Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Biostatistika, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan untuk peserta didik yang sedang mengambil program studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dzakiyatul Fahmi Mumtaz, S.Kep., Ns., M.KepPada MK ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip dalam biostatistika yang akan digunakan pada saat melakukan penelitian skripsi atau tugas akhir. Mahasiswa belajar bagaimana penyajian data dan analisis parametrik & non parametrik dengan data terdistribusi normal dan tidak normal untuk menguji hipotesis penelitian.
Bahan Kajian Teori :
- Kontrak Belajar, RPS, Pengenalan Aplikasi Statistik, Jenis Data, dan Distribusi Frekuensi
- Uji Normalitas Data, Uji Validitas & Reliabilitas Dan Estimasi & Tes Hipotesis
- Perhitungan Besar Sampel
- Analisis Bivariat
- Analisis Komparatif
- Analisis Multivariat
- Presentasi kelompok: Analisis Statistik Artikel Ilmiah
Bahan Kajian Praktikum :
- Praktikum Pengenalan Aplikasi Analisis Statistik
- Praktikum Jenis Data,
- Praktikum Frequency Distribution
- Praktikum Uji Normalitas Data
- Praktikum Uji Validitas & Reliabilitas
- Praktikum Estimasi & Hypothesis Testing
- Praktikum Perhitungan Besar Sampel
- Praktikum Bivariat Analysis
- Praktikum Comparative Analysis
- Praktikum Multivariat Analysis
- Wrap Up
- Belajar Mandiri
- Evaluasi
- Remediasi
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S1,S2,S5
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PP9
Menguasai konsep perumusan alat ukur sesuai dengan keberhasilan upaya layanan asuhan keperawatan anestesi
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU14
Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK10
Melakukan penelitian di bidang keperawatan pada tatanan klinik atau komunitas dengan melibatkan kelompok atau unit kerja terkait
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
Mahasiswa mampu menguasai konsep dan memutuskan penggunaan alat ukur yang tepat (instrumen khususnya biostatistika kesehatan anestesi) (PP9,KU14)
Mahasiswa mampu melakukan penelitian berdasarkan prosedur baku dan desain yang tepat sesuai dengan konsep biostatistika kesehatan (KU14, KK10)
Mahasiswa mampu menguasai konsep indikator kesehatan dan melakukan penelitian (PP9, KK10)
Secara garis besar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara berurutan. Perkuliahan dilaksanakan dengan penyampaian teori, praktikum daring dan luring, quiz, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang - UTS (20%)
- UAS (20%)
- Penugasan Terstruktur (20%)
- Praktikum (40%)
- Dzakiyatul Fahmi M, S. Kep., Ns., M. Kep
- Heri Puspito, S.Kep., Ns., M.KM
- Dr. Sulistyaningsih, S.ST., M.HKes
- Tri Hapsari Listianingrum, S.ST., MH
- Dahlan, M. S. (2016). Langkah-langkah membuat proposal penelitian bidang kedokteran dan kesehatan (2nd ed.). Jakarta: Sagung Seto.
- Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.