Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus obstetrik, ginekologi dan bedah abdominal.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
dr. HENDI PRIHATNA, Sp.An
Pada mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami tentang asuhan keperawatan kasus umum yang berfokus pada penatalaksanaan pasien pre anestesi, intra anestesi, dan pasca anestesi pada pasien dengan status fisik ASA1.
Bahan Kajian Teori :
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus Onkologi dan Ginekologi
- Asuhan Keperawatan anestesiologi pada kasus Pediatrik dan Geriatri
- Asuhan Keperawatan anestesiologi pada kasus sistem penginderaan
- Asuhan Keperawatan anestesiologi pada kasus bedah Ortopedi
- Asuhan Keperawatan anestesiologi pada kasus bedah abdominal
- Asuhan keperawatan anestesi pada kasus bedah urologi
- Asuhan keperawatan anestesi pada kasus bedah syaraf
Bahan Kajian Praktikum :
- Assesmen Pre Anestesi
- Penghitungan Cairan Operasi
- Penilaian GCS
- Penilaian Nyeri dan Penatalaksanaan nyeri
- Pemasangan alat nebulizer
- Penatalaksanaan One Day Surgery (ODS)
- Perekaman EKG dan Intepretasi Hasil EKG
- Penghisapan lendir (suction)
- Tranfusi darah
- Regional Anestesi
- Penggunaan Syringe Pump dan Infus Pump
Bahan Kajian Tutorial :
- Asuhan keperawatan anestesi pada bedah syaraf
- Asuhan keperawatan anestesiologi pada kasus bedah mulut
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S3
S6
S9
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PP 11
PP 13
Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional dan mampu mengaplikasikannya;
Menguasai konsep teoritis dan prinsip: patient safety, asuhan keperawatan anestesi, perianestesi, komplikasi anestesi, kegawatdaruratan dan kepenataan kritis;
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU 10
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang kepenataan anestesi serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang kepenataan anestesi;
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK 4
KK6
Mampu melakukan pelayanan asuhan kepenataan anestesi dengan menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam bidang kepenataan anestesi pada peri anestesi, komplikasi anestesi, kegawatdaruratan dan kepenataan kritis;
Mampu melakukan pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan kepenataan anestesi;
Secara garis besar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara berurutan. Perkuliahan dilaksanakan dengan penyampaian teori, praktikum daring dan luring, tutorial, review tutorial, quiz, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliahj dengan penilaian sebagai berikut :
1. UTS (8%)
2. UAS (8%)
3. Tugas Terstruktur (20%)
4. Tutorial (16%)
5. Praktikum (48%)- dr. Hendi Prihatna, Sp.An., MPH*)
- Istiqomah Rosidah, S.Tr.Kep**)
- dr. Joko Murdiyanto, Sp.An., MPH.
- Nia Handayani, S.Tr.Kep., M.KM.
- dr. Sri Wulandari, Sp.EM
- Cahaya Nugraheni, S.Tr.Kep.
- Niken Anggraini, S.Tr.Kep.
- Anita Setyowati, S.Tr.Kep.
- Aston, A., Rivers, A., & Dharmadasa, A. (2014). Equipment in Anaesthesia and Critical Care. UK : Scion
- Chu, L., & Fuller, A. (2012). Manual Of Clinical Anesthesiology. USA: Wolters Kluwer
- 3Chuan, A., & Scott, D. (2014). Regional Anesthesia. UK: Oxford University Press
- Gan, T.J., & Habib, A.S. (2016). Postoperative Naudea and Vomiting. UK: Cambridge University Press
- Nagelhout, J.J., & Plaus, K.L. (2014). Nurse Anesthesia. USA: Elsevier
- Nathanson, M., & Mahajan, R. (2006). Anaesthesia.Churchill Livingstone: Elsevier
- Polar, B.J., & Kitchen, G. (2018). Handbook Of Clinical Anaesthesia. New York: CRC Press
- Prabhakar, H. (2016). Complications In Neuroanesthesia. UK: Elsevier