria)


                  • TOPIK 9. Sistem gastrointestinal

                    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                    1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem gastrointestinal

                    2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem gastrointestinal

                    (C2, A2)


                    BAHAN KAJIAN

                    1. Anatomi sistem gastrointestinal

                    2. Konsep fisiologi sistem gastrointestinal


                    METODE PEMBELAJARAN

                    1. Pembelajaran kolaboratif.

                    2. Tatap muka teori: 100 mnt

                    3. Diskusi 

                    4. Praktikum 1x170 menit (anatomi dan fisiologi sistem gastrointestinal)


                    • TOPIK 10. Sistem limfatik

                      SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                      1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem limfatik

                      2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem limfatik

                      (C2, A2)


                      BAHAN KAJIAN

                      1. Anatomi sistem limfatik

                      2. Konsep fisiologi sistem limfatik


                      METODE PEMBELAJARAN

                      1. Pembelajaran kolaboratif.

                      2. Tatap muka teori: 100 mnt

                      3. Diskusi 

                      4. Praktikum 1x170 menit (anatomi dan fisiologi sistem limfatik)


                      • TOPIK 11. Sistem integumentum

                        SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                        1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem rintegumentum

                        2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem integumentum

                         (C2, A2)


                        BAHAN KAJIAN

                        1. Anatomi sistem integumentum

                        2. Konsep fisiologi sistem integumentum


                        METODE PEMBELAJARAN

                        1. Pembelajaran kolaboratif.

                        2. Tatap muka teori: 100 mnt

                        3. Diskusi

                        4. Praktikum 1x170 menit (anatomi dan fisiologi sistem integumentum)

                        • TOPIK 12. Sistem indera

                          SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                          1. Mahasiswa mampu menyebutkan anatomi sistem indra

                          2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem indra

                          (C2, A2)


                          BAHAN KAJIAN

                          1. Anatomi sistem indra

                          2. Konsep fisiologi sistem indra


                          METODE PEMBELAJARAN

                          1. Pembelajaran kolaboratif.

                          2. Tatap muka teori: 100 mnt

                          3. Diskusi

                          4. Praktikum 2x170 menit (anatomi sistem indra dan praktikum indra penciuman)


                          • TOPIK 13. Presentasi neuro-endokrin

                            SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                            1. Mahasiswa mampu menyebutkan dan memahami anatomi sistem neuro-endokrin dengan belajar mandiri

                            2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem neuro-endokrin dengan pembelajaran mandiri

                            (C2, A2)


                            BAHAN KAJIAN

                            1. Anatomi sistem neuro-endokrin

                            2. Konsep fisiologi sistem neuro-endokrin


                            METODE PEMBELAJARAN

                            Presentasi dan diskusi

                            • TOPIK 14. Presentasi kardio-respirasi

                              SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

                              1. Mahasiswa mampu menyebutkan dan memahami anatomi sistem kardio-respirasi dengan belajar mandiri

                              2. Mahasiswa mampu memahami konsep fisiologi sistem kardio-respirasi dengan pembelajaran mandiri

                               (C2, A2)


                              BAHAN KAJIAN

                              1. Anatomi sistem kardio-respirasi

                              2. Konsep fisiologi sistem kardio-respirasi


                              METODE PEMBELAJARAN

                              Presentasi dan diskusi