Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Asuhan Keperawatan Anasstesi Kasus Penyulit, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program studi Keperawatan Anastesiologi Program Sarjana Terapan.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
dr. JOKO MURDIYANTO, Sp.An., MPH
Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mahasiswa mengetahui penatalaksanaan pada asuhan keperawatan anestesi pada pasien dengankasus penyulit.
Bahan Kajian Teori :
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan anemia
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan obesitas
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan diabetes mellitus
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan luka bakar
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan HIV AIDS
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan hipertensi, hipotensi, stroke, dan masalah kardiovaskular
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan reaksi alergi terhadap medikasi atau obat anestesi
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan epilepsi, tremor, dan palsy
- Critical incident intra anestesi
- Komplikasi anestesi serta gejala sisa anestesi
- Penatalaksanaan komplikasi anestesi
Bahan Kajian Praktikum :
- Intubasi dan penggunaan Jacson rees
- Penatalaksanaan pemasangan ETT Nasofaring
- Penatalaksanaan perawatan manajemen airway invasif
- Penatalaksanaan pada pasien dengan kelainan analisa gas darah
- Penatalaksanaan anestesi pada pasien dengan Diabetes melitus
- Manajemen pasien Diabetes Melitus
- Manajemen airway dengan LMA
- Manajemen airway dengan ET
- Pengenalan kateterisasi, kanulasi dan blok anestesi
- Penatalaksanaan anestesi kasus penyulit gangguan kardiovaskular
- Penatalaksanaan anestesi kasus penyulit sistem respirasi (Asma)
- Penatalaksanaan anestesi pada pasien Diabetes mellitus
- Penatalaksanaan anestesi pada pasien Luka Bakar
- Remidial penatalaksanaan pemasangan ETT Nasofaring
Bahan Kajian Tutorial :
- Asuhan Keperawatan Anestesi Pada Pasien Pediatrik
- Asuhan Keperawatan Anestesi Pada Pasien Ibu Hamil
- Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan anemia (S6, S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
- Mahasiswa mampu memahami Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan obesitas(S6, S9, PP11, P15, KU10, KK4)
- Mahasiswa mampu memahami Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan diabetes mellitus(S6, S9, PP11, PP15, KK4)
- Mahasiswa mampu memahami Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan luka bakar(S6, S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
- Mahasiswa mampu memahami Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan HIV AIDS(S6, S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
- Mahasiswa mampu memahami Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan hipertensi, hipotensi, stroke, dan masalah kardiovaskular(S6, S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
- Mahasiswa mampu memahami Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan reaksi alergi terhadap medikasi atau obat anestesi(S6, S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
- Mahasiswa mampu memahami Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah dengan epilepsi, tremor, dan palsy(S6, S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
- Critical incident intra anestesi(S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
- Komplikasi anestesi serta gejala sisa anestesi(S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
- Penatalaksanaan komplikasi anestesi(S9, PP11, PP15, KU10, KK4)
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, praktikum, tutorial, tugas, kuis, UTS, dan UAS
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliahh dengan penilaian sebagai berikut :
Penilaian Akhir No. Kegiatan Yang Dinilai Nilai Persen 1. UTS dan UAS 50% 2. Tugas 205 3. Praktikum 15% 4. Tutorial 15% - Aston, A., Rivers, A., & Dharmadasa, A. (2014). Equipment in Anaesthesia and Critical Care. UK : Scion
- Chu, L., & Fuller, A. (2012). Manual Of Clinical Anesthesiology. USA: Wolters Kluwer
- Chu, L., Fuller, A.J., & Harisson, T. K. (2012). A Visual Guide To Anesthesia Procedures. USA : Wolters Kluwer
- Chuan, A., & Scott, D. (2009). Regional Anesthesia. UK: Oxford University Press
- McConachie, Ian. (2009). Anesthesia For The High Risk Patient. UK: Cambridge University Press
- Nagelhout, J.J., & Plaus, K.L. (2014). Nurse Anesthesia. USA: Elsevier
- Nathanson, M., & Mahajan, R. (2006). Anaesthesia.Churchill Livingstone: Elsevier
- Polar, B.J., & Kitchen, G. (2018). Handbook Of Clinical Anaesthesia. New York: CRC Press
- Prabhakar, H. (2016). Complications In Neuroanesthesia. UK: Elsevier